Pendaftaran Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020/2021

 Almara Jati | Rab, 20 Mei 2020

Pendaftaran Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020/2021 – Ada berbagai jalur masuk yang dibuka oleh perguruan tinggi negeri untuk menjaring mahasiswa baru. Selain SNMPTN dan SBMPTN, ada pula jalur Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi. Seleksi Mandiri di Wilayah Barat bisa menjadi salah satu pilihanmu untuk masuk PTN selain melalui SNMPTN atau SBMPTN. Lalu, bagaimana pendaftaran Seleksi Mandiri di Wilayah Barat tahun 2020?

Informasi Pendaftaran Seleksi Mandiri di Wilayah Barat

unsplash.com

Seleksi Mandiri di Wilayah Barat pada umumnya dikenal sebagai SMM PTN-BARAT atau Seleksi Mandiri Masuk PTN Wilayah Barat. SMM PTN-BARAT diselenggarakan oleh sejumlah 18 PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama atau BKS PTN Wilayah Barat. Berikut adalah daftar 18 PTN yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri di Wilayah Barat tahun 2020.

  1. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
  2. Universitas Andalas (Unand)
  3. Universitas Jambi (UNJA)
  4. Universitas Lampung (Unila)
  5. Universitas Bengkulu (Unib)
  6. Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang
  7. Universitas Palangkaraya (UPR)
  8. Universitas Malikussaleh (Unimal)
  9. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)
  10. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  11. Universitas Bangka Belitung (UBB)
  12. Universitas Teuku Umar (UTU)
  13. Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  14. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh
  15. Universitas Samudera (Unsam)
  16. Universitas Riau (UNRI)
  17. Universitas Siliwangi (Unsil)
  18. Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)

Ketentuan Umum Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Seleksi Mandiri di Wilayah Barat atau SMM PTN-BARAT 2020 merupakan seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Penyelenggaraan Seleksi Mandiri di Wilayah Barat dilakukan secara bersama antar PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat. Seleksi Mandiri di Wilayah Barat dipertimbangkan berdasarkan Hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau kombinasi hasil UTBC, ujian keterampilan, dan ujian lainnya. Ketentuan tersebut tergantung kepadan masing-masing PTN yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia Seleksi Mandiri di Wilayah Barat.

Persyaratan Pendaftaran Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020

Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020 memiliki persyaratan yang sama yang diterapkan ke seluruh PTN yang terlibat. Selain persyaratan yang ditetapkan bersama, ada beberapa persyaratan tambahan yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. Berikut adalah beberapa persyaratan umum yang harus kamu penuhi untuk mendaftar Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020.

Pendaftaran

  1. Bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, wajib memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2019, harus sudah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi tentang jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak akan mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
  4. Ijazah yang digunakan adalah ijazah lulusan SMA/SMK/MA dari 3 tahun terakhir 2018, 2019, dan 2020 kecuali untuk beberapa universitas:
    1. UMRAH, UNJA, UNSIKA, dan Unimal ijazah lulusan SMA/SMK/MA 5 tahun terakhir (2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020);
    2. ISBI menerima ijazah lulusan SMA/SMK/MA dari 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2011 sampai dengan 2020 dan Paket C dengan maksimal umur 25 tahun; dan
    3. UPR menerima ijazah lulusan SMA/SMK/MA dari 3 tahun terakhir (2018, 2019, dan 2020) untuk Fakultas Kedokteran dan menerima ijazah lulusan SMA/SMK/MA dari 5 tahun terakhir (2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020) untuk fakultas lainnya.
  5. Bagi yang mengambil Prodi Ekonomi Pembangunan, Menajemen, dan Akutansi Fakultas Ekonomi kampus utama, wajib mengikuti ujian Berkemampuan Bahasa Inggris pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2020 di UPT Pusat Bahasa Unand dengan mengisi link http://ukb.smmptn.unand.ac.id

Penerimaan

Peserta seleksi telah dinyatakan lulus dari pendidikan menengah, lulus Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI).

Prosedur Pendaftaran Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020

Pendaftaran Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020 dilakukan secara online. Hal ini dilakukan menyusul kondisi Indonesia yang sedang dilanda pandemi Covid-19. Penyelenggara Seleksi Mandiri di Wilayah Barat berusaha mengurangi kontak langsung saat proses pendaftaran sehingga pendaftaran dilakukan secara online. Berikut prosedur pendaftaran Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020.

  1. Proses pendaftaran diawali dengan mengisi biodata singkat pada laman pendaftaran untuk mendapatkan Kode Pembayaran dan PIN yang dimulai sejak tanggal 2 Juni 2020 sampai dengan tanggal 10 Juli 2020 pukul 15.00 WIB. Setelah Kode Pembayaran diperoleh, proses pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dilakukan melalui laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran akan dimulai tanggal 2 Juni 2020 hingga tanggal 12 Juli 2020 pukul 10.00 WIB.
  4. Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2020, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2020 pada kolom yang disediakan.

Jenis Ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020

Untuk mengikuti Seleksi Mandiri di Wilayah Barat, kamu harus tahu ada beberapa jenis ujian yang akan dilaksanakan. Jenis ujian tergantung kepada jurusan PTN yang kamu pilih. Secara garis besar, ada 2 jenis ujian di Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020 yaitu ujian tulis atau UTBC dan ujian keterampilan. Ujian tambahan akan menyesuaikan kebutuhan dari masing-masing PTN.

Ujian Tulis (UTBC)

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.

Ujian Keterampilan

  1. Ujian keterampilan seni rupa dengan mata tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
  2. Ujian keterampilan seni tari dengan mata tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara).
  3. Ujian keterampilan seni musik dengan mata tes musikalitas, tes praktek instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara).
  4. Ujian keterampilan seni drama/teater dengan mata tes praktek monolog, tes praktek pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara).
  5. Ujian keterampilan fotografi dengan mata tes memotret, pengetahuan seni, dan wawasan seni (dalam bentuk wawancara).
  6. Ujian keterampilan televisi dan film dengan mata tes membuat naskah, story board, pengambilan gambar, serta tes pengetahuan seni dan wawasan seni (dalam bentuk wawancara).
  7. Ujian keterampilan olah raga dengan mata tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.
  8. Ujian berkemampuan Bahasa Inggris bagi peserta yang memilih Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Juli 2020 Jam 07.00 WIB di Gedung Pusat Bahasa Universitas Andalas.

Kelompok Ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020

Kelompok ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020 terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA, TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, TKD Soshum.
  4. Setiap peserta dapat mengikuti salah satu dari kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020

Sudah menentukann akan mendaftar di program studi mana? Dalam pelaksanaan Seleksi Mandiri di Wilayah Barat, kamu dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 program studi. Tetapi, ada ketentuan yang harus kamu ikuti dalam memilih program studi impianmu. Berikut ketentuan pemilihan program studi dalam Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020.

  1. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
  2. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
  3. Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
  4. Peserta yang memilih prodi-prodi yang masuk pada kelompok Saintek atau Soshum saja dapat memilih sebanyak-banyak 3 prodi pada satu PTN atau lebih.
  5. Peserta yang memilih prodi-prodi yang masuk kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) dapat memilih sebanyak-banyak 4 prodi pada satu PTN atau lebih.
  6. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  7. Peserta diwajibkan untuk memilih prodi pada PTN tempat mengikuti ujian sebagai pilihan pertama.
  8. Bagi yang memilih prodi bidang keolahragaan dan seni diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Biaya Pendaftaran, Seleksi Ujian Tulis, dan Keterampilan Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020

Selain melengkapi persyaratan dan menentukan pilihan program studi, kamu jangan lupa untuk membayar biaya pendaftaran dan ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat, ya. Untuk rincian biaya akan Mamikos jelaskan di bawah ini.

