9 Sekolah Ikatan Dinas Untuk Jurusan IPS (Kedinasan)

9 Sekolah Ikatan Dinas Untuk Jurusan IPS (Kedinasan) – Jurusan IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu Jurusan yang paling sering kita temukan dalam jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) baik itu di Negeri maupun swasta. Meski pada setiap Sekolah memiliki Jurusan IPS, namun seringkali Jurusan IPS dinomorduakan daripada Jurusan IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam yang begitu banyak peminatnya. Padahal kenyataannya banyak sekali Sekolah Ikatan Dinas yang menerima lulusan dari Jurusan IPS.

Di kesempatan ini, Mamikos akan membahas perihal 9 sekolah ikatan dias untuk Jurusan IPS (Kedinasan) di mana kamu bisa menjadikannya sebagai motivasi atau referensi. Memilih Jurusan IPS tentu saja berdasarkan keinginan siswa yang berlandaskan pada kemampuan menguasai jenis-jenis pelajaran terkait.

Daftar Sekolah Ikatan Dinas Untuk Jurusan IPS

faktakampus.com

Tentu saja saat ini pemerintah telah mendirikan beberapa perguruan tinggi ikatan dinas yang menerima pendaftaran dari lulusan SMA atau sederajat untuk Jurusan IPS. Pada artikel ini Mamikos akan mengupas tuntas 9 sekolah ikatan dinas untuk Jurusan IPS (Kedinasan) yang pastinya sangat ingin kamu ketahui. Lantas apa saja 9 sekolah ikatan dinas untuk Jurusan IPS (Kedinasan) yang dimaksud tersebut? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Politeknik Keuangan Negara STAN

STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah salah satu sekolah ikatan dinas yang paling favorit dan cukup terkenal di Indonesia. Setiap tahunnya, STAN selalu menjadi incaran bagi para calon mahasiswa atau anak-anak SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang sekolah ikatan dinas. Sebab sekolah ikatan dinas ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

akurat.co

Khusus untuk anak-anak lulusan SMA Jurusan IPS, tentu saja bisa mendaftar di STAN. Di bawah ini beberapa jurusan atau Program Studi yang ada di STAN dan bisa kamu pertimbangkan. Diantaranya adalah:

Program Studi yang diselenggarakan:

  1. Diploma III / IV Akuntansi
  2. Diploma I / III Pajak
  3. Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
  4. Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
  5. Diploma I / III Kebendaharaan Negara
  6. Diploma III Manajemen Aset

Program Studi STAN non-reguler:

  1. Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar)
  2. Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  3. Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN adalah sebuah Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang paling cocok dipilih oleh kamu yang seorang lulusan Jurusan IPS. Mengapa demikian? Karena kualitas pendidikan Perguruan Tinggi satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Lulusan IPDN juga telah banyak mengisi berbagai jabatan Pegawai Negeri Sipil di pemerintahan pusat maupun daerah. Hal yang perlu kamu ingat apabila hendak masuk IPDN adalah harus lolos syarat tinggi badan.

edukasi.kompas.com

Bagi kamu lulusan SMA Jurusan IPS yang ingin mendaftarkan diri di IPDN, ada beberapa Program Studi yang bisa kamu pilih diantaranya:

  1. Diploma IV Politik Pemerintahan
  2. Diploma IV Manajemen Sumber Daya Aparatur
  3. Diploma IV Pembangunan dan Pemberdayaan
  4. Diploma IV Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil
  5. Diploma IV Keuangan Daerah
  6. S1 Manajemen Keuangan
  7. S1 Manajemen Pembangunan
  8. S1 Manajemen Pemerintahan
  9. S1 Manajemen Sumber Daya Manusia
  10. S3 Ilmu Pemerintahan

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Sekolah ikatan dinas satu ini terkesan diperuntukkan Jurusan IPA namun sebenarnya, Jurusan IPS juga masih memiliki peluang untuk masuk. Asalkan bisa memahami ilmu statistik secara mendalam. Perlu kamu ketahui juga, lulusan Sekolah Tinggi Sandi Negara belakangan ini sangat diperlukan lho oleh pemerintah.

Jadi apabila kamu ingin sekali masuk Sekolah Ikatan Dinas dan langsung menjadi PNS, maka masuk Sekolah Tinggi Sandi Negara adalah salah satu pilihan yang bisa ditempuh.

Untuk kamu para lulusan SMA terutama Jurusan IPS, tentu saja bisa mendaftar disini. Ada 2 Program Studi yang bisa kamu pilih yaitu:

  1. Diploma IV Manajemen Persandian
  2. Diploma IV Teknik Persandian

Di Program Studi Teknik Persandian dibagi menjadi 2 peminatan:

  1. Teknik Kripto
  2. Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi

4. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

youtube.com

STTD merupakan sekolah ikatan dinas yang berada langsung dibawah naungan Dinas Perhubungan. Dinas Perhubungan tersebut menyelenggarakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi dalam bidan transportasi darat. STTD juga membuka peluang untuk para lulusan SMA terutama Jurusan IPS untuk mendaftarkan diri. Berikut ini adalah Program Studi yang bisa kamu pilih:

  1. Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)
  2. Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)
  3. Diploma III LLASDP
  4. Diploma III Perkeretaapian
  5. Diploma IV Transportasi Darat

5. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Untuk kamu yang aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia, tentu bisa melirik sekolah ikatan dinas yang satu ini. Politeknik Imigrasi adalah salah satu Perguruan Tinggi yang sudah berdiri sejak tahun 1962 di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

kemenhumham.go.id

Untuk para lulusan dari Politeknik Imigrasi tentu saja memiliki peluang yang terbuka lebar untuk bisa langsung masuk menjadi bagian dari Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Luar biasa bukan.

Berikut ini ada beberapa jurusan yang ada di Politeknik Imigrasi antara lain adalah:

  1. Diploma IV Hukum Keimigrasian
  2. Diploma IV Administrasi Keimigrasian
  3. Diploma IV Manajemen Teknologi Keimigrasian
  4. Diploma III Keimigrasian

6. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara bisa dikatakan menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi intelijen. Berawal dari satu pemikiran bahwa intelijen adalah suatu disiplin Ilmu yang dapat dipelajari, maka pada tahun 2002 Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal TNI (Purn) Dr. A.M. Hendropriyono memprakarsai pendirian perguruan tinggi di bidang ilmu intelijen.

wartasolo.com

Hingga akhirnya pada 9 Juli 2003 Presiden RI meresmikan berdirinya IIN (Institut Intelijen Negara). Kemudian di tahun 2004 dimulai lah kuliah perdana dan IIN pun berganti nama menjadi STIN. Sekolah Tinggi Intelijen Negara menjadi pusat pendidikan Sesuai UU 17/2011 Alumni STIN menjadi sumber utama Sumber Daya Manusia Badan Intelijen Negara.

Bagi kamu lulusan jurusan IPS dan ingin menjadi seorang intelijen negara maka bisa mendaftar di Sekolah Tinggi Intelijen Negara. Di bawah ini ada beberapa jurusan yang ada bisa kamu pilih antara lain:

  1. Jurusan Agen Intelijen Negara
  2. Jurusan Analis Intelijen Negara

7. STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial)

Seperti namanya, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial sudah berdiri sejak tahun 1964 di bawah Departemen Sosial, Kementerian Sosial. STKS memiliki tugas untuk mendidik dan mencetak lulusan yang berkompeten dalam bidang pekerjaan sosial, utamanya tenaga sosial yang dibutuhkan oleh kementerian sosial.

pendaftaranmahasiswa.web.id

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial berlokasi di jalan Ir. H. Juanda No. 367, Bandung, Jawa Barat. STKS memiliki pendidikan dengan jenjang diploma IV untuk beberapa Program Studi yakni Pekerjaan Sosial dan Pascasarjana Spesialis S1 Pekerjaan Sosial (PS1) dengan konsentrasi Pekerjaan Sosial Klinis dan Pekerjaan Sosial Komunitas.

STKS mungkin tidak sepopuler beberapa sekolah tinggi lain seperti PKN STAN ataupun STIN. Akan tetapi Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial ini berstatus sekolah ikatan dinas, sehingga lulusan Perguruan Tinggi ini pun dapat diangkat secara langsung menjadi seorang CPNS. Menarik bukan.

8. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau juga yang biasa disingkat sebagai POLTEKIP adalah sebuah Perguruan Tinggi yang berdiri di bawah naungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kader-kader yang dididik pada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan ini nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu kader profesional dalam bidang Pemasyarakatan.

Sebelumnya politeknik ini adalah sebuah akademi yang sudah didirikan sejak tahun 1964 di daerah Gandul, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Sekolah kedinasan Jurusan IPS ini terbilang cukup diminati dan bisa dijadikan salah satu tujuan tempat belajar yang prospektif. Hal tersebut dikarenakan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan adalah salah satu sekolah kedinasan yang berstatus ikatan dinas.

Jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau POLTEKIM adalah Diploma III dengan Program Studi bidang Pemasyarakatan. Sistem pendidikan yang dianut oleh Politeknik satu ini juga mengacu pada beberapa Program Pendidikan yakni:

  1. Program Pendidikan Akademis
  2. Program Pendidikan Kepribadian
  3. Program Pendidikan Profesi
  4. Program Pendidikan Jasmani

9. STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung.

Jurusan IPS dapat diterima dengan baik di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Karena Indonesia termasuk negara pariwisata yang unggul, sedangkan tenaga ahli di bidangnya bisa dikatakan belum memadai untuk kebutuhan pengembangan pariwisata yang ada, maka pemerintah mendirikan sekolah ini. Tujuannya tentu saja agar usaha dibidang pariwisata tidak kalah dengan negara lain dan pendapatan devisa dari bidang ini bisa lebih ditingkatkan lagi.

Demikianlah ulasan Mamikos tentang 9 Sekolah Ikatan Dinas Untuk Jurusan IPS (Kedinasan) yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Mamikos harap ulasan 9 Sekolah Ikatan Dinas Untuk Jurusan IPS (Kedinasan) dapat memberi kamu informasi baru dan kesempatan untuk mempersiapkan diri apabila tertarik untuk mengajukan diri pada salah satu sekolah kedinasan yang sudah Mamikos masukkan pada daftar 9 Sekolah Ikatan Dinas Untuk Jurusan IPS (Kedinasan) diatas.

Apabila kamu hendak mencari hunian, maka jangan sungkan untuk mengecek aplikasi cari kost Mamikos yang bisa diakses dengan mudah. Cukup dengan mengunduh aplikasinya di Appstore dan Playstore, aplikasi cari kost Mamikos sudah bisa kamu gunakan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta