Syarat Jalur Mandiri S1 UGM Buka Mulai 15 Juli 2020

 Lailla | Sel, 14 Jul 2020

Syarat Jalur Mandiri S1 UGM Buka Mulai 15 Juli 2020 – Pendaftaran jalur mandiri di Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah ditunggu-tunggu. Persaingan yang cukup ketat pada seleksi nasional jalur SNMPTN dan SBMPTN membuat calon mahasiswa tidak semuanya diterima. Oleh karena itu, adanya seleksi mandiri yang dibuka UGM menjadi alternatif calon mahasiswa baru agar bisa diterima di kampus tersebut.

Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri S1 UGM

https://litbang.kemendagri.go.id/

Proses pelaksanaan Jalur Mandiri UGM mengalami perubahan karena adanya Pandemi Covid-19. Baik jenis tes yang diujikan maupun mekanisme penyelenggaraannya turut mengalami penyesuaian. Namun, kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk mendaftar jalur mandiri UGM. Syarat resmi pendaftaran jalur mandiri UGM jenjang S1 sudah keluar. Berikut ini adalah informasi terkait jalur mandiri UGM tahun 2020.

Informasi Pelaksanaan Jalur Mandiri UGM

Seleksi Mandiri UGM tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, pelaksanaan seleksi mandiri dilakukan dengan menggabungkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020. Selain itu, seleksi juga akan didasarkan pada nilai rapor dan kriteria lainnya.

Lulusan Sekolah Menengah Atas sederajat yang lulus tahun 2020 atau dua tahun sebelumnya (2019 dan 2018) bisa mendaftar. Jumlah pilihan program studi yang dapat dipilh pendaftar maksimal adalah 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana.

Pendaftar hanya bisa mengikuti seleksi mandiri UGM gelombang 1 saja. Karena Pandemi Covid-19 yang masih terjadi, pendaftaran Sekolah Vokasi gelombang 2 ditiadakan.

Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri UGM

Syarat untuk mendaftar jalur mandiri UGM S1 adalah sebagai berikut.

1. Pendaftar berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Pendaftar adalah siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat (tahun 2020, 2019, dan 2018).

3. Apabila pendaftar lulusan SMA/SMK/MA sederajat lulus tahun 2020, pendaftar harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL). Pada SKL sudah tertera informasi data diri dan foto terbaru yang diberi tanda tangan kepala sekolah/pimpinan serta cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah. Pendaftar lulusan tahun 2020 yang sudah memiliki ijazah tidak perlu menggunakan SKL.

4. Pendaftar lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019 dan 2018 wajib memiliki ijazah.

5. Peserta ujian mandiri UGM memiliki nilai UTBK Tahun 2020.

6. Pendaftar dinyatakan sehat, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi pada program studi yang dipilih.

Waktu Pelaksanaan Jalur Mandiri UGM

• Pendaftaran Online Jalur Mandiri UGM: 15 Juli – 10 Agustus 2020

• Pembayaran Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri UGM: Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing

• Pengumuman Kelulusan Jalur Mandiri UGM: 27 Agustus 2020

Tata Cara Pendaftaran Jalur Mandiri UGM

Ikutilah alur pendaftaran ujian jalur mandiri S1 UGM berikut ini. Tahapan yang perlu dilakukan pendaftar diantaranya adalah.

1. Membuat akun pendaftaran ujian jalur mandiri. Pendaftar membuat akun melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi.

2. Pendaftar login ke laman http://um.ugm.ac.id/admisi untuk mengisi formulir pendaftaran secara online.

3. Pendaftar memilih maksimal 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana. Urutan pilihan program studi menunjukkan skala prioritas.

4. Pendaftar mengisi biodata dan meng-upload semua dokumen persyaratan. Dokumen yang perlu diunggah berupa scan dokumen asli yang terbaca jelas. Ukuran minimal dokumen adalah 150 KB dan maksimal 800 KB untuk setiap file. Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar jalur mandiri UGM adalah.

a. Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (jika sudah ada) bagi Lulusan tahun 2020
b. Ijazah asli (bagi lulusan tahun 2019 dan 2018)
c. Kartu peserta UTBK-SBMPTN Tahun 2020
d. Rapor Kelas X-XII semester 1-5 (bagian Pengetahuan)
e. KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP)
f. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh pada website resmi UGM).

5. Pendaftar mengunci data (men-submit) yang sudah diisi agar memperoleh kode pembayaran. Sebelum mengunci data, periksa kembali data karena perubahan data tidak bisa dilakukan apabila peserta sudah melakukan submit data dan mendapatkan kode pembayaran.

6. Setelah mendapatkan kode pembayaran, pendaftar bisa membayar melalui sistem multi-payment pada bank yang ditunjuk. Pilihan bak untuk membayar biaya ujian mandiri UGM: Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA.

7. Biaya pendaftaran untuk mengikuti jalur mandiri UGM adalah Rp 250.000. Biaya tersebut berlaku untuk pendaftar Kelompok Saintek, Kelompok Soshum, atau Kelompok Campuran.

8. Pendaftar mencetak bukti pendaftaran online dari akun pendaftaran masing-masing.

Tips Lulus Jalur Mandiri UGM

Apabila pendaftaran jalur mandiri sudah dibuka, lakukan pendaftaran dengan mengikuti alur atau tata caranya. Untuk memperbesar peluang diterima sebagai mahasiswa atau mahasiswi UGM melalui jalur mandiri, terdapat beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Mendaftar Tepat Waktu

Catat waktu pendaftaran UGM dan tempelkan pada tempat strategis. Dengan demikian, kamu tidak akan melewatkan tahapan penting pada pendaftaran. Kamu juga bisa mendaftar bersama temanmu yang juga memiliki tujuan studi di UGM. Nantinya, kalian dapat saling mengingatkan atau melakukan tahapan pendaftaran bersama-sama.

2. Melengkapi Berkas Persyaratan

Setelah mengetahui dokumen yang diperlukan, segera scan dokumen tersebut dengan memperhatikan ketentuan. Jika dokumen yang di-scan terlalu besar ukurannya, gunakan aplikasi untuk memperkecil ukuran format .pdf. Periksa kembali dokumen yang di-scan dan pastikan bahwa seluruh tulisan dapat terbaca dengan jelas.

3. Memaksimalkan Skor UTBK

Syarat wajib mengikuti jalur mandiri UGM adalah mempunyai skor UTBK tahun 2020. Apabila kamu sudah mendaftar UTBK, usahakan untuk mendapatkan skor tinggi pada tes UTBK tersebut. Apabila kamu belum diterima di UGM melalui jalur SBMPTN, skor UTBK yang kamu miliki bisa digunakan untuk mendaftar jalur mandiri di UGM.

4. Mencari Tahu Keketatan Persaingan

Sangat penting untuk mencari tahu tingkat keketatan persaingan program studi jalur mandiri di UGM. Dengan mengetahui kuota program studi jalur mandiri UGM dan keketatannya, kamu bisa memperkirakan peluang diterima. Pastinya semakin sedikit kuota yang ditawarkan program studi, usaha yang kamu perlukan agar bisa diterima juga semakin besar.

Demikian informasi terkait syarat jalur mandiri S1 UGM yang buka mulai 15 Juli 2020. Siapkan syarat-syarat yang diperlukan agar kamu bisa mendaftar tepat waktu. Selain itu, pantau terus perkembangan informasi jalur mandiri UGM melalui website resmi agar tidak ketinggalan info. Selagi menunggu pengumuman kelulusan jalur mandiri UGM, tidak ada salahnya mencoba survey kost secara online. Gunakan aplikasi pencari kost Mamikos yang bisa kamu download secara gratis melalui ponsel. Tersedia banyak pilihan kost dengan beragam fasilitas sesuai kebutuhanmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: