9 Strategi Agar Mendapatkan Nilai Tinggi UTBK SBMPTN 2021

9 Strategi Agar Mendapatkan Nilai Tinggi UTBK SBMPTN 2021 – Seperti yang kamu ketahui bahwa UTBK SBMPTN akan dilaksanakan dari Maret hingga April nanti. Kabarnya UTBK SBMPTN tahun ini akan mengusung sebuah konsep yang baru. Hal tersebut juga dikaitkan dengan ujian yang akan lebih sulit dibandingkan dengan SBMPTN tahun sebelumnya.

Sebab konon UTBK kali ini akan menerapkan higher order thinking skills (HOTS). Jadi kamu harus memiliki sekitar 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021. Apa saja deretan dari 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021, berikut ini penjelasan selengkapnya yang bisa kamu baca.

Strategi Agar Mendapatkan Nilai Tinggi UTBK SBMPTN

edura.id

Sedikit Tentang Penerimaan via Jalur SBMPTN

Nantinya, nilai yang kamu peroleh di UTBK 2021 akan dibandingkan dengan peserta lain yang juga mendaftar untuk Program Studi dan di Perguruan Tinggi Negeri yang sama. Kemudian nilai tersebut akan diurut dari skor tertinggi hingga terendah. Siswa yang mendapat skor tertinggi tentu akan mendapat peluang lebih besar diterima di Perguruan Tinggi Negeri pilihannya tersebut.

Seperti yang Mamikos lansir dari laman resmi LTMPT, untuk setiap Program Studi disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN 2021 ketetapan paling sedikit 40 persen dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan. Yang mana artinya dari seluruh kursi yang tersedia di Program Studi tersebut, calon mahasiswa dari jalur SBMPTN akan memperebutkan 40 persen jatah kursi yang tersedia. Tentu saja persiapan yang matang perlu dilakukan untuk tembus SBMPTN. Makanya kamu perlu untuk mengetahui 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 saran dari Mamikos ini.

kabar24.bisnis.com

Lantas apa saja sejumlah langkah yang dapat menguatkan strategi kamu atau 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 agar bisa masuk Program Studi pilihan di PTN impian kamu? Isi dari 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021, sudah Mamikos rangkum sebagai berikut:

1. Rajin Berlatih Soal Softcopy Maupun Hardcopy

Saran Mamikos dari urutan 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 adalah rajin-rajinlah berlatih soal. Karena semakin kamu membiasakan diri menghadapi berbagai soal yang ada sebagai bagian latihan dari ujian kamu nanti. Sebab hal tersebut bisa membuat kamu jadi lebih siap untuk menghadapi UTBK 2021.

Dengan berlatih soal-soal, maka kamu juga akan semakin familiar dengan jenis-jenis soal sehingga diharapkan pengerjaannya jadi lebih mudah. Meskipun proses pengerjaan UTBK menggunakan komputer, kamu juga boleh mengerjakan latihan soal beragam bentuk. Tidak hanya softcopy yang bisa dikerjakan di laptop saja. Soal hardcopy berbentuk buku-buku soal juga bisa kamu kerjakan. Buku-buku soal dapat kamu bawa dan dapat dipelajari di berbagai situasi dan kondisi. Jangan terpaku pada media saja. Sebab menggali ilmu bisa di mana-mana.

2. Bisa Melatih Diri Dengan Mengikuti Try Out

Selanjutnya dari deretan 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021, Mamikos sarankan juga untuk kamu mengikuti semacam try out. Sebab dengan mengikuti try out bersama tak hanya membuat kamu lebih menguasai soal, namun juga lebih siap mental menghadapi situasi ujian.

Sebab tidak dipungkiri, suasana ujian yang hening yang akan dilakukan bersama peserta lain di lokasi yang asing, pasti berpotensi membuat kamu gugup. Sehingga kamu juga harus menyiapkan mental menghadapi suasana tersebut. Nah, try out UTBK bersama umumnya dibuat semirip mungkin dengan ujian sungguhan. Jadi paling tidak mental kamu jadi lebih terlatih saat menghadapi ujian yang sesungguhnya nanti.

3. Jangan Segan Menakar Kemampuan Sendiri

Perlu Mamikos katakan bahwa apabila kamu melatih diri dan sering belajar dari soal-soal dan ikut try out, kamu akan semakin tahu kemampuan diri sendiri. Terutama terhadap soal-soal yang dianggap sulit dan akan paham berapa banyak waktu untuk mengerjakannya. Dengan begitu, secepat mungkin kamu bisa lebih banyak melatih diri dengan strategi belajar paling efektif.

Akan tetapi bila dalam beberapa hari kamu juga tak bisa memahami jenis soal walau sudah belajar lebih sering, maka ada kemungkinan kamu membutuhkan les tambahan. Ada beberapa lembaga bimbingan belajar membuka kelas khusus menghadapi UTBK SBMPTN.

Selain itu kamu juga bisa membandingkan lembaga les untuk mencari yang mana yang paling sesuai. Saran Mamikos yang lain adalah kamu bisa memastikan bahwa lokasi tempat lesnya tidak jauh dari sekolah atau rumah kamu, ya. Tujuannya agar tidak menghabiskan terlalu waktu di perjalanan yang bisa memicu kelelahan.

4. Tentukan Program Studi Dari Sekarang

Dari rangkaian 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 selanjutnya yang Mamikos sarankan adalah dari sekarang kamu perlu untuk memilih Program Studi sesuai dengan kemampuan akademis, termasuk minat dan bakat kamu. Jenis Program Studi yang akan kamu pilih nanti akan menentukan apakah di UTBK kamu akan mengambil tes Saintek, Soshum, atau Campuran. Apabila kamu belum bisa memutuskan, sebaiknya segara lakukan. Mengapa? Sebab ini akan mempengaruhi kesiapan kamu. Termasuk memberi kesempatan untuk memetakan persaingan dengan peserta lain yang mengikuti UTBK SBMPTN 2021 ini.

5. Melihat Peluang Lolos Melalui Peta Persaingan

Strategi kelima dari 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 yang bisa Mamikos sampaikan ialah setelah kamu mengetahui Program Studi apa yang hendak dipilih, maka langkah selanjutnya cari tahu peta persaingan untuk Program Studi tersebut. Memangnya bisa? Bagaimana caranya? Begini cara yang bisa kamu tempuh.

Yakni cari tahu berapa kursi yang dibuka dan jumlah pendaftar Program Studi incaran kamu tersebut. Berapa skor terendah, rata-rata, dan tertinggi yang diperlukan untuk masuk Program Studi tersebut berdasarkan nilai SBMPTN 2021. Lalu, bandingkan dengan nilai yang kamu dapat dari hasil try out. Dari situ paling tidak kamu akan menyimpulkan sendiri.

6. Penerimaan Dipengaruhi Oleh Pembobotan Nilai

Strategi berikutnya dari 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 yang bisa Mamikos sampaikan ialah nilai UTBK yang tercantum pada sertifikat hasil tes masih akan melalui proses pembobotan nilai saat masuk ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Nilai total UTBK tersebut setelah pembobotan inilah yang akan di-rangking oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri untuk proses Penerimaan Mahasiswa Baru. Perhatikan ini. Bobot nilai sub tes peserta saat melamar pada Program Studi yang sama dapat membuat peluang diterimanya menjadi berbeda.

Pada pelaksanaan UTBK tahun 2020 lalu, nilai total UTBK yang menentukan kelulusan SBMPTN adalah total jumlah nilai sub tes yang telah dikalikan bobot sesuai dengan Program Studi yang akan dipilih atau disebut dengan nilai UTBK terbobot. Nah setiap Program Studi akan memiliki bobot yang berbeda di setiap nilai sub tesnya. Bobot sub tes akan lebih besar untuk Program Studi yang memerlukan kompetensi sub tes terkait. Jadi Mamikos sarankan untuk kamu memperkuat persiapan pada sub tes atau pelajaran yang berkaitan dengan jurusan yang kamu tuju tersebut.

Selain itu tidak ada juga passing grade yang bisa dijadikan patokan untuk memperkirakan peluang kamu akan diterima di sebuah Perguruan Tinggi Negeri. Passing grade sendiri tergantung pada tiga hal. Yakni kuota yang disediakan oleh Program Studi, jumlah siswa yang mendaftar, dan kualitas nilai UTBK dari siswa pendaftar. Jadi kamu harus memperhatikan pembobotan nilai ini baik-baik.

7. Ketahui informasi lengkap seputar UTBK dan SBMPTN 2021

9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 berikutnya yang bisa Mamikos sampaikan ialah menjelang ujian, kamu perlu mengumpulkan informasi selengkap-lengkapnya tentang UTBK dan SBMPTN 2021. Kamu harus selalu update dengan perkembangan SBMPTN. Ketahui apa saja aturan yang masih sama dengan tahun sebelumnya dan apa aturan baru yang muncul.

Jangan lelah untuk mencari tahu mulai dari informasi dasar SBMPTN, seperti apa itu UTBK, LTMPT, bagaimana seleksinya nanti akan dilakukan, apa perbedaan dari UTBK tahun lalu dan tahun ini, jadwal UTBK, syarat dan ketentuan, sistem penilaian, kelengkapan dokumen, dan sebagainya. Apabila kamu sudah mengetahuinya dengan baik, niscaya kesiapan kamu pun jadi lebih bisa dimatangkan.

8. Segera Biasakan Diri Berlatih soal HOTS

9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 berikutnya ialah memperbanyak latihan soal. Sebab hal ini harus kamu lakukan jika memang ingin lolos SBMPTN. Apalagi soal-soal UTBK SBMPTN akan menggunakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau soal dengan kemampuan analisis tinggi. Soal HOTS akan mendorong kamu untuk melakukan penalaran tingkat tinggi dari proses memahami konsep ilmu, bukan hanya dari proses menghafal saja.

Mamikos sarankan juga kamu sebaiknya memperbanyak berlatih soal dalam bentuk hard copy dan soft copy, untuk memudahkan kamu belajar di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan kamu. Tidak lupa kamu juga harus mencermati materinya. Jangan lupa untuk mempelajari mulai dari soal yang mudah, baru setelah itu beranjak ke soal yang lebih sulit.

9. Cari Bantuan Saat Kamu Memerlukannya

Kamu sudah mengikuti try out UTBK tapi tidak ada kemajuan walaupun sudah belajar? Mamikos rasa saat itulah kamu memerlukan bantuan. Sejumlah lembaga bimbingan belajar membuka kelas khusus untuk hadapi UTBK SBMPTN. Kamu juga bisa membandingkan lembaga les untuk mencari yang mana yang paling sesuai. Setelah itu, kamu bisa mengikuti semacam simulasi tes agar bisa membayangkan seperti apa nanti UTBK nya. Jangan segan mencari bantuan atau ilmu tambahan jika kamu merasa belajar sendiri tidak cukup.

Apabila kamu sudah membaca rangkaian 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 yang sudah Mamikos berikan tadi, Mamikos harap kamu jadi memiliki pandangan baru dan informasi terkini mengenai UTBK SBMPTN 2021. Mamikos juga harap bahwa artikel 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 ini dapat membantu kamu. Apabila kamu merasa bahwa informasi 9 strategi agar mendapatkan nilai tinggi UTBK SBMPTN 2021 ini berguna, maka kamu bisa menyebarkannya pada teman-teman atau pengikut kamu di media sosial.

Sementara untuk urusan mencari dan mendapatkan hunian khususnya kost, kamu bisa mengakses aplikasi pencari kost Mamikos sekarang langsung di ponsel kamu. Sebab di sana ada banyak informasi dan ulasan mengenai hunian kost-kostan yang pasti akan membantu kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah