Pendaftaran Politeknik AKA Bogor 2020/2021

 Mamikos | Sen, 02 Mar 2020

Pendaftaran Politeknik AKA Bogor – Ada yang kuliah di Bogor? Selain IPB atau yang sering diketahui masyarakat banyak dengan kepanjangan Institut Pertanian Bogor, ternyata di Bogor juga ada kampus yang tak kalau populer, yakni Politeknik AKA Bogor.

Akademi Kimia Analis (AKA) saat ini bernama Politeknik AKA Bogor, didirikan di Bogor, Jawa Barat pada tahun 1959 oleh Departemen Perindustrian Rakyat untuk menyelenggarakan program Sarjana Muda dengan tujuan untuk menyediakan analis tingkat akademi yang diperlukan oleh Balai Penelitian Kimia Bogor (sekarang Balai Besar Industri Agro Bogor).

Pendaftaran Politeknik AKA Bogor

Sejak tahun 1981 berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 278/M/SK/VI/81 dan Nomor 1816/U/1981, AKA dinyatakan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan professional program Diploma III. Saat ini AKA bogor adalah salah satu perguruan tinggi milik Departemen Perindustrian.

Sebagai unit pendukung perindustrian, tugas Politeknik AKA Bogor adalah untuk menyediakan SDM Kimia Analisis yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan dan mengembangkan industri. Untuk menjadi negara industri maju, industri memerlukan tambahan SDM Kimia Analisis yang cukup besar dari segi jumlah maupun dari segi kualitas dan tingkat keahlian. Sasaran tingkat keahlian pendidikan ini adalah kemampuan analis kimia secara mandiri, mampu mengembangkan keahliannya, mampu membina bawahannya dan memiliki dan dasar keahlian manajerial. Lulusan AKA berhak menggunakan sebutan Ahli Madya (A.Md). Pada tahun 2002, AKA Bogor telah mendapatkan sertifikat akreditasi perguruan tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat A (BAN-PT 005/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/VII/2007). AKA juga telah mendapat sertifikasi ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu dan telah menerapkannya dalam Sistem Pendidikan di AKA. Tahun 2010 AKA juga telah mendapat Sertifikasi ISO 17025 untuk laboratorium pengujiannya.

Ada beberapa pilihan program studi yang ditawarkan dan yang ada di Politeknik AKA Bogor ini, diantaranya:

1. D3 Analis Kimia
2. D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan
3. D3 Pengolahan Limbah Industri.

Untuk masuk ke program studi di atas, Politeknik AKA Bogor rupanya membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru di tahun 2020/2021 mendatang. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini:

A. Jalur Pendaftaran

Jalur pendataran atau jalur seleksi penerimaan yang dibuka oleh AKA Bogor ada 4, yakni:

1. Jalur Undangan / PMDK

Jalur ini hanya khusus diperuntukkan untuk SMK di bawah Kementrian Perindustruan dan Khusus untuk Sekolah-Sekolah di manapun yang siswa Alumninya berprestasi di kampus Politeknik AKA Bogor. Dan untuk informasinya bisa di cek melalui website resmi Politeknik AKA Bogor atau bisa melalui SMJ masing-masing.

2. Jalur Seleksi Rapor

Jalur seleksi melalui Rapor diperuntukkan khusus bagi SMU / SMK / MA Jurusan IPA yang saat ini aktif di semester akhir.

3. Jalur Ujian Masuk Gelombang I

Jalur ini dilakukan melalui test ujian tertulis yang tentun saja diselenggarakan di kampur Politeknik AKA Bogor. Untuk penddaftar yang tidak lolos jalur ini, maka dapat mengikuti jalur ini tanpa membayar biaya pendaftaran, dengan syarat melakukan konfirmasi melalui website resmi www.aka.ac.id

4. Jalur Ujian Masuk Gelombang II

Jalur ini akan dibuka dan diselenggarakan setelah Gelombang I berakhir. Bagi pendaftar yang tidak lolos di gelombang I, maka pendaftara boleh mengikuti Gelombang II ini, namun harus membayar kembali biaya pendaftaran dan mendaftarkan diri lagi ke Politeknik AKA Bogor.

B. Persyaratan Pendaftran

1. Persyaratan Jalur Undangan (PMDK)

TATA CARA REGISTRASI JALUR UNDANGAN PDF silahkan unduh ( disini )

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 02 Januari s/d 06 Maret 2020 ( Nama – nama sekolah yang akan diundang oleh Politeknik AKA Bogor dapat dicek melalui link berikut silahkan klik disini )
  2. Pendaftaran harus melalui rekomendasi sekolah, contoh Surat Rekomendasi dapat di lihat (disini)
  3. Surat undangan resmi untuk jalur undangan dapat dilihat ( klik disini )
  4. Pendaftar adalah siswa berprestasi peringkat 1-10 yang direkomendasikan oleh pihak sekolah, jika anda berprestasi dan berminat mendaftar jalur undangan, silahkan hubungi pihak sekolah untuk meminta surat rekomendasinya.
  5. Masih tercatat sebagai siswa aktif di semester akhir tahun ajaran 2019/2020 ( SISWA ALUMNI TIDAK DIPERKENANKAN DAFTAR MELALUI JALUR UNDANGAN )
  6. Sekolah merekomendasikan siswa terbaik nya ( Melampirkan surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah )
  7. Melakukan registrasi online melalui pmb.aka.ac.id ( Siswa yang di rekomendasikan wajib mendaftar online terlebih dahulu )
  8. Membayar uang pendaftaran Rp. 200.000,-  melalui rekening operasional Akademi Kimia Analisis dengan nomor rekening 0325128740 Bank BNI Cabang Bogor a.n. “RPL 023 Politeknik AKA Bogor utk BLU”. Jika melalui ATM nama penerimanya ”Rekening Operasional”.
  9. Input nilai rapor tiap semester
    1. KIMIA
    2. MATEMATIKA
    3. BAHASA INGGRIS
    4. FISIKA
    dari semester 1 s/d semester 5 melalui pmb.aka.ac.id ( jika terdapat nilai teori, praktek keterampilan, peminatan, maka silahkan di rata2 saja nilai nya.
    Untuk Sekolah SMA/MA/SMK IPA
    Misal jika terdapat 2 jenis :

    1. Teori = 89
    2. Praktek = 92
    Caranya adalah = 89 + 92 = 181 : 2 = 90,5
    lalu input nilai yang sudah di rata² tersebut (90,5) kedalam kolom nilai tiap semester dst tiap mata pelajaran tersebut diatas hingga semester 5Misal jika terdapat 4 jenis :
    1. Teori = 93
    2. Praktek = 90
    3. Peminatan = 89
    4. Keterampilan = 88
    Caranya adalah = 93 + 91 + 89 + 88 = 361 : 4 = 90,25
    lalu input nilai yang sudah di rata² tersebut (90,25) kedalam kolom nilai tiap semester dst tiap mata pelajaran tersebut diatas hingga semester 5Khusus untuk SMK Analis Kimia jika terdapat mata pelajaran praktek atau teori kimia spesifik misal ( Organik/analitik/gravimetri dll ) silahkan lalukan hal yang sama dengan cara dirata² nilai nya seperti di atas)

  10. Wajib Mengirimkan berkas melalui POS/JNE/JNT/TIKI dll, berkas yang wajib dikirim adalah
    1. print out/hasil cetak formulir online
    2. bukti pembayaran ( reciept ) dari Bank/ATM
    3. fotocopy nilai rapor dari semester 1-5 yang telah dilegalisir sekolah
    4. surat rekomendasi dari kepala sekolah
  11. Pengumuman tanggal 18 Maret 2020 melalui website resmi www.aka.ac.id
  12. Jika mengundurkan diri maka biaya-biaya yang sudah masuk ke Politeknik AKA Bogor tidak dapat dikembalikan.
  13. Jika tidak lolos jalur PMDK maka otomatis akan terdaftar melalui jalur rapor dan akan di seleksi kembali pada jalur rapor ( pengumuman terlampir pada jalur rapor )

2. Persyaratan Jalur Seleksi Rapor:

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 02 Januari s/d 09 April 2020
  2. Terbuka untuk umum siswa/i SMA/MA jurusan IPA atau SMK yang memberikan mata pelajaran KIMIA dalam struktur kurikulumnya
  3. Masih tercatat sebagai siswa aktif di semester akhir tahun ajaran 2019/2020 ( SISWA ALUMNI TIDAK DIPERKENANKAN DAFTAR MELALUI JALUR RAPOR )
  4. Melakukan registrasi online melalui pmb.aka.ac.id ( wajib mendaftar online terlebih dahulu )
  5. Membayar uang pendaftaran Rp. 200.000,-  melalui rekening operasional Akademi Kimia Analisis dengan nomor rekening 0325128740 Bank BNI Cabang Bogor a.n. “RPL 023 Politeknik AKA Bogor utk BLU”. Jika melalui ATM nama penerimanya ”Rekening Operasional”.
  6. Input nilai rapor tiap semester
    1. KIMIA
    2. MATEMATIKA
    3. BAHASA INGGRIS
    4. FISIKA
    dari semester 1 s/d semester 5 melalui pmb.aka.ac.id ( jika terdapat nilai teori, praktek keterampilan, peminatan, maka silahkan di rata2 saja nilai nya.Untuk Sekolah SMA/MA/SMK IPA
    Misal jika terdapat 2 jenis :

    1. Teori = 89
    2. Praktek = 92
    Caranya adalah = 89 + 92 = 181 : 2 = 90,5
    lalu input nilai yang sudah di rata² tersebut (90,5) kedalam kolom nilai tiap semester dst tiap mata pelajaran tersebut diatas hingga semester 5Misal jika terdapat 4 jenis :
    1. Teori = 93
    2. Praktek = 90
    3. Peminatan = 89
    4. Keterampilan = 88
    Caranya adalah = 93 + 91 + 89 + 88 = 361 : 4 = 90,25
    lalu input nilai yang sudah di rata² tersebut (90,25) kedalam kolom nilai tiap semester dst tiap mata pelajaran tersebut diatas hingga semester 5Khusus untuk SMK Analis Kimia jika terdapat mata pelajaran praktek atau teori kimia spesifik misal ( Organik/analitik/gravimetri dll ) silahkan lalukan hal yang sama dengan cara dirata² nilai nya seperti di atas)

  7. Jika tidak lulus jalur seleksi rapor, tidak otomatis masuk ke jalur Gelombang I, jika masih berminat silahkan registrasi dan membayar kembali biaya pendaftaraan.
  8. Wajib Mengirimkan berkas melalui POS/JNE/JNT/TIKI dll, berkas yang wajib dikirim adalah :
    1. print out/hasil cetak formulir online
    2. bukti pembayaran ( reciept ) dari Bank/ATM
    3. fotocopy nilai rapor dari semester 1-5 yang telah dilegalisir sekolah
  9. Pengumuman tanggal 29 April 2020 melalui website resmi www.aka.ac.id
  10. Jika mengundurkan diri maka biaya-biaya yang sudah masuk ke Politeknik AKA Bogor tidak dapat dikembalikan.
  11. Jika tidak lolos Jalur Seleksi Rapor, namun masih berminat maka wajib Registrasi dan membayar biaya pendaftaran kembali, untuk terdaftar melalui Ujian Masuk Gelombang I

Catatan :

  • Pengiriman berkas hanya dilakukan melalui kiriman POS/PAKET SURAT ke alamat Politeknik AKA Bogor.
  • Hati – hati terhadap berita HOAX/PALSU yang menyebut bahwa Politeknik AKA Bogor adalah ikatan dinas dan dapat kuliah gratis.
  • Politeknik AKA Bogor adalah Perguruan Tinggi Reguler, Perguruan Tinggi Vokasi berbasis kompetensi yang berada dibawah Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian dan tidak terikat dengan dinas sehingga tidak ada kuliah gratis.
  • Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru : Kontak telefon atau chat WA 08994468282 ( aktif pada hari & jam kerja senin – Jumat pukul 08.00 s/d 16.00 WIB) tidak menerima balasan SMS dan tidak melayani chat diluar hari kerja dan jam kerja.