Pendaftaran Online SPMB Mahasiswa Baru TA 2020/2021

Pendaftaran Online SPMB Mahasiswa Baru TA 2020/2021 – Pendaftaran kuliah 2020/2021 sudah dimulai. Berbagai jalur untuk dapat diterima di Perguruan Tinggi favorit pun dibuka. Jika kamu ingin meneruskan studi hingga jenjang diploma, sarjana, maupun master dan doktor, informasi berikut dapat membantumu mencapai cita-cita.

Informasi Pendaftaran Online SPMB 2020/2021

pixabay.com

Penerimaan mahasiswa baru 2020/2021 di kampus-kampus Indonesia tidak dilaksanakan secara serentak. Inilah yang perlu kamu perhatikan bahwa perbedaan jadwal pendaftaran di kampus dan pelaksanaannya jangan sampai terlewat. Untuk kamu yang masih bingung dan belum menentukan tujuan setelah lulus dari Sekolah Menengah, Mamikos akan memberikan informasi terkait penerimaan mahasiswa baru secara online.

Jenis-Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Sebelum masuk ke bagian pendaftaran mahasiswa baru, terlebih dahulu kamu bisa mencari tahu perbedaan istilah-istilah berikut. Sebab, Perguruan Tinggi di Indonesia tidak hanya terbatas pada jenjang universitas saja, tetapi juga akademi, institut, bahkan sekolah tinggi.

1. Akademi merujuk pada istilah Perguruan Tinggi yang mengadakan pendidikan vokasi atau kejuruan. Pada akademi terdapat satu hingga beberapa cabang ilmu pengetahuan atau teknologi tertentu.

2. Akademi komunitas adalah Perguruan Tinggi yang melaksanakan program pendidikan vokasi yang tingkatannya sama dengan Diploma Satu (D1) atau Diploma Dua (D2). Akademi Komunitas menyelenggarakan satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan dan atau teknologi tertentu didasarkan pada keunggulan lokal untuk mencukupi keperluan khusus.

3. Universitas adalah Perguruan Tinggi yang mendapatkan izin penyelenggaraan pendidikan akademik. Selain itu, universitas juga dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi pada berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan atau teknologi. Apabila memenuhi persyaratan, universitas juga bisa mengadakan pendidikan profesi.

4. Institut adalah Perguruan Tinggi yang mengadakan suatu pendidikan akademik. Selian itu, institut juga dapat mengadakan pendidikan vokasi dalam suatu rumpun ilmu pengetahuan dan atau teknologi. Apabila memenuhi persyaratan, institut juga bisa mengadakan pendidikan profesi.

5. Sekolah Tinggi adalah Perguruan Tinggi yang mengadakan pendidikan akademik. Tidak hanya itu, Sekolah Tinggi juga dapat mengadakan pendidikan vokasi pada satu rumpun ilmu pengetahuan dan atau teknologi. Apabila memenuhi persyaratan, Sekolah Tinggi juga bisa mengadakan pendidikan profesi.

Pendidikan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi bisa berupa pendidikan akademik, program profesi, ataupun program vokasi. Di Indonesia, terdapat jenis program Diploma mulai dari Diploma Satu (D1), Diploma Dua (D2), Diploma Tiga (D3), serta Diploma Empat (D4). Ada pula jenjang Sarjana Strata Satu (S1), Magister atau Master (S2), dan Doktor (S3). Masing-masing jenjang pendidikan ditempuh dalam kurun waktu tertentu, mulai dari satu tahun hingga batas waktu yang ditetapkan Perguruan Tinggi.

Jalur Pendaftaran Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia dan Jadwalnya

Terdapat banyak peluang masuk Perguruan Tinggi melalui jalur berikut ini. Kamu dapat menyesuaikan jalur yang akan ditempuh berdasarkan waktu yang dibuka atau kompetensimu masing-masing. Setiap jalur pendaftaran masuk menawarkan persyaratan berbeda dengan waktu pelaksanaan berbeda pula.

1. Jalur Masuk Perguruan Tinggi SNMPTN

Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilakukan berdasarkan nilai rapor pendaftar, nilai Ujian Nasional (UN), serta prestasi akademik. Informasi resmi terkait SNMPTN dapat diakses melalui website www.snmptn.ac.id. Kampus di Indonesia yang membuka peluang SNMPTN cukup banyak. Persaingannya pun ketat karena yang dapat mendaftar SNMPTN diseleksi terlebih dahulu oleh sekolah dan direkomendasikan kepala sekolah. Penasaran dengan jadwal pelaksanaan SNMPTN tahun 2020?

No Tanggal Pelaksanaan Kegiatan
1 15 November 2020 Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)
2 2 Desember – 7 Januari 2020 Registrasi akun LTMPT
3 13 Januari – 6 Februari 2020 Pengisan PDSS (ketentuan pengisian sudah ditentukan)
4 13 Januari – 6 Februari 2020 Proses pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah masing-masing
5 13 Januari – 6 Februari 2020 Pengumuman siswa yang dapat mendaftar SNMPTN
6 11 Februari – 25 Februari 2020 Pendaftaran resmi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
7 2 – 31 Maret 2020 Pengisian data nomor pendaftaran KIP kuliah
8 2 – 31 Maret 2020 Finalisasi dan pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN (dilakukan siswa saat tahap pemilihan program studi)
9 2 – 31 Maret 2020 Pendaftaran SNMPTN oleh siswa yang eligible (khusus untuk siswa yang mengajukan KIP kuliah serta belum pernah mendaftar)
10 8 April 2020 Pengumuman resmi SNMPTN melalui laman resmi dan laman mirror

2. Jalur Masuk Perguruan Tinggi SBMPTN

Jalur masuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilakukan setelah pelaksanaan SNMPTN selesai. Jalur SBMPTN berbeda dengan SNMPTN karena menggunakan sistem ujian tertulis dan dilakukan secara serentak di tingkat nasional. Keunggulan jalur SBMPTN adalah dapat dilaksanakan lebih cepat, murah, efisien, fleksibel, serta memungkinkan peserta untuk mengetahui hasil tes saat itu juga.

Ketika proses pendaftaran SBMPTN dilakukan, peserta dapat langsung memilih lokasi tes UTBK serta memilih kampus tujuan. Namun, terdapat beberapa perubahan terkait pelaksanaan UTBK sebagai syarat wajib mengikuti SBMPTN. Tanpa adanya nilai hasil UTBK, kamu tidak dapat mengikuti SBMPTN yang berdampak pada tidak bisa masuk ke Perguruan Tinggi yang tergabung pada jalur tersebut. Ketentuan UTBK dan perubahan pelaksanaan UTBK adalah sebagai berikut.

1. Peserta UTBK hanya diperkenankan mengambil maksimal 1 kali tes.
2. Materi UTBK adalah Tes Potensi Skolastik (TPS).
3. Peserta UTBK dapat memilih satu dari empat sesi yang ditawarkan setiap hari. Namun, khusus hari Jumat hanya ada dua sesi yang dibuka.
4. Proses pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan serentak, sehingga peserta wajib memilih lokasi ujian UTBK sekaligus memilih PTN yang dituju.

Setelah mengetahui perubahan ketentuan UTBK, update jadwal pelaksanaan UTBK tahun 2020 juga tidak boleh terlewatkan.

No Tanggal Pelaksanaan Kegiatan
1 2 – 20 Juni 2020 Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
2 5 – 12 Juli 2020 Pelaksanaan Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
3 25 Juli 2020 Pengumuman resmi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui laman resmi atau laman mirror.

Perhatikan ketentuan untuk pendaftaran SBMPTN 2020 karena pendaftaran untuk siswa. Pendaftar UTBK yang berbayar maupun tidak berbayar perlu menempuh cara berbeda. Cermati pula ketentuan pemilihan program studi saat SBMPTN. Setiap pendaftar hanya diizinkan memilih maksimal dua program studi saja. Prodi tersebut boleh berasal dari PTN sama atau PTN berbeda, atau dari politeknik. Namun, tidak diizinkan memilih PTN dan politeknik sekaligus.