  1. Biaya registrasi dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Saintek atau Soshum (tidak ada materi uji keterampilan) sebesar Rp 350.000,-
  2. Biaya registrasi dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Campuran dan kelompok Saintek atau Soshum yang ada materi uji keterampilan dan/atau materi ujian berkemampuan Bahasa Inggris adalah sebesar Rp 500.000,-
  3. Biaya registrasi dan seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank yang ditetapkan.
  4. Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020

Kamu jangan sampai ketinggalan ketika waktu ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat sudah tiba. Kamu tentu tidak mau semua usahamu sia-sia karena kamu ketinggalan ujian. Agar kamu tidak ketinggalan, kamu bisa simak jadwal pelaksanaan ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020 berikut ini.

KEGIATAN JADWAL
Pembelian Nomor PIN Ujian SMM PTN-BARAT 2 – 10 Juni 2020
Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2 – 12 Juli 2020
Pelaksanaan UTBC SMM PTN-BARAT 16 Juli 2020
Pelaksanaan Ujian Keterampilan SMM PTN-BARAT 17 – 18 Juli 2020
Pelaksanaan Ujian Bahasa Inggris SMM PTN-BARAT (bagi pendaftar program studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas) 18 Juli 2020
Pengumuman Hasil Seleksi SMM PTN-BARAT 25 Juli 2020

Ujian Tulis (UTBC)

UTBC dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 16 Juli 2020 dengan jadwal sebagai berikut:

Waktu (WIB) Kegiatan Kelompok Ujian
07.00 – 07.30 Peserta masuk ruang ujian, mengisi biodata, dan pengawas memeriksa identitas Saintek dan Campuran
07.30 – 09.15 Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) Saintek dan Campuran
09.15 – 09.45 Istirahat Saintek dan Campuran
09.30 – 10.00 Peserta masuk ruang ujian, mengisi biodata, dan pengawas memeriksa identitas Soshum
09.45 – 10.00 Saintek dan Campuran
10.00 – 11.45 Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) Saintek, Soshum, dan Campuran
11.45 – 13.00 Istirahat Saintek, Soshum, dan Campuran
13.00 – 13.15 Peserta masuk ruang ujian, mengisi biodata, dan pengawas memeriksa identitas Soshum dan Campuran
13.15 – 14.30 Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) Soshum dan Campuran

Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Jumat s.d. Sabtu tanggal 17 s.d. 18 Juli 2020

Tempat dan Lokasi Ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020

Untuk pemilihan lokasi ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat, ada beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara. Berikut ini adalah ketentuan pemilihan tempat dan lokasi ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020.

Tempat ujian peserta SMM PTN-BARAT 2020 adalah di PTN pilihan pertama.
Lokasi ruang ujian tulis diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masing-masing PTN peserta program seleksi SMM PTN-BARAT 2020.
Lokasi ujian keterampilan dilakukan di PTN tempat ujian tulis, dan apabila tidak tersedia, maka dilakukan di PTN terdekat, dengan biaya transportasi atas tanggungan peserta.

Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri di Wilayah Barat

Nah, sudah mendaftar dan mengikuti proses ujian Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020? Kini saatnya kamu berdoa sambil menunggu hasil Seleksi Mandiri di Wilayah Barat. Hasil seleksi Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020 akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2020 mulai pukul 10.00 WIB. Kamu dapat mengakses hasil seleksimu melalui laman http://pengumuman.smmptnbarat.id dan laman mirror sebagai berikut:

  1. http://smmptn.unand.ac.id
  2. http://smmptn.unila.ac.id
  3. http://smmptn.unja.ac.id
  4. http://smmptn.untirta.ac.id
  5. http://smmptn.upr.ac.id
  6. http://smmptn.utu.ac.id
  7. http://smmptn.unsyiah.ac.id

Itu tadi penjelasan dari Mamikos tentang pendaftaran Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020/2021. Teruslah berjuang dan berusaha agar kamu bisa diterima di PTN idamanmu. Jangan pernah menyerah karena suatu saat kamu pasti bisa meraihnya. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos Seleksi Mandiri di Wilayah Barat 2020, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: