SPMB PKN STAN 2021 Akan Dibuka Segera? Cek Syarat Pendaftaran PKN STAN

Tagged: STAN

SPMB PKN STAN 2021 Akan Dibuka Segera? Cek Syarat Pendaftaran PKN STAN – Pendaftaran sekolah kedinasan, seperti Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN akan segera dibuka. Setelah sempat tidak membuka pendaftaran tahun lalu, kini ada peluang bagi kamu yang berencana meneruskan studi di sekolah kedinasan ini.

Syarat-Syarat Pendaftaran PKN STAN 2021

https://www.menpan.go.id/

Cita-cita untuk masuk ke Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) seringkali diutarakan oleh siswa-siswi lulusan sekolah menengah. PKN STAN merupakan Perguruan Tinggi vokasi yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan. Pendidikan yang diselenggarakan adalah program diploma, khususnya pada bidang keuangan negara.

Mengapa banyak orang tertarik masuk STAN? Peluang karier lulusannya yang menjanjikan ditambah dengan biaya kuliah yang sudah ditanggung negara menjadi motivasi kuat para pelamar. Jurusan yang ditawarkan PKN STAN pun tidak hanya tentang akuntansi saja. Kamu bisa belajar tentang perpajakan, kepabeanan dan cukai, serta manajemen keuangan.

Peluang untuk menjadi mahasiswa di PKN STAN terbuka lebar bagi kamu yang tertarik mendalami bidang-bidang di atas. Namun, perlu kamu ketahui bahwa persaingan untuk masuk PKN STAN tidaklah mudah. Selain perlu mengerjakan soal-soal ujian dan mendapatkan nilai maksimal, seleksi ujian pun masih akan berlanjut hingga tes psikotes dan tes kebugaran.

Informasi Pendaftaran PKN STAN 2021

Pencarian informasi mengenai SPMB PKN STAN 2021 dan sekolah kedinasan lainnya semakin banyak dicari. Jadwal seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang sudah dibuka membuat para peminat sekolah kedinasan juga mencari tahu kapan jadwal pendaftaran PKN STAN. Kamu tidak perlu penasaran karena pihak Badan Pendidikan Pelatihan Keuangan (BPPK Kemenkeu) telah merilis klarifikasi terkait berita tentang rencana pelaksanaan SPMB STAN 2021 di akun instagram (@bppkkemenkeu). Saat ini, belum ada informasi resmi terkait pendaftaran seleksi masuk PKN STAN.

Sumber Informasi Resmi Pendaftaran PKN STAN 2021

Beredarnya informasi tentang pendaftaran di PKN STAN tahun 2021 perlu membuat kamu lebih cermat dalam memilih sumber. Perlu kamu ketahui bahwa informasi resmi terkait rencana pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN akan diumumkan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Nantinya, kamu bisa mendapatkan berita resmi tentang SPMB PKN STAN melalui beberapa laman website berikut, seperti:

  1. Laman website resmi PKN STAN: pknstan.ac.id
  2. Laman website resmi Kementerian Keuangan RI: kemenkeu.go.id
  3. Laman website resmi Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK): kemenkeu.go.id

Media sosial yang menginformasikan pendaftaran PKN STAN juga bisa kamu jadikan referensi dalam mencari informasi akurat. Adapun akun yang memuat info akurat terkait pendaftaran PKN STAN antara lain:

  1. @kemenkeuri
  2. @bppkkemenkeu
  3. @pknstan

Apabila kamu mendapatkan informasi yang meragukan selain dari ketiga sumber di atas, lakukan kroscek informasi dan pengecekan kembali. Sebab, sangat mungkin informasi pendaftaran PKN STAN tahun 2021 mengalami perubahan.

Jurusan dan Program Studi di PKN STAN

Sebelum kamu memutuskan untuk menempuh studi di PKN STAN, ada baiknya jika kamu mengetahui jurusan-jurusan yang ditawarkan. PKN STAN menawarkan jurusan terkait akuntansi, pajak, kepabeanan dan cukai, serta manajemen keuangan dengan berbagai macam program studi, yaitu:

  1. Jurusan Akuntansi: Program Studi Akuntansi (D-III), Program Studi Akuntansi (D-IV)
  2. Jurusan Pajak: Program Studi Pajak (D-III), Program Studi PBB/Penilai (D-III), Program Studi Pajak (D-I)
  3. Jurusan Kepabeanan dan Cukai: Program Studi Kepabeanan dan Cukai (D-III), Program Studi Kepabeanan dan Cukai (D-I)
  4. Jurusan Manajemen Keuangan: Program Studi Kebendaharaan Negara (D-III), Program Studi Manajemen Aset (D-III), Program Studi Kebendaharaan Negara (D-I)

Setiap program studi menawarkan mata kuliah yang berbeda satu sama lain. Pelajari kurikulum atau mata kuliah yang akan diberikan selama menempuh studi di program tersebut. Nantinya kamu akan mendapatkan gambaran terkait hal-hal yang akan kamu pelajari saat studi di PKN STAN.

Syarat Pendaftaran PKN STAN

Informasi terkait syarat pendaftaran PKN STAN tahun 2021 belum dirilis secara resmi oleh penyelenggara SPMB. Namun, mengacu pada informasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2019, syarat yang ditetapkan untuk para pendaftar PKN STAN adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2018 dan lulusan tahun sebelumnya atau calon lulusan tahun 2019
  2. Syarat nilai untuk lulusan tahun 2018 adalah memiliki nilai rata-rata ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 (skala nilai 100,00)
  3. Syarat nilai untuk calon lulusan tahun 2019 adalah memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester tidak kurang dari 70,00 (skala nilai 100,00) atau tidak kurang dari 2,80 (skala nilai 4,00). Pada saat pendaftaran ulang, pendaftar sudah dinyatakan lulus serta memiliki nilai rata-rata ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 (skala nilai 100,00).
  4. Berusia maksimal 20 tahun (per 1 September 2019). Untuk calon mahasiswa yang memilih program D-I, usia minimal per 1 September 2019 adalah 17 tahun. Untuk calon mahasiswa yang memilih program D-III, usia minimal per 1 September 2019 adalah 15 tahun.
  5. Dinyatakan sehat secara jasmani (dapat melihat, mendengar, dan bicara dengan baik, mampu melakukan tugas analisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, berdiskusi, dan mampu bergerak tanpa alat bantu) dan sehat secara rohani.
  6. Bebas NAPZA (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  7. Belum menikah serta bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan di PKN STAN.
  8. Syarat khusus di PKN STAN diberlakukan bagi pendaftar yang memilih Jurusan Kepabeanan dan Cukai (D-I dan D-III).
    • Tidak cacat fisik dan tidak buta warna
    • Pengguna kacamata atau lensa minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris diberikan toleransi maksimal 2 dioptri.
    • Jenis kelamin dan tinggi badan:
    – Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai D-I: laki-laki (tinggi badan minimal 165 cm); perempuan (tinggi badan minimal 155 cm)
    – Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai D-III: laki-laki (tinggi badan minimal 165 cm)
  9. Syarat tambahan untuk program afirmasi:
    Sudah menyelesaikan SD/sederajat, SMP/SLTP/sederajat, dan SMA/SLTA/SMK/sederajat di provinsi berikut: Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
    Memiliki garis keturunan orang tua (ayah dan ibu kandung) asli dari provinsi berikut: Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
  10. Membayar biaya pendaftaran yang mencakup biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar sebesar Rp 300.000
  11. Tidak pernah dinyatakan lulus SPMB PKN STAN tahun sebelumnya.

Tahapan Seleksi PKN STAN

Kamu bisa menjadikan jadwal seleksi PKN STAN tahun 2019 berikut untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di STAN tahun 2021 nanti.

  1. Registrasi dan pemilihan PTN melalui portal www.sscasn.bkn.go.id
  2. Pengisian formulir pendaftaran PKN STAN
  3. Pembayaran biaya pendaftaran
  4. Pengumuman lokasi ujian tulis dengan sistem CAT
  5. Pelaksanaan ujian tulis
  6. Pengumuman lokasi dan jadwal Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK)
  7. Pelaksanaan ujian psikotes
  8. Pelaksanaan Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK)
  9. Pengumuman kelulusan
  10. Pendaftaran ulang

Setelah dinyatakan lulus dan melakukan pendaftaran ulang, kamu bisa memulai pendidikan di PKN STAN dan tergabung sebagai salah satu mahasiswa resminya. Demikian informasi tentang pembukaan pendaftaran PKN STAN tahun 2021. Apakah kamu sudah semakin yakin untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan tersebut?. Bisa jadi pendaftaran PKN STAN 2021 akan segera dibuka atau justru ditunda seperti tahun 2020.

Selagi belum ada informasi pendaftaran resmi yang dibuka, sering-seringlah mengakses laman media sosial resmi penyelenggara seleksi masuk PKN STAN. Persiapkan pula persyaratan yang akan digunakan untuk mendaftar PKN STAN dengan mengacu tahun-tahun sebelumnya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta