9 Buku Metodologi Penelitian Populer yang Bisa Jadi Pilihan

9 Buku Metodologi Penelitian Populer yang Bisa Jadi Pilihan – Saat memasuki jenjang perguruan tinggi, pastinya semua mahasiswa akan melakukan suatu penelitian berdasarkan jurusan yang sedang ditempuh. Di setiap jurusan dan mata kuliah di perguruan tinggi memiliki buku metodologi penelitian tersendiri. Kali ini, Mamikos akan bagikan beberapa rekomendasi buku metode penelitian untuk tugas kuliah atau tugas akhir.

Rekomendasi Buku Metodologi Penelitian Populer

unsplash.com/Becca Tapert

Meskipun di setiap jurusan kuliah memiliki metodologi penelitian yang berbeda, tetap saja buku metodologi ini selalu dicari sebagai referensi dan acuan oleh mahasiswa. Apalagi untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, tentu ini sangat membantu sebagai acuan melakukan penelitian dan mencari data.

Manfaat Buku Metode Penelitian

Dengan menggunakan buku metodologi penelitian, peneliti akan dapat mengambil kesimpulan sehingga dapat menemukan solusi dari permasalahan yang dibahas pada penelitiannya. Kesimpulan yang diambil juga dapat dipertanggungjawabkan karena sudah menggunakan perhitungan secara ilmiah. Sebelum melihat daftar rekomendasi buku metode penelitian, mari kita lihat apa saja manfaat menggunakan buku metode penelitian. 

  1. Peneliti dapat dimudahkan pekerjaannya agar sampai pada tahap pengambilan keputusan atau kesimpulan.
  2. Peneliti dapat mengatasi berbagai keterbatasan yang ada, misalnya keterbatasan waktu, biaya, tenaga, etik, dan lain-lain.
  3. Kesimpulan yang diambil oleh peneliti dapat dipertanggunjawabkan.
  4. Kesimpulan yang diambil dapat digunakan sebagai referensi memecahkan permasalahan.

1. Buku Metodologi Penelitian Pendidikan:Teori dan Implementasi

Buku ini menginterpretasikan bahwa salah satu kunci suatu penelitian baru dapat dilakukan apabila sudah ditemukan masalah. Buku karya Dr. Wagiran, M.Pd. mengulas tentang metodologi penelitian untuk menjawab permasalahan yang ada seperti, bagaimana jika tidak ada masalah yang muncul? 

Buku yang memiliki 382 halaman ini berfokus pada teori dan implementasi bagaimana melakukan suatu penelitian. Bagi yang masih belum begitu mengenal tentang dunia penelitian, atau yang sudah tahu, tapi masih bingung bagaimana melakukan penelitian. Di buku ini kamu akan dijelaskan tentang definisi perumusan masalah dan bagaimana cara membuat perumusan masalah.

Kamu juga akan dijelaskan bagaimana langkah menulis rumusan masalah dan bentuk masalah yang ada dalam penelitian itu. Satu lagi kelebihan buku ini, si penulis juga memberikan contoh rumusan masalah dan beberapa  jenis penelitian.

2. Buku Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian

Secara garis besar, buku karya I Made Indra P dan Ika Cahyaningrum akan menjelaskan tentang variabel penelitian. Apa itu variabel penelitian? variabel dapat didefiniskan sebagai objek dan bidang ilmu. Variabel memiliki macamnya yang beragam. Intinya, segala sesuatu yang disebut variabel dan apa yang mengikuti variabel itulah yang disebut dengan variasi.

Buku yang memiliki tebal 76 halaman ini tidak hanya menjelaskan tentang variabel penelitian saja, tetapi juga mengulas desain penelitian deskriptif. Sama halnya dengan buku metodologi penelitian lainnya, buku ini juga mempelajari tentang desain penelitian analitik. Kamu pun juga akan menemukan istilah seperti populasi dan sampel, yang akan ada di dalam penelitian. 

3. Buku Metode Penelitian Informatika

Buku karya Ade Johar Maturidi menulis sebuah buku metode penelitian teknik informatika dari segi religiusitas. Metode penelitian teknik informatika ini merangkum dari sudut pandang agama islam dan sacara global. Salah satu kelebihan buku ini adalah penyusunan secara sistematis, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu.

Buku yang memiliki tebal 135 halaman ini memang mengenai informatika. Dari segi judul juga tidak menampakkan sisi keagamaannya. Tapi bagian dalam isi buku berisi tentang penelitian dari sudut pandang islam. Meskipun begitu, buku ini juga menggunakan metode penelitian seperti filsafat ilmu, konsep dasar penelitian dan metodologi penelitian kajian teknik informasi. Lewat buku ini, kamu juga bisa mengetahui bagaimana bentuk laporan dan aturan pelaporan penelitian teknik informatika itu.

4. Buku Metode Penelitian Kebidanan

Buku karya Nurhasanah, Diyanah Kumalasari dan Ria Yulianti Triwahyuningsih akan menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan pengolahan data, pengumpulan data, penyajian data dan bagaimana melakukan analisa data. Tentu saja dari beberapa poin tersebut harus dilakukan secara teratur dan memberikan solusi.

Saat mengerjakan tugas akhir, kamu pasti akan melakukan riset atau penelitian. Lewat buku ini kamu bisa menemukan berbagai metode penelitian untuk memperoleh kebenaran ilmu pengetahuan atau memecahkan masalah yang tengah dihadapi. Buku ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir jurusan kebidanan.

5. Buku Aplikasi Metodologi Penelitian

Buku karya Firdaus dan Fakhry Zamzam sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis. Buku ini akan membahas tuntas tentang hasil penelitian tesis, hasil penelitian ilmiah dan hasil penelitian yang sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah. 

Menulis skripsi dan tesis memiliki metodologi penelitian yang berbeda. Pada penelitian tesis, dapat menggunakan pemikiran secara sistemik, membutuhkan beberapa kerangka berfikir berbeda. Diantarannya pemikiran bahwa tesis di sampaikan menggunakan pemikiran yang sistemik dari awal dan sampai akhir saling berkesinambungan. Dalam penulisan per babnya, harus saling melengkapi dari bab sebelum dan sesudahnya.

Buku ini bisa dibilang lengkap. Karena di sini pembaca tidak hanya dikenalkan tentang menulis tugas akhir itu seperti apa. Tetapi juga akan diperkenalkan tentang konten latar belakang, cara mengidentifikasi masalah dan cara penulisan judul hasil penelitian yang baik. Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara merumuskan masalah, kamu juga akan diajarkan di sini lebih lengkap.

6. Buku Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas Dan Eksperimental

Buku arya Fathnur Sani ini bisa menjadi solusi untuk menentukan tema yang akan kamu teliti. Salah satu kendala utama yang dirasakan mahasiswa tugas akhir adalah bingung menentukan tema atau topik yang akan diambil untuk penelitian. Memang banyak sekali permasalahan dan tema topik, sayangnya tidak semua orang mampu mengambil permasalahan tersebut dan dilakukan penelitian. 

Nah, di sinilah kamu akan dituntun bagaimana mengenali dan memiliih masalah yang layak untuk dijadikan sebagai penelitian. Saat menjalankan sebuah penelitian, calon peneliti pun dituntut untuk memiliki motivasi untuk memahami. Sayangnya, masih banyak yang merasakan bahwa melakukan penelitian itu sesuatu hal yang sulit.

7. Buku Metodologi Penelitian Tentang Ketatanegaraan islami

Buku karya Dr. H. Munir Subarman, M.AG. yang ditulis setebal 310 halaman ini akan menemanimu mempelajari dan memahami tentang landasan teoritis ketatanegaran. Disamping itu, kamu juga akan mempelajari tentang bentuk kenegaraan dan fungsi pemerintahdan dan sistem pemerintahan islam pada masa lampau.

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki sejarah yang penuh keragaman. Nah, disinilah kamu akan mengenal dan mempelajari politi islam dan mempelajari teknis penelitian meliputi pendekatan studi. membicarakan pendekatan studi, sebenarnya ada banyak bentuk, diantarannya studi awal, konstruk studi, metode penelitian serta bagaimana teknis pelaporan hasil penelitian.

8. Buku Metodologi Penelitian Pendidikan (dengan CD)

Buku karya Zainal Aqib dan Muhammad Hasan Rasidi ini dikemas lebih menyenangkan. Dilengkapi dengan keping CD, cocok buat kamu yang lebih mudah belajar metodologi penelitian secara audio visual daripada yang berbentuk buku. Buku yang pertama kali diterbitkan 2018 ini tidak hanya mengupas pengantar metodologi saja. Tetapi juga akan mengulas bagaimana cara menyusun karya tulis ilmiah dan bagaimana menyusun laporan hasil penelitian.

Buku ini disertai dengan contoh hasil penelitian. Sehingga peneliti pun lebih bisa memahami dari teori yang sebelumnya disampaikan, dan ada contoh hasil sebagai contoh penulisan. Dimana karya ilmiah ini ditulis dan disusun berdasarkan pedoman ilmiah yang sudah ditetapkan.

Di bab akhir, akan diulas tentang glosarium penelitian dan karya ilmiah. Jadi glosarium menjadi bagian yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Di sinilah akan diajarkan bagaimana membuat glosarium dan membuat karya ilmiah.

9. Metodologi Penelitian Akuntansi (Teori dan Praktek)

Buku karya Bambang Sudaryana ini cocok buat kamu yang mencari pembahasan penelitian secara teoritis. Setidaknya di buku ini ada beberapa hal yang bisa kamu pelajari seperti mempelajari tentang klasifikasi dan lingkup penelitian. Di buku kamu juga bisa tahu bagaimana cara menemukan formulasi masalah lebih mudah dengan penjelasan yang mudah dipahami juga.

Dengan buku ini, kamu bisa merancang hipotesis, langkah pengambilan sampel, pengambilan data dan melakukan hubungan skala interval dengan skala rasio. Buku sangat komplit untuk dijadikan referensi dengan menyajikan beberapa contohnya.

Itulah tadi rekomendasi buku metodologi penelitian yang bisa Mamikos bagikan. Masih ada banyak lagi jenis buku-buku metodologi penelitian yang bisa kamu dapatkan. Tentukan buku yang cocok untuk metode penelitian yang sesuai dengan topik dan jurusan kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta