Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri S1 UNDIP 2020 Gelombang 2

Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri S1 UNDIP 2020 Gelombang 2 – Setiap tahun, Universitas Diponegoro (UNDIP) membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Selain membuka jalur seleksi nasional, UNDIP juga menawarkan peluang masuk melalui seleksi mandiri. Pada seleksi mandiri UNDIP, ketentuan pendaftaran, pelaksanaan, serta mekanisme seleksi ditentukan pihak kampus.

Pengumuman Seleksi Mandiri UNDIP Gelombang 2

wikipedia.com

Tidak perlu berkecil hati jika kamu belum dinyatakan lulus UNDIP melalui jalur mandiri gelombang pertama. Calon mahasiswa masih bisa mencoba peluang masuk UNDIP melalui seleksi mandiri gelombang 2. Berikut ini adalah informasi seleksi mandiri di Universitas Diponegoro gelombang 2 untuk jenjang S1 yang bisa kamu coba.

Informasi Seleksi Mandiri UNDIP Gelombang 2

Karena terdapat permintaan yang tinggi pada Seleksi Ujian Mandiri di Universitas Diponegoro, seleksi menggunakan portofolio nilai rapor diadakan kembali. Adapun syarat yang ditentukan untuk mengikuti seleksi mandiri di UNDIP gelombang 2 adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftar adalah lulusan SMA sederajat, lulusan ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C).
  2. Pendaftar dinyatakan lulus tahun 2020, 2019, atau 2018.
  3. Usia maksimal pendaftar adalah 22 tahun.
  4. Pendaftar memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju di UNDIP.

Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri UNDIP Gelombang 2

Urutan pendaftaran seleksi mandiri di Universitas Diponegoro gelombang 2 adalah sebagai berikut.

  1. Membuat user pendaftaran menggunakan email aktif.
  2. Menentukan password yang akan digunakan.
  3. Mengisi identitas diri.
  4. Memilih jalur pilihan UM S1.
  5. Membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk (Bank BTN, Bank BRI, Bank BNI, atau Bank Mandiri).
  6. Mengisi data portofolio (rapor semester 1 – 5 dan atau prestasi lainnya). Pengisian dilakukan melalui aplikasi.
  7. Mengisi wawasan nilai-nilai pancasila (melalui aplikasi).
  8. Melakukan upload Surat Pernyataan setelah ditandatangai oleh peserta dan orang tua (dalam format pdf).
  9. Mencetak kartu peserta pendaftaran online.

Kelompok program studi yang dapat dipilih saintek sebanyak 2 pilihan. Begitu pula pilihan program studi untuk soshum juga 2 pilihan. Pendaftar yang memilih kelompok campuran dapat memilih 2 program studi. Terdapat 34 program studi jenjang sarjana kelompok saintek dan 17 pilihan program studi kelompok soshum.

Biaya Kuliah Mandiri S1 UNDIP

Pendaftar seleksi mandiri di Universitas Diponegoro dapat memilih satu dari tiga kelompok yang ditawarkan.

  1. Biaya studi Jalur Reguler: Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) golongan 7 atau golongan 8 dan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) golongan 1 atau golongan 2.
  2. Biaya studi Jalur Kemitraan: Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) golongan 8 dan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) di atas Nilai SPI golongan 2,
  3. Biaya studi jalur Golongan Tidak Mampu /Pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K): Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai regulasi KIP-K tanpa biaya SPI.
    Biaya UKT kuliah mandiri di UNDIP terbagi menjadi 8 golongan mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 9.500.000. Biaya UKT dikeluarkan setiap semester oleh mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan membayar biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebanyak satu kali selama masa studi. Besaran SPI bervariasi untuk setiap program studi. Jika kamu merasa biaya kuliah di UNDIP mahal, berusahalah mencari peluang beasiswa agar kamu bisa menempuh studi dengan lancar.

Tanggal Penting Seleksi Mandiri S1 UNDIP Gelombang 2

• Pendaftaran online seleksi mandiri S1 UNDIP Gelombang 2: 27 Agustus – 2 September 2020 (pukul 12.00 WIB)
• Pembayaran biaya seleksi: 27 Agustus – 2 September 2020 (pukul 15.00 WIB)
• Cetak kartu peserta ujian: 27 Agustus – 2 September 2020 (pukul 23.59 WIB)
• Pengumuman hasil seleksi mandiri S1 UNDIP gelombang 2: 4 September 2020

Biaya pendaftaran seleksi mandiri untuk pilihan kelompok saintek atau kelompok soshum sebesar Rp 300.000. Namun, biaya pendaftaran seleksi mandiri kelompok campuran UNDIP gelombang 2 sebesar Rp 500.000. Biaya pendaftaran tersebut wajib dibayar semua pendaftar jalur reguler, jalur kemitraan, maupun jalur KIP-K. Perlu kamu ketahui pula bahwa biaya pendaftaran yang sudah dikeluarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Cara Mengecek Kelulusan Seleksi Mandiri S1 UNDIP Gelombang 2

Sudah membaca penjelasan terkait seleksi mandiri S1 di UNDIP gelombang 2 di atas?. Setelah kamu menempuh semua langkah-langkah pendaftaran, saatnya mencari tahu pengumuman kelulusan gelombang 2. Segala informasi terkait pemberitahuan seleksi mandiri dan jenis seleksi masuk lainnya di UNDIP dapat diketahui melalui laman https://um.undip.ac.id/.

  1. Siapkan nomor peserta ujian, kode bayar, dan tanggal lahir. Ketiga data tersebut akan digunakan untuk melihat pengumuman.
  2. Buka situs pengumuman mahasiswa baru di UNDIP melalui laman https://pengumuman.undip.ac.id/
  3. Masukkan nomor peserta dan kode bayar pada masing-masing kolom.
  4. Klik ikon ‘cari’
  5. Kamu bisa langsung membaca pengumuman kelulusan hasil ujian seleksi mandiri UNDIP pada layar.

Kendala yang kerap dialami ketika akan melihat pengumuman kelulusan adalah kecepatan koneksi internet. Agar kamu tetap lancar saat pengumuman tiba, pastikan paket data yang kamu miliki sudah aktif. Periksa kecepatan koneksi internet. Jika operator mengalami gangguan, gunakan fasilitas wifi. Pastikan pula bahwa kamu sudah memperbarui browser internet.

Informasi Tambahan Seleksi Mandiri UNDIP

Calon mahasiswa baru yang akan mendaftar maupun sudah diterima di UNDIP perlu waspada dan berhati-hati terhadap segala jenis penipuan yang mengatasnamakan Panitia. Segala kegiatan dan aktivitas terkait pendaftaran mahasiswa baru akan selalu diinformasikan terlebih dahulu.

Pendaftar tidak dipungut biaya selain yang sudah diinformasikan pada website resmi Universitas Diponegoro. Selain itu, pembayaran biaya pendidikan di UNDIP tidak menggunakan nomor rekening (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN dan Bank Mandiri). Sebaliknya, mekanisme pendaftaran melalui sistem host to host.

Apabila mengalami kendala dalam melakukan proses pendaftaran, kamu dapat menginformasikan, bahkan mengadukannya pada kontak sekretariat. Hubungi kontak melalui telepon, SMS, atau email.

Siap Menjadi Mahasiswa UNDIP?

Setelah membaca informasi di atas, kamu dapat mengetahui bahwa pengumuman seleksi mandiri S1 di UNDIP gelombang 2 akan dilaksanakan 4 September 2020. Semoga informasi pengumuman hasil seleksi mandiri S1 UNDIP 2020 Gelombang 2 bisa membantumu mempersiapkan diri. Segala update pengumuman atau pemberitaan terkait seleksi masuk UNDIP dapat kamu ketahui dengan mengakses laman https://um.undip.ac.id/.

Jika dinyatakan lulus, sebagai calon mahasiswa UNDIP ada banyak persiapan yang perlu kamu lakukan. Kehidupan sebagai mahasiswa menuntut kemandirian, terutama dalam hal tempat tinggal. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi kost Mamikos akan membantumu menemukan kost dekat UNDIP sesuai budget. Gunakan filter pencarian dan fitur lainnya untuk memudahkan proses pencarian. Lakukan booking kamar kost dan pembayaran online agar semakin praktis. Selamat mencari!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta