Pengumuman Hasil Seleksi SPAN-PTKIN IAIN Jember 2021

Pengumuman Hasil Seleksi SPAN-PTKIN IAIN Jember 2021 – SPAN-PTKIN adalah bentuk seleksi PTKIN yang ada di seluruh Indonesia, seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Seleksi ini dilakukan secara nasional dan serentak dalam satu sistem yang sudah terpadu. Proses pendaftaran sudah berjalan hingga saat ini dan banyak calon mahasiswa yang menunggu sembari bertanya kapan pengumuman PTKIN dilaksanakan. Mamikos kali ini akan memberikan segala informasi yang berkaitan dengan pengumuman hasil seleksi SPAN PTKIN IAIN Jember tahun 2021.

Seleksi SPAN-PTKIN 2021

unsplash.com

SPAN-PTKIN merupakan seleksi calon mahasiswa baru yang akan masuk ke perguruan tinggi negeri keagamaan seperti IAIN, UIN, dan juga STAIN. Seleksi ini dilakukan melalui sistem yang sudah terintegrasi dan pelaksanaannya serentak di seluruh Indonesia. Proses penerimaan mahasiswa baru ini berada di bawah pengawasan Menteri Agama Republik Indonesia. Selain itu, calon mahasiswa baru juga tidak dipungut biaya dalam proses pendaftaran dari awal hingga akhir karena keseluruhan biaya sudah ditanggung oleh pemerintah.

Proses ni diharapkan dapat berjalan secara transparan, adil serta terhindar dari praktik rasis, dan berfokus atas potensi yang dimiliki calon mahasiswa baru. Tujuannya agar siswa berprestasi dapat melanjutkan sekolah hingga ke perguruan tinggi di salah satu dari tiga perguruan tinggi keagamaan tersebut. Perlu untuk digaris bawahi bahwa calon mahasiswa baru peserta SPAN-PTKIN ini merupakan siswa yang selama di SMA/sederajat telah menunjukkan konsistensi atas prestasi akademik yang diraih.

Para siswa ini merupakan rekomendasi yang diberikan oleh Kepala Sekolah/Madrasah karena prestasi yang mereka miliki. Hingga saat ini, proses seleksi masih dilakukan oleh panitia pelaksana SPAN-PTKIN 2021. Oleh karenanya, para siswa yang berhasil lolos dan memiliki kesempatan untuk mendaftarkan diri saat ini sedang menunggu hasil pengumuman SPAN-PTKIN 2021 apakah dirinya dinyatakan lolos atau tidak. Momen seperti saat ini pasti cukup menegangkan karena calon mahasiswa masih menunggu kepastian dari hasil seleksi SPAN PTKIN IAIN Jember.

Ketentuan Calon Siswa SPAN-PTKIN

Dalam proses pemilihan hasil seleksi SPAN PTKIN IAIN Jember sendiri, banyak ketentuan yang telah dibuat agar siswa dapat mengikuti jalur ini. Siswa yang berhasil mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah karena prestasi akademiknya dapat mengikuti proses seleksi tanpa adanya ujian tertulis. Nilai yang ada sepenuhnya berasal dari rapor semester satu hingga lima dan ditambah dengan prestasi lain yang pernah diraih. SMA/sederajat yang dapat mengikutsertakan siswanya harus yang sudah mengantongi izin penyelenggaraan aktivitas pendidikan dari pemerintah.

Bagi siswa yang tidak lolos untuk mengikuti jalur ini, terdapat jalur lain seperti UM-PTKIN atau juga disebut dengan jalur mandiri. Siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN, IAIN atau STAIN dapat mengikuti jalur ini tanpa harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah terlebih dahulu.

Jadwal SPAN-PTKIN IAIN Jember 2021

Proses pendaftaran SPAN-PTKIN sudah dilakukan sejak pertengahan bulan Januari 2021. Terdapat 7 (tujuh) tahapan yang harus dilalui oleh calon mahasiswa baru hingga proses daftar ulang berakhir. Berikut jadwal seleksi SPAN-PTKIN IAIN Jember 2021:

  1. Masa pengisian PDSS pada 19 Januari – 17 Februari 2021
  2. Proses verifikasi PDSS pada 19 Januari – 17 Februari 2021
  3. Pendaftaran siswa dilakukan pada 19 Februari – 27 Maret 2021
  4. Proses seleksi dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama dilakukan pada tanggal 1-5 April 2921 dan tahap dua pada tanggal 6-8 April 2021.
  5. Hasil seleksi SPAN PTKIN IAIN Jember akan diumumkan pada tanggal 12 April 2021
  6. Proses pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa baru yang diterima melalui PTKIN masing-masing.

Hasil seleksi nantinya akan diumumkan secara online melalui website pengumuman.span-ptkin.ac.id dengan input nomor pendaftaran yang telah diberikan. Jadwal yang ada ini perlu untuk diingat agar tidak tertinggal informasi baru. Selain itu, mengingat jadwal penting seperti ini menghindari terjadinya keterlambatan dalam mengikuti seluruh rangkaian prosesnya. Tentu saja bagi siswa yang diterima tidak ingin mengalami keterlambatan dalam melakukan daftar ulang.

Ketika seorang siswa yang sudah diterima tidak dapat melakukan daftar ulang, maka hal ini akan berdampak pada dirinya kehilangan kesempatan tersebut. Menunggu hasil seleksi SPAN PTKIN IAIN Jember memang tidaklah mudah. Maka dari itu, gunakan kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin.

Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi

Perlu diingat bagi siswa yang mendapatkan kesempatan untuk dapat mengikuti SPAN-PTKIN ini bukanlah hal yang mudah. Oleh karenanya, menunggu hasil seleksi SPAN PTKIN IAIN Jember yang akan keluar juga dirasa cukup lama karena sudah tidak sabar untuk melihatnya. Beberapa dari siswa yang lulus untuk mengikuti jalur ini mungkin juga belum tahu terkait dengan bagaimana cara melihat pengumuman SPAN PTKIN. Hasil ini nantinya dapat diakses melalui website resmi dari SPAN-PTKIN pada hari yang telah ditentukan pada jadwal.

Berikut ini merupakan langkah untuk melihat pengumuman hasil seleksi SPAN PTKIN IAIN Jember, diantaranya:

  1. Buka halaman website resmi dari SPAN-PTKIN pada pengumuman.span-ptkin.ac.id.
  2. Login pada halaman SPAN-PTKIN 2021 menggunakan nomor pendaftaran yang sudah diberikan sebelumnya.
  3. Pada kolom kosong yang muncul, tuliskan ID pendaftaran yang dimiliki dan pastikan ID sudah benar.
  4. Klik pada tombol Cek Kelulusan dan lihat hasil yang muncul.

Pada tahun sebelumnya, laman akses yang digunakan oleh siswa akan muncul ucapan selamat telah lulus bersamaan dengan nama, nomor peserta, serta program studi yang dipilih. Sementara itu, bagi yang belum lulus, nama beserta nomor peserta tidak muncul di halaman bersama dengan ucapan permohonan maaf. Model pengumuman yang digunakan pada tahun 2021 kemungkinan besar masih sama dengan tahun sebelumnya.

Tips Akses Pengumuman SPAN-PTKIN IAIN Jember 2021

Pengumuman hasil seleksi SPAN PTKIN IAIN Jember 2021 akan dilakukan secara online. Perlu untuk memastikan koneksi internet yang dimiliki cukup baik dan dapat mengakses tanpa ada masalah. Namun, penting untuk diingat bahwa seluruh siswa yang mendaftar dapat mengakses laman pengumuman pada waktu yang sama dan menyebabkan website menjadi error. Jika hal ini terjadi, maka dapat menunggu untuk beberapa saat hingga website berjalan dengan normal kembali.

Bagi siswa yang lulus hasil seleksi SPAN PTKIN IAIN Jember, Mamikos ucapkan selamat. Semoga seluruh proses hingga masuk kuliah hari pertama dapat dilancarkan. Bagi yang belum lulus, tetap jaga semangat karena masih banyak kesempatan yang dapat diraih di luar sana untuk menjadi mahasiswa baru dari PTKIN yang diinginkan. Jalan akan selalu terbuka lebar bagi siapapun yang mau mengusahakan untuk mengejar apa yang mereka inginkan. Tetap semangat dan semoga apa yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta