Suka Duka Berbisnis Kos-Kosan dan Cara Mempertahankannya

Suka Duka Berbisnis Kos-Kosan dan Cara Mempertahankannya – Menjalankan bisnis kos memang tidak mudah, namun bukan berarti tak bisa dilakukan. Asal Anda memiliki trik jitu dan selalu berinovasi agar bisnis semakin berkembang, kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih pun menjadi semakin besar. Banyak suka dan duka yang nantinya akan Anda alami, yang bisa Anda jadikan pengalaman berharga tak terlupakan. 



Berikut ini adalah suka duka berbisnis kos yang mungkin pernah atau sedang Anda rasakan. Apa saja? 

Momen ‘Suka’ Saat Berbisnis Kos 

1. Kos Anda memiliki banyak peminat

Bisnis kos merupakan salah satu bisnis yang tingkat permintaannya tergolong tinggi, apalagi bila Anda membangun bangunan kos di kawasan yang strategis, dekat dengan fasilitas seperti kampus, perkantoran, sekolah, rumah sakit, hingga  pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, bagi perantau, menyewa kamar kos adalah pilihan yang terbaik dibanding mengontrak rumah. Selain harganya yang lebih murah, lokasi kos yang dekat dengan fasilitas umum tersebut juga akan memudahkan aktivitas belajar atau bekerja.

2. Memiliki capital gain atau keuntungan modal yang tinggi



Momen ‘suka’ lainnya saat mengelola bisnis kos adalah capital gain dan capitalization rate yang lebih tinggi dibanding tanah dan rumah biasa. Capital gain dari sebuah rumah kos pada umumnya lebih tinggi dibanding rumah biasa. Sebuah rumah kos, apabila dijual kembali harganya akan jauh lebih tinggi dibanding harga sebuah rumah biasa. Demikian pula dengan cap rate rumah kos yang lebih tinggi dibanding rumah biasa. Cap rate rumah biasa hanya berkisar pada 3% – 5%, sedangkan cap rate rumah kos berada di angka 5% – 7%.

3. Pengelolaan kos cenderung lebih mudah

Pengelolaan kos bisa dikatakan sederhana. Ditambah lagi kini banyak layanan yang ditawarkan untuk membantu Anda dalam mengelola bisnis kos, seperti Mamikos GoldPlus. Anda hanya perlu mempersiapkan sebuah rumah kos yang lokasinya dekat fasilitas umum, lalu mengisinya dengan berbagai fasilitas menarik. Selanjutnya pengelolaan rumah kos bisa Anda serahkan kepada pihak yang Anda percaya, sambil sesekali Anda kontrol.



Momen ‘Duka’ Saat Berbisnis Kos 

1. Membutuhkan modal yang besar

Tak dapat dipungkiri, untuk membangun dan memulai bisnis kos  diperlukan modal yang cukup tinggi. Modal tersebut selain digunakan untuk membangun atau membeli rumah kos, juga digunakan untuk mengisi rumah kos tersebut dengan berbagai fasilitas unggulan. Untuk pemenuhan modal, Anda bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman berupa KPR atau kredit pemilikan rumah dari bank. 

2. Penyewa yang memiliki karakter yang berbeda-beda 



Nantinya Anda akan mendapatkan banyak penyewa dengan karakter yang berbeda-beda. Ada penyewa yang rajin dan menaati peraturan, bahkan ada pula penyewa yang seenaknya sendiri atau susah untuk menaati peraturan kos yang telah diberlakukan. 

3. Ada masanya kos menjadi sepi peminat

Akan ada masanya kos Anda menjadi sepi peminat. Hal ini bisa terjadi di awal memulai usaha kos dan juga bisa terjadi bila fasilitas umum seperti kampus atau pusat perbelanjaan di sekitar kos pindah atau tutup. 

Cara Mempertahankan Bisnis Kos



Menurut Putri Martinoes, pemilik Kos Milenial Pondok Aren Tangerang Selatan, ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk mempertahankan bisnis kos, di antaranya: 

  1. Mencintai pekerjaan dan bisnis kos yang digeluti sehingga bisa menjalankan bisnis tersebut dengan baik 
  2. Selalu meningkatkan pelayanan yang ada.  
  3. Merawat kos dengan baik agar kos selalu bersih.
  4. Selalu ramah.
  5. Selalu memberikan respon yang cepat
  6. Terus melakukan promosi di Mamikos dengan berlangganan Mamikos GoldPlus.
  7. Cepat tanggap apabila ada penyewa atau penghuni kos yang memerlukan bantuan 
  8. Membuat suasana rumah kos hommy, agar penyewa merasa seperti rumah sendiri 
  9. Membuat grup Whatsapp untuk mempermudah komunikasi dengan penyewa kos. 

Berbeda dengan Putri Marinoes, Qotrun Nada, pemilik Kos NalaBarca Residence Inn Jakarta Barat, juga memiliki kiat sendiri untuk mempertahankan bisnis kos nya, yakni:   

  1. Lakukan pemasaran dengan melalui Mamikos 
  2. Jangan lupa untuk buat grup atau komunitas dengan penyewa kos
  3. Beri pelayanan administrasi dan fasilitas yang memuaskan 

Nah, bagaimana? Sudah siap memulai bisnis kos? Yuk, temukan banyak informasi menarik lainnya seputar layanan terbaik dan seputar kos di Mamikos, dengan mengunjungi situs Mamikos, atau download dan install aplikasi Mamikos di smartphone Anda. Tunggu apa lagi? Segera gunakan aplikasi Mamikos dan dapatkan banyak manfaatnya!