Pendaftaran UNKHAIR 2020/2021 Berbagai Jalur Masuk

 Nana | Jum, 21 Feb 2020

Pendaftaran UNKHAIR 2020/2021 Berbagai Jalur Masuk – UNKHAIR adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Provinsi Maluku Utara. UNKHAIR didirikan pada 15 Agustus 1964 dan memperoleh pengakuan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan. Seiring dengan berjalannya waktu, UNKHAIR berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hingga saat ini, UNKHAIR terus berbenah diri dan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun luar negeri dalam upaya mewujudkan visi dan misi yang diembannya. Perkembangan UNKHAIR dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan yang signifikan. Jadi apabila kamu memerlukan informasi pendaftaran UNKHAIR 2020/2021 berbagai jalur masuk, maka informasi dalam artikel ini pasti kamu perlukan. Sebab dalam artikel ini, Mamikos akan membahas tuntang info tentang pendaftaran UNKHAIR 2020/2021 berbagai jalur masuk secara lebih dalam.

Jadi apabila kamu sudah tidak sabar dengan pendaftaran UNKHAIR 2020/2021 berbagai jalur masuk, maka segera simak infonya di bawah ini:

Daftar Berbagai Jalur Masuk Pendaftaran UNKHAIR 2020/2021

Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2020 dilaksanakan melalui tiga jalur yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota minimum 20% dari daya tampung Perguruan Tinggi Negeri. Kemudian ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota minimum 40%; dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri terkait dengan maksimum 30%.

UNKHAIR Ternate
unkhair.ac.id

Beberapa hal baru terkait pelaksanaan SNMPTN 2020 adalah diantaranya tentang pemeringkatan siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang harus dilakukan oleh sekolah. Kemudian jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah. Maksudnya sekolah dengan nilai akreditasi A sebanyak 40%, akreditasi B 25% dan sekolah dengan akreditasi C serta lainnya adalah 5% yang merupakan siswa terbaik di sekolahnya.

Perlu kamu ketahui juga sebagai calon peserta SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020 yakni sudah diterapkannya kebijakan Single Sign On (SSO). Apa itu SSO? SSO adalah tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020 dimana setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id terlebih dahulu.

Pendaftaran UNKHAIR via SNMPTN

Pada tahap pendaftaran SNMPTN ini, siswa/wi pendaftar dapat memilih paling banyak dua Universitas Negeri atau Perguruan Tinggi Negeri dengan memilih dua Program Studi pada satu Perguruan Tinggi Negeri atau masing masing satu Program Studi di dua Perguruan Tinggi Negeri.

Setelah memilih Universitas dan Program Studi, siswa/wi akan menanti pengumuman hasil SNMPTN yang akan diumumkan pada tanggal 4 April 2020 pukul 15.00 WIB. Jika siswa/wi diterima pada Perguruan Tinggi Negeri pilihan siswa/wi calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN di PTN pilihan, informasi daftar ulang dapat dilihat di laman (website) masing masing Perguruan Tinggi Negeri yang kamu tuju.

Kerangka Waktu Mengikuti SNMPTN

  1. Dimulai kamu registrasi Akun LTMPT
  2. Pengisian Pangkalan Data Sekolah & Siswa (PDSS) mulai tanggal 13 Januari sampai tanggal 6 Februari 2020.
  3. Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah mulai tanggal 13 Januari sampai tanggal 6 Februari 2020.
  4. Pengumuman Siswa Eligible untuk mendaftar SNMPTN mulai tanggal 13 Januari sampai tanggal 6 Februari 2020 (setelah sekolah melakukan finalisasi pengisian PDSS)
  5. Pendaftaran SNMPTN 2020 mulai tanggal 11 sd 25 Februari 2020.
  6. Pengumuman hasil SNMPTN tanggal, 4 April 2019 pukul 15.00 WIB
  7. Pendaftaran Ulang Peserta yang lulus SNMPTN sesuai masing masing PTN (lihat laman resmi Perguruan Tinggi Negeri).

Pendaftaran UNKHAIR via SBMPTN

Bagi kamu siswa yang tidak lulus pada seleksi SNMPTN, kamu masih punya kesempatan untuk masuk UNKHAIR dengan mengikuti seleksi tahap berikut yakni UTBK untuk SBMPTN. Pada proses pendaftaran UTBK dimulai dengan pendaftaran akun LTMPT bagi yang belum membuat akun LTMPT. Untuk kamu siswa/wi yang telah membuat akun namun belum melakukan permanen data dapat melakukan permanen data atau daftar kembali, pendaftaran UTBK sendiri dimulai tanggal, 17 Februari sampai dengan 5 April 2020.

Registrasi akun LTMPT ini hukumnya wajib untuk semua calon pendaftar baik itu tahap SNMPTN, UTBK dan SBMPTN. Dalam membuat akun LTMPT, nantinya siswa akan diminta untuk mempersiapkan NISN,NPSN dan tanggal lahir, pendaftaran dilakukan secara online pada laman https://portal.ltmpt.ac.id .

Hasil UTBK 2020 hanya berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 dan hasilnya akan diberikan pada peserta secara individu. Hasil UTBK 2020 ini juga dapat digunakan oleh Perguruan Tinggi Negeri dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri 2020.

Ketentuan Mendaftar UTBK dan Mengikuti SBMPTN

Kamu bisa mengikuti atau mendaftar pada jalur UTBK ini jika kamu adalah siswa/wi yang tidak lulus pada jalur SNMPTN, atau siswa/wi SMA/MA/SMK kelas 12 yang tidak mendaftar pada jalur SNMPTN atau juga peserta didik Paket C tahun 2020. Calon peserta lain yang diperbolehkan mendaftar pada jalur UTBK untuk SBMPTN ini ialah para siswa/wi lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019.

Pada proses pendaftaran UTBK akan dimulai tanggal 30 Maret sampai dengan 11 April 2020, calon peserta UTBK diharapkan untuk melakukan login pendaftaran menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id dan selanjutnya melakukan verifikasi dan validasi data siswa. Tahap selanjutnya siswa memilih menu pendaftaran UTBK dan memilih lokasi tes UTBK jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran.

Kemudian kamu harus membayar sesuai pilihan jenis ujian apakah kamu kelompok Saintek atau Soshum yakni masing-masing sebesar Rp 200.000 dan kelompok campuran sebesar Rp 300.000,- untuk pelamar beasiswa Bidikmisi atau KIP-Kuliah tidak melakukan pembayaran pendaftaran.

Tahapan registrasi akun dan pendaftaran UTBK adalah sebagai berikut :

  1. Pertama kamu harus registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 17 Februari – 05 April 2020 pada laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Lakukan login dengan menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Pilih menu Pendaftaran UTBK. Pilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  5. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  6. Login ulang ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  7. Kamu tinggal mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih.

Kerangka Waktu UTBK

  • Registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 07 Februari — 05 April 2020.
  • Untuk pendaftaran UTBK mulai tanggal 30 Maret – 11 April 2020
  • Tanggal pelaksanaan UTBK mulai pada 20 – 26 April 2020 ( 7 Hari)
  • Tanggal pengumuman Hasil UTBK pada 12 Mei 2020

Kerangka Waktu SBMPTN :

  • Pendaftaran SBMPTN mulai tanggal 02 sd 13 Juni 2020
  • Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN pada 30 Juni 2020 pukul 15.00 WIB.

Pengumuman Hasil

Pengumuman hasil UTBK akan dilakukan pada tanggal, 12 Mei 2020. Nantinya kamu hanya cukup melihat pengumumannya di akun masing masing. Selanjutnya kamu harus melakukan pendaftaran SBMPTN dengan nilai UTBK yang dimiliki masing masing, dengan terlebih dahulu mengisi biodata para peserta SBMPTN hanya bisa memilih Dua Program Studi dalam satu Perguruan Tinggi Negeri atau masing masing Satu Program Studi dalam Dua Perguruan Tinggi Negeri. Pendaftaran SBMPTN akan dimulai tanggal, 02 Juni sampai dengan 13 Juni 2020 dan pengumuman hasil Seleksi Jalur SBMPTN dilaksanakan pada tanggal, 30 Juni 2020 pukul 15.00 WIB.

Pendaftaran UNKHAIR via Jalur Mandiri

Penerimaan Mahasiswa baru tahun ini adalah untuk mengisi daya tampung yang tersedia pada Seleksi mandiri. Besaran daya tampungnya yakni sebesar 30% berada di delapan kursi Fakultas dengan tiga puluh enam Program Studi. Delapan Fakultas ini yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran.

Seleksi Mandiri Universitas Khairun Jalur Prestasi tahun akademik 2020/2021 diselenggarakan demi meningkatkan mutu input mahasiswa baru UNKHAIR dan sebagai bentuk Penghargaan kepada siswa yang memiliki Prestasi Luar Biasa atau Juara dalam bidang Olahraga, Seni, Olimpiade bidang studi, lomba bidang Keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler lainnya.

Seleksi Mandiri Jalur UTBK adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S-1 dan D-3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Khairun dalam bentuk Ujian Tulis Berbasis Komputer yang akan dijadwalkan pada tanggal, 17 sampai dengan 22 Juli 2020.

Pendaftaran jalur mandiri dilaksanakan dengan sistem online. Sistem ini akan mempermudah calon pendaftar dari luar Kota Ternate. Tentu saja caranya cukup mudah yakni sebagai calon peserta kamu dapat mengunjungi laman pendaftaran http://pmb.unkhair.ac.id. Pada laman ini calon peserta dapat menonton video tutorial cara mendaftar akun pendaftaran peserta.

Calon peserta dapat memilih salah satu kelompok ujian : Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), atau Campuran (Saintek dan Soshum).

Syarat Umum

  • Kamu adalah siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2020 duduk di kelas XII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah. Sedangkan siswa lulusan tahun 2018 dan 2019 dibuktikan dengan fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat terkait.
  • Taat dan dapat mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNKHAIR. Termasuk biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.

Syarat Khusus Jalur Prestasi

  • Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat:
  1. Juara I, II, atau III (memperoleh piala atau medali emas, perak, atau perunggu) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, lomba bidang keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
  2. Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat kabupaten/kota dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, lomba bidang keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
  3. Memiliki keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga. Contoh: Hafal Alquran 20 juz, penemu teknologi tepat guna, dan lain-lain.
  • Bukti sertifikat atau piagam kejuaraan sesuai bidang prestasinya pada angka 1, 2, dan 3 harus disahkan oleh Kepala Dinas Setempat
  • Lulus tes khusus (wawancara)

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran akan dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 7 Mei s.d. 14 Juli 2020. Waktu pendaftaran untuk seleksi mandiri dibagi menjadi 2 gelombang pendaftaran yaitu :

  • Pendaftaran gelombang 1 akan dimulai pada tanggal 7 Mei sampai dengan 9 Juli 2020, pendaftaran gelombang 1 ini dapat memberi kesempatan kepada siswa lulusan 2020 yang tidak lolos di jalur SNMPTN dan tidak mendaftar atau terlambat mendaftar pada jalur UTBK untuk SBMPTN.
  • Pendaftaran gelombang 2 akan dimulai pada tanggal 10 sampai dengan 14 Juli 2020. Pada pendaftaran gelombang 2 ini dapat memberi kesempatan kepada siswa yang tidak diterima pada jalur SBMPTN atau mereka yang tidak ikut UTBK maupun SNMPTN 2020.

Besaran Biaya Pendaftaran

Biaya Pendaftaran setiap peserta dikenakan sebesar Rp 250.000. Pembayaran tersebut dapat dilakukan melalui Bank Negara Indonesia (BNI) atau ATM BNI atau juga dapat menggunakan via transfer antar bank melalui rekening yang tertera pada saat kamu melakukan login pendaftaran.

Tata Cara Pendaftaran

  • Kamu harus menyiapkan: (1) file hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kB, rasio 400×600 pixels, format gambar .jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/KK); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/ piagam yang diperoleh;
  • Kamu wajib mengisi borang pendaftaran secara lengkap pada laman pendaftaran termasuk upload pas foto diri dengan latar berwarna merah, upload surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan upload bukti prestasi yang dimiliki. Pemalsuan/kecurangan pengisian borang dan dokumen akan berakibat pembatalan status sebagai peserta SM-UNKHAIR Jalur Prestasi dan implikasi hukum selanjutnya. Jadi teliti dan berhati-hati adalah kunci.
  • Kamu harus mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-UNKHAIR Jalur Prestasi;
  • Kamu wajib hadir dalam tes khusus (wawancara) dengan Panitia Seleksi pada tanggal 26 Juli 2020 dengan membawa bukti dokumen Asli dan fotokopi sebagaimana yang diminta pada saat pengisian borang pendaftaran;
  • Hasil seleksi akan diumumkan secara terbuka di laman pendaftaran pada tanggal 30 Juli 2020.

Demikianlah ulasan lengkap Mamikos tentang pendaftaran UNKHAIR 2020/2021 berbagai jalur masuk seperti yang bisa disampaikan di atas. Mamikos harap info seputar pendaftaran UNKHAIR 2020/2021 berbagai jalur masuk ini dapat memberikan kamu pencerahan dan kesempatan untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan pendaftaran UNKHAIR 2020/2021 berbagai jalur masuk tersebut.

Jika kamu merasa bahwa informasi tentang pendaftaran UNKHAIR 2020/2021 berbagai jalur masuk ini berguna, maka kamu bisa sebarkan sebanyak-banyaknya pada teman dan pengikutmu di sosial media. Sementara untuk urusan hunian, serahkan saja pada aplikasi cari kost Mamikos yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di Appstore dan Playstore.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: