9 Perlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan

Posted in: Informasi
Tagged: Bayi

Daftar Perlengkapan Bayi Yang Harus Dipersiapkan – Menjadi calon orang tua, khususnya calon ibu merupakan satu kebahagiaan tersendiri yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Beberapa wanita bahkan sudah memiliki daftar perlengkapan bayi yang ingin mereka beli meski usia kandungan masih sangat muda. Dan tak bisa dipungkiri, berbelanja kebutuhan bayi pastinya akan sangat disukai oleh seluruh calon ibu yang ada. 

Adapun kelahiran bayi ke dunia pastinya sudah sesuai dengan hari perkiraan lahir yang dibuat oleh dokter kandungan. Bahwa hari itu sudah diperhitungkan dimana usia kandungan cukup dan siap untuk melakukan proses melahirkan. Dan proses melahirkan bukanlah satu proses yang bisa Kita ketahui dengan pasti tanggalnya kecuali jika Anda ingin melakukan proses melahirkan Caesar. 

Proses melahirkan normal tentu akan datang sewaktu-waktu, dan Anda harus bisa mempersiapkan apa saja kebutuhan yang dibutuhkan bayi dan ibunya selama di rumah sakit. 

Beberapa Perlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan Lebih Awal

unsplash.com

Bagi seorang calon ibu baru, mempersiapkan aneka jenis perlengkapan  bayi harus dilakukan sejak usia kandungan berusia 7 bulan. Semua perlengkapan harus dimasukkan ke dalam tas perlengkapan yang nantinya akan dibawa ke rumah sakit. Hal ini bahkan harus dipersiapkan lebih awal jika Anda memiliki riwayat melahirkan secara Caesar. Karena proses melahirkan harus dilakukan di rumah sakit untuk meminimalisir resiko persalinan yang berat. 

Adapun perlengkapan untuk bayi baru lahir yang harus dibeli cukup banyak jumlahnya. Terutama jika Anda mengandung anak pertama. Meski tak menutup kemungkinan, Anda juga bisa mendapatkan perlengkapan untuk bayi dari saudara atau kerabat Anda. Jika ada, tak mengapa menggunakannya, yang penting masih dalam kondisi baik dan sudah dicuci terlebih dahulu. 

Adapun perlengkapan  bayi yang baru lahir diantaranya sebagai berikut. 

1. Popok kain

Adalah popok yang terbuat dari kain yang  digunakan untuk bayi baru lahir untuk menampung air kencing atau bab bayi. Popok akan dibutuhkan karena bayi baru lahir akan rentan alami ruam jika langsung menggunakan popok sekali pakai. 

2. Baju baby kancing depan

Baju bayi yang baru lahir bisa Anda pilih dengan kancing yang berada di bagian depan. Keperluan bayi baru lahir yang satu ini bertujuan untuk memudahkan memasangkan baju ke bayi yang masih sangat kecil dan sangat rentan organ tubuhnya. Pilih baju bayi panjang dan pendek sehingga bisa melindunginya tubuhnya dengan baik. 

3. Kaus dalam

Meski tak semua bayi membutuhkannya, namun kaus dalam akan dibutuhkan jika Anda dan bayi akan melakukan perjalanan ke luar rumah. Siapkan saja kaus dalam ukuran Newborn sehingga tak terlalu besar untuk dipakai.

4. Baju pendek atau jumper pendek dan jumper panjang

Anda juga bisa memasukkan dalam checklist newborn kebutuhan baju setelan pendek untuk di rumah. Biasanya terbuat dari bahan kaos yang nyaman. Saat ini juga sudah banyak tersedia baju jumper pendek atau panjang yang praktis untuk baju harian bayi. 

5. Baju bepergian

Memilih baju untuk bepergian tentu harus memperhatikan apakah baju tersebut bukan hanya bagus untuk dipakai dalam acara khusus saja, namun pilih baju dengan bahan yang nyaman untuk bayi. Sehingga bayi pun akan tetap nyaman meski menghadiri acara di luar rumah. 

6. Kain bedong

Meski banyak yang memperdebatkan kebutuhan kain bedong, namun tetap saja kain ini dibutuhkan untuk menjaga kehangatan bayi. Pilih dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Ada juga bedong praktis untuk Anda yang tak ingin repot memakaikan bedong pada bayi. 

7. Set topi, kaus tangan dan kaki

popmama.com

Hangatkan kepala, kaki dan tangan bayi dengan set topi, kaus tangan dan kaki khusus bayi. Banyak dijual dalam bentuk set sehingga Anda tinggal memilih jenis bahan yang nyaman dan motif yang sesuai selera. 

8. Jaket bayi

Meski sudah ada selimut, tetap saja jaket untuk bayi dibutuhkan. Karena jika selimut masih bisa terbuka sedangkan pemakaian jaket bisa menghangatkan tubuh bayi dengan maksimal. Pilih jaket yang nyaman dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat. 

 9. Kebutuhan pelengkap

ibudanbalita.com

Dan untuk kebutuhan bayi lainnya, ada beberapa yang dibutuhkan sesuai dengan kebiasaan bayi masing-masing. Seperti kebutuhan sepatu bayi sebenarnya hanya dibutuhkan saat bayi belajar berjalan. Untuk bayi Newborn kebutuhan alas kaki digantikan dengan kaus kaki. 

Lalu perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit apa saja? Jika Anda sedang menyiapkan beberapa perlengkapan yang nantinya harus Anda bawa ke rumah sakit maka Anda bisa memasukkan beberapa benda berikut ke tas perlengkapan  bayi Anda. 

Untuk perlengkapan melahirkan, bayi baru lahir akan butuh popok kain, baju bayi, sarung tangan dan kaki, tutup kepala, bedong dan selimut bayi. Perlengkapan itu akan dipakai oleh bayi saat bayi baru saja dibersihkan setelah proses kelahiran. 

Sedangkan untuk ibu, akan dibutuhkan beberapa lembar kain jarik, baju dan bh menyusui, CD yang longgar dengan pembalut, serta diapers (jika dibutuhkan). Masukkan semua perlengkapan tersebut ke sebuah tas khusus perlengkapan ke rumah sakit. 

Kebutuhan Tambahan Untuk Perawatan Bayi di Rumah

Untuk list perlengkapan bayi baru lahir juga perlu ditambah dengan  daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan yang dibutuhkan selama masa perawatan bayi setelah pulang dari rumah sakit. Berikut rinciannya. 

a. Ember mandi bayi

Benda yang satu ini penting untuk dibeli karena untuk memandikan bayi harus dilakukan dengan lebih hati-hati. Ada banyak jenis ember mandi bayi dari yang terbuat dari plastik biasa hingga alat mandi bayi yang dibuat dengan lebih nyaman untuk menjamin keamanan bayi saat dimandikan. 

b. Handuk dan waslap

Kebutuhan akan handuk bayi dan waslap juga penting. Untuk handuk miliki 2 hingga 3 buah untuk antisipasi bayi pipis di handuk setelah mandi. 

c. Paket toilettries

Anda juga akan membutuhkan paket toilettries yang berisi sabun bayi, shampo, lotion, bedak, lotion rambut hingga baby oil. Bayi juga membutuhkan minyak telon untuk menghangatkan tubuhnya usai mandi dan ketika digigit nyamuk. Gunakan minyak telon yang sudah mengandung sereh untuk anti nyamuk alami. 

d. Peralatan khusus

Anda juga akan membutuhkan peralatan bayi baru lahir untuk perawatan setiap harinya. Seperti paket sisir gunting kuku biasanya dijual secara paketan lengkap dengan sisir sikat dan bergerigi, gunting bayi, gunting kuku bayi, penyedot ingus dan pinset. Anda juga akan membutuhkan perlak besar dan kecil untuk mengalasi tempat tidur agar tak basah kena air pipis bayi. 

Untuk kebutuhan tidur bayi Anda butuh bantal peyang, kelambu, selimut dan set kasur bayi. Dan untuk perlengkapan perjalanan Anda bisa menyiapkan tas khusus  perlengkapan untuk bayi dan gendongan kain yang nyaman untuk dipakai. Sekian daftar perlengkapan bayi yang harus Anda persiapkan jauh hari sebelum tanggal melahirkan tiba.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah