Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2018/2019

 Mamikos | Kam, 14 Jun 2018

Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang – Kota Malang seringkali dianggap sebagai lokasi ideal untuk meneruskan studi. Selain karena suasana kotanya sangat nyaman dan kondusif untuk belajar, fasilitas yang tersedia di kota tersebut juga sangat beragam. Jika Anda tertarik untuk meneruskan studi di salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia (PTKIN) di Malang, maka Anda perlu membaca informasi pendaftaran masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berikut ini sebagai referensi.

Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Informasi Seputar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Salah satu kampus PTKIN yang banyak diminati di Malang adalah UIN Maulana Malik Ibrahim. Dengan motto ‘bilingual university, menciptakan professional yang ualama dan ulama yang profesional’, UIN semakin diminati. Lokasi kampus UIN Malang pun terbilang strategis karena terdapat di Jalan Gajayana 50 Malang. Dulunya, nama UIN Maulana Malik Ibrahim adala UIIS. Inspirasi nama Maulana Malik Ibrahim didasarkan pada seorang Walisongo yang dikenal sebagai Sunan Gresik.

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sudah berdiri sejak tahun 2004, namun sampai saat ini peminat UIN Malang tidak pernah surut. UIN Malang juga didirikan atas pertimbangan para tokoh keagamaan. Mulanya nama UIN Malang adalah Universitas Islam Indonesia Sudan (UIIS) karena pemerintah mengadakan kerja sama dengan Sudan. Semua kegiatan perkuliahan yang berlangsung di UIN Malang tidak hanya didasarkan pada logika saja, tetapi juga Al-quran dan hadist.

Jika Anda memilih UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai lokasi studi, maka Anda akan mempelajari bahasa Arab dan bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan ada atuan wajib untuk menguasai kedua bahasa ini. Dengan mempelajari bahasa Arab, mahasiswa diharapkan mampu mengkaji ilmu langsung dari Al-Quran. Sebaliknya, pengetahuan bahasa Inggris akan sangat penting bagi mahasiswa untuk mencari sumber modern. Tidak mengherankan jika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dikenal sebagai bilingual university.

Salah satu hal yang tidak kalah menarik adalah aturan bagi seluruh mahasiswa tahun pertama untuk tinggal di ma’had. Mungkin Anda masih asing dengan istilah ma’had atau pesantren kampus. Dengan adanya pesantren tersebut, sebenarnya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sudah menggabungkan tradisi universitas dengan pesantren.

Sesuai motto universitas, lulusan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pun diharapkan dapat menyandang predikat ulama yang intelek. Selain menguasai bidang studi yang dipelajari, mahasiswa pun menguasai Al-quran dan hadits. Untuk mencapai tujuan tersebut, visi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah:

“Menjadi universitas Islam terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat”

Misi yang dimiliki UIN Maulana Malik Ibahim Malang diantaranya:

  • Mengantarkan mahasiswa memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  • Memberikan pelayanan dan penghargaan kepada penggali ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang bernafaskan Islam.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.
  • Menjunjung tinggi, mengamalkan, dan memberikan keteladanan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa Indonesia.

Fakultas dan Program Studi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki 2 kampus yang peruntukannya berbeda. Kampus I digunakan sebagai tempat untuk menempuh program sarjana, sedangkan kampus II khusus untuk program pascasarjana. Saat ini, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang juga sedang membangun kampus III di Desa Sumber Sekang.

Jika Anda tertarik menjadi mahasiswa UIN Malang, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu fakultas serta program studi yang ditawarkan. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki 6 fakultas, yaitu:

  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: program studi pendidikan agama Islam (S1), program studi pendidikan IPS (S1), program studi pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah (S1), program studi pendidikan bahasa Arab (S1), program studi pendidikan guru Raudhatul Athfal (S1), program studi manajemen pendidikan Islam (S1), program studi bahasa Inggris (S1), program studi pendidikan matematika (S1)
  • Fakultas Syariah: program studi al ahwal al syakhsiyyah (S1), program studi hukum bisnis syariah (S1), program studi hukum tata negara (S1), program studi ilmu Al-Quran dan tafsir (S1)
  • Fakultas Humaniora: program studi bahasa dan sastra Arab (S1), program studi sastra Inggris (S1)
  • Fakultas Psikologi: program studi psikologi (S1)
  • Fakultas Ekonomi: program studi perbankan syariah (D3), program studi manajemen (S1), program studi akuntansi (S1), program studi perbankan syariah (S1)
  • Fakultas Sains dan Teknologi: program studi teknik informatika (S1), program studi teknik arsitektur (S1), program studi matematika (S1), program studi fisika (S1), program studi kimia (S1), program studi biologi (S1), program studi farmasi (S1)

Anda juga bisa meneruskan studi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, baik untuk program magister maupun program doktor. Beberapa pilihan program studi yang dapat Anda pilih diantaranya:

  • Program studi magister manajemen pendidikan Islam
  • Program studi magister pendidikan bahasa Arab
  • Program studi magister studi ilmu agama Islam
  • Program studi magister pendidikan PGMI
  • Program studi magister Al ahwal al syakhsiyyah
  • Program studi magister pendidika agama Islam
  • Program studi magister ekonomi syariah
  • Program studi doktor manajemen pendidikan Islam
  • Program studi doktor pendidikan bahasa Arab
  • Program studi doktor pendidikan agama Islam berbasis studi interdisipliner

 Informasi Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Jika ingin menjadi bagian dari mahasiswa baru UIN Malang, Anda perlu mencari tahu informasi pendaftaran masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

  • Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jalur SNMPTN

Pada jalur masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan SNMPTN, Anda akan diseleksi berdasarkan nilai rapor. Jalur ini sebenarnya diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi di sekolah. Selain itu, banyak yang menyebut jalur SNMPTN sebagai jalur undangan. Proses pelaksanaan SNMPTN akan dilakukan lebih dulu dibandingkan jalur-jalur lainnya. Anda hanya perlu memasukkan nama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada saat memilih jurusan.

 Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jalur SBMPTN

Mengikuti jalur ujian yang diadakan serentak di Indonesia dapat Anda lakukan. Salah satu jalur yang bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut adalah SBMPTN. Pada jalur ini, Anda juga akan menjalani ujian tambahan (ujian keterampilan) pada beberapa program studi. Jika sudah melakukan pengisian data di laman pendaftaran.sbmptn.ac.id, Anda bisa langsung melakukan pembayaran di bank agar bisa login. Jangan lupa untuk langsung memilih UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ketika mengisi univeristas yang dituju.

  • Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jalur SPAN-PTKIN

Anda berasal dari Madrasah Aliyah atau sekolah keagamaan lainnya? Tidak ada salahnya mencoba jalur SPAN-PTKIN. Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri menjadi salah satu cara agar bisa diterima di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jalur seleksi masuk yang didasarkan pada nilai akademik serta prestasi lainnya ini dilakukan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama. Anda hanya perlu membuka laman www.span-ptkin.ac.id, kemudian mengisi data pendaftaran yang diperlukan. Isikan pilihan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ketika memilih program studi.

  • Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jalur UM-PTKIN

Jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah salah satu tes yang bisa Anda tempuh apabila berasal dari SMA/SMK. Jumlah peserta ujian yang sangat banyak membuat persaingan semakin ketat. Anda tidak hanya bisa memilih UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai pilihan kampus, tetapi juga PTKIN lain.

Pilihan UIN/ IAIN/ STAIN pun tersedia, sehingga Anda bisa lebih selektif. Sebelum melakukan pengisian data di laman www.um-ptkin.ac.id, Anda harus membayar biaya pendaftaran UM-PTKIN sebesar 200.000 rupiah.

Pendaftaran UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilaksanakan pada 12 April – 11 Mei dengan waktu seleksi 22 Mei. Hasil kelulusan akan diumumkan pada 10 Mei, sedangkan untuk pendaftar bidik misi akan menerima hasil 13 Juli. Jangan lupa untuk melakukan pendaftaran ulang, membayar ma’had, sekaligus melengkapi biodata pada 10 – 18 Juli. Biaya pendidikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan diumumkan pada 20 Juli, sehingga Anda bisa mulai membayar pada 20 – 27 Juli. Jika sudah dinyatakan diterima, Anda bisa mulai masuk Ma’had 7 – 10 Agustus.

  • Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jalur Mandiri Kedokteran

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang membuka program studi kedokteran yang bisa Anda pilih. Terdapat ujian tertulis yang harus Anda tempuh agar bisa lolos jalur mandiri kedokteran UIN Malang. Beberapa syarat yang harus Anda penuhi adalah tidak buta warna, berasal dari SMA jurusan IPA, serta sehat.

  • Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jalur Mandiri Tulis

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan ujian mandiri tertulis di kampus. Anda perlu membayar biaya pendaftaran sebesar 300.000 rupiah agar bisa mengikuti seleksi masuk. Ujian mandiri UIN Malang pun dibagi menjadi beberapa bidang, seperti jalur IPA, jalur IPS, dan jalur IPC.

  • Pendaftaran Masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jalur Mandiri Prestasi

Jika Anda ingin menjadi bagian UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui jalur prestasi, maka mendaftarlah pada jalur ini. Beberapa jenis prestasi yang dapat dipertimbangkan diantaranya:

  • Prestasi hafal Al-Quran (10 – 30 juz) dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga/ sekolah/ pondok pesantren
  • Prestasi akademik : juara olimpiade sains/ kompetensi sains madrasah, dibuktikan sertifikat juara I, II, III minimal di tingkat PEMDA
  • Prestasi kesenian dibuktikan dengan sertifikat juara I, II, III minimal di tingkat PEMDA. Kejuaraan yang dipertimbangkan adalah seni baca Al-Quran (qiroah) dan kaligrafi
  • Prestasi olahraga dibuktikan dengan sertifikat juara I, II, III minimal di tingkat PEMDA. Kejuaraan yang dipertimbangkan adalah bidang: bola voley, bola basket, fustal, sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, pencak silat, karate, takwondo, dan catur

 Kontak UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Informasi yang berkaitan dengan pendaftaran masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi gedung informasi pusat di alamat:

Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur 65144

Telepon (0341)-570887

Email : [email protected]

Sekian informasi yang dapat mamikos berikan mengenai pendaftaran masuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Persiapkan diri dengan baik agar peluang diterima sebagai mahasiswa UIN Malang menjadi semakin besar. Selain perlu mengumpulkan informasi mengenai jadwal pendaftaran UIN Malang 2018, PMB UIN Malang 2018, syarat masuk UIN Malang, hingga tanggal pendaftaran UIN Malang 2018, Ada hal lain yang tidak kalah penting. Sebenarnya Anda bisa mencari brosur UIN Malang 2018 di website resmi universitas untuk mengetahui secara pasti biaya jalur mandiri UIN Malang hingga waktu registrasi UIN Malang.

Persiapkan diri dengan baik dan jangan lupa untuk mencari hunian nyaman yang akan ditempati ketika tes. Mamikos bisa membantu Anda mencari tempat tinggal nyaman hanya dengan aplikasi gratis kost terbaik. Segera download mamikos di ponselmu dan dapatkan informasi kost dekat UIN Malang murah yang bisa disewa harian hingga tahunan. Jadi, tidak perlu khawatir dengan masalah tempat tinggal, kan?