Pendaftaran UM Jalur Mandiri D3 PNB 2020/2021

 Lailla | Jum, 10 Jul 2020

Pendaftaran UM Jalur Mandiri D3 PNB 2020/2021 – Kesempatan untuk menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi tidak hanya terbatas pada Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta saja. Bagi kamu yang berminat untuk meneruskan studi di politeknik, peluang studi di Pulau Bali terbuka lebar. Terdapat kampus Politeknik Negeri Bali (PNB) atau yang lebih dikenal dengan nama Poltek Bali.

Pendaftaran Jalur Mandiri Politeknik Negeri Bali

naturalscenewallpaper.blogspot.com

Alasan calon mahasiswa memilih politeknik dibandingkan universitas adalah materi perkuliahan yang dipelajari. Pada politeknik yang termasuk lembaga pendidikan tinggi bidang vokasi, perkuliahan lebih banyak difokuskan pada praktik dibandingkan teori. Persentase kegiatan praktikum mencapai 60% – 70%, sedangkan untuk teori hanya 30% – 40%. Jika menempuh studi di Politeknik Negeri Bali, mahasiswa bisa lebih siap ketika diminta terjun di bidang industri. Bahkan, lulusan Politeknik Negeri Bali tidak hanya bersaing di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Informasi Seputar Politeknik Negeri Bali

Politeknik Negeri Bali (PNB) atau Poltek Bali adalah lembaga Pendidikan Tinggi di bidang vokasi. Lokasi PNB terdapat di Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali. Akses menuju lokasi kampus tidak terlalu sulit, apalagi di sekitar lokasi kampus sudah banyak transportasi umum. Bagi kamu yang ingin menempuh studi di Politeknik Negeri Bali, terdapat beberapa jalur masuk yang ditawarkan, yaitu:

1. Jalur SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri)
2. Jalur SBM-PN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri) yang diselenggarakan secara Nasional
3. Jalur UMPN (Mandiri)

Setiap jalur masuk tersebut memiliki ketentuan dan persyaratan tersendiri. Pada jalur SNMPN dan jalur SBM-PN, penyelenggaraan ujian dilakukan secara serentak dengan politeknik lainnya. Namun, PNB juga membuka jalur mandiri yang dikenal dengan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Proses pendaftaran dilakukan melalui laman httpL//sion.pnb.ac.id.

Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri Politeknik Negeri Bali

No Agenda Tanggal
1 Pendaftaran Jalur Mandiri PNB 4 Juli – 31 Juli 2020
2 Ujian Tulis 1 Agustus 2020
3 Pengumuman Seleksi Jalur Mandiri PNB 5 Agustus 2020
4 Daftar Ulang Jalur Mandiri PNB 5 – 14 Agustus 2020

Apabila ada pertanyaan terkait penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Bali, pendaftar dapat menghubungi BAAK dan Unit Sistem Informasi Manajemen. Kontak yang dapat dihubungi adalah email puskom@pnb.ac.id. Selain itu, pendaftar juga bisa melihat perkembangan informasi melalui media sosial resmi Politeknik Negeri Bali.

Pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi Jalur Mandiri PNB nantinya akan diminta untuk membayar biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Biaya sumbangan minimal tiap program studi tidak sama. Namun, kisaran biaya SPI di PNB antara 2 – 5 juta rupiah.

Program Studi Politeknik Negeri Bali

Pendaftar bisa memilih dua program studi yang dibuka pada jalur mandiri D3 di PNB. Adapun pilihan program studi yang ditawarkan pada UM PNB adalah:

1. Jurusan Teknik Sipil

• Program Studi Teknik Sipil (D3)
• Program Studi Manajemen Proyek Konstruksi (D4)

2. Jurusan Teknik Mesin

• Program Studi Refrigrasi dan Tata Udara (D3)
• Program Studi Teknik Mesin (D3)
• Program Studi Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal – Elektrikal (D4)

3. Jurusan Teknik Elektro

• Program Studi Teknik Listrik (D3)
• Program Studi Manajemen Informatika (D3)
• Program Studi Teknik Otomasi (D4)
• Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)

4. Jurusan Akuntansi

• Program Studi Akuntansi (D3)
• Program Studi Akuntansi Manajerial (D4)
• Program Studi Akuntansi Perpajakan (D4)

5. Jurusan Administrasi Niaga

• Program Studi Administrasi Bisnis (D3)
• Program Studi Manajemen Bisnis Internasional (D4)

6. Jurusan Pariwisata

• Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (D3)
• Program Studi Perhotelan (D3)
• Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata (D4)

Pemilihan program studi yang ditawarkan di PNB bisa kamu lakukan dengan melihat prospek karier lulusan atau passionmu. Jika kamu memiliki cita-cita di bidang keuangan, tentu mendaftar program studi yang berkaitan dengan akuntansi adalah pilihan tepat. Selama menjalani proses perkuliahan di PNB, kamu akan banyak mendapatkan materi praktik. Hal ini sangat penting agar ketika dinyatakan selesai menempuh studi, lulusan PNB dapat bersaing dan berani bersaing di dunia kerja.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri Politeknik Negeri Bali

Syarat untuk mendaftar jalur mandiri di PNB adalah sebagai berikut:

1. Pendaftar adalah lulusan SMA sederajat yang berusia maksimal 24 tahun.

2. Pendaftar memiliki ijazah kelulusan atau Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi siswa yang baru dinyatakan lulus.

3. Sehat secara fisik dan tidak memiliki cacat fisik yang bisa mengganggu aktivitas perkuliahan dan praktikum.

4. Tidak buta warna untuk pendaftar Jurusan Teknik Elektro (Progam Studi Manajemen Informatika, Progam Studi Teknik Listrik, Progam Studi Teknik Otomasi, Progam Studi Teknik Rekayasa Perangkat Lunak).

Ikutilah alur berikut untuk mendaftar jalur mandiri di PNB:

1. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000. Pembayaran dapat dilakukan di Bank BPD dengan tujuan BPD Bali a.n. Politeknik Negeri Bali. Nomor rekening: 0350121000084.

2. Lakukan login pada laman http://sion.pnb.ac.id. Masukkan nama pengguna yang didaftarkan dan password.

3. Dashboard calon mahasiswa akan aktif apabila pendaftar sudah menyelesaikan tahapan pembayaran. Proses pembayaran juga sudah diverifikasi oleh panitia UMPN.

4. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran secara online.

5. Bagian identitas pendaftar disesuaikan seperti ijazah atau SKL. Pada bagian data alamat disesuaikan dengan KTP atau KK. Bagian data orang tua disesuaikan dengan KTP atau KK.

6. Mengisi pilihan program studi.

7. Mengisi form UKT.

8. Upload bukti pembayaran dan foto peserta (ukuran 4 x 6 maksimal 1 MB).

9. Lakukan finalisasi pendaftaran setelah data yang diisikan benar.

10. Cetak kartu ujian secara online melalui laman http://sion.pnb.ac.id.

11. Ikuti ujian masuk di Kampus Politeknik Negeri Bali tanggal 1 Agustus 2020.

Demikian informasi pendaftaran UM jalur mandiri D3 PNB 2020/2021. Sebelum ujian masuk diselenggarakan, kamu masih memiliki kesempatan belajar untuk memperbesar peluang diterima. Persiapkan semua syarat masuk Politeknik Negeri Bali dan pelajari materi tes yang akan diujikan. Apabila kamu berasal dari luar kota atau luar Pulau Bali, tidak perlu khawatir dengan masalah hunian.

Gunakan aplikasi rumah kost Mamikos yang dapat diunduh secara gratis melalui ponsel android atau ios kesayanganmu. Mamikos membuat proses pencarian hunian di tanah rantau menjadi lebih cepat. Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap terkait kost dekat Politeknik Negeri Bali dalam berbagai macam jangka waktu sewa. Tanpa perlu survey langsung ke Bali, informasi terkait harga sewa, fasilitas kost, hingga booking kost bisa kamu dapatkan. Segera download Mamikos untuk mendapatkan kemudahan pencarian kost, ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: