Pengumuman Hasil Ujian STIS 2019/2020

 Mamikos | Jum, 25 Mei 2018

Pengumuman Hasil Ujian STIS – Kini banyak masyarakat di Indonesia yang telah memiliki pemikiran bahwa pendidikan itu penting. Namun, tak sedikit pula masyarakat di tanah air yang masih memiliki pemikiran bahwa pendidikan itu adalah hal yang tidak penting dan tidak masalah untuk dikesampingkan. Apalagi bagi mereka yang tinggal di pedesaaan atau daerah terpencil, mereka tentu lebih memilih untuk bekerja dibanding harus melanjutkan pendidikan setinggi mungkin. Alasan utamanya pun sangat mudah ditebak, mereka lebih memilih untuk mencari uang dibanding melanjutkan pendidikan yang hanya membuang uang saja.

Di era modern seperti sekarang ini tentu orang yang berpendidikan akan lebih unggul dan diutamakan oleh sederetan perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja freelance Jakarta. Tak hanya itu saja, wadah untuk mencetak orang-orang berpendidikan ini pun banyak sekali seperti adanya universitas, politeknik negeri, sekolah kedinasan, dan lainnya.

Kalian yang berminat untuk melanjutkan pendidikan pun diberi kebebasan untuk memilih akan melanjutkan pendidikan sesuai dengan minat dan bakat yang kalian miliki. Bagi kamu yang tertarik di bidang statistika, mungkin tak ada salahnya jika kamu mendaftarkan diri di STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik yang merupakan salah satu jenis sekolah ikatan dinas yang bernaung dibawah Badan Pusat Statistik.

Pengumuman Hasil Ujian STIS 2018/2019

Pengumuman Hasil Ujian STIS 2019/2020

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau STIS ini menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma IV dan sudah berdiri sejak tahun 1958. Badan Pusat Statistik sebagai penyelenggara membuka STIS bagi mereka lulusan sekolah menengah atas jurusan IPA untuk dididik menjadi seorang ahli statistik. Kampus STIS ini sendiri berada tepatnya di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Bagi kalian yang tinggal diluar Jakarta, tak perlu ragu untuk merantau karena ada banyak sekali kost Jakarta Timur murah serta kost Jakarta murah yang siap menjadi hunian kalian.

Setiap tahunnya Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau STIS selalu membuka penerimaan mahasiswa baru layaknya perguruan tinggi lainnya. Dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru, STIS umumnya memberikan informasinya secara online melalui laman resmi di STIS.ac.id. Bagi kamu yang ingin segera mendaftarkan diri di sekolah kedinasan yang satu ini, mungkin kamu bisa langsung mengunjungi laman resmi STIS yang sudah Mamikos berikan sebelumnya.

Nantinya setelah kamu mendapatkan informasi yang cukup mengenai STIS dan sudah memantapkan diri untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa baru, kamu bisa langsung mendaftarkan diri secara online melalui dua portal ini yaitu portal Panselnas panselnas.id dan dilanjutkan ke portal PMB STIS di stis.ac.id/spmb.

Politeknik Statistika STIS Badan Pusat Statistik akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:

  • Prodi Statistika Program Diploma III (150 mahasiswa, termasuk 10 mahasiswa untuk program afirmasi dengan rincian Provinsi Papua: 3 mahasiswa, Papua Barat: 3 mahasiswa, Maluku : 2 mahasiswa, Maluku Utara: 2 mahasiswa)
  • Prodi Statistika Program Diploma IV (300 mahasiswa)
  • Prodi Komputasi Statistik Program Diploma IV (150 mahasiswa)

Nantinya, lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan ditugaskan sebagai ahli madya statistika di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Sedangkan, lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

• Sistem Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STIS Tahun Ajaran 2019/2020

Politeknik Statistika STIS menerima mahasiswa baru melalui dua jalur, yaitu Jalur Ikatan Dinas dan Jalur Tugas Belajar.

a) Jalur Ikatan Dinas
Jalur Ikatan Dinas (ID) merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA. Selama masa pendidikan mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai peraturan yang berlaku. Lulusan Politeknik Statistika STIS jalur ikatan dinas wajib bekerja di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) dan kementerian/lembaga/instansi lain di seluruh Indonesia sesuai penempatannya selama masa ikatan dinas. Program Afirmasi adalah program yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara untuk mengisi formasi pegawai Badan Pusat Statistik pada unit
kerja di wilayah tersebut.

b) Jalur Tugas Belajar
Jalur Tugas Belajar (TB) merupakan jalur seleksi bagi mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Anggota TNI/POLRI, yang telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA dan ditugaskan oleh intansi asal untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS. Ketentuan mengenai penerimaan mahasiswa baru Jalur Tugas Belajar akan diumumkan secara terpisah.

• Persyaratan Jalur Ikatan Dinas STIS Tahun Ajaran 2019/2020

Untuk dapat mengikuti seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, calon mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat berikut ini:
1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
2. Program Diploma IV (450 mahasiswa):
– Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau
– Siswa SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
– Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
3. Program Diploma III (150 mahasiswa, termasuk 10 mahasiswa untuk program afirmasi)
– Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
– Siswa SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
– Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;

Catatan:
– Program Diploma III hanya boleh dilamar oleh peserta yang berdomisili pada Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, yang dibuktikan dengan salinan Kartu Tanda Penduduk dan ijazah SMA/MA.
– Program Afirmasi hanya boleh dilamar oleh putra-putri asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara, dibuktikan dengan salinan Kartu Tanda Penduduk; salinan ijazah/rapor SD, SMP/SLTP, dan SMA/MA dari wilayah tersebut; dan garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah tersebut dibuktikan dengan Surat Keterangan Kelurahan/Kepala Desa.

4. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun
5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
7. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
9. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota)

• Prosedur Pendaftaran STIS Tahun Ajaran 2019/2020

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:

1. Calon peserta melakukan pendaftaran secara melalui portal SSCN (https://sscndikdin.bkn.go.id). Dilanjutkan mengisi data pendaftaran secara online di Aplikasi SPMB Politeknik Statistika STIS (http://www.stis.ac.id/spmb). Calon peserta harus menggunakan NIK dan password yang sama seperti saat mendaftar di portal SSCN. Setelah mengisi data pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Pembayaran.
2. Calon peserta membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut pada poin melalui Bank BRI, sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali membuka Website Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
4. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.

• Biaya Seleksi Pendaftaran STIS Tahun Ajaran 2019/2020

Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah), dibayarkan melalui Bank BRI setelah mengisi data pendaftaran secara online. Biaya administrasi bank ditanggung peserta. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

• Jenis Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru STIS Tahun Ajaran 2019/2020

Seleksi PMB dilakukan dalam 4 (empat) tahap sebagai berikut:
a. Tahap I : Tes Potensi Akademik (Matematika)
b. Tahap II : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
c. Tahap III : Psikotes
d. Tahap IV : Tes Kesehatan dan Kebugaran

• Lokasi Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru STIS Tahun Ajaran 2019/2020
Lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia.

• Website Resmi STIS dan Alamat Panitia Pelaksana

1. Segala informasi mengenai PMB Politeknik Statistika STIS dapat diakses melalui website resmi Politeknik Statistika STIS (http://www.stis.ac.id) dan media sosial twitter: @STISJKT; fanpage facebook: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Official).
2. Alamat Panitia Pusat adalah di Kampus Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. Telp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB Telp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin – Jumat, Pukul 08.00 WIB – 15.30 WIB)
3. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali Provinsi DKI Jakarta di Kampus Politeknik Statistika STIS). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dilihat di Website BPS di http://www.bps.go.id.

• Informasi Lain-Lain seputar STIS

1. Calon peserta hanya boleh melamar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila diketahui calon peserta mendaftar lebih di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
2. Dalam proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.
3. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
4. Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa, Politeknik Statistika STIS berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
5. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB Politeknik Statistika STIS akan diinformasikan melalui Website Politeknik Statistika STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus Politeknik Statistika STIS.
6. Politeknik Statistika STIS tidak menerbitkan pembahasan soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya, tidak membuat prediksi soal tahun ini, serta tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar mana pun termasuk dengan UKM BIMBEL/BIUS.
7. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Politeknik Statistika STIS/BPS. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.
8. Pengaduan dugaan adanya pelanggaran pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru dapat dilaporkan melalui alamat email: [email protected]

Setiap tahapan seleksi dilaksanakan di seluruh Ibukota Provinsi dan beberapa Ibukota Kabupaten secara serentak, yang mana berlaku sistem gugur. Tes tahap I (Tes Potensi Akademik) dilakukan sendiri oleh Politeknik Statistika STIS. Tes Tahap II (Seleksi Kompetensi Dasar) dilakukan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Tes tahap III (Psikotes) dilaksanakan oleh Politeknik Statistika STIS bekerjasama dengan lembaga psikologi yang kompeten. Tes tahap IV (Kesehatan dan Kebugaran) dilaksanakan bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI/Polri di masing-masing provinsi.

Demikian informasi lengkap seputar pengumuman hasil ujian STIS tahun ajaran 2019/2020 yang bisa Mamikos sampaikan kepada kalian. Bagi kamu yang lolos hingga tahapan terakhir, jangan lupa untuk segera mendaftar ulang dan memperhatikan jadwalnya ya! Bagi kamu yang belum berhasil dalam tahapan-tahapan penerimaan mahasiswa baru di STIS tahun ini tak perlu langsung berkecil hari, kamu masih bisa mencoba untuk mendaftarkan diri di sekolah kedinasan lainnya.

Untuk informasi lebih jelasnya lagi seputar STIS, kalian bisa intip di situs Mamikos. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: