Pendaftaran UNHAS Makassar 2020/2021 Berbagai Jalur Masuk

 Nana | Sen, 17 Feb 2020

Pendaftaran UNHAS Makassar 2020/2021 Berbagai Jalur Masuk – Universitas Hasanuddin, yang juga dikenal dengan singkatan UNHAS adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang ada di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. UNHAS sudah berdiri sejak 10 September 1956. Perguruan Tinggi Negeri ini semula adalah pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus UNHAS awalnya dibangun di Baraya atau Kampus Baraya.

Alur Pendaftaran UNHAS Makassar

Akan tetapi pada awal tahun 1980-an, saat Rektor dijabat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Kampus UNHAS dipindahkan ke Tamalanrea, karena Kampus Baraya sudah berada di tengah kota. Di masa sekarang Kampus UNHAS menempati areal seluas 220 hektare di Tamalanrea dengan berbagai fasilitas. Hingga akhir tahun 2006, Fakultas di Universitas Hasanuddin bertambah 1 yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yakni Fakultas Kehutanan.

Hasil gambar untuk UNHAS
Saat ini juga telah dikembangkan kampus baru UNHAS yang dikhususkan untuk Fakultas Teknik, yang terletak di bekas pabrik kertas Gowa di Kabupaten Gowa. Kampus baru ini telah dipergunakan sejak tahun 2006. Jadi apabila kamu memerlukan informasi pendaftaran UNHAS Makassar 2020/2021 berbagai jalur masuk, maka kamu bisa menyimak informasi selengkapnya yang Mamikos susun di bawah ini.

Daftar Lengkap Pendaftaran UNHAS Makassar Berbagai Jalur Masuk

Pendaftaran SNMPTN 2020

Penerimaan Mahasiswa Baru tentunya harus memenuhi prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel. Terlebih tidak boleh diskriminatif. Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studinya tepat waktu.

Siswa yang memiliki prestasi baik dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA tentunya layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Oleh sebab itu di bawah ini adalah ulasan lengkap tentang pendaftaran UNHAS Makassar 2020/2021 berbagai jalur masuk khususnya jalur SNMPTN.

Ketentuan Umum

  1. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.
  2. Sekolah yang siswanya telah mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  3. Sebagai siswa kamu juga berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  4. Apabila kamu hendak mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

Ketentuan Khusus dan Syarat Bagi Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar

Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2020 yang memenuhi persyaratan. Kamu wajib memiliki prestasi unggul dimana kamu harus masuk dalam peringkat terbaik di sekolahmu. Ketentuan berdasarkan akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya. Kemudian akreditasi B 30% terbaik di sekolahnya, dan akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya. Atau jika belum terakreditasi 5% terbaik di sekolahnya.

Untuk Pemeringkatan nantinya harus dilakukan oleh Panitia Pusat berdasarkan data PDSS. Kamu sebagai siswa harus memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS. Kemudian kamu juga harus memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS. Yang terakhir kamu harus memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Alur Pendaftaran

  1. Bagi kamu siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, wajib menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2020 http://www.web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Bagi kamu siswa Pendaftar wajib untuk mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Kamu sebagia calon pendaftar juga harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Kamu sebagai siswa Pendaftar pada Program Studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Kamu sebagai siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
    Sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Jadwal SNMPTN

Pengisian dan Verifikasi PDSS 13 Januari – 10 Februari 2020
Pendaftaran SNMPTN 21 Februari – 6 Maret 2020
Pengumuman Hasil Seleksi 17 April 2020

Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi dilaksanakan hari Selasa, 8 Mei 2020 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2020).

Pendaftaran SBMPTN 2020

SBMPTN 2018 adalah sebuah seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN nantinya akan dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Ketentuan Umum dan Persyaratan

SBMPTN 2020 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC atau UTBK, atau kombinasi hasil ujian tulis dan/atau ujian keterampilan.

Persyaratan Pendaftaran

  1. Kamu adalah seorang Warga Negara Indonesia
  2. Kamu adalah lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 dan 2019 harus memiliki ijazah.
  3. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2020 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah. Pada proses pendaftaran online, SKL belum diperlukan; tetapi pada saat mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.
  4. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di Program Studinya.

Penerimaan

Kamu adalah peserta seleksi lulus pendidikan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C, dan lulus SBMPTN 2020 memiliki kondisi tubuh sehat, dan wajib untuk memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri penerima.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran SBMPTN 2020 nantinya akan dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2020.
  3. Pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2020 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2020 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

Pendaftaran Jalur Mandiri 2020

Ketentuan Umum Jalur Non-Subsidi

Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik di samping kemampuan finansial. Penilaian terhadap peserta jalur Non-Subsidi dilakukan berdasarkan skor nilai UTBK 2020, nilai tes Psikologi dan tes Wawancara.

Persyaratan

  1. Pastikan kamu sudah terdaftar sebagai peserta ujian UTBK dan SBMPTN 2020.
  2. Bagi kamu yang telah lulus SNMPTN, SBMPTN, Kelas Internasional 2020 tidak diikutkan proses seleksi mendaftar.
  3. Kamu sudah erdaftar sebagai peminat di salah satu program studi Univeristas Hasanuddin melalui jalur SBMPTN 2020 (berdasarkan Kartu Peserta SBMPTN 2020)
  4. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak akan mengganggu kelancaran belajar di Program Studi pilihannya kedepannya.

Waktu dan Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran nantinya akan dilakukan secara online melalui Website Penerimaan Mahasiswa Baru UNHAS 2020 (peserta harus membaca dengan teliti seluruh persyaratan pendaftaran sebelum mengisi formulir online karena kesalahan pengisian formulir menjadi tanggung jawab peserta dan tidak dapat lagi diubah dengan alasan apapun);
  2. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 01 – 16 Juli 2020 (pukul 14:00 WITA) http://mandiri.unhas.ac.id;
    Tanggal Penting Jalur Mandiri
  3. Pendaftaran Online & pembayaran registrasi*) pada 01 – 16 Juli 2020
  4. Tes Psikologi (Kepribadian) pada 18 -19 Juli 2020
  5. Tes Wawancara pada 19 Juli 2020
  6. Pengumuman Kelulusan pada 26 Juli 2020 melalui laman ini klik disini
  7. Registrasi Ulang dan Pembayaran Dana Pengembangan serta UKT Semester Awal 2020/2021 pada 26 – 31 Juli 2020
  8. Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru pada 08 Agustus 2020
  9. Kuliah Perdana: 19 Agustus 2020
  10. Tata cara pendaftaran dapat diakses pada tanggal 01 Juli 2020

Bila Lolos Jalur Mandiri

Apabila kamu siswa yang telah dinyatakan lolos seleksi jalur Mandiri 2020, maka diwajibkan untuk memenuhi beberapa hal berikut ini:

  1. Mengisi formulir pendaftaran ulang secara Online di pmb.unhas.ac.id tanggal 26 – 31 Juli 2020
  2. Jalur JNS wajib untuk membayar UKT Kelompok 7 dan Dana Pembangunan.
  3. Jalur POSK Verifikasi (minimal UKT 3) mengikuti verifikasi UKT tgl 01 Agustus 2020 Pukul 09:00 WITA di Gedung Registrasi UNHAS dengan membawa kelengkapan seperti Lampiran 4
  4. Kamu harus melakukan pembayaran UKT di Bank BNI (semua cabang BNI) dengan membawa slip pembayaran UKT yang valid mulai tanggal 26 – 31 Juli 2020
  5. Kemudian kamu mencetak surat panggilan registrasi ulang melalui laman http://pmb.unhas.ac.id setelah melakukan pembayaran UKT;
  6. Kamu kemudian mendaftarkan diri di Gedung Registrasi Unhas sesuai jadwal masing-masing calon di laman http://pmb.unhas.ac.id (terlampir di surat panggilan) dengan membawa kelengkapan seperti pada Lampiran-5;
  7. Khusus jalur POSK Mengisi surat pernyataan (E) bersedia masuk dan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNHAS format di pmb.unhas.ac.id
  8. Kamu harus berpakaian rapi dan sopan (tidak mengenakan kaus oblong), baju putih, celana kain hitam untuk laki-laki, rok panjang hitam untuk wanita dan memakai sepatu.
  9. Apabila kamu tidak hadir tepat waktu atau tidak dapat memenuhi ketentuan-ketentuan di atas, maka hak kamu sebagai sebagai mahasiswa baru Universitas Hasanuddin tahun akademik 2020/2021 akan dinyatakan gugur.

Sementara untuk urusan hunian, kamu bisa langsung serahkan pada Mamikos. Sebagai aplikasi cari kost, kamu bisa mengandalkan Mamikos dalam menemukan hunian yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Unduh aplikasinya sekarang di Appstore dan Playstore. Gratis.