Pendaftaran Masuk UIN Walisongo Semarang 2018/2019

 Mamikos | Sel, 12 Jun 2018

Pendaftaran Masuk UIN Walisongo Semarang – Meneruskan studi di Perguruan Tinggi berbasis Islam di Semarang kini bukanlah hal yang sulit. Anda bisa memilih Universitas Islam Negeri Walisongo atau UIN Walisongo Semarang sebagai tujuan. UIN Walisongo sudah berdiri sejak tahun 1970 dengan jumlah mahasiswa hampir 10.000 orang. Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari mahasiswa UIN Walisongo, maka informasi pendaftaran masuk UIN Walisongo Semarang berikut akan memberikan referensi.

Pendaftaran Masuk UIN Walisongo Semarang

Informasi Seputar UIN Walisongo Semarang

UIN Walisongo dulunya memiliki nama IAIN Walisongo. Peresmian UIN Walisongo dilakukan pada tahun 2014 bersamaan dengan peresmian UIN Palembang dan UIN Sumatera Utara. IAIN Walisongo sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970 dengan 5 fakultas yang tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah, yakni Fakultas Dakwah di Semarang, Fakultas Syari’ah di Bumiayu, Fakultas Syari’ah di Demak, Fakultas Ushuluddin di Kudus dan Fakultas Tarbiyah di Salatiga.

Peran UIN Walisongo bagi masyarakat santri di Jawa Tengah pun sangat penting. Selain karena alasan jawa Tengah merupakan daerah basis pesantren, adanya lembaga pendidikan tinggi sebagai wadah pendidikan pasca pesantren juga sangat diperlukan. Oleh karena itu, para tokoh masyarakat mulai menginisiasi berdirinya UIN Walisongo.

Fakultas dan Program Studi di UIN Walisongo Semarang

Jika Anda ingin menjadi salah satu mahasiswa UIN Walisongo, tidak ada salahnya mencari tahu fakultas dan program studi yang ditawarkan. Berikut ini fakultas dan program studi di UIN Walisongo:

  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (S1), Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (S1), Program Studi Manajemen Dakwah (S1), Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (S1), Program Studi Manajemen Haji dan Umrah (S1), Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2)
  • Fakultas Syariah dan Hukum: Program Studi Ahwal al-Syakhsiyyah (S1), Program Studi Hukum Pidana Islam (S1), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) (S1), Program Studi Ilmu Falak (S1), Program Studi Ilmu Hukum (S1), Program Studi Ilmu Falak (S2)
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Program Studi Pendidikan Agama Islam (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (S1), Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1), Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1), Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (S2), Program Studi Pendidikan Agama Islam (S2)
  • Fakultas Ushuluddin dan Humaniora: Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam (S1), Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (Tafsir dan Hadits) (S1), Program Studi Studi Agama-agama (S1), Program Studi Akhlak dan Tasawuf (Tasawuf dan Psikoterapi) (S1), Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir (S2)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Program Studi Perbankan Syariah (D3), Program Studi Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1), Program Studi Perbankan Syariah (S1), Program Studi Akuntansi Syari’ah (S1), Program Studi Ekonomi Syariah (S1)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik: Program Studi Ilmu Politik (S1), Program Studi Sosiologi (S1)
  • Fakultas Psikologi dan Kesehatan: Program Studi Psikologi (S1), Program Studi Gizi (S1)
  • Fakultas Sains dan Teknologi: Program Studi Biologi (S1), Program Studi Fisika (S1), Program Studi Kimia (S1), Program Studi  Matematika (S1), Program Studi Pendidikan Matematika (S1), Program Studi Pendidikan Fisika (S1), Program Studi Pendidikan Kimia (S1), Program Studi Pendidikan Biologi (S1)

Setiap kegiatan perkuliahan di UIN Walisongo Semarang ditunjang kampus yang strategis serta fasilitas yang sangat lengkap. Beberapa macam fasilitas yang dapat Anda akses diantaranya laboratorium (MIPA, bahasa, dakwah, falak, hukum, psikoterapi, pendidikan), internet, intranet, journal,  wisma, asrama, perpustakaan, dan sebagainya.

Informasi Pendaftaran Masuk UIN Walisongo Semarang

Untuk menjadi salah satu mahasiswa UIN Walisongo Semarang, terdapat beberapa jalur yang dapat Anda tempuh. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pendaftaran masuk UIN Walisongo Semarang jalur SNMPTN

Jalur masuk SNMPTN di UIN Walisongo Semarang dibuka pada tanggal 21 Februari – 6 Maret 2018. Proses seleksi dengan jalur SNMPTN memungkinkan Anda diterima berdasarkan nilai rapor. Anda dapat memilih program studi yang terdapat di UIN Walisongo Semarang atau PTN dan PTS lainnya. Hasil seleksi SNMPTN diumumkan serentak 17 April 2018. Setelah dinyatakan diterima, Anda perlu melakukan lapor diri pada tanggal 8 Mei. Selain itu, Anda juga perlu melakukan verifikasi dokumen, mendaftar OPAK, dan melakukan foto KTM sebelum 12 Mei.

  • Pendaftaran masuk UIN Walisongo Semarang jalur SBMPTN

Salah satu jalur masuk yang dapat Anda tempuh jika belum mendapatkan kesempatan mengikuti SNMPTN adalah SBMPTN. Jalur ini dibuka pada 5 April – 27 April 2018. Anda perlu melakukan ujian tulis atau ujian komputer yang dilakukan serentak pada 8 Mei 2018. Namun, bagi Anda yang memilih program studi khusus masih terdapat ujian keterampilan yang akan dilaksanakan 9 dan 11 Mei 2018. Jika lolos, Anda akan menerima pengumuman kelulusan pada 3 Juli 2018. Segeralah melengkapi data yang diperlukan, seperti pembayaran UKT, tes kesehatan, mendaftar OPAK, verifikasi dokumen, serta melakukan foto KTM.

  • Pendaftaran masuk UIN Walisongo Semarang jalur SPAN-PTKIN

Jalur masuk SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia yang dilakukan secara nasional. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga Anda perlu membayar biaya pendaftaran. Tidak semua siswa bisa mendapatkan peluang menjadi mahasiswa UIN Walisongo Semarang melalui jalur SPAN PTKIN. Hanya siswa berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya yang layak mendapatkan kesempatan kuliah di UIN/IAIN/STAIN, terutama UIN Walisongo Semarang melalui jalur ini.

  • Pendaftaran masuk UIN Walisongo Semarang jalur UM-PTKIN

Jalur masuk UM PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah pola seleksi yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN. Jalur UM PTKIN diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

  • Pendaftaran masuk UIN Walisongo Semarang jalur mandiri

UIN Walisongo Semarang membuka jalur pendaftaran masuk mandiri yang dapat diikuti seluruh lulusan sekolah menengah. Jalur ini dibuka pada 26 Juni – 13 Juli 2018. Setelah melakukan pendaftaran secara lengkap, Anda akan diminta mencetak kartu dan mengisi data diri. Pastikan untuk mengisi data program studi dengan benar di UIN Walisongo Semarang. Ujian tertulis dilaksanakan 25 Juli 2018, sedangkan pengumuman kelulusan dilaksanakan pada 3 Agustus 2018 beserta pemberitahuan besar UKT yang perlu dibayarkan.

  • Pendaftaran masuk UIN Walisongo Semarang jalur prestasi

Jika Anda memiliki beberapa prestasi selama duduk di sekolah menengah, cobalah untuk mendaftar UIN Walisongo Semarang berbekal prestasi tersebut. Masa pendaftaran jalur prestasi UIN Walisongo Semarang dibuka pada 2 – 27 April 2018. Anda akan dinyatakan lolos berkas pada 4 Mei 2018 untuk kemudian melakukan ujian praktik pada 14 Mei 2018. Hasil seleksi akan diumumkan pada 17 Mei 2018. Setelah dinyatakan lolos, segera unggah dokumen yang diperlukan beserta data diri yang diminta. Pembayaran dan hal-hal lainnya akan ditentukan mulai akhir Mei.

Kontak UIN Walisongo Semarang

Pertanyaan yang masih berkaitan dengan mekanisme pendaftaran mahasiswa baru UIN Walisongo Semarang dapat Anda tanyakan pada alamat berikut

Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang,
Jl. Walisongo No. 3-5 Tambakaji Ngalian Semarang 50185,
Telp. 024-76469090 (pada jam kerja),
Fax. 024-7601293
Email : [email protected]
Website : www.walisongo.ac.id
Layanan di hari Senin-Jum’at Pukul 07.30 s.d 16.00 WIB.

Sekian informasi mengenai pendaftaran masuk UIN Walisongo Semarang yang dapat mamikos berikan. Pastikan untuk mencari tahu jadwal pendaftaran UIN Semarang 2019 yang akurat. Dari website resmi universitas sebenarnya Anda dapat mencari tahu daya tampung UIN Semarang 2019 agar bisa memprediksi peluang diterima karena peminat UIN Semarang cukup banyak. Tanggal PMB UIN Walisongo, besar UKT UIN Walisongo, serta informasi UKT di tiap prodi UIN Walisongo juga bisa Anda peroleh.

Persiapkan diri dengan baik agar bisa lolos seleksi UIN Walisongo Semarang. Jika Anda mendapatkan lokasi ujian dekat UIN Walisongo Semarang, tidak ada salahnya mencari tempat tinggal sementara yang strategis dan tidak terlalu jauh dari kampus. Gunakan aplikasi kost mamikos untuk mempermudah proses pencarian. Aplikasi gratis yang dapat diunduh dan dioperasikan melalui ponsel android tersebut akan membantu Anda menemukan kost murah. Kost Semarang murah dekat UIN Walisongo Semarang yang dapat disewa harian hingga tahunan sudah tersedia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan tagihan yang membengkak.

Mamikos  - Aplikasi Cari Kost

Download Mamikos  - Aplikasi Cari Kost