3. Jalur Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)

Jalur masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dibukan untuk kampus yang berbasis keagamaan Islam. Di Indonesia, Perguruan Tinggi tersebut adalah Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), serta Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Penyelenggaraan tes masuk tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, serta jalur mandiri. Meskipun demikian, terdapat Perguruan Tinggi Islam yang juga membuka jalur pendaftaran SNMPTN serta SBMPTN.

Jalur Masuk SPAN-PTKIN

Jalur masuk Perguruan Tinggi Islam melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dilakukan secara bersamaan di seluruh UIN, IAIN, serta STAIN di Indonesia. Sesuai dengan namanya, jalur tersebut membuka peluang studi bagi calon mahasiswa menggunakan prestasi akademik, seperti nilai rapor dan prestasi lain yang relevan. Jadwal jalur SPAN-PTKIN 2020 adalah sebagai berikut.

No Tanggal Pelaksanaan Kegiatan
1 6 – 31 Januari 2020 Pengisian PDSS
2 6 – 31 Januari 2020 Verifikasi PDSS
3 3 – 28 Februari 2020 Pendaftaran siswa
4 2 – 13 Maret 2020 Seleksi tahap I
5 16 – 20 Maret 2020 Seleksi tahap II
6 10 April 2020 Pengumuman hasil seleksi SPAN-PTKIN
7 Ditetapkan PTKIN masing-masing Proses verifikasi dan atau pendaftaran ulang di PTKIN (untuk pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi)

Persyaratan pendaftaran bagi kamu yang berniat mengikuti jalur SPAN-PTKIN adalah sebagai berikut.

1. Pendaftar adalah Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah yang duduk di kelas 12 tahun 2020.
2. Pendaftar sudah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
3. Pendaftar sudah mendapatkan rekomendasi Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah.
4. Pendaftar dinyatakan sehat, sehingga dapat menunjang proses pembelajaran selama di PTKIN.

Jalur Masuk UM-PTKIN

Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dilakukan bersamaan di seluruh UIN, IAIN, serta STAIN di Indonesia. Pelaksanaan UM-PTKIN menggunakan jenis ujian tertulis berbasis kertas (Paper Based Test/PBT) atau berbasis komputer (Computer Based Test/CBT). Jangan lewatkan jadwal pendaftaran dan pelaksanaan UM-PTKIN tahun 2020 berikut ini.

No Tanggal Pelaksanaan Kegiatan
1 1 Mei – 30 Juni 2020 Pendaftaran UM-PTKIN dan Pembayaran
2 1 Juli – 9 Juli 2020 Pencetakan kartu ujian
3 15 Juli – 22 Juli 2020 Pelaksanaan UM-PTKIN
4 28 Juli 2020 Pengumuman kelulusan UM-PTKIN
Daftar Perguruan Tinggi yang dapat Mengikuti UM-PTKIN

Apabila kamu berencana untuk masuk ke Perguruan Tinggi melalui jalur UM-PTKIN, pastikan kampus yang kamu tuju sudah terdaftar.

Zona 1
No PTKIN Zona 1 Alamat
1 UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate 20731
2 UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR Soebrantas 155 Km 15 Simpang Baru Panam Pekanbaru 28293
3 UIN Ar-Raniry Banda Aceh Jalan Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Kotak Pos 76 – Banda Aceh 23111
4 UIN Imam Bonjol Padang Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah Kota Padang, Sumatera Barat 25153
5 IAIN Malikussaleh Lhokseumawe Jln. Medan Banda Aceh Km. 275, No. 1 Buket Rata – Alue Awe, Lhokseumawe
6 IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Jl. Meurandeh Kota Langsa – Nangroe Aceh Darussalam 24411
7 IAIN Padangsidimpuan Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan 22733
8 IAIN Batusangkar Jl. Jend. Sudirman No. 137 Lima Kaum Batusangkar Sumbar 27213
9 IAIN Bukittinggi Jl. Paninjauan Garegeh Koto Selayan Bukittinggi Sumatera Barat 25253
10 STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah Jl. Yos Sudarso/Panglima A Dimot No. 10 Takengon Aceh Tengah
11 STAIN Bengkalis Jl. Lembaga Senggoro Kec. Bengkalis Kab. Bengkalis
12 STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Jl. Sisingamangaraja No. 99 Gampa Johan Pahlawan Meulaboh Aceh Barat
13 STAIN Sultan Abdurrahman Jl. Lintas Barat KM. 19 Ceruk Ijuk Kelurahan Toapaya Asri. Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau
14 STAIN Mandailing Natal Mandailing Natal, Sumatera Utara
Zona 2
No PTKIN Zona 2 Alamat
1 UIN Raden Fatah Palembang Jl. KH. Zainal Abidin Fikri Km. 3,5 Palembang 30126
2 UIN Raden Intan Bandar Lampung Jl. Letkol H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung 35131
3 UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Jl. Jambi – Ma. Bulian KM. 16 Simp. Sei. Duren Kab. Ma. Jambi 36363
4 IAIN Kerinci Jambi Jl. Kapten Muradi, Kec – Pesisir Bukit Kota Sungao Penuh
5 IAIN Curup Jl. AK Gani Kotak Pos 108 Curup Bengkulu 39119
6 IAIN Bengkulu Jl. Pagar Dewa Air Sebakul Bengkulu 38613
7 IAIN Metro Jl. Ki. Hajar Dewantoro 15-A Iringmulyo Kota Metro – Lampung Tengah 34151
8 IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Jl. Raya Petaling Km 13, Kecamatan Mendo Barat, Kab. Bangka – Bangka Belitung 33173
Zona 3
No PTKIN Zona 3 Alamat
1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat 15412 Jakarta Selatan
2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl. Raya Cipadung No. 105 Ujung Berung Bandung 40614
3 UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jl. Jend. Sudirman No. 30 Serang, Banten 42118
4 IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jl. Perjuangan By Pass Cirebon 45121
5 IAIN Pontianak Jl. Letjen Soeprapto No. 19 Pontianak Kal-Bar 78121
6 Universitas Singaperbangsa Karawang
Zona 4
No PTKIN Zona 4 Alamat
1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281
2 UIN Walisongo Semarang Jl. Walisongo No. 3-5 Ngalian Semarang 50185
3 IAIN Pekalongan Jl. Kusuma Bangsa No. 9 Pekalongan Jateng 51141
4 IAIN Surakarta Jl. Pandawa Pucangan Kartasura Sukoharjo Surakarta 57141
5 IAIN Purwokerto Jl. Jend. A. Yani No. 40-A Purwokerto Jateng 53126
6 IAIN Salatiga Jl. Lingkar Salatiga Km.02, Pulutan, Kec. Sidorejo Salatiga
7 IAIN Kudus Jl. Conge Ngembalrejo Po. Box. 51 Kudus Jawa Tengah 59311
Zona 5
No PTKIN Zona 5 Alamat
1 UIN Sunan Ampel Surabaya Jl. Jend. A. Yani No. 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237
2 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jl. Gajayana No. 50 Dinoyo Malang 65144 Jawa Timur
3 UIN Antasari Banjarmasin Jl. Jenderal Ahmad Yani Km. 4.5 Banjarmasin Kalimantan Selatan 70239
4 UIN Mataram Jl. Pendidikan No. 35 Mataram NTB 83125
5 IAIN Jember Jl. Mataram No. 1 Mangli – Jember 68136
6 IAIN Madura Jl. Panglegur Km. 04 Pamekasan 69371
7 IAIN Kediri Jl. Sunan Ampel No. 7 Ngronggo Jawa Timur 68137
8 IAIN Tulungagung Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung Jawa Timur 66221
9 IAIN Ponorogo Jl. Pramuka No. 156 Ronowijayan Siman Ponorogo 63471
10 IAIN Samarinda Jl. H.A.M Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda
11 IAIN Palangkaraya Jl. George Obos Komplek Islamic Center Palangkaraya 73112
Zona 6
No PTKIN Zona 6 Alamat
1 UIN Alauddin Makasar Jl. HM. Yasin Limpo, Gowa
2 IAIN Sultan Amai Gorontalo Jl. Gelatik No. 1 Gorontalo
3 IAIN Ambon Jl. Dr. H. Tarmizi Taher Kebon Cengkeh Batu Merah Atas Ambon 97582
4 IAIN Manado Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ring Road I Manado
5 IAIN Dato Karama Palu Jl. Diponegoro No. 23 Palu Sulawesi Tengah 94221
6 IAIN Parepare Jl. Amal Bakti No. 8 Kec. Soreang Kota Parepare
7 IAIN Bone Jl. HOS Cokroaminoto Watampone 92732, Kab. Bone – Sulawesi Selatan
8 IAIN Palopo Jl. Dr. Ratulangi Palopo 91921 Sulawesi Selatan
9 IAIN Kendari Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kendari 93116
10 IAIN Ternate Jl. Lumba-lumba Kel. Dufa-Dufa Kec. Ternate Utara Kota Ternate – Maluku Utara 97727
11 IAIN Fattahul Muluk Papua Jl. Merah Putih Buper Waena, Jayapura, Papua
12 STAIN Sorong Jl. Sorong-Klamono Km.17 Klablim, Kota Sorong, Papua Barat
13 STAIN Majene Jl. Jenderal Sudirma No. 57 Kabupaten Majene, Kode Pos 91412

4. Jalur Masuk Politeknik di Indonesia

Pembukaan pendaftaran masuk di Perguruan Tinggi tidak hanya terbatas pada universitas saja, tetapi juga untuk politeknik. Untuk bisa masuk ke politeknik, kamu bisa menempuh jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN). Jalur SNMPN dulunya disebut dengan jalur undangan atau jalur PMDK-PN. Ada pula pendaftaran masuk politeknik melalui jalur mandiri yang pelaksanaannya diatur masing-masing politeknik.

Jalur Masuk Politeknik: Jalur SNMPN

Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) adalah jalur masuk Perguruan Tinggi di bidang vokasi atau Politeknik serta Politani Negeri. Jalur SNMPN dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan mencakup 42 macam Perguruan Tinggi tersebut. Bagi kamu yang ingin masuk ke politeknik tahun ini, jadwal pendaftaran SNMPN tahun 2020 dapat disimak.

No Tanggal Pelaksanaan Kegiatan
1 6 Januari – 6 Maret 2020 Pendaftraan SNMPN
2 6 Januari – 6 Maret 2020 Pengisian data siswa dan data sekolah
3 6 Januari – 13 Maret 2020 Proses verifikasi berkas pendaftaran SNMPN
4 28 Maret 2020 Pengumuman kelulusan SNMPN

Daftar Politeknik di Indonesia dan Website Resmi

Daftar Politeknik yang terdaftar dalam SNMPN 2020 beserta laman resmi untuk melihat pengumuman adalah sebagai berikut.

No Politeknik Website
1 Politeknik Manufaktur Negeri Bandung www.polman-bandung.ac.id
2 Politeknik Negeri Jakarta www.penerimaan.pnj.ac.id
3 Politeknik Negeri Medan www.polmed.ac.id
4 Politeknik Negeri Bandung www.snmpn.polban.ac.id
5 Politeknik Negeri Semarang www.polines.ac.id
6 Politeknik Negeri Sriwijaya www.polsri.ac.id
7 Politeknik Negeri Lampung www.polinela.ac.id
8 Politeknik Negeri Ambon www.polnam.ac.id
9 Politeknik Negeri Padang www.pnp.ac.id
10 Politeknik Negeri Bali www.pnb.ac.id
11 Politeknik Negeri Pontianak www.polnep.ac.id
12 Politeknik Negeri Manado www.polimdo.ac.id
13 Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya www.ppns.ac.id
14 Politeknik Negeri Banjarmasin www.poliban.ac.id
15 Politeknik Negeri Lhokseumawe www.pnl.ac.id
16 Politeknik Negeri Kupang www.pnk.ac.id
17 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya www.pens.ac.id
18 Politeknik Negeri Jember www.polije.ac.id
19 Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan www.polipangkep.ac.id
20 Politeknik Pertanian Negeri Kupang www.politanikoe.ac.id
21 Politeknik Perikanan Negeri Tual www.polikant.com
22 Politeknik Negeri Malang www.polinema.ac.id
23 Politeknik Pertanian Negeri Samarinda www.politanisamarinda.ac.id
24 Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh www.politanipyk.ac.id
25 Politeknik Negeri Samarinda www.polnes.ac.id
26 Politeknik Negeri Media Kreatif www.polimedia.ac.id/
27 Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung www.polman-babel.ac.id
28 Politeknik Negeri Batam www.polibatam.ac.id
29 Politeknik Negeri Bengkalis www.polbeng.ac.id
30 Politeknik Negeri Balikpapan www.poltekba.ac.id
31 Politeknik Negeri Madura www.poltera.ac.id
32 Politeknik Maritim Negeri Indonesia www.polimarin.ac.id
33 Politeknik Negeri Banyuwangi www.poliwangi.ac.id
34 Politeknik Negeri Madiun www.pnm.ac.id
35 Politeknik Negeri FakFak www.polinef.ac.id
36 Politeknik Negeri Sambas www.poltesa.ac.id
37 Politeknik Negeri Tanah Laut www.politala.ac.id
38 Politeknik Negeri Subang www.polsub.ac.id
39 Politeknik Negeri Ketapang www.politap.ac.id
40 Politeknik Negeri Cilacap www.politeknikcilacap.ac.id
41 Politeknik Negeri Indramayu www.polindra.ac.id
42 Politeknik Negeri Ujung Pandang www.poliupg.ac.id

5. Jalur Masuk Sekolah Tinggi di Indonesia

Tertarik mendaftar ke Sekolah Tinggi?. Tahun 2020 ini, kamu bisa mencoba peluang. Sekolah Tinggi Kedinasan di Indonesia cukup beragam, baik yang merupakan ikatan dinas atau sekolah tinggi bukan ikatan dinas. Jalur masuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) bisa kamu coba.

Keunggulan Perguruan Tinggi Kedinasan adalah biaya kuliah gratis (meskipun tidak semua), peluang kerja tinggi, dan karier yang terjamin. Bahkan, tidak jarang lulusan Perguruan Tinggi Kedinasan langsung ditempatkan di instansi pemerintah atau direkrut oleh perusahaan. Sekolah Tinggi yang bukan ikatan dinas pun juga membuka peluang karier luas untuk mahasiswanya. Sekolah Tinggi Kedinasan di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Badan Intelijen Negara (BIN)
2. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
3. Badan Pusat Statistik (BPS)
4. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)
5. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)
6. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)
7. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)
8. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

6. Jalur Masuk Akademi di Indonesia

Kamu yang ingin menempuh studi di Perguruan Tinggi Akademi dapat memilih pendidikan vokasi pada satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan. Di Indonesia, peluang meneruskan studi di akademi sangat terbuka lebar. Apalagi pendidikan di akademi juga memungkinkan lulusannya untuk berkarier di pemerintahan maupun swasta. Berikut ini adalah beberapa Akademi yang ada di Indonesia.

1. Akademi Kepolisian (AKPOL)
2. Akademi Militer (AKMIL)
3. Akademi Angkatan Darat (AAD)
4. Akademi Angkatan Udara (AAU)
5. Akademi Angkatan Laut (AAL)
6. Akademi Pariwisata Medan (Akpar Medan)

7. Jalur Masuk Perguruan Tinggi Melalui Beasiswa di Indonesia

Peluang masuk Perguruan Tinggi menggunakan jalur beasiswa menjadi solusi bagi kamu yang kekurangan biaya atau memiliki prestasi. Terdapat banyak peluang beasiswa yang dibuka bagi mahasiswa tahun 2020, baik beasiswa dari pemerintah maupun beasiswa dari swasta.

Beasiswa tersebut misalnya adalah beasiswa langsung dari kampus, beasiswa bidikmisi, beasiswa LPDP, beasiswa Tanoto Foundation, beasiswa Dikti, dan masih banyak lagi. Bahkan, ketika kamu sudah menjadi mahasiswa di suatu Perguruan Tinggi pun kamu tetap bisa mendaftar beasiswa apabila memenuhi persyaratannya.

8. Jalur Masuk Perguruan Tinggi Mandiri

Jangan menyerah apabila kamu sudah mencoba seluruh jalur masuk Perguruan Tinggi yang ditawarkan. Contohnya adalah jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur SNMPN, jalur SPAN-PTKIN, dan jalur UM-PTKIN. Masih ada peluang masuk kampus impian melalui jalur mandiri yang proses pembukaan pendaftaran dan pelaksanaannya tidak sama. Jalur mandiri di Perguruan Tinggi dikelola oleh kampus masing-masing, sehingga kamu dapat langsung membuka pengumuman di website resminya.

1. Jalur Mandiri Universitas Indonesia (UI): SIMAK UI
2. Jalur Mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM): UTUL UGM
3. Jalur Mandiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember: Program Kemitraan dan Mandiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PKM ITS)
4. Jalur Mandiri Universitas Diponegoro: UM UNDIP
5. Jalur Mandiri Universitas Brawijaya (UB): SELMA UB

9. Jalur Masuk Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia

Jangan menyerah apabila kamu belum diterima di kampus negeri yang diinginkan. Saat ini, pilihan meneruskan studi di kampus swasta semakin terbuka, apalagi jalur yang dibuka juga bervariasi. Pilihlah kampus swasta terakreditasi di Indonesia dengan program studi sesuai passionmu. Terdapat beberapa pilihan jalur masuk Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Swasta: PMDK PTS

Manfaatkan peluang masuk PTS jika kamu memiliki minat dan bakat hingga prestasi tertentu. Adanya jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) PTS memungkinkan kamu yang berprestasi akademik atau berprestasi olahraga agar dapat diterima.

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Swasta: Jalur Mandiri PTS

Kamu bisa masuk kampus swasta melalui jalur mandiri. Jalur mandiri di kampus swasta dibuka dalam beberapa gelombang, sehingga peluangmu untuk dapat diterima juga terbuka lebar. Bahkan, terkadang jadwal pendaftaran ujian mandiri di kampus swasta tetap dilaksanakan setelah semua jalur pendaftaran kampus negeri selesai. Pantau terus informasi resmi jalur masuk PTS mandiri di website masing-masing kampus. Berikut ini adalah daftar kampus swasta di Indonesia yang membuka jalur masuk mandiri.

1. Universitas Islam Indonesia (UII)
2. Universitas Sanata Dharma
3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
4. Universitas Muhammadiyah Malang
5. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
6. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
7. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)
8. Universitas Ahmad Dahlan
9. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
10. Universitas Bina Nusantara (BINUS)
11. Universitas Dian Nuswantoro
12. Universitas Telkom Bandung
13. Universitas Pasundan
14. Universitas Mercu Buana
15. Universitas Gunadarma
16. Universitas Narotama
17. Universitas Komputer Indonesia Bandung
18. Universitas Islam Sultan Agung
19. Universitas Esa Unggul
20. Universitas Kristen Petra

Masih ada pula Perguruan Tinggi Swasta lainnya yang bisa kamu jadikan tujuan studi.

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Swasta: UMB PTS

Jalur Ujian Masuk Bersama (UMB) PTS merupakan jalur masuk yang dilaksanakan beberapa kampus swasta. Pendaftaran UMB PTS dilaksanakan secar online dan dapat dipantau melalui website www.spmb.or.id.

Demikian informasi mengenai pendaftaran online SPMB mahasiswa baru TA 2020/2021. Jangan sampai ketinggalan info tanggal pendaftaran dan pembayaran biaya ujian. Pastikan pula kamu sudah menentukan program studi tujuan yang sesuai passion serta sudah kamu pertimbangkan kariernya.

Setelah dinyatakan diterima di kampus tujuan, langsung lakukan persiapan matang sebagai mahasiswa baru. Untuk masalah hunian, manfaatkan aplikasi pencari kost Mamikos yang dapat didownload gratis melalui ponsel android atau ios. Pilihan kamar kost di Mamikos sangat beragam, bahkan kamu dapat melakukan survey online tanpa perlu datang ke lokasi. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: