Perencanaan Keuangan Bisnis Kos di Tengah Pandemi

Posted in: Mitra Kos

Perencanaan Keuangan Bisnis Kos di Tengah Pandemi – Agar usaha kos-kosan tidak macet di tengah pandemi, perlu taktik khusus dalam mengelolanya. Salah satunya, Anda harus memperhatikan pengelolaan keuangan agar bisnis kos berjalan dengan lancar.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatur keuangan Anda di tengah pandemi adalah mengatur biaya operasional bulanan dengan seefisien mungkin. Dalam Webinar Komunitas Mitra Mamikos yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, Adjie Wicaksana – Co-founder dan CEO Halofina, menyampaikan beberapa strategi yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik kos dalam mengatur keuangan bisnis kos di tengah pandemi. 

Ada 2 strategi yang disampaikan oleh Adjie Wicaksana yaitu:

  1. Strategi Bertahan
  2. Strategi Menyerang

Beberapa hal yang bisa dilakukan pemilik kos untuk menerapkan strategi bertahan diantaranya:

1.Manajemen Arus Kas

  • Kurangi hal-hal sekunder
  • Hilangkan kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau meningkatkan harga diri, prestise atau gengsi.
  • Tambahkan dana investasi dan tabungan

2. Menyiapkan Dana Darurat

  • Dana Darurat merupakan sejumlah dana yang dipersiapkan secara khusus untuk menjadi sumber dana di saat–saat yang tidak terduga/ hal-hal darurat dalam kehidupan.
  • Bentuk dana darurat sebaiknya aset yang rendah risiko dan mudah dicairkan setiap saat, misalnya berupa tabungan, deposito, logam mulia, dan reksadana pasar uang.
  • Besaran dana darurat bervariasi antara 3-12 kali jumlah pengeluaran bulanan Anda.

3. Investasi (Dana Masa Depan)

  • Investasi adalah upaya menunda konsumsi hari ini untuk mempersiapkan kebutuhan konsumsi di masa depan.
  • Strategi investasi yang baik adalah yang dibangun sesuai dengan tujuan investasi

Itulah strategi dalam mengatur keuangan yang bisa Anda lakukan di masa pandemi. Meskipun rasanya cukup berat, menerapkan strategi ini akan membantu Anda untuk tetap bertahan. Sebisa mungkin jangan biarkan pandemi ini mematahkan semangat Anda mengelola usaha kos-kosan. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai strategi mengelola keuangan bisnis kos? Anda dapat menyaksikan video Webinar Komunitas Mitra Mamikos bersama, Adjie Wicaksana – Co-founder dan CEO Halofina lewat video berikut ini:

Untuk membantu Mitra mengembangkan bisnis kos-kosan yang dimiliki, Mamikos rutin menyelenggarakan Webinar setiap minggunya dengan narasumber yang ahli dalam bidangnya. Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips dan trik seputar bisnis kos dengan bergabung di Facebook Group Komunitas Mitra Mamikos lewat link berikut: 

Gabung Facebook Group Komunitas Mitra Mamikos