Pengumuman Hasil SBMPTN 2021 UNEJ, Unsoed & Unair

Posted in: SBMPTN

Pengumuman Hasil SBMPTN 2021 UNEJ, Unsoed & Unair — Mamikos yakin saat ini para peserta yang sudah mengikuti pelaksanaan UTBK SBMPTN sedang dalam suasana hati tak karuan. Antara berdebar dan tak sabar menantikan pengumuman.

Apabila kamu adalah peserta yang sudah mengikuti pelaksanaan UTBK SBMPTN, baik gelombang I atau gelombang II, pasti sedang dibuat tak sabar dengan hasil pengumuman tersebut bukan.

Maka, pada artikel kali ini, Mamikos akan memberikan kamu info terkini mengenai pengumuman hasil SBMPTN 2021 UNEJ, Unsoed dan Unair terkini. Baca terus artikel Mamikos kali ini apabila kamu ingin tahu pembaruan berita terkininya.

Terbaru! Info Pengumuman Hasil SBMPTN UNEJ, Unsoed dan Unair 2021

pikiran-rakyat.com

Sebelum masuk pada informasi utama pengumuman hasil SBMPTN 2021 kampus UNEJ, Unsoed dan Unair, ada beberapa informasi lain yang perlu kamu ketahui. Semua beritanya sudah Mamikos rangkum secara saksama di bawah ini.

Persyaratan Peserta UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Untuk sedikit mengingat mengenai apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi para calon peserta UTBK SBMPTN, Mamikos lampirkan informasinya sebagai berikut:

  1. Kamu harus membuat dan memiliki Akun LTMPT terlebih dahulu. Usahakan akun tersebut sudah permanen sebelum registrasi akun ditutup.
  2. Kamu tentu saja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah mempunya memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan.
  3. Kamu merupakan seorang siswa SMA atau MA atau SMK dan sederajat calon lulusan tahun ajaran 2021 dan harus mempunyai Surat Keterangan Siswa SMA atau MA atau SMK Kelas 12, atau peserta didik Paket C pada tahun 2021.
  4. Kamu berusia maksimal 25 tahun pada tanggal 1 Juli 2021.

Catatan tambahan:

Lampiran Surat Keterangan Siswa Kelas 12 harus disertai juga dengan:

  • -Foto berwarna dan terbaru siswa bersangkutan
  • -Dibubuhi stempel atau cap sekolah
  • -Sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah
  1. Apabila kamu adalah siswa lulusan SMA atau MA atau SMK dan sederajat tahun 2019 dan 2020 atau merupakan lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020, maka kamu harus sudah memiliki ijazah.
  2. Kamu berusia maksimal 25 tahun pada 1 Juli 2021. Untuk lulusan SMA sederajat dari luar negeri maka wajib untuk melampirkan ijazah yang sudah disetarakan.
  3. Kamu bukan peserta yang tidak lulus pada jalur SNMPTN di tahun 2019, 2020, atau 2021.

Persyaratan Tes Peserta UTBK SBMPTN

  1. Sebagai calon peserta yang memilih program studi Saintek, maka akan mengikuti TPS dan TKA Saintek;
  2. Sebagai calon peserta yang memilih program studi Soshum, maka akan mengikuti TPS dan TKA Soshum;
  3. Sebagai calon peserta yang memilih program studi Campuran (Kelompok Saintek dan Soshum), maka akan mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.
  4. Khusus bagi pemilihan Prodi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya boleh dipilih oleh para siswa lulusan SMA atau MA jurusan IPA.
  5. Calon peserta harus memiliki kesehatan yang memadai supaya tidak akan mengganggu kelancaran proses studi di masa depan.
  6. Untuk peserta yang memilih prodi bidang Seni dan Olahraga, maka wajib mengunggah portofolio mereka.
  7. Bagi peserta tuna netra wajib untuk melampirkan dan mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra. Lampiran surat dapat diunduh di laman LTMPT.
  8. Membayar biaya UTBK via bank yang bekerja sama dengan LTMPT yakni Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI.

Peserta UTBK SBMPTN UNEJ, Unsoed dan Unair 2021

Pada pelaksanaan UTBK SBMPTN lalu, sejumlah peserta tengah mengikuti proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Jember, Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Airlangga Surabaya.

Mari kilas balik sebentar pada pelaksanaan UTBK tersebut dan ketahui berapa banyak peserta ujian yang mengikuti pelaksanaan UTBK SBMPTN tersebut. Informasinya ada di sini.

Peserta UTBK SBMPTN UNEJ 2021

Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unej sempat mengungkapkan bahwa ada sebanyak 14.071 peserta yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN 2021 di lokasi Pusat UTBK Universitas Jember.

Jumlah peserta tersebut merupakan jumlah yang memilih mengikuti UTBK di Pusat UTBK UNEJ hingga 2 April 2021 pukul 15.00 WIB.

Untuk rincian jumlah peserta tersebut yakni sebanyak 6.583 peserta memilih ujian kelompok Saintek, lalu sebanyak 6.492 peserta memilih ujian kelompok Soshum. Sisanya peserta sebanyak 996 orang merupakan peserta yang memilih ujian kelompok Campuran.

Dikarenakan masih dalam masa pandemi Coronavirus Disease, panitia pusat UTBK UNEJ pun telah memberlakukan prokes seperti yang ditetapkan oleh LTMPT dan Kemendikbud. Salah satu contohnya yakni kapasitas ruang UTBK yang hanya diisi separuh dari daya tampung.

Informasi tambahan, Universitas Jember (UNEJ) rencananya akan menerima sebanyak 3.712 mahasiswa baru dari jalur UTBK SBMPTN 2021 ini. Berita selengkapnya mengenai persebaran mahasiswa dapat kampu simak di laman kampus resminya.

Peserta UTBK SBMPTN Unsoed 2021

Universitas Jenderal Soedirman juga menerima calon peserta yang cukup banyak pada tahun 2021. Peserta yang mengikuti UTBK SBMPTN di Unsoed menyentuh angka hingga 14.442 peserta.

UTBK SBMPTN diselenggarakan sebanyak dua gelombang. Untuk pelaksanaan UTBK Unsoed dilaksanakan di 8 lokasi yakni di Fakultas kedokteran Unsoed, Jurusan Kedokteran Gigi Kalibakal, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Peternakan Unsoed, Fakultas Ilmu Budaya Unsoed, Fakultas ISIP Unsoed, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed.

Lalu untuk pelaksanaan ujian UTBK dibatasi sebanyak 550 peserta saja per sesi dan terbagi rata di 21 ruangan. Rencananya, Unsoed akan menerima sebanyak 1.620 mahasiswa baru dari jalur UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Nantinya jumlah tersebut akan tersebar di tiga puluh sembilan (39) Prodi S1 dari 12 Fakultas yang ada di Universitas Jenderal Soedirman. Sementara sebaran daya tampung dan informasi lengkap tentang penerimaan mahasiswa baru Unsoed bisa kamu ketahui langsung dengan mengakses portal resmi Unsoed.

Peserta UTBK SBMPTN Unair 2021

Info berikutnya dari jumlah peserta UTBK SBMPTN Unair diketahui sebanyak 19.143. Uraian angka tersebut adalah sebanyak 8.641 peserta mengikuti ujian kelompok Saintek, lalu 9.401 peserta mengikuti ujian kelompok Soshum dan 1.101 peserta mengikuti ujian kelompok Campuran.

Sedangkan untuk lokasi UTBK Unair, peserta UTBK SBMPTN disebar ke tiga tempat berbeda yakni Kampus A yang ujiannya diselenggarakan di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi.

Lalu tempat kedua adalah Kampus B dimana ujian dilaksanakan di Fakutlas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Perpustakaan, Gedung Serbaguna, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Vokasi Unair.

Lokasi ujian terakhir adalah Kampus C dimana ujian diselenggarakan di PPMB Gedung ACC, Gedung ACC Lantai 2, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Gedung Nanizar Zaman Joenoes, Gedung Pertamina MIPA Dasar, Gedung Kahuripan Lantai 2 dan Fakultas Keperawatan Unair.

Untuk bisa mengikuti UTBK SBMPTN tersebut, para peserta wajib membawa dokumen pendukung, yaitu cetak Kartu Peserta Ujian, lalu fotocopy Ijazah/SKL yang sudah dilegalisir atau surat keterangan kelas 12 dari sekolah asal.

Rencananya Unair akan menerima sekitar 2.202 peserta dari UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2021 ini. Untuk persebaran peserta lolos atau mahasiswa baru Unair, bisa kamu simak langsung pada laman resmi kampus terkait.

Syarat dan Ketentuan Pilihan Kampus Negeri dan Prodi

Dalam sebuah pelaksanaan SBMPTN, ada beberapa ketentuan yang perlu diketahui mengenai pemilihan Perguruan Tinggi Negeri serta Prodi atau Program Studi. Biasanya hal tersebut perlu untuk peserta ketahui sebelum mengikuti proses pelaksanaan SBMPTN.

Apa saja deretan syarat dan ketentuannya, semua bisa kamu simak dalam daftar berikut ini.

  • -Prodi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) serta Politeknik Negeri terbagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok Saintek dan Soshum.
  • -Semua calon peserta diperbolehkan untuk memilih prodi dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) serta Politeknik Negeri manapun
  • -Namun, calon peserta hanya boleh memilih paling banyak dua prodi saja dengan syarat:
  1. Apabila semua prodi yang dipilih peserta dari kelompok Saintek, maka peserta akan mengikuti kelompok ujian Saintek.
  2. Apabila semua prodi yang dipilih peserta dari kelompok Soshum, maka peserta akan mengikuti kelompok ujian Soshum.
  3. Apabila prodi yang dipilih peserta berasal dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, maka nantinya peserta akan mengikuti kelompok ujian Campuran.
  • -Peserta diperbolehkan untuk memilih dua prodi dari lintas Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) atau Poltek Negeri.
  • -Urutan pada pemilihan program studi yang kamu tulis menyatakan prioritas pilihan kamu. Maka hal tersebut perlu untuk diperhatikan.
  • -Untuk Prodi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya bisa dipilih oleh para siswa yang lulus dari SMA atau MA jurusan IPA.
  • -Daya tampung serta syarat per Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) serta Politeknik Negeri tahun 2021 dapat langsung kamu simak di sub menu Daftar PTN dan Poltek dengan lebih lengkap.

Jadwal dan Uraian Kegiatan SBMPTN dan UTBK 2021

Di bawah ini adalah rangkaian kegiatan dan jadwal dari pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 yang perlu diketahui para peserta. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Proses registrasi Akun di portal LTMPT pada tanggal 7 Februari sampai 12 Maret 2021
  2. Pendaftaran calon peserta UTBK SBMPTN pada tanggal 15 Maret sampai 1 April 2021
  3. Penyelenggaraan UTBK Gelombang I (satu) pada tanggal 12 sampai 18 April 2021
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang II (dua) pada tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021
  5. Info Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN akan dirilis pada tanggal 14 Juni 2021

Pengumuman Hasil SBMPTN UNEJ, Unsoed dan Unair 2021

Sampailah juga kita pada informasi utama yang pasti sudah kamu nantikan sejak tadi mengenai pengumuman hasil SBMPTN UNEJ, Unsoed dan Unair 2021. Seperti info jadwal dan uraian kegiatan yang sudah Mamikos cantumkan di atas dapat kamu lihat bahwa pengumuman baru akan dirilis pada tanggal 14 Juni 2021.

Maka, kamu masih harus menunggu kurang dari satu minggu lagi dari sekarang untuk bisa membaca dan mengetahui pengumuman hasil SBMPTN tersebut. Hal yang bisa kamu lakukan sekarang adalah perbanyak berdoa dan tetap persiapkan segala kemungkinan yang terjadi.

Apabila hasilnya sesuai dengan harapan kamu, Mamikos ucapkan selamat. Namun jika belum, jangan patah semangat. Sebab masih banyak pintu yang bisa diketuk dan tetap fokus pada tujuan utama kamu untuk menuntut ilmu.

Dengan informasi tadi, maka usai sudah artikel yang dapat Mamikos sampaikan pada kali ini mengenai pengumuman hasil SBMPTN 2021 UNEJ, Unsoed dan Unair terupdate. Mudah-mudahan saja apa yang sudah Mamikos sampaikan di atas bermanfaat dan dapat memberikan kamu informasi yang kamu cari.

Akses laman resmi dan aplikasi pencari kos sekarang apabila kamu memerlukan informasi hunian kos terbaru. Di aplikasi Mamikos banyak sekali pilihan kos dan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan kamu lho. Segera unduh aplikasinya di IOS dan Android, sekarang.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta