10 Rekomendasi Oleh – Oleh Khas Magelang Kekinian Yang Enak

Rekomendasi Oleh – Oleh Khas Magelang Kekinian Yang Enak – Magelang merupakan kota wisata yang ada di Indonesia tepatnya berada di Jawa Tengah. Kalau membicarakan destinasi wisata yang ada di Magelang pasti kita semua akan tertuju pada sebuah candi yang pernah masuk ke dalam salah satu di antara tujuh keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur. Selain wisata sejarah, destinasi wisata alamnya pun juga mendominasi di berbagai sudut daerah tersebut seperti Wanaprastha, Kebun Bibit Senopati, Bukit Greden, Rumah Kamera, Sendang Maren, Pinus Kragilan, dan masih banyak lagi.

Oleh – Oleh Khas Magelang

id.wikipedia.org

Jika sudah berkunjung ke Magelang, rasanya tidak lengkap apabila tidak membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Kali ini Mamikos akan berbagi rekomendasi oleh-oleh khas Magelang yang enak dan wajib untuk dibeli ketika berkunjung ke sana. Simak terus artikel ini, ya!

1. Tape Ketan

palingmales.com

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan tape ketan. Tape ketan ini merupakan makanan bercita rasa manis asam yang terbuat dari ketan yang difermentasi menggunakan ragi. Buah tangan khas Magelang ini memiliki ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan tape ketan di daerah lain.

Perbedaan yang cukup mencolok terlihat pada pewarnaan yang diberikan pada tape ketan tersebut. Tape ketan khas Magelang diberi pewarna alami dari daun katuk yang memberi warna hijau pada makanan tersebut. Untuk harga yang ditawarkan untuk tape ketan khas Magelang ini mulai dari 25 ribu rupiah tergantung size cupnya.

2. Getuk Trio

anekawisata.com

Di sepanjang jalanan kota Magelang, kalian akan menemukan berbagai macam tempat yang menjual makanan khas Magelang satu ini yaitu Getuk Trio. Warga lokal maupun wisatawan bahkan sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini.

Getuk trio ini merupakan makanan berbahan dasar singkong yang terdiri atas tiga lapisan berwarna khas yaitu putih, coklat, dan merah muda. Getuk tersebut diberi nama trio sebab perbedaan tiga warna di setiap lapisannya. Cita rasa yang dihasilkan yaitu manis dan gurih sehingga membuat makanan ini populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan.

Setiap pembelian getuk trio ini disajikan terpisah dengan parutan kelapa sehingga dapat bertahan selama dua hari suhu luar kulkas. Beberapa merk getuk trio Magelang yang cukup populer di antaranya getuk trio, getuk marem, getuk eco, getuk trio rasa, getuk trio aroma, dan getuk milenium.

3. Getuk Bolen

borobudurnews.com

Layaknya makanan khas
daerah lain yang turut mengikuti perkembangan zaman, getuk juga kini
memunculkan kreasi dan inovasi baru menjadi getuk bolen. Getuk bolen ini
merupakan makanan getuk yang dikreasikan menjadi beraneka rasa dengan dibalut
menggunakan puff pastry. Rasa yang
ditawarkan sangat beragam mulai dari rasa cokelat, original, keju, cappuccino, nanas, durian, dan coffe bean.

Perpaduan antara pastry dan getuk menjadikan cita rasa baru yang unik dan tentunya lezat. Terlebih lagi bentuknya yang seperti mangkok kecil berisikan getuk, membuat makanan getuk bolen ini semakin menarik banyak pelanggan. Untuk daya tahan getuk bolen ini yaitu sekitar 5 hari suhu luar kulkas sehingga cocok untuk dijadikan buah tangan saat pulang berlibur nanti.

4. Keripik Getuk

tokopedia.com

Masih menggunakan bahan baku yang sama dengan makanan sebelumnya, kreasi getuk kali ini yaitu berupa keripik getuk. Ternyata getuk juga dapat disantap dalam keadaan basah maupun keadaan kering dengan dijadikan keripik. Tekstur yang renyah dan bercita rasa gurih ini sangat cocok dijadikan cemilan untuk menemani makan nasi atau cemilan saat waktu senggang.

Keripik getuk ini dibanderol mulai dari harga 21 ribu rupiah per 250 gram. Untuk ketahanan makanannya bisa mencapai beberapa minggu sehingga bisa dijadikan buah tangan saat pulang berlibur nanti.

5. Wajik Week

m.omiyago.com

Sama halnya seperti getuk trio, makanan khas Magelang satu ini juga tidak kalah populer yaitu wajik week. Makanan legendaris ini terbuat dari bahan dasar beras ketan berkualitas tinggi yang dipadukan dengan santan dan gula merah. Tekstur lembut yang dihasilkan serta cita rasa yang manis membuat makanan ini disukai banyak orang termasuk warga lokal itu sendiri. Rasa yang ditawarkan wajik week ini terdiri dari dua macam varian yaitu rasa cokelat dan rasa pandan.

Pengemasan wajik week ini disajikan dalam sebuah dus dengan dibanderol mulai dari harga 20 ribu rupiah tergantung size kardusnya. Untuk ketahanan maknannya cukup lama sekitar 3 sampai 5 hari.

6. Grubi

sonora.id

Grubi merupakan salah
satu makanan Khas Magelang yang cukup populer karena cita rasanya yang manis.
Makanan ini terbuat dari bahan dasar ubi jalar yang diserut memanjang dan
dipadukan dengan gula jawa lalu dibentuk seperti bola-bola. Teksturnya yang
renyah cocok disantap dan dijadikan cemilan di waktu senggang.

Untuk daya tahan grubi
ini cukup tahan lama karena disajikan pada plastik yang divakum sehingga bisa
dijadikan buah tangan saat pulang berlibur nanti. Harga yang ditawarkan pun
beragam mulai dari 20 ribu rupiah.

7. Tahu Gundul

kantorposmagelang.blogspot.com

Rekomendasi oleh-oleh
khas Magelang lainnya yaitu tahu gundul. Seperti namanya, tahu gundul ini
berasal dari tahu bulat yang digoreng kering dengan cita rasa yang gurih dan
renyah. Tahu gundul ini memiliki daya tahan makanan yang cukup lama sehingga
cocok untuk dijadikan buah tangan saat pulang nanti. Harga dari tahu gundul
dibanderol mulai dari 15 ribu rupiah saja dan kalian cudah bisa menikmati
makanan lezat ini.

8. Pothil

jejakpiknik.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Magelang berikutnya yaitu pothil. Mungkin sebagian orang masih asing dengan makanan satu ini. Pothil berasal dari singkong yang dihaluskan dan dibentuk menyerupai cincin. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan tentunya bertekstur renyah sehingga sangat cocok dijadikan teman makan nasi.

Saat ini, pothil tersedia berbagai macam rasa mulai dari rasa original, jagung bakar, keju, bahkan rasa pizza sekalipun. Cukup menggiurkan bukan!

9. Keripik Bayam

merdeka.com

Dari namanya saja kita
sudah bisa mengetahui bahwa keripik tersebut berbahan dasar dari bayam. Kalian
pastinya juga sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Selain teksturnya yang
renyah, rasanya yang gurih sering kali membuat banyak orang tergiur dengan
oleh-oleh khas Magelang satu ini.

10. Permen Tape

dyogya.com

Permen tape terbuat
dari berbagai macam campuran bahan berupa tape, kelapa parut, singkong, dan
gula putih. Makanan khas Magelang ini bercita rasa manis asam yang sangat khas
dan bertekstur lembut. Untuk harga satu kardus permen tape di banderol dengan
harga 15 ribu rupiah tergantung size
kardus yang dipilih.

Demikian rekomendasi oleh-oleh khas Magelang yang enak dan wajib untuk dibeli saat berkunjung nanti. Semoga informasi ini membantu!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah