Perlukah Izin Bangun Kos kosan ?

Posted on Posted in Bisnis Kost

Izin Bangun Kos kosan – Bisnis kost memang sebuah bisnis yang menjanjikan dan akan sangat menguntungkan. Banyak orang-orang yang tidak bisa melanjutkan bisnis dengan hasil yang akan sangat menguntungkan ini karena terbentur modal yang sangat besar. Tapi tahukah bahwa Anda bisa memulai bisnis kost tanpa harus mengeluarkan modal? simak rahasianya ada disini.

 

Memulai bisnis kost tidak harus menunggu jadi orang sukses atau sudah mendapatkan modal banyak, melainkan dari bangku kuliah pun Anda bisa melakukannya. Bisa dibayangkan saja, dengan kebutuhan rumah yang semakin hari semakin meningkat, tentu pendapatan Anda akan semakin tinggi apalagi jika pangsa pasar Anda adalah mahasiswa atau karyawan, maka setiap tahunnya akan selalu ramai oleh para pencari kost.

Sebelum kami jelaskan mengenai pertanyaan utama diatas yaitu Perlukah Izin Bangun kos kosan? sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tips dan trik dalam bisnis kost.

  1. Lokasi. Tentukan lokasi terlebih dahulu dimana Anda akan mulai membangun kost. Anda bisa pilih lokasi sesuai dengan segmen pasar yang dipilih, misalnya target pasar Anda adalah mahasiswa, maka pili lokasi di sekitar kampus dan begitu juga dengan target pasar adalah karyawan maka pilih lokasi di wilayah perkantoran sehingga kost-kostan Anda akan terus ramai oleh para pencari kost.
  2. Adanya jaminan keamanan, kenyamanan dan kebersihan. Setelah lokasi dipilih, dan ternyata disana sudah banyak dibangun kost-kostan tentu akan ada persaingan antar kost. Jika sudah begitu Anda perlu membuat suatu yang beda dari kost yang lainnya dan menjadi nilai tambah kost Anda. Menyediakan jaminan keamanan, kenyamanan serta kebersihan minimal orang akan berpikir bagaimana ancaman selama tinggal di kost. Jika sudah ada jaminan ketiganya maka si para pencari kost akan berpikir ulang dan akan merasa aman jika tinggal di kost Anda.
  3. Harga. Menentukan harga juga biasanya menjadi sulit karena hal ini juga ditentukan oleh lokasi. Lokasi yang dekat dengan kampus atau perkantoran biasanya akan lebih mahal dibandingkan diluar area kampus atau kantor serta disesuaikan dengan fasilitas kamar.
  4. Layanan Tambahan. Menjadi nilai plus untuk kost Anda jika adanya layanan tambahan selain poin sebelumnya. Layanan seperti akses wifi, keamanan 24 jam, ataupn laundry. Mereka para penghuni kost jika sudah lelah bekerja seharian atau kuliah pastinya datang ke kost cuma ingin langsung istirahat padahal cucian sudah menumpuk. Nah dengan adanya layanan laundry, mereka pun akan terbantu.
  5. Akses. Hal penting yang berikutnya adalah akses yang dijangkau. Kemudahan akses transportasi sangat membantu para penghuni kost untuk pergi kemana-mana. Usahakan jangan sampai menyulitkan calon penghuni kost Anda.
  6. Fasilitas. Selain jaminan keamanan, kenyamanan dan kebersihan atau layanan tambahan, Anda juga bisa menambahkan fasilitas di kamar sebagai fasilitas pribadi dan fasilitas umum untuk digunakan secara bersama-sama. Mnyediakan fasilitas juga perlu diperhatikan dengan target pasar Anda, misalnya jika target adalah mahasiswa Anda bisa menyediakan fasilitas standar seperti bed, lemari pakaian dan meja belajar. Namun jika target pasar Anda adalah karyawan maka bisa ditambahkan AC, kamar mandi dalam, dll.
Baca juga :  Kamu Mahasiswa Baru ?? 7 Hal ini Harus Dipertimbangkan Mahasiswa Baru Saat Mencari Kost

Itulah beberapa tips yang perlu Anda siapkan sebelum memulai bisnis kost. Selanjutnya kita kembali ke permasalahan awal yaitu perlukah izin bangun kos kosan?

Agar bisnis Anda berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun baik selama proses pembangunan ataupun setelahnya, sebaiknya buatlah perizinan dalam membangun kost karena hal ini penting dan perlu untuk dilakukan. Seperti contoh, jika Anda akan membangun kost di kawasan Sleman Yogyakarta, dalam hal ini kam akan menjelaskan jika tanah yang digunakan adalah tanah pekarangan dan tanah sawah. Inilah prosedur yang diperlukan dalam bangun kost:

Jika kamar yang akan dibangun kurang dari 10 kamar dan lokasi berada di pekarangan rumah, maka prosedur atau Izin Bangun Kos kosan yang harus dilakukan adalah:

1. Pengajuan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

IMB adalah sebuah perijinan yang dikeluarkan oleh kepala daerah setempat (pemerintah kota/kabupaten) dan wajib diurus oleh pemilik yang akan membangun, menambah atau merobohkan suatu bangunan. Mengapa harus dilakukan dalam mengajukan IMB ini? karena untuk melindungi pemilik bangunan dar sanksi pemerintah, dan penting juga saat ada transaksi jual beli rumah.

2. Mengurus Ijin Operasional (HO)

HO adalah singkatan dari Hinder Ordonantie yang merupakan izin tempat usaha kepada pribadi atau badan hukum yang menjalankan usaha yang berpotensi menimbulkan bahaya serta gangguan masyarakat.

Jika kamar yang dibangun di pekarangan adalah lebih dari 10 kamar maka prosedur atau Izin Bangun Kos kosan yang harus dilakukan adalah:

1. IPT

IPT atau Izin Pemanfaatan Tanah yaitu suatu ijin yang digunakan dalam penggunaan tanah yang dimiliki oleh pribadi atau badan yang melaksanakan kegiatan kemudian adanya perubahan untuk tanah pada usaha yang dilakukan.

Baca juga :  Rahasia Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas dalam Waktu Sekejap

2. Dokumen Lingkungan

Tujuan mengurus dokumen lingkungan tiada lain untuk memberikan perlingungan kepada lingkugan dari dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan yang dilakukan.

3. Site Plan

Site plan adalah gambar dua dimensi dari rencana yang akan dilakukan terdahap kaveling tanah baik rencana jalan, air, listrik, fasilitas umum dan fasilitas sosial.

4. IMB

Seperti prosedur dalam membangu kost yang kurang dari 10 kamar, untuk bisnis kost Anda yang akan dibangun lebih dari 10 kamar harus mengurus IMB. Fungsi yang berjalan juga sama halnya dengan kamar yang kurang jumlahnya dari 10.

5. Ijin Operasional

Ijin operasional merupakan sebuah ijin untuk beroperasi dari pemerintah setempat dan untuk mengindari sanksi sanksi yang tidak diharapkan.

Setelah Anda mengetahui prosedur-prosedur yang harus dilakukan saat membangun kost dan pekarangan adalah yang dipilih, inilah prosedur yang harus Anda lakukan jika tanah yang digunakan adalah tanah sawah dan berapapun kamar yang akan dibangun, inilah prosedurnya:

1. Mengurus IPT

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, IPT merupakan izin dalam penggunaan tanah yang wajib dimiliki oleh peribadi atau badan yang akan melaksanakan kegiatan.

2. Dokumen lingkungan

Bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap lingkungan dari berbagai dampak yang akan timbul dari usaha atau kegiatan yang dilakukan.

3. Site Plan

Tentu harus ada penjelasan gambaran dari rencana yang akan dilakukan terhadap suatu kaveling tanah baik yang menyangkut rencana jalan, air bersih, air kotor, listrik, fasilitas umum dan sosial.

4. IMB

Tidak berbeda saat membangun kost dengan kurang dari 10 kamar, jika Anda membangun kost di tanah sawah baik yang kurang atau lebih dari 10 kamar Anda harus tetap mengurus IMB dengan fungsi yang sama.

Baca juga :  7 Artis yang Punya Bisnis Kos-kosan Sebagai Investasi Bisnis

5. Ijin Operasional

Ijin ini berasal dari pemerintah setempat yang tidak lain bertujuan untuk menghindari banyak sanksi yang tidak diinginkan.

Itulah jawabannya atas pertanyaa Perlukah Izin Bangun Kos kosan ? jawabannya sangat perlu demi melindungi usaha milik Anda.

Kunjungi mamikos.com  untuk promosi kost secara GRATIS! klik DISINI

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost