Pengumuman! Hasil SBMPTN Hari ini 14 Juni 2021 Jam 15:00

Posted in: SBMPTN

Pengumuman! Hasil SBMPTN Hari ini 14 Juni 2021 Jam 15:00 – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 akan segera tiba. Para pendaftar yang sudah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat wajib pastinya sudah tidak sabar menantikan pengumuman tersebut, apalagi jika skor UTBK yang dimiliki cukup tinggi.

Informasi Pengumuman SBMPTN 2021

republika.co.id

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2021 dilaksanakan dalam berbagai macam jalur seleksi, mulai dari jalur masuk nasional hingga jalur masuk mandiri. Para pendaftar dibebaskan untuk memilih jalur yang ditempuh asalkan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Pada jalur SBMPTN yang merupakan jalur seleksi nasional, pelaksanaan seleksi dilakukan secara serentak. Pengumumannya pun dapat diakses pada waktu yang bersamaan, yaitu pada 14 Juni 2021. Jika kamu termasuk salah satu peserta SBMPTN 2021, berikut ini informasi terkait pengumuman SBMPTN tahun 2021 sebagai referensi.

Informasi Seputar SBMPTN 2021

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN adalah jenis seleksi masuk Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Tentunya tidak seluruh mahasiswa pendaftar akan diterima melalui seleksi ini karena hanya yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat saja lah yang akan dipertimbangkan. Seleksi SBMPTN didasarkan pada hasil UTBK dan atau ketentuan lain yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Politeknik Negeri.

SBMPTN juga memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa untuk memilih PTN, PTKIN serta Politeknik Negeri secara lintas wilayah, sekaligus membantu Perguruan Tinggi menjaring calon mahasiswa berkualitas. Mahasiswa yang sudah diterima tersebut dapat menyelesaikan studi di kampus pilihannya berdasarkan nilai akademik maupun prestasi-prestasi lainnya.

Untuk bisa mengikuti SBMPTN, pendaftar wajib menempuh Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Adapun ketentuan UTBK tahun 2021 bagi peserta SBMPTN antara lain:

  1. Peserta hanya diizinkan untuk mengikuti UTBK 2021 satu kali.
  2. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk mengikuti SBMPTN 2021
  3. Hasil UTBK dapat digunakan untuk penerimaan mahasiswa baru di PTN tahun 2021.
  4. SBMPTN 2021 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai kebijakan PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri tujuan.

Syarat Mengikuti SBMPTN 2021

Persyaratan mengikuti SBMPTN tidak lepas dari syarat mengikuti UTBK. Informasi berikut bisa menjadi pengingat terkait syarat-syarat yang harus ditempuh agar pendaftar dapat mengikuti seleksi.

  1. Peserta UTBK – SBMPTN wajib mempunyai akun LTMPT dan sudah membuat akun permanen sebelum penutupan registrasi.
  2. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Bagi pendaftar SMA/ MA/ SMK/ sederajat calon lulusan tahun 2021, wajib mempunyai Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 yang memuat foto berwarna terbaru, stempel atau cap sekolah, dan tanda tangan kepala sekolah
  4. Pendaftar peserta didik Paket C tahun 2021 berusia maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).
  5. Bagi pendaftar lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020 harus memiliki ijazah
  6. Pendaftar lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  7. Tidak pernah dinyatakan lulus jalur SNMPTN tahun 2019, 2020, dan 2021.
  8. Peserta yang akan memilih program studi Saintek mengikuti TPS dan TKA Saintek, peserta yang akan memilih program studi Soshum mengikuti TPS dan TKA Soshum, sedangkan peserta yang akan memilih program studi Campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.
  9. Terdapat aturan khusus bagi pendaftar Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi yang hanya dapat dipilih siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA.
  10. Dinyatakan sehat, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses perkuliahan.
  11. Peserta yang memilih program studi di bidang Seni dan bidang Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  12. Peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra dengan mengunggah formulir khusus
  13. Membayar biaya UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI sebesar Rp 200.000 untuk kelompok saintek dan kelompok soshum serta Rp 300.000 untuk kelompok campuran.

Pengumuman SBMPTN 2021

Untuk mengetahui waktu pengumuman SBMPTN 2021, kamu bisa melihat jadwal SBMPTN berikut ini.

• Registrasi Akun LTMPT : 07 Februari – 12 Maret 2021
• Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 15 Maret – 1 April 2021
• Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 12 – 18 April 2021
• Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 26 April – 2 Mei 2021
• Pengumuman Hasil SBMPTN : 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB

Bersiaplah untuk mengakses laman resmi pengumuman SBMPTN nanti jika pengumuman sudah tiba. Bagi pendaftar di wilayah Indonesia Tengah (WITA), pengumuman SBMPTN dapat diakses pukul 16.00 WITA, sedangkan pendaftar yang berada di wilayah Indonesia bagian timur (WIT), pengumuman bisa dibuka mulai pukul 17.00 WIT. Namun, kamu tetap perlu memantau informasi apabila ada perubahan jadwal atau agenda karena menyesuaikan situasi dan kondisi saat pandemi.

Cara Mengetahui Pengumuman SBMPTN 2021

Untuk mengetahui status kelulusan SBMPTN 2021, kamu bisa mengakses laman pengumuman.sbmptn.ac.id atau laman mirror dari Perguruan Tinggi secara resmi. Siapkan data nomor pendaftaran peserta SBMPTN serta tanggal lahir. Adapun tahapan yang perlu dilakukan antara lain:

  1. Pilih browser yang sudah di-update di PC atau ponsel. Periksa terlebih dahulu koneksi internet yang akan digunakan.
  2. Masuk ke website pengumuman.sbmptn.ac.id
  3. Lengkapi data nomor pendaftaran peserta dan tanggal lahir.
  4. Pendaftar bisa melihat status kelulusan pada layar

Langkah-Langkah Setelah Dinyatakan Lulus SBMPTN 2021

Apabila sudah melihat pengumuman kelulusan SBMPTN 2021 dan dinyatakan lulus, kamu masih perlu menempuh proses berikutnya, seperti melengkapi berkas pendaftaran dan mencari tahu hal-hal yang perlu dilakukan calon mahasiswa baru. Biasanya informasi tersebut bisa dicari dengan lengkap di website Perguruan Tinggi tujuan.

Selagi menunggu waktu perkuliahan dimulai, kamu bisa mengisi waktu dengan melihat kurikulum perkuliahan dan kegiatan yang bisa ditempuh mahasiswa selama menjalani studi. Sebagai mahasiswa rantau yang jauh dari orang tua, jangan lupa mencari tempat tinggal dekat kampus untuk memudahkan mobilitasmu ketika berkuliah. Adanya aplikasi pencari kost Mamikos akan memudahkanmu dalam mencari kost terbaik tanpa harus bersusah payah survey lokasi.

Demikian informasi pengumuman! Hasil SBMPTN hari ini 14 Juni 2021 jam 15:00 yang dapat kamu akses dari rumah melalui gadget yang sudah dibekali koneksi internet. Sebelum pengumuman dirilis, pastikan koneksi internet milikmu cukup lancar agar proses membuka pengumuman tidak terhambat. Apabila kamu sudah dinyatakan lulus, lakukan proses selanjutnya agar kamu bisa terdaftar secara resmi sebagai mahasiswa di PTN tujuan. Tidak perlu berkecil hati apabila belum diterima melalui jalur SBMPTN karena masih ada jalur mandiri sebagai alternatif. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah