Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Ketua Osis IPB 2021/2022

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Ketua Osis IPB 2021/2022 — Institut Pertanian Bogor cukup dikenal sebagai perintis beberapa model seleksi masuk Perguruan Tinggi, salah satunya adalah seleksi jalur ketua OSIS IPB 2021 tersebut.

Apabila diantara kamu saat ini ada yang mengikuti seleksi jalur ketua OSIS IPB pasti sedang resah dan tidak sabar lagi untuk mengetahui info pengumuman hasil seleksinya bukan. Saran Mamikos baca lah artikel Mamikos kali ini sampai habis.

Sebab di sini segala jenis informasi menarik yang pasti kamu cari dapat kamu temukan. Segera baca dengan saksama informasinya di bawah ini.

Update Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Ketua OSIS IPB 2021/2022

republika.com

Seperti yang sudah Mamikos sampaikan sebelumnya bahwa dalam artikel Mamikos kali ini kamu akan mendapatkan info terkini mengenai pengumuman hasil seleksi jalur ketua OSIS IPB 2021/2022.

Jika kamu sudah tidak sabar lagi maka kamu bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Latar Belakang Seleksi Jalur Ketua OSIS IPB

Sebelum Mamikos sampaikan informasi utama yang kamu nantikan yakni pengumuman hasil seleksi jalur ketua OSIS IPB 2021, kamu perlu mengetahui dahulu latar belakang dari seleksi jalur Ketua OSIS IPB tersebut. Inilah informasinya.

Sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki motto “Mencari dan Memberi yang Terbaik”, Institut Pertanian Bogor selalu berupaya melakukan perbaikan kualitas program pendidikannya.

Mulai dari input, proses hingga kualitas output. Untuk input calon mahasiswa adalah unsur paling sekaligus penentu kualitas lulusan IPB di masa depan.

Salah satu model seleksi yang dimiliki IPB adalah jalur seleksi calon mahasiswa tanpa tes. Seleksinya tersebut kemudian dilakukan menggunakan nilai rapor selama 5 semester pertama.

Jalur seleksi yang kamu kenal dengan istilah SNMPTN tersebut nyatanya terbukti sukses dalam menyaring calon-calon mahasiswa potensial untuk masuk ke perguruan Tinggi, khususnya ke IPB.

Selain itu lulusannya juga memiliki kemampuan akademik yang baik sehingga di masa depan akan mampu berkompetisi di pasar kerja atau melanjutkan studi magister hingga doktor.

2. Seleksi Jalur Ketua OSIS Berlaku Mulai Tahun 2019

Tepat pada tahun 2019, IPB kemudian mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru yakni jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB.

Skema tersebut merupakan salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA. Seleksi tersebut juga sekaligus mencari jiwa pemimpin yang memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB.

Sehingga di masa depan dapat menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Diharapkan skema satu ini dapat menghasilkan calon-calon pemimpin baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership.

3. Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Ketua OSIS IPB

Apabila kamu adalah ketua OSIS dan hendak mendaftarkan diri melalui jalur ini ke IPB, maka simak terlebih dahulu tata cara pendaftaran seleksi jalur ketua OSIS yang ditetapkan oleh Institut Pertanian Bogor tersebut.

  1. Siswa wajib membaca persyaratan pendaftaran penerimaan Jalur Ketua OSIS.
  2. Siswa membuat akun di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id, akun siswa dan tagihan biaya pendaftaran akan dikirimkan melalui alamat email siswa.
  3. Siswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) pada bank BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, Mandiri, atau Mandiri Syariah dengan tata cara pembayaran yang dapat dilihat di https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
  4. Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran dengan memasukan biodata peserta dan orangtua/wali, informasi sekolah, informasi akademik, pilihan program studi, dan data lainnya di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran yang dimiliki.
  5. Siswa wajib mengunggah Pas foto terbaru berwarna, surat rekomendasi dari Kepala Sekolah (Format diunduh disini) dan Surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua
  6. Apabila seluruh pendaftaran sudah lengkap, kamu sebagai siswa pendaftar akan mendapatkan kartu peserta dan silakan untuk mengunduhnya
  7. Pendaftaran selesai, seluruh data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah.

4. Kualifikasi Pelamar Seleksi Jalur Ketua OSIS IPB 2021

Setelah kamu membaca dengan saksama apa saja sih syarat pendaftaran dari seleksi jalur ketua OSIS IPB 2021/2022 seperti yang terlampir di atas, maka kini waktunya kamu membaca apa saja kualifikasi pelamar jalur ketua OSIS tersebut.

  1. Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang diperkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua osis
  2. Lulusan tahun 2021 jurusan IPA ;
  3. Rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80,
  4. Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

5. Tanggal Penting Seleksi Jalur Ketua OSIS IPB 2021/2022

Di bawah ini adalah daftar tanggal penting dari seleksi jalur ketua OSIS yang wajib kamu tahu agar dapat lebih mempersiapkan diri. Simaklah dengan saksama.

  1. Pendaftaran akan dilaksanakan pada 1 Feb hingga 14 April 2021
  2. Seleksi akan dimulai sejak awal Mei 2021
  3. Pengumuman akan dirilis pada tanggal 28 Mei 2021
  4. Registrasi online dilangsungkan pada 29 Mei hingga 4 Juni 2021
  5. Unduh Tagihan UKT pada tanggal 7 Juni 2021
  6. Periode Pembayaran UKT pada tanggal 7-13 Juni 2021
  7. Awal perkuliahan akan dimulai pada 16 Agustus 2021

*jadwal yang tertera dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu. Cek portal resmi secara berkala.

6. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Ketua OSIS IPB 2021/2022

Ini adalah informasi yang pastinya sudah kamu nantikan sejak tadi yakni pengumuman hasil seleksi jalur ketua OSIS IPB 2021/2022.

Pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa Jalur Ketua OSIS Institut Pertanian Bogor akan resmi dirilis pada 28 Mei 2021.

Untuk mengetahui info pengumuman tersebut kamu bisa langsung mengakses laman registrasi.admisi.ipb.ac.id.

7. Verifikasi Berkas Jalur Ketua OSIS IPB 2021

Verifikasi berkas akan diumumkan kemudian di laman registrasi yang sudah tertera di atas.

Dengan demikian usai sudah penjelasan yang dapat Mamikos sampaikan terkait pengumuman hasil seleksi jalur ketua OSIS IPB 2021/2022 pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah Mamikos sampaikan di atas bermanfaat dan berguna untuk kamu semua.

Sebarkan pada teman-teman kamu di media sosial agar mereka bisa melihat juga pengumuman hasil seleksi jalur ketua OSIS IPB 2021/2022 tersebut.

Mamikos juga ingin mengingatkan bahwa aplikasi Mamikos akan memudahkan kamu memperoleh informasi hunian terkini dan terpercaya. Unduh aplikasinya sekarang juga via Appstore atau Playstore, gratis.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta