Pendaftaran Universitas Telkom 2019/2020 Terlengkap

Posted on Posted in Biaya Kuliah Masuk Universitas, Pendaftaran, PTN

Pendaftaran Universitas Telkom 2019/2020 – Universitas Telkom, atau disingkat Tel-U ( /ˈtɛl-ˈjuː/), adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utama Tel-U terletak di selatan Kota Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Telekomunikasi – Terusan Buahbatu, di kawasan Bandung Technoplex (BT-Plex). Kampus lainnya berlokasi di daerah Gegerkalong Hilir, sebelah utara Kota Bandung, di kompleks perkantoran PT. Telkom (Telkom Innovation and Development Center dan Telkom Corporate University/Telkom Training Center).

Telkom University juga disebut-sebut sebagai universitas swasta modern terkemuka dalam teknologi informasi dan komunikasi. Telkom University dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar milik Pemerintah Indonesia. Universitas Telkom berkomitmen “Tidak Hanya Mendidik Orang Tetapi Juga Menciptakan Pemimpin Masa Depan”. Saat ini, Telkom University adalah rumah bagi 30.000 mahasiswa yang belajar di bidang teknik, manajemen, komunikasi, dan industri kreatif. Kami menawarkan 31 program di bawah 7 fakultas untuk studi sarjana dan pascasarjana.

Universitas Telkom juga terlibat dalam pengembangan masyarakat digital dan ekosistem bisnis. Pusat penelitian yang tersedia di Universitas Telkom meliputi:

  • Kebijakan Publik TIK
  • Ekosistem Bisnis Digital
  • Teknologi Nirkabel Tingkat Lanjut (AdWiTech)
  • Pusat untuk Internet of Things
  • Selain itu, Innovation Center, yaitu Bandung Techno Park, berfokus pada perusahaan startup, inkubasi bisnis, dan solusi teknologi di bidang ICT.

Telkom University merupakan penggabungan dari empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Telkom University berdiri pada tanggal 14 Agustus 2013 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013. Universitas Telkom adalah Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, merupakan penggabungan dari empat Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Institut Teknologi Telkom sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Institut Manajemen Telkom sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom). STT Telkom dan STMB Telkom didirikan pada tahun 1990 atas prakarsa PT. Telkom yang saat itu dipimpin oleh Direktur Utama Ir. Cacuk Sudarijanto. Kedua sekolah tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan pendidikan dalam bidang industri pertelekomunikasian serta teknologi informasi.

Kampus Telkom University bertempat di kawasan Bandung Technoplex. Kampus tersebut merupakan pengembangan kampus STT Telkom yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto pada tahun 24 Maret 1994. Di masa lalu, kawasan tersebut merupakan lokasi penempatan stasiun pemancar radio tertua kedua di Indonesia milik Pemerintah Kolonial Belanda, yang kemudian ikut mengumandangkan berita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 ke berbagai penjuru dunia. Nilai sejarah dan karya-karya Tridharma yang telah dihasilkan oleh kampus-kampus sebelumnya akan menginspirasi Telkom University untuk berkembang terus menjadi kampus kebangsaan dan sekaligus kampus dunia (World Class University) yang akan selalu menciptakan masa depan (Creating the Future) melalui pengembangan cross-culture academic atmosphere dan global academia. Nick name (julukan) Tel-U dan moto Creating the Future merupakan gagasan yang diberikan oleh Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc., Direktur Utama/CEO PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk pada saat Telkom University didirikan sebagai penggabungan IT Telkom, IM Telkom, Politeknik Telkom, dan STISI Telkom.

Related image

Pendaftaran Universitas Telkom 2019/2020

Pendaftaran Universitas Telkom 

Pendaftaran Universitas Telkom calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini Pendaftaran Universitas Telkom sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk Universitas Telkom Jalur Mandiri.

Seleksi Jalur Prestasi Akademik dan BIDIKMISI

Telkom University menyediakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru menggunakan penilaian pada rapor pendidikan selama menempuh jenjang SMA/MA/SMK. Metode penerimaan ini hampir sama dengan SNMPTN untuk universitas negeri. Di Telkom University juga disediakan beasiswa BIDIKMISI bagi calon mahasiswa yang kurang mampu.

Pendaftaran Universitas Telkom seleksi JPA 1 tahun 2018 ini dibagi menjadi 2 tahap :

  • Tahap 1, Pendaftaran Universitas Telkom tanggal 11 September-13 Oktober 2017. Pengumuman hasil seleksi JPA 1 Tahap 1 pada 19 Oktober 2017
  • Tahap 2, Pendaftaran Universitas Telkom tanggal 16 Oktober-8 Desember 2017. Pengumuman hasil seleksi JPA 1 Tahap 2 pada 14 Desember 2017

Syarat Pendaftaran Universitas Telkom JPA 1 tahun 2018 adalah sebagai berikut :

  • Nilai rata-rata semester 1-4 minimal 70 (kurikulum 2006) atau 2.6 (kurikulum 2013)
  • Tidak buta warna bagi pendaftar program studi D3 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Kriya Tekstil Mode, S1 Desain Interior, S1 Desain Produk, S1 Seni Rupa Intermedia.

JPA 1 Tahun 2018 | foto : SMB Tel-U JPA 1 Tahun 2018 | Foto : SMB Tel-U

Tahap Pendaftaran Universitas Telkom seleksi JPA 1 tahun 2018 :

  1. Pendaftaran Universitas Telkom online. Membuat akun untuk log in di smb.telkomuniversity.ac.id. Cek username dan password pada email yang digunakan untuk mendaftar, lalu klik “AKTIVASI”
  2. Log in akun. Siapkan file foto ukuran 4×6 (max. 1 mb), login dengan username dan password (huruf kapital), lalu lengkapi biodata hingga tahap pemesanan pin.
  3. Pembelian PIN. Cetak nomor transaksi dan bawa ke Bank Mandiri atau Bank BNI. Dapatkan kode aktivasi pada slip pembayaran yang diperoleh dari bank.
  4. Aktivasi akun. Log in kembali di akun smb.telkomuniversity.ac.id, inputkan kode aktivasi lalu lanjutkan dengan memilih program studi.
  5. Cetak kartu peserta. Sebelum mencetak, pastikan pilihan program studi sudah sesuai. Pengumuman kelulusan dapat dilihat pada akun porsimaba masing-masing pada tanggal yang telah ditentukan.

Seperti pada jalur-jalur seleksi lain yang telah dilaksanakan pada tahun lalu, JPA 1 tahun 2018 ini juga menawarkan keringanan biaya bagi pendaftarnya. Tersedia potongan biaya SDP2 sebesar 10% bagi pendaftar pada JPA 1 Tahap 1.

Sarana & Prasarana

Mahasiswa Telkom University tidak perlu repot mencari akomodasi selama mereka berkuliah, karena Telkom University menyediakan fasilitas asrama mahasiswa. Terdiri dari 18 gedung, asrama mahasiswa Telkom University memiliki fasilitas yang lengkap dan juga kegiatan mahasiswa yang bermanfaat. Fasilitas yang ditawarkan antara lain berupa meja belajar, dispenser, dan kamar mandi di setiap kamar tidur; fasilitas olahraga berupa lapangan futsal, tennis court, dan kolam renang; ruang berkumpul bagi mahasiswa, dapur bersama, dormitory hall, musholla, laundry, kantin, dan tentu saja, wi-fi gratis bagi seluruh penghuni.

Kemudahan Mendapatkan Karier/Pekerjaan

Tel-U Career merupakan Pusat Pengembangan Karir milik Telkom University yang memberikan layanan informasi tentang karir dan lowongan kerja untuk mahasiswa dan alumninya. Tidak hanya itu, Tel-U Career juga menyelenggarakan berbagai kegiatan yang tujuannya untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja nantinya.

Universitas Telkom juga memiliki Research Center yang luar biasa keren. Research Center (RC) merupakan unit strategis yang berupaya menghadirkan Telkom University sebagai bagian dari entitas penyumbang, penyebarluasan, serta berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen, dan seni, sekaligus pemasok  pemikiran dalam kemasan kajian akademik kepada pemerintah, industri, operator, pemakai jasa, dan semua pihak terkait baik nasional maupun internasional.

Ketua RC mempunyai tugas pokok sebagai berikut:

  1. Merumuskan dan melaksanakan program kerja yang dipimpinnya;
  2. Membentuk tim penelitian yang terdiri dari Staf Ahli yang merupakan representasi dari Kelompok Keahlian dan melakukan evaluasi riset yang dipimpinnya;
  3. Merumuskan terget kualitas proses riset yang dipimpinnya;
  4. Merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi proses kegiatan RC;
  5. Melakukan koordinasi dengan Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam melakukan penelitian;
  6. Mengelola mutu program riset yang dipimpinnya;
  7. Menyusun laporan dan evaluasi performansi kegiatan riset yang dipimpinnya.

Dasar hukum pendirian RC dituangkan dalam Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Telkom Nomor KEP.0827/00/DGA-02/YPT/2016 tahun 2016 tentang Stuktur Organisasi dan Tata Kerja Telkom University

 

Lokasi Kampus

Gedung Bangkit Telkom University
Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Indonesia 40257 , Bandung , Indonesia +62 (22) 7564 108 [email protected]

Baca juga :  Jurusan UAD (Universitas Ahmad Dahlan) dan Akreditasinya 2019/2020

Jangan lupa, jika sudah menentukan akan kuliah dimana, kamu juga bisa segera mencari tempat tinggal berupa kos rumah tinggal. Mamikos punya banyak sekali informasi mengenai kos, apartemen atau rumah tinggal yang disewakan dan bisa kamu pilih salah satunya. Soal harga, fasilitas dan lain halnya silakan dipertimbangkan sesuai keinginan.

*Untuk informasi selengkapnya kamu bisa menelusuri laman resmi dari Universitas Telkom tersebut dan mengetahui pembaruan terkini.

Baca juga :  Biaya Kuliah UAD (Universitas Ahmad Dahlan) 2019/2020

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Pendaftaran Universitas Telkom

Pendaftaran Universitas Telkom