Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SKM 2021, Cek di Sini

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri SKM 2021, Cek di Sini – Penyelenggaraan jalur masuk bagi calon mahasiswa baru di berbagai Perguruan Tinggi saat ini sedang dibuka. Selain memberikan kesempatan untuk bisa diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN yang penyelenggaraanya nasional, ada pula yang membuka jalur mandiri. Salah satu Perguruan Tinggi yang membuka jalur mandiri tersebut adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Pengumuman SKM ITS 2021 Via Website Resmi

pixabay.com

Institut Teknologi Sepuluh Nopember membuka jalur masuk mandiri yang disebut Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). Namun, jalur masuk melalui SKM ITS persaingannya sangat ketat karena peminatnya tidak kalah banyak dari SBMPTN dan SNMPTN. Daya tarik jalur mandiri SKM ITS adalah kuota yang ditawarkan. Kuota SKM ITS mencapai 50 persen, sehingga pendaftar yang ingin masuk UTS namun belum diterima melalui jalur masuk nasional bisa mencoba jalur ini.

Informasi Jalur SKM ITS 2021

Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember diselenggarakan secara mandiri oleh pihak kampus. SKM ITS memiliki tujuan untuk menjaring mahasiswa yang berkualitas. Selain itu, SKM ITS juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama sekaligus memeratakan kesempatan bagi mahasiswa.

Pelaksanaan SKM ITS dibagi menjadi dua macam jalur, yaitu Jalur Seleksi Kemitraan serta Jalur Seleksi Mandiri.

1. Jalur Seleksi Kemitraan ITS

Jalur ini ditujukan bagi siswa SMA sederajat yang memenuhi persyaratan ITS. Pendaftar adalah utusan instansi mitra, baik perusahaan maupun pemerintahan (Pemkot, Pemkab, Pemprov) yang memiliki MoU atau MoA dengan ITS.

2. Jalur Seleksi Mandiri ITS

Jalur ini ditujukan bagi siswa SMA sederajat yang memenuhi persyaratan seleksi. Pendaftar adalah masyarakat umum yang berminat.

Syarat Pendaftaran SKM ITS 2020

Pendaftaran Jalur Mandiri SKM ITS tahun 2021 memiliki syarat dan ketentuan khusus, yaitu:

1. Pendaftar adalah lulusan SMA sederajat tahun 2021, 2020, atau 2019.

2. Pendaftar sudah memiliki nomor peserta UTBK atau nomor peserta Ujian Kemampuan Akademik ITS.

3. Pendaftar yang memilih Program Studi Desain Produk Industri, Program Studi Desain Komunikasi Visual, atau Program Studi Desain Interior wajib mengunggah portofolio.

4. Pendaftar yang akan mengikuti Seleksi Kemitraan juga perlu melengkapi persyaratan berikut:

• Pendaftar diutus oleh instansi mitra ITS (dibuktikan dengan MoU dan MoA)
• Pendaftar mengirimkan bukti pendaftaran pada instansi tersebut. Kemudian instansi wajib mengirimkan rekapitulasi calon peserta SKM yang sudah dierekomendasikan pada Wakil Rektor I ITS.
• Apabila nama pendaftar tidak tercantum pada “Daftar Peserta yang Direkomendasikan Instansi Mitra ITS”, maka tidak dianggap sebagai peserta seleksi.

Jadwal Penerimaan SKM ITS 2021

Catat jadwal penting agar kamu tidak melewatkan waktu pendaftaran SKM ITS. Namun, jadwal ini masih mungkin mengalami perubahan karena pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

  1. Pendaftaran SKMP 8 Mei – 16 Juni 2021
  2. Pengumuman Hasil SKMP 24 Juni 2021
  3. Pendaftaran Ulang 5 – 7 Juli 2021

Melihat kondisi pandemi yang terjadi, ITS menerapkan skema pelaksanaan ujian online apabila ujian onsite tidak bisa dilakukan. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dan diterima melalui jalur SKM di ITS wajib melakukan pendaftaran ulang.

Daftar ulang SKM ITS 2021 dilakukan dengan mengisi data secara online. Mahasiswa akan diminta melengkapi biodata dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan melalui website sipmaba.its.ac.id. Syarat dan urutan pengisian data akan diinformasikan lebih lanjut saat pengumuman SKM.

Tahapan Pendaftaran SKM ITS 2021

Alur pendaftaran Jalur Mandiri SKM ITS 2021 adalah sebagai berikut:

1. Buka laman http://smits.its.ac.id

2. Pilih menu “Pendaftaran Online >> Seleksi Kemitraan dan Mandiri”

3. Lakukan pendaftaran Kode Akses Pembayaran (KAP), PIN, dan Kode Pembayaran.

4. Tuliskan nama lengkap peserta, tanggal lahir, dan alamat email aktif.

5. Tunggu slip pembayaran dikirimkan melalui email. Pada email tersebut terdapat informasi kode pembayaran (18 digit), KAP (12 digit), serta PIN (16 digit). Informasi tersebut bersifat rahasia dan dilarang menunjukkannya pada orang lain. KAP dan PIN hanya dapat dipakai untuk mendaftar SKM ITS satu kali saja setelah pembayaran dilakukan.

6. Pendaftar bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga kerahasiaan KAP dan PIN.

7. Lakukan pembayaran Ujian Mandiri SKM ITS dengan biaya Rp 250.000. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank BNI. Proses pembayaran bisa melalui loket atau teller, ATM, maupun internet banking.

8. Lakukan pendaftaran online melalui laman Seleksi Masuk ITS (SMITS) pada http://smits.its.ac.id.

9. Pilih menu “Pendaftaran Online >> Seleksi Kemitraan dan Mandiri

10. Siapkan dokumen yang diperlukan:
• Slip pembayaran
• Nomor peserta UTBK atau nomor peserta Ujian Kemampuan Akademik ITS
• Nilai rapor pendaftar (semester 1 – semester 6).
• Deskripsi diri (berisi penjelasan prestasi, keaktifan di masyarakat, keterampilan, keunggulan pendaftar). Deskripsi ditulis di satu halaman kertas ukuran A4.
• Bukti prestasi pendaftar (jika ada).
• File pasfoto berwarna terbaru (ukuran 4 x 6) format .jpg atau .png dengan maksimal ukuran 100 KB.

Tahapan Seleksi SKM ITS

Seleksi SKM ITS memiliki ketentuan yang dapat diikuti pendaftar lulusan SMA sederajat tahun 2021, 2020, atau 2019. Proses seleksi akan ditentukan dari:

1. Nilai UTBK tahun 2021 atau nilai ujian Kemampuan Akademik ITS. Penyelenggaraan ujian tersebut akan dilakukan dengan melihat kondisi perkembangan Covid-19. Rencananya, Ujian Kemampuan Akademik ITS untuk seleksi SKM akan dilakukan secara online. Pantau terus informasi tanggal pelaksanaan ujian online SKM ITS.

2. Nilai rapor calon mahasiswa.

3. Deskripsi diri calon mahasiswa.

4. Prestasi lainnya (jika ada).

5. Pendaftar yang memilih Program Studi Desain Produk Industri, Program Studi Desain Komunikasi Visual, dan Program Studi Desain Interior wajib mengunggah portofolio.

Informasi Pengumuman Hasil Seleksi SKM ITS

Setelah menjalani serangkaian tahapan pendaftaran dan mengikuti seleksi SKM ITS, saatnya melihat pengumuman kelulusan.

Bagaimana cara melihat pengumuman SKM ITS?

Hasil kelulusan peserta SKM ITS bisa dilihat disini. Laman http://smits.its.ac.id adalah website resmi yang akan menampilkan pengumuman daftar mahasiswa yang diterima dari jalur SKM. Apabila ada pertanyaan terkait proses seleksi masuk ITS, kamu bisa menghubungi kontak resmi Direktorat Pendidikan Kampus ITS Sukolilo. Pertanyaan dapat disampaikan melalui telepon di nomor 031 5994251-54 (ext. 1012, 1013, 1118). Selain itu, penanya juga bisa menghubungi ITS melalui email pada alamat admisi@its.ac.id.

Demikian informasi pengecekan pengumuman hasil seleksi Jalur Mandiri SKM 2021. Setelah pengumuman kelulusan keluar dan kamu dinyatakan diterima, saatnya mempersiapkan diri untuk proses selanjutnya. Selain harus melakukan daftar ulang, kamu juga perlu mencari tahu tempat tinggal nyaman dekat kampus, apalagi jika kamu adalah perantau.

Manfaatkan aplikasi pencari kost Mamikos yang bisa kamu download gratis melalui ponsel kesayangan. Survey kost dekat ITS secara online tentunya menjadi alternatif yang sangat membantu, apalagi di tengah suasana pandemi. Kamu bisa survey harga kamar kost, fasilitas kamar kost, hingga melakukan booking kost di dekat ITS dalam berbagai jangka waktu sewa. Tertarik mencoba?


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta