Pengumuman Online Hasil SMM PTN Barat 2021/2022

Posted in: Pendaftaran PTN
Tagged: SMM PTN-BARAT

Pengumuman Online Hasil SMM PTN Barat 2021/2022 – Apakah kamu salah satu pendaftar seleksi SMM PTN Barat tahun 2021? Pastinya kamu sudah tidak sabar melihat hasil dan status kelulusan dari seleksi tersebut. Ditambah lagi tingkat keketatan persaingan untuk bisa diterima juga cukup tinggi.

Pengumuman SMM PTN Barat 2021

https://potensibisnis.pikiran-rakyat.com/

Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Barat atau SMM PTN Barat adalah salah satu jalur masuk yang ditawarkan untuk kamu yang ingin berkuliah di wilayah barat. Seleksi tersebut dilakukan secara bersamaan dengan Perguruan Tinggi Negeri yang sama-sama bergabung di BKS – PTN Indonesia bagian barat.

Mekanisme seleksi yang diberikan di SMM PTN Barat adalah dengan hasil hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di bawah koordinasi panitia SMM PTN Barat. Peminat jalur tersebut cukup banyak, sehingga persaingannya dapat dikatakan cukup ketat. Jadwal seleksi dan pengumuman SMM PTN Barat tahun 2021 akan dilakukan di tahun yang sama. Agar semakin paham, berikut informasi yang dapat kamu gunakan sebagai referensi menjelang pengumuman SMM PTN Barat tahun 2021.

Syarat Mengikuti SMM PTN Barat 2021

https://smmptnbarat.id

SMM PTN Barat tidak dapat langsung diikuti seluruh lulusan sekolah menengah yang ada di Indonesia. Terdapat syarat umum dan khusus yang wajib dipenuhi pendaftar, yaitu:

  1. Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C yang memiliki ijazah.
  2. Pendaftar yang lulus SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021 sudah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dengan informasi jati diri, pas foto, dan cap yang sah.
  3. Peserta seleksi dinyatakan sehat, sehingga tidak mengganggu proses kelancaran studinya.
  4. Terdapat aturan penggunaan ijazah 3 tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021) kecuali untuk beberapa universitas:
    • Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Teuku Umar (UTU) dan Universitas Malikussaleh (Unimal) tahun ijazah 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021);
    • Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI Aceh) menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2012 sampai dengan 2021 dan Paket C maksimal umur 25 tahun; dan
    • Universitas Palangkaraya (UPR) menerima ijazah 3 tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021) untuk Fakultas Kedokteran dan ijazah 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021) untuk fakultas lainnya.

Nantinya, pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi SMM PTN-BARAT 2021 adalah pendaftar yang sehat dan memenuhi syarat-syarat lain yang ditetapkan masing-masing PTN penerima. Selain itu, ketentuan terkait nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) juga wajib dipenuhi. Adapun besaran biaya-biaya studi tersebut dapat diakses pendaftar melalui website masing-masing PTN.

Jadwal dan Tata Cara Pendaftaran SMM PTN Barat 2021

Pendaftar yang akan mengikuti SMM PTN Barat 2021 dapat melakukan seluruh tahapan secara online. Jadwal SMM PTN Barat 2021 adalah:

• Pendaftaran SMM PTN Barat: 17 Mei – 21 Juni 2021 (pukul 16:00 WIB)
• Pembayaran Pendaftaran SMM PTN Barat: paling lambat 21 Juni 2021 (pukul 16.00 WIB)
• Penyimpanan data permanen: paling lambat 22 Juni 2021 (pukul 14.00 WIB)
• Batas cetak kartu peserta SMM PTN Barat: 22 Juni 2021 (pukul 14.00 WIB)
• Pengumuman SMM PTN Barat: 14 Juli 2021 (Pukul 16.00 WIB)

Pendaftaran serta pengisian borang atau formulir pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id/. Pendaftar perlu memasukkan data yang diperlukan. Bagi pendaftar yang sudah menyelesaikan pendaftaran dan melakukan pembayaran, proses pengisian formulir masih bisa diselesaikan hingga 22 Juni 2021 sebelum menyimpan data secara permanen. Jangan lupa memasukkan nomor tes SBMPTN 2021 bagi pendaftar yang mengikuti seleksi tersebut.

Daftar Perguruan Tinggi SMM PTN Barat 2021

  1. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI Aceh)
  2. Institut Seni Indonesia Padangpanjang (ISI Padangpanjang)
  3. Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  4. Universitas Bangka Belitung (UBB)
  5. Universitas Bengkulu (UNIB)
  6. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta)
  7. Universitas Jambi (UNJA)
  8. Universitas Lampung (UNILA)
  9. Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  10. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  11. Universitas Palangka Raya (UPR)
  12. Universitas Riau (UNRI)
  13. Universitas Samudra (UNSAM)
  14. Universitas Siliwangi (UNSIL)
  15. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)
  16. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  17. Universitas Teuku Umar (UTU)

Aturan Pemilihan Program Studi SMM PTN Barat 2021

  1. Pendaftar dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi pada satu PTN atau lebih.
  2. Lokasi PTN pilihan pertama tidak harus menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Pendaftar dapat memilih lokasi ujian terdekat dari domisili, apalagi pandemi Covid-19 belum berakhir.
  3. Urutan pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan pendaftar

Ujian SMM PTN Barat 2021

Jenis ujian yang diberikan pada SMM PTN BARAT 2021 terbagi menjadi:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek). Kelompok Saintek akan mendapatkan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum). Kelompok Soshum akan mendapatkan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Biaya registrasi dan Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mengikuti SMM PTN Barat 2021 untuk setiap kelompok ujian sebesar Rp 350.000. Biaya tersebut dapat dibayarkan melalui bank mitra SMM PTN Barat pada tanggal yang sudah ditentukan. Namun, perlu diketahui bahwa biaya yang sudah dikeluarkan tidak bisa diambil kembali dengan alasan apa pun.

Informasi Pengumuman SMM PTN Barat 2021

Pengumuman SMM PTN Barat 2021 dapat diakses melalui laman http://pengumuman.smmptnbarat.id pada tanggal 14 Juli 2021 mulai pukul 16.00 WIB. Selain itu, pendaftar yang mengalami kesulitan ketika mengakses laman utama dapat menggunakan link mirror berikut ini:

  1. Link mirror Universitas Lampung: http://smmptn.unila.ac.id
  2. Link mirror Universitas Jambi: http://smmptn.unja.ac.id
  3. Link mirror Universitas Syiah Kuala: http://smmptn.unsyiah.ac.id
  4. Link mirror Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta): http://smmptn.untirta.ac.id
  5. Link mirror Universitas Palangka Raya: http://smmptn.upr.ac.id
  6. Link mirror Universitas Teuku Umar (UTU): http://smmptn.utu.ac.id

Gunakan browser yang sudah diperbarui dan pastikan koneksi internet yang akan digunakan stabil. Apabila website di atas masih sulit diakses saat pengumuman tiba, tunggulah beberapa saat karena sangat mungkin server menjadi down dan membuat proses akses lebih lama.

Demikian informasi pengumuman online hasil SMM PTN Barat 2021/2022 yang dapat kamu akses dari mana pun. Apakah kamu termasuk salah satu pendaftar yang dinyatakan diterima? Jika belum berkesempatan masuk PTN melalui SMM PTN Barat, masih ada alternatif seleksi mandiri yang dapat dicoba. Jika kamu sudah diterima, saatnya melakukan tahapan dan proses selanjutnya, seperti pendaftaran ulang di PTN tujuan dan pencarian tempat tinggal dekat kampus. Download aplikasi pencari kost Mamikos dan sesuaikan lokasi kost yang akan ditempati dengan jarak menuju kampus agar tidak terlambat. Selamat mencari!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta