SIMAK UI – Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 dan Ragam Seleksinya

 Posted on Kamis, Januari 18th, 2018  Posted in Mahasiswa Baru, Seputar Anak Kost, Seputar Mahasiswa  Mamikos

SIMAK UI – Apa itu SIMAK UI? Seleksi masuk Universitas Indonesia atau disebut dengan SIMAK UI merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis yang hanya diselenggarakan oleh Universitas Indonesia untuk semua jenjang pendidikan yang ditawarkan

Ujian dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Palembang dan Makassar)

Penyelenggaraan SIMAK UI ini bertujuan untuk memudahkan peserta dalam memilih ragam program yang ditawarkan oleh Universitas Indonesia khususnya kelas S1 reguler, S1 paralel, S1 kelas Internasional atau Vokasi secara bersamaan.

SIMAK UI – Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 dan Ragam Seleksinya

  1. S1 Reguler merupakan program sarjana yang umumnya dimiliki oleh setiap Universitas di Indonesia dan memiliki data tampung lebih banyak dibandingkan program lain. Jalur masuk untuk program reguler dapat melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK UI.
  2. S1 Paralel hampir sama dengan S1 bedanya, untuk paralel ini tidak berhak atas BOPB dan ada uang pangkalnya serta tidak semua program studi memiliki program paralel.
  3. Voksi merupakan program yang gelarnya bukan S1 melainkan D3. Program vokasi ini lebih mangutamakan keterampilan dibandingkan dengan beban mata kuliah teori.
  4. S1 Kelas Internasional sendiri adalah program sarjana yang menggunakan bahasa pengantar pembelajaran Bahasa Inggris serta kegiatan pembelajarannya berbeda dengan kelas sarjana reguler dan paralel. Kelas Internasional ini dibagi menjadi 2 yaitu single degree dan double degree.
  5. S1 Ekstensi adalah program pendidikan sarjana yang menerima lulusan D3 dari berbagai perguruan tinggi yang sudah terakreditasi BAN-PT.

Melihat banyaknya program yang ditawarkan UI, kamu mau ambil yang mana nih? tentukan dari sekarang bahwa pilihanmu nanti tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk masuk Universitas Indonesia, kamu juga perlu mengetahui Passing Grade SIMAK UI supaya bisa mengetahui keketatan dalam memasuki suatu program studi.

Untuk para siswa SMA/sederajat yang sebentar lagi lulus dan ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi, UI menjadi salah satu perguruan tinggi favorit setiap tahunnya. Mengetahui hal ini, kamu perlu mempersiapkan dengan matang menghadapi persaingan merebutkan bangku kuliah di kampus yang modern dan bergengsi.

1. Ragam Seleksi SIMAK

2. SIMAK UI untuk jenjang Sarjana program Paralel, dan Vokasi (D3)

Ketentuan calon mahasiswa baru yang memilih program ini adalah:

  • Calon mahasiswa baru yang mengikuti SIMAK UI jenjang ini bisa memilih program studi pada kelas yang berbeda (reguler/paralel/vokasi) secara bersama-sama dengan pilihan sedikitnya 1 dan paling banyak 8 pilihan dengan ketentuan maksimal setiap pilihan kelas berbeda sebanyak 3 pilihan
  • Calon mahasiswa baru dibagi menjadi 3 kelompok ujian di antaranya IPA, IPS dan campuran.
  • Calon mahasiswa baru yang memiliki program studi pada kelas yang berbeda hanya mengikuti 1 kali ujian.
  • Calon mahasiswa baru SIMAK UI diperuntukan untuk lulusan SMA, SMK/sederajat tanpa ada batasan tahun kelulusan

Nah, untuk kalian yang lulusan SMA di atas 3 tahun terakhir jangan khawatir tidak bisa melanjutkan kuliah S1 khususnya di Universitas Indonesia. Ambillah program S1 Paralel UI yang bisa diikuti siapa saja dengan tanpa ada syarat usia.

3. SIMAK UI untuk jenjang Sarjana program Kelas Khusus Internasional

Ketentuan calon mahasiswa baru yang memilih program ini adalah:

  • Calon mahasiswa baru yang mengikuti jalur SIMAK UI jenjang Sarjana Khusus Internasional bisa memilih sebanyak 1 pilihan
  • Persyaratan tambahan keterampilan bahasa Inggris yang masih berlaku dibuktikan dengan nilai. Adapun kamu bisa memilih salah satu di antara beberapa ketermapilan bahasa Inggris yaitu TOEFL Institusional dengan overall score minimal 500 yang disertifikasi oleh ETS, UI’S English Profeciency Test dengan overall score minimal 500 yang disertifikasi oleh LBI FIB UI, TOEFL CBT dengan score minimal 173 yang disertifikasi oleh ETS, TOEFL IBT dengan minimal skor 61 yang disertifikasi oleh ETS, IELTS dengan minimal skor 5,5 yang disertifikasi oleh British Council, IDP Australia atau Cambridge ESOL, dan sertifikat bahasa Inggris selain yang disebutkan untuk mendaftar SIMAK KKI
  • Calon mahasiswa baru dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Social Sciences Test atau Natural Sciences

4. SIMAK UI untuk jenjang Sarjana program Sarjana program Ekstensi dan Paralel untuk lulusan D3

Ketentuan calon mahasiswa baru yang memilih program ini adalah:

  • Calon mahasiswa baru yang mengikuti program ini dapat memilih sebanyak 1 pilihan
  • Calon mahasiswa baru yang mengikuti program ini berasal dari lulusan D3, D4 atau S1 dan tidak dibatasi tahun kelulusan
  • Materi yang diujikan yaitu Tes Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris

5. SIMAK UI untuk jenjang Magister, Profesi, dan Spesialis

Ketentuan calon mahasiswa baru yang memilih program ini adalah:

  • Calon mahasiswa baru yang mengikuti program ini bisa memilih sebanyak 1 pilihan
  • Calon mahasiswa baru yang mengikuti program ini adalah lulusan S1/D4 dengan IPK tertentu
  • Terdapat beberapa syarat ujian tambahan seperti wawancara, ujian keterampilan dan proposal penelitian

6. SIMAK UI untuk jenjang Doktor

Ketentuan calon mahasiswa baru yang memilih program ini adalah:

  • Calon mahasiswa ini dapat memilih 1 pilihan
  • Calon mahasiswa baru berasal dari lulusan S2/S2 Terapan
  • Terdapat beberapa syarat ujian tambahan seperti wawancara dan proposal disertasi.

7. Jadwal Pendaftaran SIMAK UI 2019

 

SIMAK UI

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost