Pendaftaran Universitas Gunadarma 2019/2020

Posted on Posted in Biaya Kuliah Masuk Universitas, Pendaftaran

Pendaftaran Universitas Gunadarma 2019/2020 – Universitas Gunadarma merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus utama beralamat di Kota Depok, Jawa Barat. Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma).

Tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.

Setelah melalui perjuangan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan, Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia. Pengalaman selama 25 tahun yang diiringi pengabdian dan dedikasi tenaga pengajar; komitmen yayasan dan pimpinan; pengadaan fasilitas pembelajaran serta kepercayaan masyarakat, Universitas Gunadarma terus berupaya menghasilkan lulusan yang berguna dan bisa mendarmabaktikan kompetensinya demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

Keberadaan dan perkembangan Universitas Gunadarma sampai saat ini merupakan keberhasilan penerapan prinsip otonomi perguruan tinggi di tingkat institusi. Prinsip otonomi ini menjadi landasan utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Universitas Gunadarma dengan tetap mengikuti perkembangan eksternal, khususnya kebijakan, peraturan dan perundangan yang berlaku. Selain itu, perjalanan yang relatif panjang tersebut juga menunjukkan kepemimpinan yang teruji dan luwes dalam menghadapi berbagai perubahan dan kebijakan yang terkait dalam pengelolaan perguruan tinggi. Kepemimpinan dan sistem pengelolaannya mengacu kepada tata kelola universitas yang baik (good university governance) yang telah ditetapkan.

Pendaftaran Universitas Gunadarma 2019/2020

Image result for jurusan unggulan di universitas gunadarma

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunadarma (UG) Tahun Akademik 2018/2019, dapat dilakukan secara online melalui internet. Hal ini sebagai wujud kepedulian Universitas Gunadarma dalam mewujudkan sistem yang lebih fleksibel dilingkup interaksi universitas dengan masyarakat.
Khusus Pendaftaran Universitas Gunadarma yang dilakukan secara Online akan mendapatkan potongan biaya Pendaftaran Universitas Gunadarma sebesar Rp. 150.000,- (Pendaftaran Universitas Gunadarma yang dilakukan secara Reguler di counter pendaftaran adalah sebesar Rp. 500.000,-)

Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunadarma Jalur PPMDK

(DIPERUNTUKAN BAGI YANG AKAN LULUS SMA/SMK Sederajat TAHUN 2018) :

  1. Registrasi 
    Syarat untuk registrasi adalah Anda harus memiliki email yang aktif. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar melalui Jalur Reguler ini melalui alamat website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2019. Silakan mengisi form registrasi Anda pada halaman Registration. Setelah mengisi data, Anda akan mendapatkan konfirmasi Melaui Email untuk informasi mengenai user untuk login, proses pembayaran formulir (sesuai yang anda pilih : Setoran Tunai atau ATM). Pastikan untuk mencek email yang anda daftarkan untuk mendapatkan informasi tersebut.
  2. Pembayaran
    Setelah Registrasi silakan melakukan pembayaran formulir Pendaftaran Universitas Gunadarma dengan Transfer ke Bank Mandiri dengan VIRTUAL ACCOUNT masing-masing pendaftar diawali 889730 diikuti NOMORID daftar sebesar Rp.350.000,-. Nomor lengkap VIrtual Account Pendaftaran Universitas Gunadarma dapat dilihat pada email atau pada halaman ketika selesai melakukan Pendaftaran Universitas Gunadarma
  3. Melengkapi Data Isian
    Setelah melakukan pembayaran formulir anda dapat langsung login untuk melengkapi formulir dan mengisikan nilai raport semester 4 dan 5.
  4. Berkas Persyaratan PMDK Universitas Gunadarma
    Setelah mendapatkan konfirmasi Pembayaran Anda akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Universitas Gunadarma yang dikirmkan melalui SMS dan Email, dan selanjutnya Anda wajib kembali ke website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2019 untuk melengkapi Data Isian Mahasiswa. Langkah berikutya anda wajib mengirimkan semua berkas yang dibutuhkan untuk proses selanjutnya, Anda wajib mengirimkan salinan dokumen yang dipersyaratkan untuk proses seleksi PMDK, yaitu:
    (1) 2 lembar fotocopy STTB SMTA yang dilegalisir (untuk SMTA Swasta Legalisir KANWIL) (bila sudah ada).
    (2) 1 lembar fotocopy SKHUN/NEM (dilegalisir sekolah) (bila sudah ada).
    (3) 1 lembar fotocopy Rapor kelas 3 semester 5.
    (4) 2 lembarpasfoto 2×3 cm berwarna.
    (5) 1 lembarpasfoto 4×6 cm berwarna.
    (6) 1 lembarfotocopy KTP.
    Mohon agar semua berkas tersebut di SCAN dan dikirimkan melalui EMAIL : [email protected]
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Gunadarma
    Hasil Seleksi PMDK akan diumumkan melalui halaman login mahasiswa baru/sms/diambil di counter Pendaftaran Universitas Gunadarma pada waktu yang ditentukan oleh Panitia PMB setelah Anda melengkapi Data Isian dan Persyaratan Seleksi PMDK. Isi pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang diterima sesuai hasil seleksi, jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.
  6. Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan Universitas Gunadarma
    Setelah Anda diterima sebagai calon mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan menghubungi Panitia di counter Pendaftaran Universitas Gunadarma untuk melakukan pembayaran Biaya Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan.
  7. Daftar ulang
    Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda diwajibkan melakukan daftar ulang di counter Pendaftaran Universitas Gunadarma.
  8. Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT) Universitas Gunadarma
    PPSPPT merupakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh Panitia.

Prosedur Pendaftaran Universitas Gunadarma Mahasiswa Baru Jalur Reguler:

  1. Registrasi  Universitas Gunadarma
    Syarat untuk registrasi adalah Anda harus memiliki email yang aktif. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar melalui Jalur Reguler ini melalui alamat website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2019. Silakan mengisi form registrasi Anda pada halaman Registration. Setelah mengisi data, Anda akan mendapatkan konfirmasi Melalui Email untuk informasi mengenai user untuk login, proses pembayaran formulir. Pastikan untuk mencek email yang anda daftarkan untuk mendapatkan informasi tersebut.
  2. Pembayaran Pendaftaran Universitas Gunadarma
    Setelah Registrasi silakan melakukan pembayaran formulir Pendaftaran Universitas Gunadarma dengan Transfer ke Bank Mandiri dengan VIRTUAL ACCOUNT masing-masing pendaftar diawali 889730 diikuti NOMORID daftar sebesar Rp.350.000,-. Nomor lengkap VIrtual Account Pendaftaran Universitas Gunadarma dapat dilihat pada email atau pada halaman ketika selesai melakukan Pendaftaran Universitas Gunadarma
  3. Melengkapi Data Isian 
    Setelah mendaftar anda dapat langsung login untuk melengkapi formulir dan memilih tanggal ujian yang tersedia. Anda Dapat membayar langsung formulir pada waktu tes ujian masuk. Setelah melengkapi data isian formulir dan memilih waktu Ujian, Anda lakukan pengecekan email untuk informasi detail.
  4. Ujian Masuk Universitas Gunadarma
    Setelah Anda melengkapi Data Isian dan menentukan lokasi Ujian Masuk UG, maka Anda akan mendapatkan jadwal sesuai dengan lokasi ujian pilihan Anda. Ujian dilaksanakan pada:
    Hari/Tanggal: (sesuai dengan pilihan Anda pada saat mendaftar online)
    Tempat: Kampus Depok, Gedung 5 Lantai 3
    Jl. Margonda Raya No.100 Pondok Cina – Depok
    Waktu ujian SHIFT 1 Jam : 08.00 – 09.30 WIB
    Waktu ujian SHIFT 2 Jam : 10.00 – 11.30 WIB
    Waktu ujian SHIFT 3 Jam : 13.00 – 15.30 WIB
    Waktu ujian SHIFT 4 Jam : 15.00 – 16.30 WIB
    Ujian MENGGUNAKAN KOMPUTER, dan materi yang DIUJIKAN adalah: MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS.
    Tata tertib ujian masuk adalah sebagai berikut: 
    1. Datang 15 menit sebelum ujian dimulai.
    2. Membawa Identitas Diri berupa KTP atau Kartu Pelajar.
    3. Membawa Fotocopi Bukti Pembayaran.
    4. Membawa FORMULIR yang sudah diisi LENGKAP di http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2019 dan telah DICETAK.
    5. Berpakaian rapi & sopan, sepatu tertutup.
    Pria: Kemeja (bukan kaos), Celana Bahan Panjang.
    Wanita: Blus/Blazer (bukanKaos), Rok Bahan.
    6. Membawa PAS FOTO 4×6 sebanyak 1 LEMBAR.
  5. Pengumuman Hasil Seleksi 
    Hasil Seleksi Jalur Reguler akan diumumkan diambil di counter Pendaftaran Universitas Gunadarma pada waktu yang ditentukan oleh Panitia PMB, setelah Anda melakukan Ujian Masuk yang telah di jadwalkan. Isi pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang diterima sesuai hasil seleksi, jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.
  6. Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan
    Setelah Anda diterima sebagai calon mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan membayar Biaya Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan di counter Pendaftaran Universitas Gunadarma setelah menghubungi Panitia.
  7. Daftar ulang
    Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda diwajibkan melakukan daftar ulang di counter Pendaftaran Universitas Gunadarma.
  8. Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT)
    PPSPPT merupakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh Panitia.

Penerimaan Calon Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK UG) Universitas Gunadarma Gelombang II

Pendaftaran secara langsung pada Ruang Pendaftaran di Kampus D Universitas Gunadarma, Jalan Margonda Raya 100, Depok. Biaya Formulir untuk kedokteran yaitu formulir umum Rp. 500.000 dan formulir khusus kedokteran Rp. 250.000

Info Pendaftaran Universitas Gunadarma khusus FK UG:

087788119993
087788119996

  • Kampus A
    Jl. Kenari nomor 13 Jakarta Pusat, 10430 Phone : 330220, 330226
  • Kampus B
    Jl. Salemba Bluntas Jakarta Pusat
  • Kampus C
    Jl. Salemba Raya nomor 53 Jakarta Pusat Phone : 3906518, 3908568 Fax : 3100325
  • Kampus D
    Jl. Margonda Raya Pondok Cina, Depok Phone : 7863819, 7520981,7863788
  • Kampus E
    Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis Phone : 8719525, 8710561, 8727541 ext. 103,106 Fax : 8710561
  • Kampus G
    Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis Phone : 8719525, 8710561, 8727541 ext. 103,106 Fax : 8710561
  • Kampus H
    Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis Phone : 8719525, 8710561, 8727541 ext. 103,106 Fax : 8710561
  • Kampus J
    Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang Bekasi, Phone : 88860117
Baca juga :  Pendaftaran UNAND (Universitas Andalas) 2019/2020

Jangan lupa, jika sudah menentukan akan kuliah dimana, kamu juga bisa segera mencari tempat tinggal berupa kos rumah tinggal. Mamikos punya banyak sekali informasi mengenai kos, apartemen atau rumah tinggal yang disewakan dan bisa kamu pilih salah satunya. Soal harga, fasilitas dan lain halnya silakan dipertimbangkan sesuai keinginan.

*Untuk informasi selengkapnya kamu bisa menelusuri laman resmi dari Universitas Gunadarma tersebut dan mengetahui pembaruan terkini.

Baca juga :  Biaya Kuliah UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Pendaftaran Universitas Gunadarma

Pendaftaran Universitas Gunadarma