Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2018/2019

 Mamikos | Sab, 12 Mei 2018

Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung – Kabupaten Bandung dengan lokasinya yang strategis menyediakan peluang besar bagi para calon mahasiswa yang akan meneruskan studi. Salah satu PTKIN dengan basis Islam adalah UIN Sunan Gunung Djati Bandung atau dikenal dengan UIN Bandung. Terletak di Jalan A.H. Nasution 105A Bandung, UIN Sunan Gunung Djati menawarkan banyak pilihan program studi yang dapat Anda sesuaikan passion. Oleh karena itu, informasi pendaftaran masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan sangat membantu.

Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Informasi Seputar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UIN Sunan Gunung Djati dulunya bernama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki lokasi di Kecamatan Cibiru. Alasan pemberian nama tersebut didasarkan pada nama walisongo Sunan Gunung Djati yang pernah menyebarkan agama Islam di Jawa. Sebenarnya, UIN sudah ada sejak tahun 1968 setelah para tokoh Islam di Jawa Barat memperjuangkan PTKIN. Jumlah fakultasnya pun belum sebanyak sekarang karena baru terdapat Fakultas Syari’ah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Tarbiyah di Garut.

Lokasi IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pernah dipindah dari Jalan Tangkuban Parahu ke Jalan Cipadung. Lambat laun, jumlah fakultas yang terdapat di IAIN Sunan Gunung Djati bertambah dan mulai dibuka Program Pascasarjana. Nama UIN Sunan Gunung Djati Bandung diresmikan pada tahun 2005.

 Fakultas dan Program Studi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar salah satu program studi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, cobalah untuk mencari tahu berbagai macam fakultas beserta program studi yang ditawarkan. Beberapa fakultas yang tersedia di UIN Sunan Gunung Djati diantaranya:

  • Fakultas Adab dan Humaniora: Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam (S1), Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (S1), Program Studi Sastra Inggris (S1), Program Studi Bahasa Inggris (D3)
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (S1), Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (S1), Program Studi Manajemen Dakwah (S1), Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (S1), Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik (S1), Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat (S1)
  • Fakultas Syariah dan Hukum: Program Studi Ahwal al-Sakhsiyah (S1), Program Studi Mu’amalah (S1), Program Studi Siyasah (S1), Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum (S1), Program Studi Ilmu Hukum (S1), Program Studi Hukum Pidana Islam (S1), Program Studi Manajemen Keuangan Syari’ah (S1), Program Studi Ekonomi Syariah (S1),  Program Studi Akuntansi Syariah (S1)
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (S1), Program Studi Pendidikan Agama Islam (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Program Studi Pendidikan Matematika (S1), Program Studi Pendidikan Biologi (S1), Program Studi Pendidikan Fisika (S1), Program Studi Pendidikan Kimia (S1), Program Studi Pendidikan Guru MI (S1), Pendidikan Profesional Keguruan (Akta IV), adalah pendidikan vokasi yang ditempuh selama satu tahun bagi calon guru lulusan program studi non-kependidikan.
  • Fakultas Ushuluddin: Program Studi Filsafat Agama (S1), Program Studi Perbandingan Agama (S1), Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (S1), Program Studi Ilmu Hadits (S1), Program Studi Tasawuf Psikoterapi (S1)
  • Fakultas Psikologi: Program Studi Psikologi (S1)
  • Fakultas Sains dan Teknologi: Program Studi Teknik Informatika (S1), Program Studi Agroteknologi (S1), Program Studi Matematika (S1), Program Studi Biologi (S1), Program Studi Fisika (S1), Program Studi Kimia (S1), Program Studi Teknik Elektro (S1)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Program Studi Sosiologi (S1), Program Studi Administrasi Publik (S1), Program Studi Manajemen (S1)
  • Program Magister: Konsentrasi Ulumul Qur’an, Konsentrasi Ulumul Hadits, Konsentrasi Filsafat dan Pemikiran Islam,  Konsentrasi Hukum dan Pranata Sosial Islam, Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Konsentrasi Studi Masyarakat Islam, Konsentrasi Ekonomi Islam, Konsentrasi Bahasa Arab, Konsentrasi Ilmu Dakwah, Konsentrasi Perbandingan Agama
  • Program Doktor: Hukum Islam, Pendidikan Islam    (Konsentrasi Pendidikan Islam dan Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab), Perbandingan Agama, Filsafat Agama

 Informasi Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendaftaran masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung tersedia beberapa jalur masuk yang dapat Anda tempuh. Beberapa jalur pendaftaran masuk tersebut diantaranya:

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalur D3

Tawaran untuk mendaftar jalur masuk D3 UIN Sunan Gunung Djati Bandung ditawarkan bagi Anda yang tertarik untuk mengambil program studi bahasa Inggris.

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalur SPAN-PTKIN

Jika Anda lulusan Madrasah Aliyah atau pondok pesantren, cobalah mendaftar masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggunakan jalur SPAN-PTKIN. Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri memang diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengambil jurusan agama.  SPAN-PTKIN dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Seleksi SPAN-PTKIN tidak memungut biaya pendaftaran dan sudah ditanggung oleh pemerintah. PTKIN dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten layak mendapatkan kesempatan lolos.

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalur SNMPTN

Seleksi masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari jalur SNMPTN diperuntukkan bagi Anda yang memiliki prestasi akademik. Diterima atau tidaknya Anda ke salah satu program studi UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan didasarkan pada ranking nilai.

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalur SBMPTN

Seleksi masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari jalur SBMPTN bisa diikuti seluruh lulusan sekolah menengah. Proses seleksi dilaksanakan secara serentak dan diumumkan secara serentak. Selain bisa memilih salah satu program studi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Anda juga bisa memilih program studi dari PTN lainnya. SBMPTN diikuti 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui penjaringan prestasi akademik siswa. Seleksi nasional 2018 dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi dalam satu sistem terpadu.

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalur UM-PTKIN

Jika Anda ingin masuk ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggunakan jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, maka Anda dapat langsung mendaftar. Jika sudah memilih jalur UM-PTKIN, Anda bisa memasukkan pemilihan program studi apapun dan tidak hanya terbatas pada program studi agama saja. UMPTKIN dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalur Mandiri

Menjadi bagian dari mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui jalur mandiri dapat Anda lakukan dengan beberapa cara. Anda bisa mengikuti seleksi masuk PTKIN dengan sistem CBT (Computer Based Test) atau tes menggunakan komputer. Anda yang memiliki prestasi menghafal quran pun dapat mendaftar melalui jalur khusus tahfidz Al-Quran dengan ketentuan hafalan minimal 5 juz. Ada pula jalur prestasi seni dan olahraga yang bisa Anda tempuh untuk bisa diterima sebagai mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar jalur mandiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung diantaranya:

– Memiliki ijazah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah

– Mengisi dan menyerahkan formulir yang dilampiri (masing-masing rangkap dua): fotocopi ijazah yang dilegalisir oleh yang berwenang dan menunjukan aslinya serta pas photo 2 lembar ukuran 3×4 hitam putih.

– Calon peserta lulusan Paket C harus menyerahkan fotocopi rapor tiga tahun terakhir.

– Lulusan tahun 2014 telah memiliki surat Keterangan Lulusan dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi pas foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.

– Membayar uang pendaftaran 250.000

– Mahasiswa yang telah hafal Al-Quran minimal 5 juz tetap mengikuti PMB Jalur Mandiri dengan tambahan test Tahfidz yang dilakukan tersendiri.

 Kontak UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Semua pertanyaan yang masih berkaitan dengan penerimaan mahasiswa  dapat Anda peroleh dengan menghubungi

Jalan A.H. Nasution 105

nomor telepon (022) 780-0525

Sekian informasi mengenai pendaftaran masuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dapat mamikos sampaikan. Jangan lupa untuk mencari tahu informasi pendaftaran UIN Bandung 2018-2019 melalui website resmi universitas. Anda bisa mengetahui jalur masuk UIN Bandung 2018 seperti SPAN PTKIN UIN Bandung 2018, jadwal pendaftaran UIN Bandung 2018, pendaftaran jalur mandiri UIN Bandung 2018, serta informasi lainnya.

‘Jangan lupa pula mencari tahu lokasi tempat tinggal dekat kampus UIN Bandung apabila Anda tidak memiliki kerabat di sekitar lokasi kampus. Gunakan aplikasi pencari kost mamikos untuk memudahkan proses pencarian. Aplikasi gratis tersebut membantu Anda mendapatkan hunian nyaman tanpa harus datang langsung ke lokasi. Sangat praktis dan mudah, bukan?