14 Program Studi Baru 2020 di Berbagai Universitas

Program Studi Baru 2020 di Berbagai Universitas – Salah satu hal yang dipertimbangkan ketika akan mendaftar ke Perguruan Tinggi adalah jurusannya. Tidak hanya di Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta pun memiliki daya tarik pada bagian jurusan. Semakin bertambahnya jumlah calon mahasiswa dan kebutuhan lulusan berkemampuan spesifik menjadi alasan dibukanya banyak program studi baru. Penasaran apa saja program studi baru yang dibuka tahun 2020?

Berikut Adalah Program Studi Baru 2020 di Beberapa Universitas

1. S1 Teknik Biomedis (Teknobiomedik) di Universitas Gadjah Mada


Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata ‘biomedis’?. Mungkin anggapanmu, jurusan ini tidak akan terpaut jauh dengan jurusan kedokteran. Memang tidak sepenuhnya salah. Lulusan teknik biomedis akan membantu bidang kesehatan dengan kemampuan teknologi yang dimiliki.

Sebenarnya, program studi Teknik Biomedis tidak banyak ada di Indonesia. Bahkan, baru ada tiga kampus dengan jurusan S1 Teknik Biomedis terakreditasi A. Kampus yang membuka jurusan Teknik Biomedik adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Indonesia (UI). Kamu bisa memilih Program Studi Teknik Biomedik di kampus UGM Yogyakarta. Jurusan ini masih menjadi bagian dari Fakultas Teknik UGM. Jurusan Teknik Biomedik sudah dapat dipilih melalui jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN 2020, tidak hanya dari ujian tulis saja.

Apa yang akan dipelajari pada Program Studi Teknik Biomedis?

Tentu tidak hanya perkuliahan berupa teori saja yang akan kamu jalani. Perkuliahan akan semakin asyik karena mahasiswa akan diminta merancang serta membuat peralatan terkait bidang kesehatan. Yang lebih asyik lagi, peralatan ini mencakup perangkat keras dan perangkat lunak (software). Bisa kamu bayangkan kemampuanmu dalam mengutak-atik sesuatu akan langsung meningkat.
Setelah lulus dari Program Studi Teknik Biomedis, peluang karier pun semakin terbuka lebar. Kamu dapat bekerja di bidang yang berkaitan dengan kedokteran, biologi, bahkan elektronik dan teknologi informasi. Lebih luas lagi, peluang menjadi seorang engineer di lingkup kesehatan serta software engineer pun bisa kamu dapatkan.

2. D4 Akuntansi Sektor Publik di Universitas Padjadjaran


Salah satu kampus terbaik di Indonesia membuka program studi sarjana terapan yang baru. Apabila kamu tertarik dengan bidang akuntansi, langsung saja pilih program studi Akuntansi Sektor Publik. Program ini terdapat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Hal yang dipelajari di jurusan Akuntansi Sektor Publik akan sangat berkaitan erat dengan hitungan angka-angka. Kamu yang sudah bermimpi bekerja di perusahaan, instansi pemerintah, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bisa mendapatkan peluang bekerja. Tidak hanya itu, peluang bekerja pun terbuka lebar di rumah sakit dan di bidang pendidikan.

Mata kuliah jurusan Akuntansi Sektor Publik sangat bervariasi. Setiap hari kamu tidak akan disuguhi angka-angka saja. Lebih jauh lagi, kamu akan belajar tentang manajemen Sumber Daya Manusia hingga belajar tentang berbagai macam pajak. Dengan kemampuan dasar dan kemampuan tambahan tersebut, bukan hal yang mustahil kamu bisa menjadi seorang analis keuangan hingga pemeriksa pajak.

3. D4 Bisnis Internasional di Universitas Padjadjaran


Program Studi Bisnis Internasional dibuka di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAD. Bagi kamu yang tertarik mencari tahu bagaimana bisnis di belahan dunia lain, jurusan ini sangat cocok. Perkuliahan akan difokuskan pada cara berpikir tentang dunia bisnis secara global, tidak hanya di Indonesia saja.

Penyuka tantangan juga dapat mendaftar di jurusan Bisnis Internasional. Kemampuanmu untuk menjadikan perusahaan lokal dan perusahaan nasional menjadi perusahaan berskala internasional pun akan terasah. Dengan memilih jurusan ini, pengetahuan mengenai negara lain juga akan bertambah.

4. D4 Pemasaran Digital di Universitas Padjadjaran


Program Studi Pemasaran Digital atau digital marketing bisa kamu dapatkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAD. Seperti yang sudah diketahui, saat ini sosial media memegang peranan penting dalam setiap usaha. Untuk meningkatkan peluang pemasaran bagi industri kecil hingga industri skala besar, terdapat jurusan Pemasaran Digital.

Program studi Digital Marketing di Indonesia belum terlalu populer, bahkan tidak disediakan di semua kampus. Di zaman yang serba digital, kemampuanmu untuk menjadi seorang marketer handal akan dilatih. Cara konvensional yang dianggap efektif pun bisa kamu ubah menjadi cara modern berbasis digital. Tentunya peluang lulusan digital marketing sangat terbuka lebar, misalnya menjadi social media officer, content writer, video editor, dan lapangan kerja lain.

5. D4 Teknologi Industri Kimia di Universitas Padjadjaran


Program Studi Teknologi Industri Kimia telah dibuka di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNPAD. Lulusan program studi ini diharapkan mampu memenuhi kualifikasi industri dan mampu mengaplikasikan pengetahuannya. Peluang kerja lulusan Teknologi Industri Kimia sangat beragam, seperti di sektor industri, hingga menjadi peneliti.

6. D4 Agroteknopreneur di Universitas Padjadjaran


Apabila kamu tertarik di bidang pertanian, program studi Sarjana Terapan Agroteknopreneur bisa menjadi pilihan. Sebenarnya, jurusan ini adalah gabungan dari empat fakultas sekaligus, yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Teknologi Industri Pertanian.

Proses perkuliahan yang ada di program studi ini meliputi kegiatan teori dan praktik. Kamu akan diajari untuk menggunakan teknologi pertanian terapan dalam aktivitas produksi tanaman ternak. Selain itu, kamu juga akan diajarkan cara untuk mengolah hasil pertanian ternak hingga penerapan bisnisnya.

7. D4 Bisnis Logistik di Universitas Padjadjaran


Program Studi Bisnis Logistik bisa kamu dapatkan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan ini dianggap sangat prospek di tahun 2020 nanti. Perkembangan teknologi lah yang berpengaruh pada tingginya kebutuhan akan lulusan jurusan bisnis logistik. Mahasiswa akan dilatih untuk mengelola sekaligus mengkoordinasikan fungsi-fungsi logistik.

Lulusan Program Studi Bisnis Logistik berpeluang untuk bekerja di perusahaan. Peranannya juga vital, seperti bertanggung jawab untuk memastikan terlaksananya rantai pasokan bisnis. Tidak hanya itu, kemampuan manajemen dan mengkoordinasikan berbagai hal kompleks juga akan dibutuhkan. Tempat kerja lulusan Bisnis Logistik tidak hanya di pelabuhan saja. Di institusi-institusi pun dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan Bisnis Logistik untuk meningkatkan efisiensi serta mengurangi biaya bisnis.

8. D4 Kearsipan Digital di Universitas Padjadjaran


Program Studi Kearsipan Digital terdapat di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Di zaman yang serba digital ini, jurusan yang berkaitan dengan digitalisasi sangat dibutuhkan. Kamu bisa mendaftar jurusan ini apabila tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan pengarsipan. Tentu dibutuhkan skill khusus agar semua dokumen dapat dicari dan ditemukan dengan mudah.

Lulusan Jurusan Kearsipan Digital akan memiliki kemampuan untuk membuat informasi pendukung agar dokumen tersimpan dengan baik. Tentu akan sangat merepotkan jika dokumen seperti surat, memo, data, foto, dokumentasi, dan berbagai surat lainnya tersedia dalam bentuk cetak.

9. D4 Pariwisata Bahari di Universitas Padjadjaran


Program Studi Sarjana Terapan Pariwisata Bahari terdapat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Jurusan ini sangat cocok jika kamu tertarik dengan dunia pariwisata. Kamu akan dibimbing agar menguasai konsep teoritis manajemen logistik dalam dunia pariwisata. Tidak hanya itu, kamu juga akan diajarkan tentang ekowisata kemaritiman. Tujuannya, agar kegiatan perikanan dan kelautan yang berkelanjutan tercapai.

Jangan bayangkan kamu akan jalan-jalan di laut sepanjang perkuliahan. Lebih dari itu, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengelola logistik dan ekowisata kemaritiman. Indonesia dengan sebagian wilayahnya yang berupa laut tentu membutuhkan lulusan kompeten di bidang ini.

Prospek kerja lulusan Jurusan Pariwisata Bahari terbuka lebar dan tidak hanya terbatas di lingkungan laut saja. Kamu dapat menjadi manajer pelabuhan perikanan, hingga menjadi pengusaha wisata bahari. Bagi yang tertarik bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat yang berkaitan dengan kelautan, peluang akan terbuka lebar. Lulusan jurusan ini juga bisa menjadi pemandu selam serta bekerja di instansi milik pemerintah.

10. S1 Teknik Industri di Universitas Airlangga


Program Studi Teknik Industri memang bisa kamu dapatkan di banyak kampus di Indonesia. Namun, di Universitas Airlangga, jurusan Teknik Industri baru akan dibuka tahun 2020 nanti. Persaingan masuk jurusan teknik sudah terkenal berat dan membutuhkan persiapan lama. Perkuliahan yang perlu dijalani pun tidak mudah, apalagi dengan beban materi kuliah jurusan teknik.

Peluang lulusan Teknik Industri UNAIR terbuka lebar bagi kamu yang berniat untuk bekerja di instansi pemerintahan. Jika lebih suka dengan area kerja di sektor swasta, lulusan teknik industri pun akan mendapatkan posisi yang cukup strategis. Selama bidang yang kamu pilih masih berkaitan dengan industri dan manajerial, peluang kerja akan selalu ada.

11. S1 Teknik Elektro di Universitas Airlangga


Program Studi Teknik Elektro di Universitas Airlangga dibuka tahun 2020. Materi perkuliahan yang akan didapatkan di jurusan Teknik Elektro UNAIR sangat beragam. Kamu akan diajarkan cara mempelajari berbagai macam listrik, seperti elektronika dan elektromagnet. Tidak hanya itu, pengaplikasian keduanya juga akan dibahas secara lengkap.

Memilih jurusan Teknik Elektro berarti sudah siap dengan konsekuensi untuk mencari tahu berbagai macam pembuatan alat listrik dan elektronik. Meskipun terdengar rumit, perkuliahan di jurusan teknik akan sangat mengasyikkan. Setelah lulus dari jurusan Teknik Elektro, kamu bisa bekerja di berbagai tempat, seperti menjadi dosen atau berwirausaha.

12. S1 Rekayasa Nanoteknologi di Universitas Airlangga


Program Studi Nanoteknologi bisa kamu dapatkan di UNAIR. Jurusan ini memang belum tersedia di kampus Indonesia. Jika tertarik masuk ke jurusan yang canggih seperti Nanoteknologi, bersiaplah untuk belajar banyak hal baru. Kamu akan diajari cara untuk mempelajari materi yang sangat kecil dan berukuran nano.

Peluang kerja lulusan Rekayasa Nanoteknologi tentu terbuka lebar. Dengan kemampuan dasar yang sudah didapatkan selama perkuliahan, kamu bisa mengembangkan pengetahuan tersebut. Salah satu penerapan rekayasa nanoteknologi dapat digunakan untuk memanipulasi suatu benda agar menjadi benda baru yang karakternya sesuai keinginan pembuat. Contohnya adalah pakaian dengan serat khusus, sehingga pengguna merasa hangat sekalipun cuaca sedang dingin.

13. S1 Robotika dan Artificial Intellegence di Universitas Airlangga


Jurusan S1 Robotika dan Artifial Intelegence bisa kamu dapatkan di Universitas Airlangga. Siapa sangka jurusan keren untuk memproduksi robot sudah ada di Indonesia, bahkan bisa kamu ambil tahun 2020 ini. Selama perkuliahan, kamu akan diajak belajar tentang robot dan kecerdasan buatannya.

Setelah lulus dari jurusan Robotika dan Artificial Intellegence, kamu akan paham konsep pembuatan robot. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat robot seperti Siri dan Cortana. Bukan tidak mungkin pula kamu akan membuat inovasi yang lebih canggih lagi. Tertarik?

14. S1 Data Science di Universitas Airlangga


Program Studi Data Sains dibuka di Universitas Airlangga tahun 2020. Barangkali kamu sudah banyak menemukan fakta bahwa profesi yang berkaitan dengan data sedang dicari di era ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa data seakan menjadi mata uang yang sangat berharga. Jika tertarik mendaftar di Jurusan Data Science, kemampuanmu dalam algoritma dan metode ilmiah akan terasah.

Peluang karier lulusan Data Science sangatlah lebar, bahkan dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar. Saat ini, jurusan Data Science belum banyak dibuka. Oleh karena itu, kamu bisa berusaha agar dapat diterima di jurusan ini dan belajar semaksimal mungkin.

Demikian informasi mengenai jurusan baru yang dibuka tahun 2020. Sebagian besar jurusan dibuka untuk memenuhi kebutuhan terhadap lulusan kompeten di bidang tertentu. Karena lulusan jurusan yang baru sangat dibutuhkan di dunia kerja, persaingan masuk jurusan tersebut juga semakin ketat. Berusalah untuk mendaftar jurusan yang sesuai passion agar tidak kesulitan ketika menjalani perkuliahan.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: