Pengumuman Hasil Pemeringkatan SBMPN Politeknik 2021

Posted in: Pendaftaran Politeknik

Pengumuman hasil pemeringkatan SBMPN politeknik 2021 – Tahapan seleksi masuk politeknik dari jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) dimulai pada bulan Mei. Kamu bisa menempuh studi di politeknik melalui seleksi masuk nasional berdasarkan nilai ujian tulis yang dilaksanakan setelah jalur SNMPN.

Informasi Pemeringkatan SBMPN 2021

wikimedia.org

Setiap tahun, peminat seleksi masuk politeknik senantiasa meningkat. Sebelum adanya seleksi dengan ujian tulis, yaitu SBMPN, sudah ada jalur SNMPN yang dilaksanakan. Namun, tidak semua pendaftar diterima pada SNMPN karena keterbatasan kuota. Oleh karena itu bagi kamu yang belum diterima melalui jalur SNMPN, masih ada jalur SBMPN yang bisa menjadi pilihan.

Pelaksanaan jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri atau SBMPN bagi lulusan sekolah menengah tahun 2021 dan dua tahun sebelumnya dibuka mulai bulan Mei. Nantinya, pengumuman pendaftar yang dinyatakan lulus akan dilakukan pada bulan Juni. Semakin besar persiapanmu ketika menjalani SBMPN, peluang lulus seleksi pun akan semakin tinggi. Artikel berikut akan membahas jalur SBMPN Politeknik 2021, terutama tahap pemeringkatan.

Informasi SBMPN Politeknik 2021

Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) memungkinkan pendaftar lulusan sekolah menengah untuk masuk politeknik berdasarkan hasil tes tulis dan atau portofolio. Harapannya, seleksi yang dilaksanakan dapat menjaring mahasiswa politeknik berkualiatas serta mempunyai kemampuan akademik agar bisa menyelesaikan studinya tepat waktu. SBMPN dulunya dikenal dengan jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) yang kemudian diubah sejak tahun 2019. Pelaksanaan SBMPN 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Proses pendaftaran SBMPN hingga melihat pengumuman dapat dilaksanakan secara online, sehingga pendaftar perlu memastikan koneksi internetnya baik dan lancar. Setelah melakukan pembayaran seleksi, pendaftar bisa mulai mengikuti seleksi. Selain ada tahap seleksi tulis atau portofolio, ada pula proses pemeringkatan yang perlu ditempuh. Jadwal SBMPN dimulai bulan Mei hingga bulan proses pengumuman pada bulan Juni. Pendaftar bisa mengakses semua informasi melalui website SBMPN di laman https://sbmpn.politeknik.or.id/.

Jadwal Pelaksanaan SBMPN Politeknik 2021

Proses seleksi SBMPN dilaksanakan dalam beberapa tahapan dengan jadwal sebagai berikut:

  1. Pendaftaran Online SBMPN 2021: 10 Mei – 10 Juni 2021
  2. Pembayaran Biaya Pendaftaran SBMPN: 10 Mei – 10 Juni 2021
  3. Tahap Verifikasi Data Pendaftaran Oleh Pihak Panitia: Juni 2021
  4. Pengumuman Hasil Pemeringkatan (bagi pendaftar yang memenuhi kualifikasi): Juni 2021
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Akhir SBMPN: 19 Juni 2021
  6. Pendaftaran Ulang Pendaftar SBMPN: Juni – Juli 2021

Berdasarkan jadwal di atas, tahap pengumuman hasil pemeringkatan akan dijalani seluruh pendaftar yang datanya sudah terverifikasi. Proses tersebut akan berlangsung bulan Juni 2021. Untuk melihat rincian waktu pelaksanaan pemeringkatan di setiap politeknik, kamu bisa langsung menuju laman website masing-masing politeknik tujuan.

Demikian informasi pengumuman hasil pemeringkatan SBMPN politeknik 2021 yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu termasuk salah satu pendaftar yang dinyatakan lolos tahap pemeringkatan dan berada di urutan atas? Lakukan persiapan-persiapan selanjutnya, seperti persiapan sebagai mahasiswa, seperti tempat tinggal dekat kampus. Jika memilih politeknik yang cukup jauh dari tempat tinggal, gunakan aplikasi pencari kost Mamikos untuk memudahkan proses pencarian tempat tinggal. Ada banyak pilihan kost berbagai fasilitas yang akan mendukung studimu di politeknik. Bahkan, kamu bisa mendapatkan kost dekat kampus tanpa perlu menggunakan transportasi tambahan. Segera download aplikasi Mamikos dan temukan kost impianmu!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta