Pendaftaran UM Jalur Mandiri POLIUPG 2020/2021

 Lailla | Jum, 10 Jul 2020

Pendaftaran UM Jalur Mandiri POLIUPG 2020/2021 – Berniat untuk meneruskan studi di Pulau Sulawesi? Cobalah untuk mendaftar di Politeknik Negeri Ujung Pandang (POLIUPG). Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas sederajat, biasanya kebingungan untuk memilih kampus akan muncul. Jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk mencari tahu cita-cita atau keinginanmu setelah lulus. Apabila kamu ingin langsung terjun di dunia kerja, pilihan studi di politeknik menjadi salah satu solusi.

Pendaftaran Jalur Mandiri Politeknik Negeri Ujung Pandang

Dibukanya pendaftaran jalur mandiri di Politeknik Negeri Ujung Pandang merupakan peluang untuk kamu yang ingin menjadi mahasiswa. Salah satu politeknik di Indonesia ini menawarkan banyak jurusan yang bisa kamu pilih. Tahun ini, POLIUPG membuka pendaftaran jalur mandiri bagi calon mahasiswa yang berminat. Kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkait pendaftaran jalur mandiri di Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Informasi Seputar Politeknik Negeri Ujung Pandang

Politeknik Negeri Ujung Pandang adalah politeknik di Makassar yang sudah berdiri sejak tahun 1987. Dulunya, kampus ini adalah bagian dari Universitas Hasanuddin (UNHAS). Namun, pada tahun 1996/1997 resmi terpisah dan menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang. Kampus POLIUPG terdapat di 2 lokasi. Kampus I Tamalanrea terdapat di Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 10, sedangkan Kampus II BTP terletak di Jalan Tamalanrea Raya (BTP) atau Moncongloe Maros.

POLIUPG fokus untuk mengadakan program pendidikan terapan pada sejumlah bidang program studi. Pendidikan terapan yang dilaksanakan POLIUPG bersifat profesional dan berorientasi pada kebutuhan industri. Nantinya, mahasiswa lulusan POLIUPG akan menjadi profesional dan bisa berkontribusi di masyarakat. Kompetensi lulusan POLIUPG memiliki skill profesional untuk mengaplikasikan, mengembangkan, serta menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian. Selain itu, lulusan POLIUPG juga dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat serta memperkaya kebudayaan nasional.

Gelar yang akan didapatkan lulusan POLIUPG yang mengambil program D3 adalah Ahli Madya (A. Md.). Namun, pendaftar yang mengambil program D4 akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST). Sistem pendidikan di POLIUPG menggunakan SKS dalam bentuk paket. Mahasiswa akan mendapatkan materi teori sebanyak 60% dari total SKS dan 40% materi praktik. Kegiatan praktik mahasiswa tersebut dilakukan di berbagai tempat, misalnya laboratorium, bengkel, studio, atau dengan mengikuti kegiatan lapangan.

Politeknik Negeri Ujung Pandang membuka beberapa jalur penerimaan bagi mahasiswa baru, yaitu:

1. Jalur PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Bakat Politeknik Negeri). Proses seleksi dilakukan oleh Politeknik Negeri (PN) di seluruh wilayah Indonesia berdasarkan nilai rapor.
2. Jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri). Jalur seleksi tulis ini dilaksanakan serentak oleh Politeknik Negeri (PN) di seluruh wilayah Indonesia.
3. Jalur Beasiswa Bidik Misi. Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu.
4. Jalur Mandiri. Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang tidak lulus UMPN.
5. Jalur KKS PLN (Kelas Kerja Sama PLN). Jalur ini dilakukan dalam 4 tahap: tes akademik, tes psikotes, tes fisik, dan tes laboratorium.

Fasilitas penunjang studi di Politeknik Negeri Ujung Pandang sangat lengkap. Mahasiswa bisa belajar teori dan praktik, sehingga lebih siap terjun ke dunia kerja.

Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri Politeknik Negeri Ujung Pandang

Apabila kamu ingin mendaftar jalur mandiri di Politeknik Negeri Ujung Pandang (POLIUPG), berikut ini adalah jadwal yang dapat kamu ikuti. Jadwal tahun 2020 memang belum dirilis secara resmi oleh POLIUPG. Namun, berdasarkan informasi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri pada tahun sebelumnya, syarat untuk mendaftar jalur mandiri adalah:

1. Membayar biaya pendaftaran
2. Membawa Kartu Tanda Peserta Ujian Jalur Mandiri
3. Membawa fotokopi ljazah/SKHU/SKL yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah
4. Membawa surat keterangan berbadan sehat dari dokter yang berwenang
5. Membawa pas foto ukuran 2 x 3 cm (2 lembar) dan ukuran 3 x 4 (2 lembar) dengan latar belakang merah. Foto tidak memakai seragam sekolah dan kaos oblong

Jadwal penerimaan jalur mandiri POLIUPG dilakukan pada bulan Juli – Agustus. Pengumuman kelulusan dilakukan pada bulan Agustus. Namun, sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, proses penerimaan mahasiswa baru dapat mengalami penyesuaian. Informasi resmi terkait pembukaan jadwal ujian mandiri POLIUPG dapat diakses melalui laman https://www.poliupg.ac.id/.

Program Studi Politeknik Negeri Ujung Pandang

Sebelum kamu mendaftar di POLIUPG, informasi jurusan dan program studi perlu kamu ketahui. Terdapat banyak pilihan program studi di Politeknik Negeri Ujung Pandang, yaitu:

Jurusan Teknik Elektro

1. Program Studi Teknik Listrik (D3)
2. Program Studi Teknik Telekomunikasi (D3)
3. Program Studi Teknik Elektronika (D3)
4. Program Studi Teknik Listrik (D4)
5. Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan (D4)
6. Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan (D4)
7. Program Studi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (D4)

Jurusan Teknik Sipil

1. Program Studi Teknik Konstruksi Gedung (D3)
2. Program Studi Teknik Konstruksi Sipil (D3)
3. Program Studi Perancangan Bangunan Gedung (D4)
4. Program Studi Jasa Konstruksi (D4)

Jurusan Teknik Mesin

1. Program Studi Teknik Konversi Energi
2. Program Studi Teknik Mesin
3. Program Studi Teknik Otomotif
4. Program Studi Teknik Perawatan Alat Berat
5. Program Studi Teknik Pembangkit Energi
6. Program Studi Teknik Mekatronika
7. Program Studi Manufaktur

Jurusan Teknik Kimia

1. Program Studi Teknologi Kimia Industri (D4)
2. Program Studi Teknik Kimia (D3)
3. Program Studi Analisis Kimia (D3)

Jurusan Administrasi Niaga

1. Program Studi Administrasi Bisnis (D3)
2. Program Studi Administrasi Bisnis (D4)

Jurusan Akuntansi

1. Program Studi Akuntansi Manajerial Vokasi (D4)
2. Program Studi Akuntansi (D3)

Fasilitas Kampus POLIUPG

Selama menempuh studi di Politeknik Negeri Ujung Pandang, terdapat sarana dan prasarana yang bisa diakses. Fasilitas tersebut akan menunjang proses studi, misalnya adalah laboratorium bahasa, laboratorium komputer, dan laboratorium khusus untuk jurusan tertentu. Mahasiswa juga dapat berdiskusi di gazebo di lingkungan kampus. Sarana ibadah dan sarana olahraga pun juga sudah disediakan.

Sudah mengetahui seluk beluk pendaftaran POLIUPG dan mempersiapkan syarat-syarat pendaftarannya? Tentukan program studi yang akan kamu pilih di kampus ini. Cari tahu pula tingkat persaingan untuk bisa diterima sebagai salah satu mahasisa POLIUPG. Sebab, setiap tahun peminat kampus ini selalu bertambah.

Mahasiswa rantau yang datang dari luar Pulau Sulawesi bisa mencari hunian sementara apabila meneruskan studi di kampus ini. Gunakan aplikasi pencari kost Mamikos yang dapat diunduh secara gratis melalui ponsel android atau ios kesayanganmu. Mamikos bisa membantu proses pencarian hunian sementara tanpa harus datang langsung ke lokasi. Selain bisa mengetahui informasi harga kost di sekitar POLIUPG, kamu pun bisa mengetahui fasilitas kamar kost yang diatawarkan dan melakukan booking kamar kost. Jadi, segera download Mamikos agar proses pencarian semakin mudah dan cepat.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: