Pengumuman Hasil Seleksi SMM USU 2020, Cek Nama Kamu Di Sini

Pengumuman Hasil Seleksi SMM USU 2020, Cek Nama Kamu Di Sini – Apakah kamu salah satu calon mahasiswa baru di Universitas Sumatera Utara (USU) yang sudah mengikuti seleksi mandiri? Persaingan yang ketat untuk bisa diterima di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sumatera ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Jika belum diterima melalui seleksi masuk nasional di USU, kamu tetap bisa mencoba untuk mendaftar di kampus ini melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Mandiri (SMM).

Pengumuman Seleksi Mandiri USU 2020

usu.ac.id

Adanya seleksi mandiri yang dibuka di berbagai kampus negeri memberikan keuntungan tersendiri. Calon mahasiswa tetap bisa mendaftar di kampus tujuannya mengguanakan mekanisme yang sudah ditetapkan masing-masing PTN. Sebagai salah satu kampus ternama di Sumatera, seleksi mandiri di USU diberikan dengan jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Diploma (SPMPD) dan Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM). Bagi kamu yang akan mendaftar jenjang Diploma, SMPMD adalah pilihan terbaik. Sebaliknya, SMM diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang hendak mengambil jenjang Sarjana maupun Diploma. Agar kamu tidak kebingungan untuk melihat pengumuman seleksi mandiri di USU, berikut ini adalah informasi yang dapat digunakan.

Informasi Seleksi Mahasiswa Mandiri USU

Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) di Universitas Sumatera Utara dibuka untuk memfasilitasi calon mahasiswa baru lulusan SMA sederajat yang belum diterima jalur SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2020. Selain itu, SMM juga meningkatkan angka partisipasi aktif masyarakat agar menempuh pendidikan tinggi di USU.

Terdapat kelompok ujian SMM IPA dan SMM IPS yang dapat dipilih pendaftar. Peserta yang mendaftar Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) diizinkan untuk memilih program studi dengan ketentuan sebagai berikut.

• Kelompok Ujian SMM-IPA: 3 pilihan program studi IPA jenjang sarjana dan 3 pilihan program studi IPA jenjang diploma.
• Kelompok Ujian SMM-IPS: 3 pilihan program studi IPS jenjang sarjana dan 3 pilihan program studi IPS jenjang diploma.

Perhatikan kembali urutan pengisian program studi karena hal tersebut menyatakan prioritas pilihan. Apabila tidak diterima di pilihan pertama, kamu akan diseleksi pada pada pilihan kedua dan seterusnya.

Syarat untuk mendaftar SMM USU tahun 2020 adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA sederajat dan Paket C tahun 2020, 2019, atau 2018.
  2. Pendaftar lulusan tahun 2019 dan 2018 wajib memiliki ijazah.
  3. Pendaftar lulusan SMA/SMK/MA sederajat dan Paket C tahun 2020 yang belum memiliki ijazah sudah mempunayai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijazah Paket C.
  4. Pendaftar dinyatakan sehat agar tidak mengganggu kelancaran proses perkuliahan di program studinya.
  5. Membayar biaya seleksi sebesar Rp 500.000 untuk SMM IPA dengan 3 pilihan jenjang S1 dan 3 pilihan jenjang D3.

Pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Mandiri USU

Berikut ini adalah tanggal penting SMM USU tahun 2020.

• Pendaftaran Online SMM melalui https://seleksi.usu.ac.id: 8 Juli – 26 Agustus 2020
• Pembayaran biaya pendaftaran SMM di Bank BNI: 8 Juli – 26 Agustus 2020
• Pencetakan Kartu Tanda Peserta: 9 Juli – 26 Agustus 2020
• Pelaksanaan Ujian Tulis: 31 Agustus – 4 September 2020
• Pengumuman SMM USU: Kamis, 11 September 2020

Pendaftar yang melakukan pembayaran di Bank BNI tidak dapat menarik pembayaran dengan alasan apa pun. Pendaftar juga wajib mencetak kartu tanda peserta pada tanggal yang sudah ditentukan. Apabila tidak mencetak kartu peserta, pendaftar akan dianggap mengundurkan diri. Adapun jadwal ujian tulis SMM USU terbagi menjadi 2 sesi setiap hari dengan jadwal sebagai berikut.

Sesi I


• Peserta masuk ruang ujian: 08.30 – 08.35
• Pemeriksaan identitas dokumen: 08.35 – 08.45
• Pelaksanaan Ujian: 08.45 – 11.00

Sesi II


• Peserta masuk ruang ujian: 14.00 – 14.05
• Pemeriksaan identitas dokumen: 14.05 – 14.15
• Pelaksanaan Ujian: 14.15 – 16.30

Urutan Pendaftaran SMM USU

Calon mahasiswa yang akan mendaftar SMM USU menempuh langkah-langkah berikut ini.

  1. Melakukan pembelian PIN Ujian Seleksi di Bank BNI terdekat. Perlu diketahui bahwa nomor HP aktif yang didaftarkan ketika membeli PIN hanya dapat digunakan satu kali. Pendaftar tidak dapat menggunakan nomor HP yang sudah pernah didaftarkan pada tahun sebelumnya.
  2. Pendaftar menjaga PIN agar tidak hilang atau dipindahkan pada orang lain. Apabila PIN hilang, pihak bank dan panitia tidak dapat bertanggung jawab.
  3. Melakukan pendaftaran online menggunakan PIN yang sudah didapatkan melalui website seleksi.usu.ac.id.
  4. Melakukan pengisian biodata secara jujur dan benar di halaman pendaftaran seleksi.usu.ac.id.
  5. Mendaftarkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Karena NISN hanya dapat dipakai satu kali, setiap peserta hanya dapat mengikuti ujian satu kali.
  6. Mengunggah pas foto berukuran 400×600 pixel dengan ukuran maksimal 500 KB. Jika foto tidak sesuai, panitia berhak mengeluarkan dan membatalkan status kepesertaan.
  7. Mencetak Kartu Tanda Peserta menggunakan kertas A4 dengan bentuk cetakan portrait. Pada kartu tersebut terdapat nomor peserta, pas poto peserta, waktu ujian, lokasi ujian dan pilihan program studi.
  8. Melihat lokasi ujian pada tanggal 30 Agustus 2020.
  9. Saat pelaksanaan ujian, peserta wajib membawa kartu tanda peserta. Apabila tidak membawa, panitia akan mengeluarkan peserta dari ruang ujian.

Materi Ujian SMM USU

Persiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi SMM USU tahun 2020. Seleksi yang ditujukan pada kelompok IPA akan berbeda dengan kelompok IPS. Waktu pengerjaan soal ujian berbasis komputer SMM USU adalah 135 menit.

• Kelompok SMM IPA

  1. Matematika Dasar
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Indonesia
  4. Fisika
  5. Kimia
  6. Biologi
  7. Matematika IPA

• Kelompok SMM IPS

  1. Matematika Dasar
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Indonesia
  4. Sejarah
  5. Ekonomi
  6. Geografi
  7. Sosiologi

Pengumuman Seleksi Mahasiswa Mandiri USU

Untuk mengetahui pengumuman SMM USU tahun 2020, kamu bisa menunggu sampai tanggal 11 September 2020. Namun, kamu tetap perlu memantau perkembangan informasi dengan melihat website resmi maupun akun media sosial USU. Apabila terdapat perubahan waktu pengumuman maupun perubahan lainnya, kamu tetap bisa update.

Cek nama kamu di sini untuk bisa mengetahui status kelulusan SMM USU. Pengumuman kelulusan tersebut bisa kamu akses melalui laman https://seleksi.usu.ac.id atau http://www.usu.ac.id.

Demikian informasi pengumuman hasil seleksi SMM USU 2020 untuk cek nama kamu di sini. Sudah lega karena diterima sebagai salah satu mahasiswa USU melalui seleksi mandiri? Perjuangan masih belum berakhir. Sebagai calon mahasiswa, persiapan lanjutan berupa pembayaran biaya studi hingga persiapan tinggal di perantauan pun tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, agar pencarian tempat tinggal di dekat USU semakin praktis, kamu bisa menggunakan aplikasi rumah kost Mamikos.

Fitur pencarian kost dekat USU Sumatera Utara sangat mudah digunakan. Kamu bisa survey kost dekat USU secara online, bahkan mengetahui harga sewa kamar kost hingga melakukan booking online. Tidak ingin kost yang diinginkan ditempati penghuni lainnya? Lakukan pembayaran kost melalui metode transfer. Kost tujuanmu di dekat kampus pun siap ditempati ketika kamu datang.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta