Perbedaan Jurusan Sistem informasi, Teknik Informatika Dan Ilmu Komputer

 Nana | Sen, 24 Feb 2020

Perbedaan Jurusan Sistem informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer – Pada artikel kali ini, Mamikos akan memberikan informasi terbaik seputar perbedaan jurusan sistem informasi, Teknik Informatika dan Ilmu Komputer yang pasti sesekali membuat kalian bingung. Ketika akan mendaftarkan diri untuk kuliah dan memilih jurusan, mungkin kita pernah menemui atau bahkan akan mendaftar di antara jurusan-jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Mungkin terdengar mirip satu sama lain karena mengandung satu unsur yang sama yaitu Komputer tapi jurusan-jurusan tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Jadi buat kamu yang masih bingung untuk menentukan mana jurusan yang cocok buat kamu, agar tidak salah pilih jurusan berikut perbedaan antara jurusan-jurusan tersebut. Di bawah ini Mamikos berikan perbedaan jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer dengan saksama.

Perbedaan Jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer

Perbedaan Jurusan Sistem informasi, Teknik Informatika Dan Ilmu Komputer
enterprisedigitale.info

Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi adalah sebuah ilmu dari gabungan Ilmu Komputer dan Bisnis Manajemen. Apabila kamu menyukai kedua bidang tersebut, maka Jurusan Sistem Informasi bisa dikatakan sebagai pilihan yang paling pas untuk kamu pilih. Gelar yang nantinya akan kamu dapat dari sarjana jurusan S1 Sistem Informasi adalah S.Kom.

Programming tetap menjadi inti materi kuliah, akan tetapi mungkin tidak sebanyak Jurusan Teknik Informatika. Pada Jurusan Sistem Informasi tersebut akan tetap ada mata kuliah Matematika. Hanya saja tidak sebanyak Jurusan Komputer lain seperti di Ilmu Komputer atau Teknik Informatika.

Jadi secara sederhananya, jurusan Sistem Informasi merupakan gabungan dari Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, dan Bisnis. Ilmu Sistem Informasi tetap pada bidang Software atau Programming. Hanya lebih pada penerapan bisnis perusahaan. Oleh sebab itu tidak terlalu mengherankan jika banyak mata kuliah yang mengandung unsur Ekonomi Manajemen di jurusan Sistem Informasi ini.

Pada jurusan Sistem Informasi nantinya kamu akan diajak untuk mempelajari cara membuat aplikasi demi kepentingan bisnis sebuah perusahaan. Nantinya yang akan lebih ditekankan merupakan aspek analisisnya. Proses analisis tersebut bisa jadi sangat penting ketika membuat sebuah program.

Jurusan Sistem Informasi Terbaik

Setelah membaca secara singkat dan padat pengertian dari perbedaan Jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer khususnya Jurusan Sistem Informasi, maka di bawah ini Mamikos sertakan di mana saja kampus yang memiliki Jurusan Sistem Informasi terbaik yang bisa kamu lirik. Simak dibawah informasinya.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Akreditasi A
  2. Universitas Bina Nusantara Jakarta Akreditasi A
  3. Universitas Komputer Indonesia Bandung Akreditasi A
  4. Universitas Gunadarma Depok Akreditasi A
  5. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Akreditasi A
  6. Universitas Mercubuana Jakarta Akreditasi A
  7. Universitas Widyatama Bandung Akreditasi A
  8. Universitas Multimedia Nusantara Jakarta Akreditasi A
  9. Universitas Kristen Maranata Bandung Akreditasi A
  10. Telkom University Bandung Akreditasi A
  11. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Akreditasi A
  12. Universitas Brawijaya Malang Akreditasi A

Peluang Kerja Sistem Informasi

Usai mengetahui pengertian singkat perbedaan Jurusan Sistem informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer dan khususnya membahas Jurusan Sistem Informasi hingga kampus yang memiliki Jurusan Sistem Informasi terbaiknya, maka saatnya kamu mengetahui apa saja prospek atau peluang kerja dari Sistem Informasi tersebut. Mamikos juga sudah sertakan informasi lengkapnya lho.

  • IT Manager: IT Manager bisa disebut sebagai peluang kerja yang cocok untuk para lulusan sistem informasi dengan bakat manajemen yang bagus. Sebagai seorang IT manager, kamu bisa menerima upah atau gaji dari Rp 8.000.000 hingga Rp 12.000.000 lho per bulannya.
  • Database Administrator: Sebagai Database administrator, kamu akan memiliki tugas untuk mengelola data perusahaan dan merapikan data-data tersebut untuk kepentingan perusahaan. Perkiraan gaji yang diperoleh seorang Database Administrator berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000.
  • Sistem Analis: Sebagai seorang Sistem Analis, kamu akan bertugas untuk melakukan analisis terhadap sebuah sistem operasi atau informasi dari perusahaan yang menggunakan sebuah sistem. Seorang Sistem Analis diperkirakan akan bisa menerima gaji dari Rp 6.000.000 sampai menyentuh angka Rp 12.000.000 per bulan.
  • Konsultan IT: Seorang Konsultan IT memiliki tugas di jasa pelayanan konsultasi dunia IT yang meliputi Software, Sistem Informasi, Elektronik, dan lain sebagainya. Seorang Konsultan IT bisa mendapatkan gaji yang diperkirakan antara Rp 6.000.000 hingga Rp 11.000.000 per bulan.
  • Web Developer: Web Developer adalah seseorang yang bekerja di dunia Pemrograman dan berhubungan dengan proses membangun sebuah website. Seorang web developer bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000.
  • System Engineer: Peluang atau prospek kerja Sistem Informasi selanjutnya adalah System Engineer. Seorang System Engineer akan bekerja di dunia pengaturan dan penyusunan sebuah sistem yang cukup kompleks. Tidak heran jika gaji seorang System Engineer bisa menyentuh hingga angka Rp 8.000.000.
  • Information System Manager: Information System Manager akan memiliki tugas untuk mengendalikan sistem dan mendukung proses bisnis di sebuah perusahaan. Gaji yang bisa diperoleh oleh seorang Information System Manager bisa mencapai angka Rp 9.000.000.
  • Network Security: Network Security adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab atas sebuah keamanan jaringan yang digunakan dalam sebuah perusahaan. Gaji seorang Network Security berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulannya.
  • Programmer: Seorang lulusan Sistem Informasi juga memiliki bekal pengetahuan mengenai dunia Programming. Kamu bisa menjadi seorang Programmer dan terus mengembangkan kemampuanmu hingga menjadi seorang Programmer handal. Profesi seorang Programmer bisa membuatnya digaji hingga Rp 5.000.000 lho untuk pemula.

Teknik Informatika

Pengertian Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Program Studi Teknik Informatika akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Apabila kamu hendak memilih jurusan Teknik Informatika, bisa dibilang kamu akan cukup banyak bersentuhan dengan pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Pada dasarnya, kamu akan menjadi seorang penerjemah suatu ide dan harus dituangkan dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Ketelitian dan keuletan menjadi sebuah karakter paling dasar yang wajib untuk kamu miliki. Setelah membaca perbedaan Jurusan Sistem informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer, khususnya Teknik Informatika, maka kamu perlu mengetahui kampus terbaik yang memiliki Jurusan Teknik Informatika.

Jurusan Teknik Informatika Terbaik

Usai membaca pengertian Teknik Informatika secara garis besar, maka kini saatnya Mamikos memberikan kamu rekomendasi kampus yang memiliki Jurusan Teknik Informatika terbaik di negeri ini. Berikut ini daftar lengkapnya:

  1. Universitas Diponegoro Semarang Akreditasi A
  2. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Akreditasi A
  3. Universitas Padjadjaran Bandung Akreditasi A
  4. Universitas Mercu Buana Jakarta Akreditasi A
  5. Universitas Hasanuddin Makassar Akreditasi A
  6. Universitas Negeri Jakarta Akreditasi A
  7. Universitas Tarumanagara Jakarta Akreditasi A
  8. Universitas Kristen Maranata Bandung Akreditasi A
  9. Universitas Esa Unggul Jakarta Akreditasi A
  10. Universitas Bina Nusantara Jakarta Akreditasi A
  11. Universitas Gunadarma Jakarta Akreditasi A
  12. Telkom University Bandung Akreditasi A

Peluang Kerja Teknik Informatika

Usai membahas pengertian lengkap dan kampus terbaik yang bisa kamu jadikan referensi, dalam informasi Jurusan Sistem informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer ini tentu kurang afdol jika tidak menyertakan peluang atau prospek pekerjaan Teknik Informatika yang bisa kamu pertimbangkan saat masuk ke jurusan tersebut.

  • Web Developer: Profesi satu ini memang paling banyak digeluti oleh para lulusan IT. Web Developer bertugas untuk menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, Web Developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website.
  • Web Designer: Seorang Web Designer adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Orang ini yang nantinya akan membuat wajah halaman web tampak begitu cantik dan tertata. Para Web Designer mengintegrasikan komponen seperti gambar, file flash, atau multimedia ke dalam halaman web untuk menambah pengalaman visual user, atau untuk melengkapi content page.
  • Mobile Application Developer: Developer Aplikasi bisa disebut sebagai orang-orang kreatif yang bekerja menciptakan berbagai macam aplikasi berbasis mobile yang dapat disesuaikan dengan sistem operasi pada gadget saat ini. Inilah salah satu profesi yang menuntut kreativitas tingkat tinggi dan pemahaman algoritma yang cukup baik. Lowongan pekerjaan lulusan IT Mobile Application Developer saat ini sangat dibutuhkan.
  • System Analyst: Profesi System Analyst bertugas untuk menganalisa sistem yang akan digunakan oleh organisasi. Untuk menjadi seorang System Analyst yang handal, kamu perlu meningkatkan ketelitian sehingga berbagai tahapan dalam merangkai sistem bisa dipantau dengan cermat.
  • Software Tester: Seorang Software Tester biasanya akan melakukan pengujian pada perangkat lunak di tempatnya bekerja. Ia juga akan bertanggung jawab atas kualitas serta fungsinya sebagai perangkat lunak yang telah diciptakan. Selain itu, biasanya seorang Software Tester akan menguji perangkat lunak dengan menggunakan perangkat lunak tersebut tetapi di luar aturan dari perangkat lunak tersebut.
  • Network Administrator: Salah satu hal terpenting di era kemajuan teknologi adalah dengan tersedianya tenaga ahli dalam menjaga keamanan sistem jaringan sehingga terhindar dari kebocoran informasi atau terkena hack yang bisa membuat sistem error dan merusak data yang ada di dalamnya. Disinilah diperlukan seorang Network Administrator.
  • IT Consultant: Setiap sistem pasti memiliki permasalahannya baik itu skala kecil maupun besar. Peran seorang IT Consultant adalah mencari solusi atas permasalahan dan kebutuhan pada sistem yang ada. IT Consultant juga bertanggung-jawab mengatasi masalah-masalah dalam sistem tersebut agar sistem tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Ilmu Komputer

Pengertian Ilmu Komputer

Tenaga dan kemampuan seorang lulusan Ilmu Komputer sangat dibutuhkan di lapangan kerja dewasa ini. Sebab segala kebutuhan manusia sudah dapat dipermudah karena adanya teknologi yang sudah semangkin canggih dari hari ke hari. Secara harfiah Ilmu Komputer merupakan sebuah ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Berbeda dengan Teknik Informatika yang lebih menekankan pada sisi penerapannya, program studi Ilmu Komputer lebih fokus pada ‘sains’ dari bidang komputer itu sendiri.

Jurusan Ilmu Komputer Terbaik

Setelah membahas lengkap tentang perbedaan Jurusan Sistem informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer, maka tidaklah lengkap jika tidak membahas deretan kampus yang memiliki Jurusan Ilmu Komputer terbaik yang bisa kamu perhatikan sebagai bagian dari referensi.

  1. Universitas Sumatera Utara Medan Akreditasi A
  2. Universitas Lampung Akreditasi A
  3. Universitas Indonesia Depok Akreditasi A
  4. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Akreditasi A
  5. Institut Pertanian Bogor Akreditasi A
  6. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Akreditasi A

Peluang Kerja

Tidak lengkap rasanya jika sudah membahas penjelasan tentang Ilmu Komputer, kampus terbaik yang memiliki Jurusan Ilmu Komputer namun tidak mengupas juga peluang kerja lulusan Ilmu Komputer. Mamikos sudah menuliskan dengan saksama apa saja peluang kerja lulusan Ilmu Komputer yang bisa kamu pertimbangkan apabila kamu memiliki jurusan Ilmu Komputer ini di masa depan.

  • Teknisi Jaringan: Peluang kerja dari jurusan Ilmu Komputer adalah menjadi teknisi jaringan. Kamu bisa mengajukan diri untuk bekerja di perusahaan besar seperti Telkom. Untuk besaran gajinya berkisar dari Rp 2.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulan.
  • System Integrator: Untuk kamu yang seorang lulusan Ilmu komputer, prospek kerja Ilmu Komputer berikutnya ialah sebagai system integrator. Profesi ini bekerja untuk menganalisis sebuah sistem perangkat lunak yang akan dibuat. Untuk perkiraan besaran gajinya yakni Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.
  • Konsultan IT: Pekerjaan berikutnya yang bisa kamu lirik sebagai seorang lulusan Ilmu Komputer adalah menjadi seorang konsultan IT. Profesi ini bisa dikatakan lebih memberikan rekomendasi mengenai sistem aplikasi. Bisa dikatakan untuk gaji dari profesi ini memang cukup tinggi yaitu Rp 150.000.000 per tahun.
  • Game Developer: Prospek kerja berikutnya yang bisa dipertimbangkan seorang lulusan Ilmu komputer ialah Game Developer. Profesi ini akan membuat kamu harus mengembangkan sebuah game. Untuk perkiraan gaji dari pekerjaan satu ini bisa dibilang cukup fantastis juga. Yakni sebesar Rp 239.000.000 hingga Rp 732.000.000 per tahun.
  • Web Designer: Peluang kerja berikutnya yang dapat kamu lakukan jika menjadi seorang lulusan Ilmu Komputer yakni dengan membuat sebuah website dan merancang tampilan website tersebut. Perkiraan gaji dari profesi seorang Web Designer sebesar Rp 4.000.000 setiap bulan.

Demikianlah ulasan Mamikos tentang perbedaan Jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer di artikel kali ini. Mamikos harap informasi tentang perbedaan Jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer ini dapat memberi kamu pencerahan dan memberikan kamu sebuah informasi berguna. Jika kamu tidak ingin merasakan sendiri manfaat dari penjelasan seputar perbedaan Jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika & Ilmu Komputer, maka kamu boleh membagikannya pada teman dan pengikutmu di sosial media.

Untuk urusan hunian, jangan ragu dan khawatir kamu bisa mengakses Mamikos untuk mendapatkan info lengkap seputar hunian yang kamu perlukan. Caranya pun sangatlah mudah. Cukup unduh aplikasi cari kost Mamikos di Appstore dan Playstore, kamu sudah bisa mendapatkan kemudahan mengakses dan mencari hunian sesuai dengan kebutuhan. Unduh aplikasinya sekarang dengan gratis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: