Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi POLTEKIP dan POLTEKIM 2018/2019

 Mamikos | Jum, 25 Mei 2018

POLTEKIP dan POLTEKIM 2018 – Di era seperti sekarang ini, pendidikan telah menjadi suatu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Dengan mendapatkan pendidikan yang tinggi dipercaya bahwa nantinya setiap orang dapat berprilaku dengan baik dan mengetahui aturan. Definisi pendidikan ini sendiri adalah bentuk pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

Pendidikan sudah menjadi bagian penting untuk ditingkatkan di dalam suatu negara serta menjadi bekal dalam mencari lowongan kerja freelance Jakarta Selatan. Dan kamu pun bisa mendapatkan pendidikan tinggi dari universitas, politeknik, ataupun sekolah kedinasan.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis sekolah kedinasan. Dua diantaranya ada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau yang biasa disingkat POLTEKIP, serta Politeknik Imigrasi atau yang biasa disingkat POLTEKIM. Perlu diketahui bahwa POLTEKIP sendiri merupakan perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik pemasyarakatan. Kedua perguruan tinggi ini bernaung di bawah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Lokasi kampus POLTEKIP dan POLTEKIM sendiri berada tepatnya di Jalan Raya Gandul, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Bagi kalian yang tertarik merantau dan mengenyam pendidikan di POLTEKIP dan POLTEKIM, kalian dapat menempati kost Depok murah atau kost Cinere Depok murah sebagai tempat tinggal.

Sebelum populer dengan nama POLTEKIP, perguruan tinggi ini pernah menggunakan nama Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) dimana rentang waktu pendidikannya selama 3 tahun (setara D3). Namun, sejak 2016 lalu AKIP berganti menjadi POLTEKIP (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan) dan masa pendidikannya pun berubah menjadi 4 tahun (setara D4).

Sedangkan POLTEKIM (Politeknik Ilmu Keimigrasian) juga sama, baru berubah menjadi POLTEKIM ditahun 2017 dari yang sebelumnya bernama AIM (Akademi Ilmu Imigrasi).

Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri di POLTEKIP dan POLTEKIM, kalian nantinya akan disebut sebagai calon taruna baru. Disini calon taruna baru POLTEKIP dan POLTEKIM akan melalui berbagai tahapan seleksi atau ujian hingga nantinya bisa dinyatakan diterima sebagai taruna.

Umumnya, tahapan yang harus dilalui oleh seorang calon taruna POLTEKIP dan POLTEKIM adalah harus mampu lulus dalam tes tahap I yang kemudian akan dilanjutkan tes tahap II hingga tes tahap akhir. Calon taruna yang nantinya mampu melewati seluruh tahapan seleksi yang diberikan akan dinyatakan secara resmi diterima sebagai taruna baru POLTEKIP dan POLTEKIM.

Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi POLTEKIP dan POLTEKIM 2018
Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi POLTEKIP dan POLTEKIM 2018

Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi POLTEKIP dan POLTEKIM 2018

Lulusan POLTEKIP dan POLTEKIM selalu diperhitungkan dalam Kementerian Hukum dan HAM di mana nantinya para lulusan sekolah kedinasan ini akan ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) seperti Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Balai Pemasyarakatan, dan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Rampasan Negara.

Tentunya nanti para lulusan POLTEKIP dan POLTEKIM juga memiliki kesempatan yang sangat besar untuk menduduki posisi-posisi yang sangat strategis di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI, hal tersebut didasarkan dari SDM dan kompetensi yang telah mereka dapatkan selama masa pendidikan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tak heran jika banyak sekali remaja di tanah air yang tertarik untuk mendaftarkan diri di kedua sekolah kedinasan ini.

Agar bisa mengontrol kegiatan tes dan pengumuman POLTEKIP dan POLTEKIM tahun ajaran 2018/2019, berikut Mamikos akan berikan jadwal pengumuman pelaksanaan POLTEKIP dan POLTEKIM di tahun ini. Untuk info lebih jelasnya, kamu bisa lihat informasinya dibawah ini.

• Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi disini merupakan seleksi paling awal untuk bisa lolos menjadi seorang taruna di POLTEKIP dan POLTEKIM. Di tahapan ini, panitia akan melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dan kebenaran berkasi pendaftaran. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi dapat kamu lihat di website yang disebutkan dibagian bawah. Bagi kamu yang nantinya dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi, maka kamu berhak mengikuti seleksi tahapan selanjutnya.

• Pengumuman Kelulusan TKD

Bagi calon taruna yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi, selanjutnya kalian dapat mengikuti tahapan selanjutnya yang dinamakan dengan Tes TKD. Pengumuman kelulusan tes TKD ini dapat kamu lihat secara online di laman website catar.kemenkumham.go.ig atau bpsdm.kemenkumham.go.id dan akip.ac.id. Bagi kalian yang dinyatakan lulus dalam tes TKD ini maka kalian dapat mengikuti tes selanjutnya.

• Pengumuman Kelulusan Test Kesehatan

Setelah melewati tes TKD, selanjutnya kamu diharuskan untuk mengikuti tes kesehatan. Pengumuman kelulusan tes kesehatan dapat kamu akses di laman catar.kemenkumham.go.ig atau bpsdm.kemenkumham.go.id dan akip.ac.id. Bagi kalian yang namanya tercantum lulus di laman tersebut, maka kalian mendapatkan kesempatan untuk dapat mengikuti tahapan selanjutnya.

• Pengumuman Kelulusan Test Kesamaptaan

Setelah melewati tes kesehatan, calon taruna diwajibkan untuk mengikuti tes kesemaptaan. Nantinya pengumuman tes kesemaptaan ini dapat kalian lihat di laman website catar.kemenkumham.go.ig atau bpsdm.kemenkumham.go.id dan akip.ac.id. Bagi calon taruna yang dinyatakan lulus dalam tes kesamaptaan ini, maka kalian berhak untuk mengikuti tahapan tes selanjutnya.

• Pengumuman Kelulusan Ujian Tulis Psikotest dan Wawancara Psikotest

Kemudian tes selanjutnya yang harus calon taruna ikuti adalah ujian tulis psikotest serta wawancara psikotes. Setelah mengikuti kedua ujian ini, kalian bisa melihat pengumumannya di laman website catar.kemenkumham.go.ig atau bpsdm.kemenkumham.go.id dan akip.ac.id. Jika nama kalian tercantum sebagai salah satu calon taruna yang lulus, kalian berhak untuk mengikuti tahapan tes selanjutnya yakni tes pengamatan fisik dan keterampilan.

• Pengumuman Kelulusan Test Pengamatan Fisik dan Keterampilan (Kelulusan Akhir)

Setelah melewati berbagai tahapan tes, sampailah dimana kalian akan menghadapi tes atau tahapan terakhir yakni tes pengamatan fisik dan keterampilan. Jika kalian dinyatakan lulus dalam tes atau tahapan terakhir ini, berarti kalian resmi menjadi taruna baru di POLTEKIP dan POLTEKIM tahun ajaran 2018/2019.

Bukan hanya kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan, selama masa kuliah para taruna di POLTEKIP dan POLTEKIM ini akan dibebaskan biaya kuliah karena biayanya sudah ditanggung oleh pemerintah.

Selain itu, para taruna nantinya juga akan mendapatkan uang saku sesuai dengan ketentuan yang berlaku di POLTEKIP dan POLTEKIM. Melihat banyaknya keunggulan yang bisa didapatkan seorang taruna yang mengenyam pendidikan di kedua sekolah kedinasan ini, tak heran jika setiap tahunnya banyak sekali remaja yang tertarik untuk menuntut ilmu disini.

Nah, demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar pengumuman kelulusan hasil seleksi POLTEKIP dan POLTEKIM tahun ajaran 2018/2019. Bagi kalian yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di kedua sekolah kedinasan ini, persiapkan dirimu sebaik mungkin dengan cara mempelajari materi-materi yang telah diujiankan kedua sekolah kedinasan ini sebelumnya.

Jika masih ada informasi yang belum jelas lagi seputar POLTEKIP dan POLTEKIM, kalian bisa kunjungi situs Mamikos. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.