17 Rekomendasi Wisata Malam Solo Terfavorit

17 rekomendasi wisata malam solo terfavorit – Solo menjadi destinasi pilihan bagi masyarakat Jawa Tengah maupun sekitarnya. Selain dikenal dengan wisata budayanya berupa keraton, Solo juga dikenal sebagai tempat wisata dengan budget terjangkau. Tidak jarang ada yang sengaja meluangkan waktu ke Solo hanya untuk melakukan wisata kuliner. Solo pada malam hari menyuguhkan suasana berbeda dengan Solo siang hari, sehingga kesibukan siang hari yang padat hingga membuatmu tidak sempat berkeliling Solo dapat disiasati.

Sebenarnya ada banyak jenis wisata Solo kekinian yang dapat kamu coba, misalnya wisata ke tempat menarik seperti ke Taman Sriwedari Solo malam hari. Ada pula wisata belanja di Pasar Klewer atau pasar lainnya. Namun, bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu atau hanya sekadar mampir ke Solo, rekomendasi wisata malam berikut dapat menjadi referensi.

Rekomendasi Wisata Malam Solo Terfavorit

1. Taman Sriwedari

Senang menyaksikan pertunjukan hiburan rakyat? Mampir saja ke Taman Sriwedari yang terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Ada banyak kebudayaan yang bisa kamu saksikan, mulai dari kesenian daerah seperti wayang, hingga kesenian modern seperti pentas musik dan dance.  Tempat ini hampir senantiasa ramai pada akhir pekan. Tentu tidak ada salahnya mengajak keluarga turut serta karena di tempat ini sudah tersedia fasilitas penunjang berupa tempat makan. Sebagai kenang-kenangan, jangan lupa membeli suvenir, ya!

2. Kampung Batik Kauman Solo

Belum lengkap rasanya jika sudah tiba di Solo namun tidak mampir keKampung Batik di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Ada banyak jenis batik yang dapat kamu beli. Tidak perlu bingung dengan jenis batik yang akan kamu beli. Semua jenis batik dengan karakteristik warna gelap dipasang di showroom batik. Ada pula rumah-rumah yang sengaja digunakan untuk memproduksi batik. Wisatawan pun dapat dengan mudah memilih batik sesuai keinginannya.

3. Kampung Batik Laweyan Solo

Masih belum mendapatkan batik yang kamu inginkan di Kampung Batik Kauman Solo? Saatnya pindah lokasi ke Kampung Batik Laweyan Solo. Lokasi kampung batik tersebut terdapat di Jalan Dr. Radjiman No 521, Laweyan, Surakarta. Sebelum memutuskan untuk membeli batik, tidak perlu malu berkeliling. Sebagai tambahan informasi, batik di Solo sudah mendunia karena diekspor hingga luar negeri.

4. Ngarsopuro Night Market

Jika kamu baru sempat beristirahat dari rutinitas pada malam hari, jangan lewatkan objek wisata malam di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Ngarsopuro Night Market sebenarnya sudah buka sejak pukul 4 sore. Namun, kamu tetap bisa datang ke tempat ini sampai pukul 11 malam. Ada banyak hal yang ditawarkan, seperti kesempatan wisata belanja hingga wisata kuliner. Harga makanan terjangkau di Solo akan membuat dompetmu tetap aman.

5. Galabo Kuliner Malam Solo

Wisata kuliner malam hari di Solo akan tetap menyenangkan meskipun kamu hanya datang sebentar saja ke Gladak Langen Bogan (Galabo). Lokasi Kuliner Galabo tepatnya berada di Jalan Mayor Sunaryo. Tidak sulit untuk menemukan lokasi kuliner karena tepat berada di depan Pusat Grosir Solo. Tempat ini buka pukul 5 sore hingga dini hari. Selain bisa menikmati kuliner khas Solo yang murah, kamu juga bisa menyaksikan penampilan live music.

6. Tugu Lilin Kota Solo

Berfoto dan mengabadikan momen di tugu yang menjadi ikon kota Solo akan membuat kedatanganmu semakin berkesan. Tugu Lilin sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 1933 dan masih bertahan hingga saat ini. Uniknya, tugu yang dibangun tepat untuk peringatan ke 25 tahun hari Kebangkitan Nasional ini juga dikenal sebagai Tugu Kebangkitan Nasional. Bentuk tugu seperti lilin mengandung filosofi tertentu, seperti api lilin yang merepresentasikan tidak pernah padamnya perjuangan. Tertarik datang ke Tugu Lilin?

7. Monumen 45 Banjarsari

Jika kamu ingin menyaksikan monumen mengenang peristiwa bersejarah Serangan Empat Hari di Solo, datanglah ke Banjarsari. Monumen ini dibangun karena masyarakat Solo pernah mendapatkan serangan pada tanggal 7-10 Agustus 1949. Fasilitas di sekitar monumen cukup lengkap karena sudah tersedia jalur untuk pejalan kaki hingga taman bermain. Kamu pun dapat mengajak anak-anak ikut serta agar suasana semakin ramai.

8. Benteng Vastenburg Fort

Kapan lagi bisa berwisata sejarah di Solo pada malam hari? Kamu bisa menjadikan Benteng Vastenburg Fort Solo di Jalan Jenderal Soedirman, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah sebagai destinasi wajib. Benteng ini dibangun pada masa kolonial Belanda, sekitar tahun 1774-1779 berdasarkan instruksi Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Dulunya, benteng ini berfungsi untuk mengontrol pemerintahan Keraton Surakarta, hingga melakukan aktivitas untuk pribumi. Kamu bisa belajar banyak hal di tempat ini, seperti sejarah penjajahan agar rasa nasionalisme semakin meningkat.

9. Taman Cerdas Jebres

Wisata Taman Cerdas Jebres Solo bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak bisa pulang ke rumah lebih dari jam 9 malam. Banyak yang menyebut taman ini sebagai The Spirit of Java. Selain bisa puas berfoto, kamu pun bisa mendapatkan informasi penting dari taman seluas kurang lebih 2000 meter persegi ini. Adanya permainan edukatif untuk anak-anak tentu menjadi keuntungan tersendiri, apalagi sudah ada fasilitas outdoor maupun indoor sebagai pendukung. Datang bersama keluarga akan membuat suasana lebih menyenangkan.

10. Alun-Alun Kota Solo

Wisata malam di Solo bisa kamu lakukan dnegan mengunjungi Alun-Alun Kidul. Sebenarnya alun-alun tersebut tidak jauh berbeda dari alun-alun di Jogja. Kamu bisa puas bercengkerama sambil menikmati kuliner tradisional hingga modern yang banyak dijual para pedagang. Ada pula permainan becak neon yang disewakan untuk beberapa orang, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan budget membengkak.

11. Keraton Kasunan

Jika tidak bisa melakukan wisata sejarah kebudayaan di Solo pada siang hari, sebagai gantinya kamu dapat berkunjung ke Keraton Kasunan pada malam hari. Tempat ini cukup romantis dan menjadi spot terbaik untuk mengambil foto. Adanya lampu-lampu di sekitar bangunan dengan latar belakang Keraton menambah kesan tak terlupakan di Solo.

12. Titik Nol Solo

Sekilas nama titik nol di Solo hampir sama seperti titik nol kilometer di Yogyakarta. Namun, titik nol di Solo berada di ujung Jalan Slamet Riyadi. Di sekitar titik nol terdapat bangunan-bangunan tua yang merupakan peninggalan kolonial. Semakin malam, suasana semakin ramai, sehingga kamu bisa datang ke tempat ini agar mendapatkan foto terbaik. Jika waktu yang kamu miliki di Solo masih panjang, tidak ada salahnya mengeksplorasi lokasi sekitar Titik Nol Solo sambil mencicipi beragam kuliner khas di sekitarnya.

13. Pasar Gede

Wisata belanja malam hari di Solo perlu adalah hal yang wajib masuk daftar kegiatan, apalagi bagi kamu yang datang dari luar kota. Sebagai salah satu pasar yang terkenal di Solo, kamu tidak hanya bisa mengunjunginya pada siang hari untuk berbelanja, tetapi juga untuk berfoto-foto pada malam hari. Pantau terus sosial media yang berkaitan dengan tempat wisata di Solo agar kamu tidak kelewatan event menariknya.

14. Cafe Tiga Tjeret

Cafe Tiga Tjeret memang menjadi salah satu tempat yang hits di kalangan anak muda karena desainnya modern. Ada banyak hal yang ditawarkan di tempat ini, seperti menu makan malam tradisional yang bervariasi, hingga tempat untuk berfoto. Lokasi Café Tiga Tjeret Solo ada di Jalan Ronggo Warsito. Tidak sulit untuk menemukannya karena kafe ini berada persis di depan Pura Mangkunegaran. Akses menuju Cafe Tiga Tjeret pun dapat ditempuh dengan kendaraan umum, transportasi online, atau transportasi pribadi.

15. Home Cafe & Resto

Home Cafe & Resto Solo sangat cocok untuk kamu yang ingin mengisi perut sambil menikmati suasana Solo. Lokasi tempat ini terdapat di Jalan Sugiyopranoto Nomor 56 Solo. Spot foto menarik di tempat ini bisa kamu coba mulai dari pukul 11 siang hingga 11 malam. Banyak yang mendatangi tempat ini pada akhir pekan, sehingga kamu dapat mengantisipasi suasana terlalu ramai dengan datang pada hari kerja. Ajaklah teman-teman kerja untuk membahas pekerjaan dengan suasana baru.

16. Playground

Tempat nongkrong anak muda Solo yang hits salah satunya adalah Playground. Tempat ini buka hingga pukul 12 malam. Adanya makanan lezat dengan harga terjangkau ditambah fasilitas lengkap untuk pecinta game menjadi daya tarik tersendiri. Langsung saja datang ke Jalan Kenanga Solo agar bisa mencoba makanan sekaligus menikmati suasana Solo.

17. Wifi Corner Telkom Solo

Adanya kafe yang dilengkapi fasilitas wifi akan menunjang aktivitasmu selama berada di Solo. Manfaatkan tempat yang buka 24 jam ini untuk menyelesaikan pekerjaan kantor atau tugas kuliah. Namun, siapkan dana untuk membeli voucher wifi di loket.

Sudah menentukan lokasi yang akan dikunjungi dari referensi 17 rekomendasi wisata malam solo terfavorit di atas? Kamu tidak perlu khawatir apabila datang dari luar kota. Manfaatkan aplikasi kost terbaik Mamikos untuk memudahkan pencarian hunian, baik hunian berupa kost, apartemen, villa, rumah kontrakan, hotel, dan sebagainya. Mamikos menyediakan informasi lengkap agar kamu tidak kesulitan memperoleh informasi hunian, bahkan tanpa perlu datang langsung ke lokasi.

Segera download Mamikos di ponsel android atau ios kesayanganmu. Dapatkan info spesifik mengenai kost Solo Surakarta murah, kost campur Solo, kost pasutri Solo murah, dan jenis kost lainnya. Sesuaikan pula jangka waktu sewa dengan kebutuhanmu. Adanya pilihan kost harian hingga kost tahunan di Solo dapat menghemat isi kantong. Selamat mencari!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah