Persiapkan Hal Ini Sebelum Mengikuti UTBK SBMPTN 2019

Posted on Posted in SBMPTN, Seputar Mahasiswa

Persiapkan Hal Ini Sebelum Mengikuti UTBK SBMPTN 2019 – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Kompetensi atau UTBK 2019 gelombang pertama masih akan terbuka hingga 24 Maret 2019 mendatang. Untuk itu, diharapkan bagi calon mahasiswa yang belum mendaftar bisa segera mendaftar sebelum pendaftaran tersebut ditutup. Sebab, nilai UTBK tersebut menjadi syarat wajib sebelum daftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional atau SBMPTN 2019.

Apa saja syarat yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar? Dalam informasi resmi di situs SBMPTN, terdapat delapan syarat yang harus dipenuhi peserta, yaitu:

  • Peserta adalah siswa SMA/MA/SMK atau sederajat lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah mempunyai ijazah.
  • Bagi siswa SMA/MA/SMK atau sederajat lulusan tahun 2019, mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan, ditandatangani oleh kepala sekolah dan diberi cap stempel yang sah.
  • Peserta memiliki nilai UTBK.
  • Peserta memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Peserta memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  • Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.
  • Portofolio yang dimaksud dapat dilihat di situs resmi SBMPTN.
  • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  • Peserta dinyatakan tidak lulus jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Pendaftaran Setelah delapan syarat di atas terpenuhi, peserta diperbolehkan untuk mendaftarkan diri. Berikut tata caranya:

  • Pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  • Peserta mengisi biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  • Peserta memilih PTN dan program studi.
  • Peserta dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  • Bagi peserta yang mendaftar di program studi bidang seni dan olahraga, diwajibkan untuk mengunggah portofolio.
  • Adapun jenisnya terbagi menjadi sembilan, yaitu portofolio olahraga, tari, teater, musik, seni karawitan, etnomusikologi,

Setelah memenuhi syarat dan sebelum mendaftar, ada beberapa persiapan yang wajib diikuti sebelum mengikuti UTBK SBMPTN 2019. Apa saja?

Persiapkan Hal Ini Sebelum Mengikuti UTBK SBMPTN 2019

1. Pastikan memilih jurusan yang memang sesuai dengan minat dan bakat

Penting untuk diketahui, sebelum mendaftar dan mengikuti UTBK SBMPTN, yakni memilih jurusan yang memang sesuai dengan minat dan bakat. Misalnya, bila kamu berbakat dan memiliki minat di bidang IT, maka sebaiknya kamu memilih jurusan yang sesuai dengan minat bakatmu tersebut. Agar nanti setelah diterima lewat SBMPTN, kamu tidak perlu menyesal karena salah jurusan, karena jurusanmu itu sudah sesuai dengan apa yang kamu idamkan.

2. Pastikan untuk mendaftar dua gelombang UTBK SBMPTN sekaligus

Lakukan pendaftaran UTBK pada tanggal yang telah ditentukan, yakni gelombang 1 pada 1-24 Maret 2019 dan gelombang 2 pada 25 Maret-1 April 2019 melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id.

Mengapa harus di dua gelombang kamu mendaftar? Agar apabila di gelombang 1 kamu tidak lolos, karena nilai yang rendah, kamu tetap bisa mengulang ikut UTBK SBMPTN di gelombang 2.

3. Pahami syarat-syarat yang ada

Pahami syarat-syarat yang ada dengan cermat, jangan sampai ada yang kurang agar pendaftaranmu berjalan lancar. Sebelum mendaftar ada baiknya untuk menyiapkan berkas-berkas atau dokumen yang dibutuhkan terlebh dahulu. Usahakan jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

4. Menjaga kesehatan menjelang ujian

Untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar menjelang UTBK SBMPTN, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga. Persiapan metal dan fisik adalah yang terpenting. Karena ujiannya berbasis komputer, kamu harus bisa tahan berada di depan layar komputer selama ujian berlangsung.

Untuk bisa tahan, kamu harus rajin berolahraga dan makan-makanan bergizi untuk menjaga staminamu sebelum ujian berlangsung. Bila perlu, konsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

5. Belajar mengerjakan latihan soal

Jauh-jauh hari sebelum ujian, mungkin kamu bisa juga mencari contoh perdiksi kisi – kisi SBMPTN 2018 untuk bahan pembelajaran. Dengan mengunuh soal tryout SBMPTN 2019 kamu harus yakin bahwa kali ini kamu akan berhasil. Persiapkan sebaik mungkin supaya kamu bisa bersaing dengan peserta seleksi SBMPTN yang lainnya. Buka website Mamikos atau instal aplikasi Mamikos untuk mendapatkan informasi seputar SBMPTN 2019 lainnya!

6. Minta doa restu orang tua jangan lupa

Setelah semua usaha sebelum UTBK SBMPTN kamu lakukan, seperti belajar dan latihan soal, langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah meminta doa restu orang tua.

Dengan meminta doa restu orang tua, maka hatimu nanti akan tenang saat mengerjakan UTBK SBMPTN.

7. Jangan lupa berdoa selalu

Lowongan Kerja di Mall Pekanbaru

Setelah itu, jangan lupa berdoa, ya. Hasil UTBK sebagai syarat wajib pendaftaran SBMPTN 2019 akan diumumkan 10 hari setelah pelaksanaan ujian. Sembari menunggu, jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun apabila hasilnya tidak memuaskan, jangan patah semangat, masih ada kesempatan untuk tes UTBK kedua kalinya pada 11-26 Mei 2019.

Baca juga :  Simulasi UTBK SBMPTN TPA TPS Saintek Soshum terbaru 2019

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Persiapkan Hal Ini Sebelum Mengikuti UTBK SBMPTN 2019

Persiapkan Hal Ini Sebelum Mengikuti UTBK SBMPTN 2019