Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Vokasi Jalur Rapor Universitas Brawijaya 2020

Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Vokasi Jalur Rapor Universitas Brawijaya 2020 – Pendaftaran ujian masuk jalur mandiri diselenggarakan berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), termasuk di Universitas Brawijaya. Selain memfasilitasi calon mahasiswa yang belum diterima di PTN jalur SNMPTN dan SBMPTN, seleksi mandiri juga membuka peluang bagi calon mahasiswa yang ingin mencoba peruntungan di Universitas Brawijaya. Tahun 2020, Universitas Brawijaya mengadakan seleksi mandiri dengan jalur rapor dan jalur UTBK dengan nama Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) .

Pengumuman SMUB Vokasi Jalur Rapor 2020

urbanasia.com

Berbagai macam program studi yang dibuka pada seleksi mandiri di Universitas Brawijaya sangat banyak diminati. Bahkan, seleksi mandiri pada Program Sarjana dan Program Vokasi pun persaingannya ketat. Pendaftaran seleksi mandiri pendidikan vokasi di UB dibuka bulan Agustus 2020. Pengumuman seleksi mandiri vokasi jalur rapor di UB akan dilaksanakan pada bulan September 2020. Bagi kamu yang ingin mencoba peluang sebagai mahasiswa di Universitas Brawijaya Program Vokasi, berikut ini adalah informasi sebagai referensi.

Informasi Seleksi Mandiri Vokasi Jalur Rapor UB

Pada Seleksi Mandiri Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya (SMPV UB), kampus ini membuka seleksi mandiri dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan nilai rapor. Calon mahasiswa yang mendaftar jalur UTBK di Universitas Brawijaya tahun 2020 tetap bisa mengikuti seleksi jalur rapor. Pendaftar akan diseleksi dengan mempertimbangkan nilai rapor dan prestasinya (akademik dan non akademik) sesuai ketentuan universitas.

Jika kamu ingin mendaftar Seleksi Mandiri Program Vokasi jalur rapor di Universitas Brawijaya, terdapat syarat yang wajib dipenuhi. Adapun syarat untuk mendaftar seleksi jalur rapor di UB tahun 2020 adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat. Lulusan tahun 2020 dan dua tahun sebelumnya (2018, 2019) diperkenankan mendaftar. Khusus lulusan SMA/SMK/MA sederajat serta Paket C (tahun 2018 dan 2019) wajib memiliki ijazah.
  3. Apabila lulusan SMA/SMK/MA sederajat dan Paket C tahun 2020 belum memiliki ijazah, wajib memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah dan/atau Ijazah. Pada SKL terdapat minimal informasi identitas diri dan foto berwarna terbaru. SKL juga disahkan sekolah asal (stempel terkena foto).
  4. Pendaftar yang lulus dari sekolah luar negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD.
  5. Pendaftar mempunyai NISN dan NPSN.
  6. Dinyatakan sehar dan mampu mengikuti kegiatan perkuliahan pada program studi yang dipilih.
    Ketentuan tambahan yang perlu diketahui pendaftar berkaitan dengan syarat kesehatan dan syarat khusus masing-masing program studi. Kamu bisa membaca panduan syarat khusus yang ditetapkan setiap program studi melalui laman berikut: https://selma.ub.ac.id/index-daftar-program-studi/.

Jadwal Penting Seleksi Mandiri Vokasi Jalur Rapor UB

  1. Pembayaran pendaftaran: 18 Agustus (pukul 13.00 WIB) – 2 September 2020
  2. Pengisian data pendaftaran dan finalisasi: 18 Agustus (pukul 13.00 WIB) – 3 September 2020
  3. Pengumuman hasil seleksi mandiri jalur rapor vokasi UB: 7 September 2020

Biaya pendaftaran SMUB tahun 2020 Vokasi adalah Rp 350.000. Apabila kamu memiliki pertanyaan terkait pendaftaran seleksi mandiri di Universitas Brawijaya, hubungi buka laman https://haloselma.ub.ac.id. Segala update informasi terkait pendaftaran program vokasi di UB melalui seleksi mandiri dapat diketahui melalui laman https://selma.ub.ac.id/.

Alur Pendaftaran Seleksi Mandiri Vokasi Jalur Rapor UB

  1. Pendaftar membuat akun melalui laman https://admisi.ub.ac.id.
  2. Pendaftar memilih SMPV UB 2020 pada dashboard.
  3. Pendaftar meminta kode pembayaran dan melakukan pembayaran pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI.
  4. Mengkonfirmasi pembayaran dan mengisi form pendaftaran melalui https://admisi.ub.ac.id.
  5. Mengisi nilai rapor (pada bagian pengetahuan).
  6. Mengisi maksimal 3 (tiga) prestasi unggul terbaik di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan selama SMA/MA/SMK.
  7. Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan.
  8. Memenuhi persyaratan tertentu yang ditetapkan bagi pendaftar Sarjana Terapan Program Studi Desain Grafis.
  9. Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran.
  10. Mencetak kartu peserta seleksi.

Pilihan Bidang Minat Seleksi Mandiri Vokasi Jalur Rapor UB

Jika kamu mendaftar seleksi mandiri Pendidikan Vokasi di Universitas Brawijaya, kamu dapat memilih maksimal 3 (tiga) bidang minat pada program studi. Perlu kamu ketahui bahwa urutan pilihan akan menunjukkan prioritas, sehingga perhatikan urutan pengisian yang kamu lakukan. Ketentuan terkait pilihan bidang minat seleksi mandiri vokasi Jalur Rapor UB lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftar dapat memilih bidang minat pada jenjang Sarjana Terapan pada pilihan ke-1. Nantinya, pada pilihan ke-2 dan ke-3 pendaftar dapat memilih bidang minat jenjang Sarjana Terapan dan Ahli Madya.
  2. Pendaftar yang memilih bidang minat jenjang Ahli Madya (D III) pada pilihan pertama, pada pilihan ke-2 dan ke-3 hanya dapat memilih bidang minat pada jenjang Ahli Madya (DIII). Pendaftar tidak diizinkan memilih jenjang Sarjana Terapan (D IV).
  3. Contoh urutan pemilihan bidang minat

Contoh 1: Pilihan 1 – Minat Sarjana Terapan; Pilihan 2 – Minat Sarjana Terapan; Pilihan 3 – Minat D III
Contoh 2: Pilihan 1 – Minat Sarjana Terapan; Pilihan 2 – Minat DIII; Pilihan 3 – Minat D III
Contoh 3: Pilihan 1 – Minat DIII; Pilihan 2 – Minat DIII; Pilihan 3 – Minat D III

Program Studi dan Bidang Minat

Berikut ini adalah pilihan program studi dan bidang minat yang dapat kamu pilih.

Program Sarjana Terapan (D IV)

  1. Program Studi Manajemen Perhotelan
  2. Program Studi Desain Grafis: Minat Desain Komunikasi Visual, Minat Desain Interior

Program Ahli Madya (D III)

  1. Program Studi Administrasi Bisnis (d/h Kesekretariatan): Minat Business English, Minat Administrasi Perkantoran dan Sekretari, Minat Administrasi Hukum, Minat Public Relations, Minat Perpustakaan dan Arsip
  2. Program Studi Keuangan dan Perbankan: Minat Perbankan, Minat Perpajakan, Minat Akuntansi Terapan
  3. Program Studi Teknologi Informasi (d/h Teknik Komputer): Minat Sistem Informasi, Minat Teknologi Informasi dan Komputer, Minat Business Digital dan E-Commerce, Minat Film dan Televisi

Demikian informasi mengenai pengumuman hasil seleksi mandiri vokasi jalur rapor Universitas Brawijaya 2020. Bersiaplah untuk mengakses pengumuman kelulusan seleksi mandiri UB untuk program vokasi tanggal 7 September 2020. Apakah kamu sudah menemukan namamu sebagai salah satu mahasiswa yang lulus seleksi? Segera lakukan tahapan selanjutnya. Lakukan prosedur daftar ulang dan pantau terus informasi terbaru melalui media sosial Universitas Brawijaya. Kamu juga bisa melihat pengumuman resmi terkait pelaksanaan ujian mandiri di UB melalui laman https://selma.ub.ac.id/.


Sebagai calon mahasiswa, sangat penting untuk mencari tempat tinggal nyaman dekat Universitas Brawijaya. Gunakan aplikasi pencari kost Mamikos untuk membantu kamu mendapatkan kost Malang murah dekat UB. Adanya pilihan kost berbagai macam fasilitas, mulai dari kost kosongan hingga kost mewah pun bisa kamu peroleh. Manfaatkan fasilitas dan fitur pencarian pada aplikasi Mamikos agar pencarian semakin cepat dan mudah.

Sumber: https://selma.ub.ac.id/en/penerimaan-mahasiswa-baru-program-pendidikan-vokasi-melalui-jalur-seleksi-mandiri-menggunakan-nilai-rapor-tahun-2020/

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: