9 Rekomendasi Lomba Merayakan 17 Agustus yang Mendidik Tapi Seru

9 Rekomendasi Lomba Merayakan 17 Agustus yang Mendidik Tapi Seru – Hari kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus selalu dirayakan dengan banyak acara dan perlombaan.



Setelah mengikuti upacara, biasanya anak-anak hingga orang dewasa akan mulai berkumpul dan mengikuti berbagai perlombaan. Adanya lomba tidak hanya untuk seru-seruan, tetapi juga bisa mendidik dan sekaligus memberi makna tertentu.

Bagi kamu yang sedang mencari ide lomba 17 Agustus yang mendidik tetapi tetap seru, berikut ini ada beberapa rekomendasi lomba 17 Agustus yang bisa menjadi inspirasimu.

Rekomendasi Lomba Merayakan 17 Agustus yang Mendidik

unsplash.com/@nickgunner

Lomba 17 Agustus sudah menjadi agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Indonesia. Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat merayakan kemerdekaan yang tidak diperoleh dengan mudah.

Perayaan 17 Agustus juga dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan yang berhasil memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari para penjajah. Untuk itu, berbagai acara dan perlombaan yang diadakan pun kerap memiliki makna tersendiri.


Selain untuk memeriahkan hari ulang tahun Indonesia, lomba 17 Agustus juga ditujukan untuk memupuk kebersamaan, kerja sama, nasionalisme, dan melatih daya juang ketika bersaing dalam perlombaan.


Rekomendasi Lomba 17 Agustus yang Mendidik dan Seru

Lomba 17 Agustus biasanya tidak hanya diadakan bagi anak-anak saja. Orang dewasa, dari ibu-ibu hingga bapak-bapak juga selalu antusias dalam mengikuti lomba 17 Agustus. Misalnya saja dalam lomba sepak bola sarung untuk bapak-bapak yang selalu lucu dan seru.

Untuk anak-anak, lomba yang sering kita temukan saat 17 Agustus adalah makan kerupuk, membawa kelereng dengan menggigit sendok, balap karung, hingga memasukkan paku atau pensil ke dalam botol.


Tentunya jenis lomba di atas sudah sangat mainstream di jaman serba kreatif seperti sekarang. Tapi, panitia lomba juga tidak kehabisan ide untuk membuat perlombaan semakin seru dan kreatif. Tidak jarang lomba-lomba pun menjadi sarana mendidik anak-anak.


Lalu, apa saja rekomendasi lomba 17 Agustus yang tidak hanya seru, tetapi juga mendidik?

1. Menyanyi Lagu Nasional dan Lagu Daerah

dijelas.in

Rekomendasi yang pertama adalah lomba menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah. Kamu mungkin juga merasa bahwa lagu nasional dan lagu daerah sudah sangat jarang terdengar dinyanyikan oleh anak-anak.

Saat ini, anak-anak lebih banyak menyanyikan lagu populer, lagu dewasa, atau lagu luar negeri. Oleh karena itu, untuk kembali menarik anak-anak menyanyikan lagu nasional dan daerah, tidak ada salahnya panitia mengadakan lomba menyanyi lagu nasional atau lagu daerah.

Lomba ini juga bisa menjadi tontonan yang seru sekaligus mengandung unsur pendidikan. Melalui lomba ini, anak-anak bisa menghafalkan lirik sekaligus berusaha memahami maknanya. Mereka mungkin juga bisa berusaha memahami situasi ketika lagu nasional diciptakan.


2. Menghafalkan Teks Pancasila dan Proklamasi

icando.co.id

Rekomendasi lomba 17 Agustus berikutnya adalah lomba menghafalkan teks Pancasila dan Proklamasi. Pancasila adalah dasar negara dan sebagai identitas bangsa, sehingga sudah semestinya kita hafal bunyi Pancasila.


Kemudian Proklamasi sendiri adalah teks pernyataan kemerdekaan yang dibacakan oleh Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun, tidak semua orang, apalagi anak-anak, yang hafal secara benar isi dari teks Proklamasi.

Menghafalkan teks Pancasila dan Proklamasi bisa dijadikan salah satu lomba 17 Agustus yang mendidik dan juga memupuk rasa cinta tanah air. Lomba ini pun bisa melatih daya ingat anak-anak.

3. Cerdas Cermat Kemerdekaan

youtube.com

Berikutnya adalah lomba cerdas cermat kemerdekaan. Lomba cerdas cermat memang jenis lomba yang sudah umum diadakan, tidak hanya di hari kemerdekaan saja. Namun, kamu bisa memasukkan lomba ini di daftar lomba 17 Agustus dengan sedikit kreativitas.


Sesuai dengan tema kemerdekaan, lomba cerdas cermat bisa mengusung materi terkait sejarah kemerdekaan Indonesia. Lomba seperti ini tidak hanya menambah wawasan peserta tetapi juga memupuk rasa nasionalisme dengan mendalami materi sejarah.

4. Karya Seni

mediaindonesia.com

Selain rekomendasi lomba merayakan 17 agustus yang mendidik berupa hafalan dan cerdas cermat di atas, lomba yang berhubungan dengan seni juga termasuk lomba yang mendidik. Apalagi, kamu bisa menyesuaikan karya seni dengan tema 17 Agustus atau Kemerdekaan untuk memupuk jiwa nasionalisme.

Selain itu, kamu juga bisa membuat tema lomba terkait budaya Indonesia, sehingga bisa memberikan pendidikan kepada anak-anak untuk mencintai dan melestarikan budaya Indonesia.


Dalam lomba karya seni, anak-anak bisa berkreasi dengan berbagai macam cara. Misalnya, membuat karya lukis bertema 17 Agustus, membuat tarian dengan unsur budaya Indonesia, lomba menari daerah, lomba pakaian adat, hingga drama bertema sejarah kemerdekaan.


5. Kreasi Makanan

ilmupedia.co.id

Selain lomba bernuansa seni, lomba 17 Agustus juga bisa diwarnai dengan lomba terkait memasak, yaitu dengan membuat kreasi makanan atau sekedar menghias makanan.

Lomba kreasi makanan ini dapat mengasah kreativitas peserta, sekaligus mempopulerkan masakan nasional atau tradisional. Lomba ini pun bisa diikuti oleh berbagai kalangan. Tidak hanya mendidik anak-anak, tetapi bisa diterapkan pada peserta dewasa.

6. Panjat Pinang

gooto.com

Lomba panjat pinang sudah sangat sering diadakan ketika peringatan 17 Agustus. Pinang yang dilumuri oli atau lumpur memberikan tantangan yang tidak mudah untuk dilakukan, walaupun lomba itu sendiri tidak rumit.

Para peserta dalam lomba ini harus bekerja sama membentuk formasi ke atas sedemikian rupa, sehingga peserta paling atas bisa mencapai puncak pinang. Namun, berbagai hadiah lomba Agustus yang menunggu di puncak membuat peserta bersemangat melakukannya.


Apalagi kerja sama dan sorakan semangat membuat lomba panjat pinang menjadi semakin seru dan meriah. Di samping itu, lomba ini juga dimaknai sebagai gambaran kesulitan yang dialami para pahlawan untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

7. Tarik Tambang

unsplash.com/@celvinzaky

Selain panjat pinang, lomba lainnya yang sudah wajib ada dalam perayaan 17 Agustus adalah lomba tarik tambang. Sebagai informasi, lomba tarik tambang ini tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga digemari oleh berbagai masyarakat di seluruh dunia.

Tarik tambang termasuk sebagai perlombaan beregu yang dapat dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Dalam lomba ini, setiap regu memegang masing-masing ujung tali tambang.


Mereka harus menarik sekuat tenaga agar regu lain melewati garis batas. Regu yang terjatuh atau tidak lagi mampu menarik pun akan dinyatakan kalah dalam perlombaan ini.


Selain adu kekuatan, untuk bisa memenangkan lomba ini memerlukan kerja sama yang baik, kekompakan, dan koordinasi. Bagi anak-anak pun, lomba tarik tambang bisa mengajarkan mereka untuk bekerja dalam sebuah tim untuk mencapai suatu tujuan.

8. Bakiak Beregu

infopublik.id

Lomba lainnya yang sering diadakan ketika peringatan 17 Agustus adalah lomba bakiak beregu. Seperti panjat pinang dan tarik tambang, lomba bakiak beregu juga mendidik peserta untuk bisa bekerja sama dan merasakan kebersamaan sebagai sebuah tim.

Dalam lomba ini, biasanya ada tiga hingga lima orang akan mengenakan bakiak, yaitu sandal dari kayu panjang dengan beberapa pengikat untuk dikenakan di kaki. Dengan begitu, beberapa orang dalam satu tim harus kompak berjalan bersamaan agar tidak jatuh.

9. Menjaga Lilin

timesindonesi.co.id

rekomendasi lomba merayakan 17 agustus yang mendidik lainnya adalah lomba menjaga lilin. Dalam perlombaan ini, peserta sebagai regu harus menjaga agar lilin tidak mati hingga sampai garis finis. Panitia akan berusaha mengganggu agar lilin mati sebelum sampai garis finis.

Seperti rekomendasi sebelumnya, lomba ini pun mengajarkan kekompakan dan kerja sama bagi peserta. Ditambah tugas regu untuk menjaga lilin, lomba ini pun mengajarkan peserta mengatur strategi untuk mengemban sebuah tanggung jawab. Tentu saja ini adalah rekomendasi lomba merayakan 17 agustus yang mendidik.

Demikian rekomendasi lomba merayakan 17 Agustus yang mendidik tapi seru. Ada banyak sekali lomba 17 Agustus yang bisa kamu berikan unsur yang mendidik dan membuatnya lebih seru. Semoga rekomendasi di atas bisa menginspirasi kamu.



Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah