Ini Penyebab Kamar Kos Sering Jamuran, Pemilik Wajib Tahu

Ini Penyebab Kamar Kos Sering Jamuran, Pemilik Wajib Tahu -Jamur adalah pertumbuhan organisme kecil berwarna hitam, putih, oranye, hijau, hingga ungu yang tidak diinginkan dan bisa ditemukan hampir di mana-mana. Apabila Anda menemukan jamur tumbuh di kamar kos yang Anda sewakan, Anda patut waspada. 

Dalam jumlah kecil, spora jamur biasanya tidak berbahaya, namun saat jamur tersebut berada di tempat basah di rumah Anda, koloninya dapat mulai berkembang. 

Ketika jamur tumbuh di permukaan, spora dapat dilepaskan ke udara sehingga dapat dengan mudah terhirup. Beberapa jenis jamur dalam ruangan pun mampu menghasilkan racun (mikrotoksin), yang larut dalam lemak dan mudah diserap oleh lapisan usus, saluran udara, dan kulit, serta memiliki efek toksik mulai dari iritasi jangka pendek, reaksi alergi, penyakit kulit dan lain sebagainya. Lantas, apa penyebab kamar kos sering jamuran? 

republika.com

1. Terdapat Kebocoran Air di Rumah 

Apabila Anda menemukan dinding kamar atau ruangan lain di kos milik Anda berjamur, Anda harus memeriksa apakah ada kebocoran atau rembesan di sekitar wastafel dapur, kulkas, sekitar wastafel dan bak mandi, serta sumber air lainnya. Bila ada, Anda harus segera memperbaiki kebocoran dan rembesan tersebut karena akan membuat ruangan di rumah menjadi semakin berjamur. 

2. Kurangnya Sirkulasi Udara 

Kurangnya sirkulasi udara menyebabkan kamar kos sering jamuran. Tingkatkan sirkulasi udara dengan menggunakan kipas angin dan dengan memindahkan furnitur dari sudut dinding. Selain itu, rajin membuka pintu antara kamar kos untuk meningkatkan sirkulasi, yang membawa suhu panas ke permukaan dingin.

3. Talang Air dan Saluran Air Tidak Bekerja Maksimal 

Anda juga harus memastikan talang air dan saluran air di kos Anda bekerja dengan benar dan memastikan air mengalir ke luar rumah, bukan malah menuju ke rumah. Jika air memasuki rumah dari luar, hal tersebut akan meningkatkan kelembapan dan membuat kamar menjadi jamuran. 

4. Sering Meninggalkan Pakaian Basah di Kamar Kos 

Informasikan ke penyewa kos Anda untuk tidak meninggalkan pakaian basah tergeletak begitu saja di kamar kos dan tidak meninggalkan handuk basah di lantai atau di gantungan, karena akan menyebabkan kamar cepat berjamur. 

5. Lingkungan yang Lembap dan Kotor 

Lingkungan yang lembap, basah, dan kotor, akan menimbulkan kamar menjadi lebih cepat jamuran. Selain itu, akan ada banyak bakteri dan kuman yang muncul dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, Mamikos hadir menawarkan layanan yakni MamiService, yang dapat membantu Anda dalam pemeliharaan kos dengan harga yang lebih terjangkau. 

MamiService merupakan produk layanan dari Mamikos yang menawarkan jasa pemeliharaan kos seperti servis AC, pick-up laundry, cleaning service dan pembelian kos accessories. Yang terbaru dari MamiService, kini Anda bisa menikmati layanan cleaning service per hour  serta cleaning service + disinfektan, sehingga kos Anda akan lebih nyaman ditinggali oleh penyewa. Biaya dari servis ini lebih terjangkau daripada harga di luaran. Saat ini, MamiService tersedia bagi Anda, seluruh pemilik kos di kota Jabodetabek dan Yogyakarta.

Pelajari MamiService

Selalu jaga kebersihan di kos Anda agar bisnis kos menjadi lebih berkualitas dan dilirik oleh calon penyewa. Temukan banyak informasi menarik lainnya seputar layanan terbaik Mamikos, dengan mengunjungi situs Mamikos, atau download dan install aplikasi Mamikos di smartphone milik Anda. Mamikos hadir membawa solusi untuk Anda, sehingga memudahkan dan membantu meningkatkan pengelolaan bisnis kos.