Pengertian Marketing Mix Hingga Penerapan dalam Perusahaan

Posted in: Mahasiswa
Tagged: Marketing Mix

Pengertian Marketing Mix Hingga Penerapan dalam Perusahaan – Marketing mix menjadi hal yang paling sering dibicarakan akhir-akhir ini oleh para pelaku bisnis. Mungkin kamu salah satu orang yang pernah mendengarnya namun tidak terlalu memperhatikan makna dari istilah ini.

Secara umum kamu pasti memahami kalau marketing atau pemasaran merupakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pebisnis. Perusahaan tanpa dipasarkan sama saja dengan tidak dikenalkan ke konsumen secara langsung sehingga sulit berkembang.

Marketing Mix

unsplash.com/@campaign_creators

Maka dari itu marketing tidak pernah bisa dipisahkan dari bisnis karena keduanya saling mempengaruhi dan membutuhkan. Penggunaan strategi marketing yang baik membuat peluang sukses akan jauh lebih besar.

Jadi sudah pasti kalau istilah ini sudah sangat erat kaitannya dengan dunia bisnis atau usaha. Secara sederhana dapat didefinisikan sebagai strategi pemasaran yang terdiri dari beberapa elemen atau komponen penting. 

Sehingga mampu mencapai tujuan pemasaran pada target pasar yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Konsep marketing mix tidak hanya digunakan pada bisnis lama namun sangat efektif mengembangkan bisnis baru.

Jika kamu tertarik menggunakan konsep marketing ini maka tidak ada salahnya mempelajari lebih mendalam. Tidak hanya tahu pengertian secara umum saja namun juga memahami tujuan, elemen, fungsi dan banyak lainnya.

Pengertian Apa itu Marketing Mix

Sebelum membahas lebih mendalam tentang strategi marketing ini, tidak ada salahnya dipelajari dari pengertiannya dulu. Agar kamu lebih memahami dari dasar-dasarnya dan bisa menerapkan konsep pemasaran ini dengan tepat.

Secara sederhana marketing mix adalah sebagai kumpulan variabel pemasaran yang sering dimanfaatkan perusahaan maupun organisasi. Terutama ketika menjalankan berbagai aktivitas usaha untuk mencapai tujuan pemasaran sesuai target pasar.

Istilah ini pertama kali dijelaskan oleh profesor Neil Borden pada tahun 1948 dan dikembangkan sampai sekarang. Inspirasi ini didapatkan dari jurnal milik koleganya yaitu Profesor James Culliton.

Menurut Neil Borden, pemasaran menjadi fondasi dari model dasar sebuah bisnis agar bisa berkembang. Dalam bahasa Indonesia sendiri, marketing mix dapat diartikan sebagai Bauran Marketing atau Bauran Pemasaran.

Menurut Buchari Alma dapat diartikan sebagai bentuk strategi yang mengkombinasikan banyak kegiatan marketing. Dari kombinasi tersebut diharapkan strategi pemasaran akan jauh lebih maksimal dan hasilnya juga lebih memuaskan.

Strategi pemasaran ini dianggap memiliki framework yang sebenarnya sangat sederhana namun mencakup keseluruhan proses. Tidak heran jika sering digunakan oleh perusahaan kelas dunia untuk dijadikan dasar dalam menyusun strategi pemasaran.

Banyak pelaku usaha yang sudah membuktikan keberhasilan menggunakan strategi pemasaran bauran ini. Termasuk bisnis lama maupun bisnis yang baru dirintis sudah mampu menentukan strategi paling tepat serta efektif.

7 Elemen Dasar Marketing Mix

Dalam penerapannya ada 7 elemen penting dan paling mendasar sehingga harus dipelajari. Simak penjelasan berikut ini tentang 7 elemen yang dimaksud agar lebih mudah untuk dipahami.

1. Place

Tempat dalam strategi pemasaran memiliki peran penting yaitu sebagai bentuk dari saluran distribusi. Maksudnya lebih mengacu kepada di mana lokasi produk tersebut disediakan agar bisa dijual ataupun dibeli kembali.

2. Product

Produk merupakan sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mendapatkan tujuan mereka. Apapun produknya harus memiliki nilai fungsional agar bisa digunakan pelanggan dan memberikan daya tarik tersendiri.

3. Promotion

Promosi menjadi elemen mendasar karena digunakan sebagai strategi untuk membuat pelanggan menyadari ada produk tersebut. Semakin banyak pelanggan yang mengetahui tentang produk kamu maka strategi promosinya berhasil.

4. Price

Price atau harga menjadi elemen terpenting karena merupakan nilai untuk menggantikan produk. Kamu bisa menentukan harga terbaik untuk mendapatkan nilai yang sesuai terhadap produk tersebut.

5. People

Pople yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya terbatas pada konsumen saja namun semua SDM terlibat. Termasuk didalamnya terdapat tenaga kerja, tim bisnis dan semua orang terlihat sehingga penting diperhatikan.

6. Process

Dalam marketing mix kamu akan menemukan elemen proses di mana gabungan dari semua aktivitas perusahaan. Bukan hanya tentang pemasaran saja namun semua aktivitas terkait produk sampai akhirnya diterima konsumen.

7. Physical Evidence (bukti fisik)

Elemen terakhir yaitu bukti fisik yang merupakan perangkat untuk mendukung agar bisnis bisa berjalan. Dengan adanya dukungan ini diharapkan semua proses dapat berjalan lancar dan bisa mendapatkan hasil maksimal.

Tujuan Penggunaan Marketing Mix untuk Bisnis

Sebuah strategi pemasaran tentu saja digunakan karena memiliki tujuan tertentu yang dinilai efektif dalam bisnis. Termasuk memakai strategi pemasaran bauran tentu saja ada beberapa tujuan yang harus kamu ketahui.

1. Pemasaran langsung

Tujuan marketing mix salah satunya untuk pemasaran langsung atau dikenal juga dengan istilah direct marketing. Direct marketing maksudnya sebuah sistem pemasaran interaktif dengan memanfaatkan satu atau lebih media iklan. 

Dengan adanya pemasaran langsung ini diharapkan adanya tanggapan yang diberikan konsumen dalam satu lokasi. Sehingga bisa benar-benar mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk perusahaan tersebut dan pengaruhnya terhadap transaksi.

2. Sales promotion atau promosi penjualan

Tujuan lainnya yaitu membantu dalam promosi penjualan dengan memanfaatkan berbagai alat intensif. Di mana alat tersebut sengaja dirancang untuk mendorong minat konsumen menggunakan jasa atau membeli produk tersebut.

Tujuan ini akan dinyatakan berhasil jika daya beli konsumen meningkat sehingga produk semakin diminati. Kamu bisa memilih jenis-jenis promosi yang sesuai agar kegiatan pemasaran bisa benar-benar efektif.

3. Periklanan

Periklanan atau advertising merupakan kegiatan yang tidak kalah penting untuk menunjang sistem marketing mix. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang produk maupun jasa yang ditawarkan.

Banyak media iklan yang bisa dimanfaatkan dan disesuaikan dengan target konsumen agar tepat sasaran. Hasil yang didapatkan dari iklan tersebut yaitu agar produk semakin dikenal dan meningkatkan penjualan.

Banyaknya iklan yang ada di berbagai media kerap kali membuat konsumen menjadi sangat bosan. Maka dibutuhkan strategi tersendiri agar iklan tersebut menarik dan informasi benar-benar sampai ke konsumen.

Beberapa Fungsi Dasar dari Marketing Mix

Dalam menggunakan konsep marketing kamu harus memahami manfaatnya dan juga fungsinya terlebih dahulu. Jika memang fungsinya menguntungkan dan lebih mudah digunakan maka tidak ada salahnya untuk dicoba.

Konsep pemasaran bauran memang memiliki fungsi yang sangat menarik untuk diketahui para pelaku bisnis. Fungsi-fungsi ini dapat dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan konsep marketing satu ini.

1. Fungsi distribusi fisik

Fungsi marketing mix yang pertama adalah sebagai distribusi fisik produk baik dalam pengangkutan maupun penyimpanan. Dengan adanya distribusi yang jelas tentang prosedur mengangkut dan menyimpan produk maka akan memudahkan pebisnis. 

Jadi memasarkan produk bukan sekedar bagaimana caranya agar produk kamu bisa dikenal dan dibeli oleh konsumen. Namun juga tentang pendistribusiannya harus jelas sehingga memudahkan konsumen mendapatkan produknya.

2. Fungsi pertukaran

Fungsi kedua adalah fungsi pertukaran di mana konsumen bisa membeli produk secara langsung dengan berbagai cara. Baik dengan menukarkan uang dengan produk tersebut maupun pertukaran antar produk lainnya.

Bahkan fungsi pertukaran ini juga sangat menunjang apakah produk tersebut akan digunakan sendiri maupun dijual kembali. Pebisnis akan merasakan kemudahan dalam sistem ini berkat adanya fungsi pertukaran dalam marketing mix.

3. Fungsi perantara

Strategi marketing ini dapat digunakan sebagai media perantara yang tujuannya menyampaikan produk ke konsumen. Jadi produk dari produsen bisa langsung sampai ke konsumen dengan menghubungkan kegiatan pertukaran.

Karena dimanfaatkan sebagai media perantara membuat strategi pemasaran ini memiliki peranan sangat penting. Jika dimanfaatkan secara maksimal akan memberikan kemudahan dalam proses distribusi produk kamu secara fisik.

Manfaat Menggunakan Marketing Mix dalam Bisnis

Memakai strategi pemasaran satu ini membuat kamu bisa mendapatkan banyak manfaat menguntungkan. Banyaknya manfaat yang ada, berikut beberapa manfaat yang dimaksudkan akan dijelaskan secara singkat sebagai gambaran.

1. Membantu menganalisis keuangan

Bukan sekedar fokus ke kegiatan memasarkan produk atau jasa jasa namun ternyata ada manfaat lainnya. Kamu akan lebih mudah menganalisis keuangan untuk berbagai perencanaan terkait kegiatan usaha jangka panjang.

Semua pebisnis wajib memahami bagaimana arus pendapatan serta biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Kemudian disesuaikan dengan situasi dan kondisi agar tidak merugikan bagi perusahaan itu sendiri.

2. Alokasi sumber daya lebih bijak

Kerap kali memiliki sumber daya yang terbatas membuat pelaku bisnis menjadi kesulitan untuk mengaturnya. Namun dengan adanya strategi marketing ini membantu dalam mengalokasikan berbagai sumber daya secara bijak.

3. Memberikan fasilitas proses komunikasi

Marketing mix juga sangat membantu dalam proses komunikasi karena memberikan fasilitas kepada setiap divisi. Dengan begitu alokasi tanggung jawab pada masing-masing divisi jauh lebih mudah karena komunikasi dapat berjalan sempurna.

4. Menyederhanakan kegiatan pemasaran

Konsep pemasaran ini dapat sangat membantu dalam menyederhanakan dan menyatukan berbagai kegiatan pemasaran. Sehingga bagian pemasaran akan lebih mudah dalam mengelola manajemennya dan tujuan dari kegiatan pasti berhasil.

5. Mengalokasikan tanggung jawab

Dalam menjalankan bisnis dibutuhkan yang namanya tim solid untuk membantu mewujudkan visi dan misi perusahaan. Dengan konsep ini membuat kamu akan lebih mudah mengalokasikan tanggung jawab sesuai kemampuan dalam tim.

Contoh Sederhana Penerapan dalam Bisnis

Setelah mengetahui banyak informasi tentang konsep pemasaran satu ini akan lebih mudah jika langsung ke contohnya. Contoh strategi marketing mix membantu kamu dalam memahami konsep ini dan menerapkannya secara langsung.

Dari penjelasan 7 elemen diatas maka dapat dikatakan langkah pertama adalah dengan menentukan produknya terlebih dahulu. Cari produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga produknya akan dicari konsumen.

Tentukan juga harga produk untuk memberikan harga terbaik dan perusahaan tetap mendapatkan keuntungan. Selanjutnya tentukan di mana kamu akan menjual produknya agar konsumen lebih mudah dalam menemukan.

Buat rancangan strategi promosi yang disesuaikan dengan target pasar sehingga lebih tepat sasaran. Siapkan juga brosur, logo, souvenir dan berbagai bentuk physical evidence untuk menarik konsumen.

Kamu juga perlu merekrut SDM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga membantu dalam berbagai proses. Jika bisnis kamu sudah besar sebaiknya rekrut SDM untuk membentuk divisi sehingga lebih memudahkan prosesnya.

Langkah terakhir kamu juga perlu membuat SOP perusahaan untuk berbagai tujuan baik SDM maupun produk. Salah satu tujuannya adalah menjaga kualitas produk agar selalu konsisten dan memiliki prosedur jelas.

Memang tidak mudah dalam penerapan strategi marketing satu ini karena harus benar-benar disesuaikan dengan bisnisnya. Namun dengan penerapan yang sederhana dan perlahan membuat kamu akan lebih mudah memahami penggunaannya.

Dengan menerapkan strategi ini kamu akan mengetahui cara membentuk dan menggunakan strategi marketing. Nantinya strategi ini akan digunakan sebagai dasar dalam mempertimbangkan dan membentuk marketing mix dalam bisnis kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah