Pendaftaran UNPATTI 2020/2021 Berbagai Jalur Masuk

 Nana | Jum, 21 Feb 2020

Pendaftaran UNPATTI 2020/2021 Berbagai Jalur Masuk – Pada tahun ajaran baru ini, informasi pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk sangat diperlukan. Oleh karenanya, pada kesempatan ini, Mamikos akan membahas secara mendalam mengenai pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk untuk kamu. Pada tahun  2016, UNPATTI telah memiliki 57 Program Studi yang terbagi dalam 9 Fakultas.

Umumnya Program Studi yang tersedia di UNPATTI telah mengantongi akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tidak terlalu mengherankan jika jumlah calon mahasiswa baru yang tertarik mendaftar di kampus ini terus meningkat setiap tahunnya. Tidak terkecuali kamu bukan. Jadi jangan hentikan membaca artikel pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk sekarang, simak penjelasan lebih lanjut hingga akhir.

Daftar Berbagai Jalur Pendaftaran UNPATTI 2020/2021

UNPATTI
satumaluku.id

Apabila kamu merasa tidak sabar lagi untuk segera mengetahui info lengkap pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk, maka kamu bisa segera membaca ulasan Mamikos di bawah ini. Ulasan lengkap pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk sudah Mamikos rangkum dengan lengkap di bawah ini:

Pendaftaran UNPATTI via Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Persyaratan Bagi Siswa Pendaftar

Sebelum kamu mendaftarkan diri pada pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk khususnya SNMPTN, ada syarat yang wajib untuk kamu penuhi diantaranya adalah:

  • Kamu adalah seorang siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul.
  • Sudah punya NISN yang terdaftar di PDSS
  • Mempunyai nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun
  • Terakhir memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Sistem Penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri

Usai kamu membaca persyaratan yang wajib dipenuhi, sekarang waktunya kamu mengetahui sistem penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri itu seperti apa. Pertama kamu sudah lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA, kamu juga sudah memiliki akun di LTMPT dan telah dinyatakan lulus SNMPTN 2020 dan terakhir lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri penerima.

Persyaratan Sekolah

Ada persyaratan sekolah yang juga wajib untuk diketahui apalagi bagi para siswanya yang hendak mengikuti SNMPTN adalah SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN dan sudah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Alur Pendaftaran SNMPTN

  1. Apabila kamu adalah siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, maka kamu harus menggunakan email dan password saat login ke laman Portal LTMPT http://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Kamu sebagai siswa pendaftar wajib untuk mengisi biodata, pilihan Perguruan Tinggi Negeri, dan pilihan Program Studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada Perguruan Tinggi Negeri pilihan kamu.
  3. Kamu sebagai siswa pendaftar pada Program Studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id.
  4. Kamu sebagai siswa pendaftar kemudian mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Jadwal SNMPTN

  • Pengisian dan Verifikasi PDSS dilakukan pada 15 Januari – 10 Februari 2020 18:00 WIB
  • Untuk pendaftaran SNMPTN dilakukan pada 14 Februari – 27 Februari 2020
  • Pengumuman Hasil Seleksi pada tanggal 4 April 2020

Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di Perguruan Tinggi Negeri dapat dilihat di laman masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

  • Kamu diperkenankan untuk memilih paling banyak dua Program Studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  • Perhatikan ini! Urutan pilihan Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi menyatakan prioritas pilihan kamu.
  • Bagi kamu pendaftar SNMPTN yang berasal dari SMK, hanya diizinkan memilih Program Studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.
  • Untuk daftar Program Studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Pendaftaran UNPATTI via Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Jadwal UTBK 2020

  • Registrasi akun LTMPT pada 7 Februari-5 April 2020
  • Pendaftaran UTBK pada 30 Maret-11 April 2020
  • Pelaksanaan UTBK pada 20-26 April 2020
  • Pengumuman Hasil UTBK pada 12 Mei 2020

Untuk pelaksanaan UTBK 2020, waktunya berlangsung selama satu minggu dengan jumlah 14 sesi (dua sesi setiap hari) dan dilaksanakan di 74 Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri. Selain itu pada tahun ini, peserta UTBK hanya diperbolehkan mengikuti satu kali tes sesuai dengan kelompok tes yang diikutinya yakni Saintek, Soshum, atau Campuran. Sementara tahun lalu, peserta UTBK diperbolehkan mengikuti tes maksimal dua kali.

Jadwal SBMPTN 2020

Setelah melakukan tes UTBK, hasil nilainya digunakan untuk mendaftar SBMPTN 2020. Hasil UTBK 2020 hanya berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 dan hasilnya akan diberikan pada peserta secara individu. Hasil UTBK 2020 ini juga dapat Perguruan Tinggi Negeri dalam pelaksanaan penerimaan melalui jalur Seleksi Mandiri 2020.

  • Pendaftaran SBMPTN pada 2 Juni 2020 – 13 Juni 2020
  • Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN pada tanggal 30 Juni 2020 pukul 15.00

Untuk diketahui Perguruan Tinggi Negeri yang berdiri tahun 1956, saat ini dipimpin oleh rektor Prof. Dr. Marthinus J. Saptenno, SH., M.Hum. BAN PT telah mengeluarkan akreditasi B untuk UNIVERSITAS PATTIMURA (UNPATTI). Perguruan Tinggi Negeri ini bisa dikatakan sebagai salah satu kampus favorit calon mahasiswa baru di Maluku. Ulasan pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk belum selesai. Kamu bisa membaca ulasan selanjutnya pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk khususnya jalur mandiri di berikut ini.

Pendaftaran UNPATTI via Seleksi Mandiri

UNPATTI juga membuka jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh panitia UNPATTI demi menerima calon mahasiswa baru. Bagi kamu peserta yang sebelumnya telah dinyatakan tidak lulus mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN, maka bisa mengajukan diri untuk mengikuti jalur mandiri UNPATTI ini. Pendaftaran jalur mandiri UNPATTI akan dilakukan secara langsung di Gedung Registrasi dan Statistik Universitas Pattimura. Sementara untuk waktu Pendaftaran dimulai pukul 09.00 s/d 15.00 WIT.

Di bawah ini Mamikos sudah cantumkan tata cara pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk jalur mandiri:

Tata Cara Pendaftaran

  1. Apabila kamu memilih Program Sarjana reguler, maka wajib menunjukkan ijazah (asli) SMA / MA / MAK / SMK, dan menyerahkan 1 lembar fotocopy yang telah dilegalisir kepada petugas Registrasi UNPATTI. Dan bagi calon peserta yang lulus pada tahun ini, dapat menggunakan Surat Keterangan Kelulusan Ujian Nasional.
  2. Kamu yang memilih program sarjana reguler II, menunjukkan ijazah (asli) SMA atau ijazah dan transkrip nilai (asli) D1, D2 atau D3 dan menyerahkan 1 lembar fotocopy yang telah dilegalisir kepada petugas Registrasi UNPATTI.
  3. Kemudian kamu akan menerima tanda bukti daftar dari petugas Registrasi UNPATTI, untuk melakukan pembayaran uang pendaftaran di bank BNI
  4. Kamu akan menerima Formulir Pendaftaran dari petugas Registrasi UNPATTI.
  5. Kamu akan diwajibkan mengisi formulir pendaftaran ujian masuk UNPATTI jalur seleksi mandiri.
  6. Kamu kemudian harus mengambil tanda peserta tes di Gedung Registrasi dan melihat ruang tes pada waktu yang akan ditentukan.
  7. Jangan lupa kamu juga wajib untuk memantau segala informasi melalui laman www.unpatti.ac.id

Biaya Pendaftaran

  • Program Sarjana Reguler I sebesar Rp 250.000
  • Program Sarjana Reguler II sebesar Rp 300.000
  • Program Sarjana Reguler III sebesar Rp 300.000
  • Waktu Pelaksanaan berkisar dari bulan Juli hingga bulan Agustus di tahun yang sama.

Pendaftaran via Bidikmisi UNPATTI

Bidikmisi ialah sebuah program pemberian dana bantuan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi finansial. Meski begitu calon mahasiswa tersebut memiliki kemampuan akademik yang memadai. Karenanya penerima beasiswa Bidikmisi adalah calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik. Sebab prestasi akademi tersebut akan dianggap sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi tepat waktu.

Mamikos senang sekali bisa membantumu mendapatkan informasi selengkapnya tentang pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk. Mengingat memang memasuki tahun ajaran baru seperti sekarang ini sangatlah diperlukan informasi pasti perihal pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk, maka Mamikos pun tidak ingin ketinggalan memberikan kamu informasi tersebut.

Selain pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk yang bisa kamu temukan di Mamikos, sebagai aplikasi cari kost Mamikos juga memastikan kamu untuk memperoleh hunian kost yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Caranya cukup unduh aplikasinya di Appstore atau Playstore sekarang. Apabila kamu merasa bahawa info pendaftaran UNPATTI 2020/2021 berbagai jalur masuk ini berguna, jangan sungkan untuk membagikannya pada teman dan pengikutmu di media sosial.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: