16 Tempat Ngabuburit Seru Dan Asyik Di Surabaya

Tempat Ngabuburit Seru – Istilah ngabuburit tentu akan cukup sering kamu dengarkan ketika bulan Ramadhan telah tiba. Kegiatan ngabuburit terasa sudah menjadi tradisi yang selalu dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Ngabuburit umumnya identik dengan kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa, seperti mencari takjil atau hanya sekadar berjalan-jalan saat sore. Buat kamu yang tinggal di Surabaya, kira-kira kamu sudah punya ide belum hari ini mau ngabuburit di mana? Kalau masih bingung, berikut Mamikos sudah rangkumkan tempat-tempat ngabuburit yang seru dan asyik di Surabaya untuk kamu.

Deretan Tempat Ngabuburit Seru Rekomend di Surabaya

lensaindonesia.com

Ngabuburit menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu di saat bulan Ramadhan. Kebanyakan orang-orang lebih senang ngabuburit dengan mengunjungi tempat-tempat seru di kotanya masing-masing. Di Surabaya, ada cukup banyak tempat ngabuburit yang cukup sayang untuk kamu lewatkan. Di bawah ini ada 16 tempat wisata yang pas banget buat menunggu waktu berbuka puasa tiba.

1. Food Junction

2.bp.blogspot.com

Jika kamu ingin ngabuburit murah meriah, Food Junction di kawasan Grand Pakuwon bisa jadi pilihan yang pas. Selain biaya masuknya yang gratis, Food Junction menawarkan beragam fasilitas yang lengkap. Tersedia musala, wahana bermain, kolam buatan yang menawan, tempat makan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan lupa siapkan kamera ya, karena tempatnya fotogenik banget dan sangat sayang jika kamu tidak mengabadikan foto di tempat ini.

2. House of Sampoerna

thinkway.id

Dikenal dengan julukan Kota Pahlawan, tak mengherankan jika Surabaya memiliki banyak museum yang menarik. Salah satunya saja ada House of Sampoerna yang dulunya digunakan Belanda sebagai panti asuhan. Kini House of Sampoerna telah berubah menjadi museum rokok Sampoerna, kamu pun bisa ngabuburit di sini sambil mengikuti tur keliling tempat bersejarah di Surabaya secara gratis. Sayangnya, tempat duduknya terbatas, jadi lebih baik reservasi dulu ya. Salah satu rute yang mereka tawarkan adalah Kantor Pos Kebonharjo, Gereja Kepanjen, dan cagar budaya De Javasche Bank. Selama perjalanan, sang tour guide akan menjelaskan sejarah di balik berdirinya bangunan tersebut.

3. Masjid Sunan Ampel

4.bp.blogspot.com

Surabaya memiliki beberapa rekomendasi tempat religi yang bisa dijadikan sebagai tempat ngabuburit. Salah satu tempat ngabuburit di Surabaya yang sarat akan suasana religi yang menentramkan adalah Masjid Sunan Ampel. Masjid ini sangat bersejarah karena sudah ada sejak tahun 1421 dan didirikan oleh Sunan Ampel, yang merupakan salah seorang wali dalam Walisongo. Di sekitar masjid juga terdapat makam Sunan Ampel yang ramai dikunjungi peziarah, terutama saat bulan Ramadhan. Di sini, kamu pun bisa ngabuburit sambil berdzikir, mengenal sejarah masjid ini, dan berziarah ke makam Sunan Ampel.

4. Makam Sunan Ampel

img.gesuri.id

Di mana lagi kamu bisa merasakan suasana khas Timur Tengah di Surabaya, selain di Ampel? Kamu bisa ngabuburit sekaligus menambah pahala dengan kegiatan berfaedah di sini, seperti ziarah makam, iktikaf bersama, tadarus Alquran, dan sebagainya. Bahkan kamu pun bisa sekadar jalan-jalan berburu kuliner buka puasa yang menarik. Gak cuma kuliner, ada mainan, alat salat, parfum, perlengkapan salat, busana muslim, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Trans Studio Mini

med.bedacdn.com

Transmart di Rungkut atau Surabaya Barat ini bisa menjadi tempat ngabuburit seru. Dengan adanya Trans Studio Mini, kamu bisa bermain seharian dengan bebas tanpa khawatir terik matahari. Pilihan wahananya pun beragam, gak akan bosan seharian di sini. Kalau kamu mau buka puasa di sini juga, pastikan sudah pesan tempat. Kalau tidak, siap-siap kamu akan kebingungan mencari tempat buka puasa, karena biasanya penuh sesak.

6. Masjid Al-Akbar

mapio.net

Menjadi masjid terbesar kedua di Indonesia, Masjid Al-Akbar ini adalah masjid agung di Surabaya. Bangunan yang mewah dan unik dari masjid ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan muslim maupun non-muslim. Ngabuburit di sekitar Masjid Al-Akbar ini akan terasa menyenangkan, karena banyak pedagang kaki lima yang berjajar di bagian luar masjid. Setelah berbuka puasa, kamu pun dapat menunaikan shalat tarawih di masjid yang menjadi kebanggaan warga Surabaya ini.

7. Surabaya Carnival Park

hargatiket.net

Bermain dengan wahana-wahana permainan yang seru dan menyenangkan dapat menjadi ide ngabuburit yang tak terlupakan bagi kamu. Untuk kamu yang berdomisili atau sedang berkunjung ke Surabaya, cobalah untuk ngabuburit di Suroboyo Carnival Park. Taman bermain kebanggaan Surabaya ini menawarkan puluhan wahana permainan yang bisa kamu coba sambil menunggu waktu berbuka puasa. Taman bermain yang buka dari sore hari ini juga menyediakan food court dan pasar malam. Jadi, apabila waktu berbuka puasa telah tiba, kamu tak perlu keluar dari arena theme park ini untuk membeli hidangan buka puasa.

8. Monumen Kapal Selam

travelspromo.com

Monumen Kapal Selam atau yang akrab disebut Monkasel ini berada di sebelah pusat perbelanjaan Plaza Surabaya, tempatnya di Jalan Embong Kaliasin, Genteng. Monumen Kapal Selam bisa menjadi alternatif tempat ngebuburit di pusat kota Surabaya. Di sini, kamu pun bisa ngabuburit sambil merasakan sensasi masuk ke dalam kapal selam yang pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru dalam usaha membebaskan Irian Barat di zaman penjajahan Belanda. Monkasel ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan 21.00.

9. Jembatan Suramadu

i2.wp.com

Meskipun bukan tempat wisata, Jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini sudah menjadi ikon ibukota Jawa-Timur. Jembatan Suramadu sudah seperti Jembatan Amperanya arek Suroboyo. Banyak masyarakat yang menimati waktu ngabuburit sembari memancing maupun hanya sekedar menimati deburan ombak oantai. Kalau tertarik, kamu bisa langsung menuju Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur.

10. Masjid Cheng Ho

ksmtour.com

Masjid yang satu ini memang sangat berbeda dengan masjid-masjid lainnya. Pasalnya, masjid yang terletak di Jalan Gading, Genteng, Surabaya, ini memiliki arsitektur bernuansa Tionghoa yang sangat kental. Masjid ini dibangun untuk menghormati Cheng Ho, seorang laksamana dari Cina yang memeluk agama Islam. Cheng Ho datang ke Indonesia untuk berdagang serta menyebarkan agama Islam. Ketika memasuki masjid ini, terlihat jelas pintu masuknya yang tampak menyerupai pagoda. Jika kamu belum pernah berkunjung ke Masjid Cheng Ho, tak ada salahnya untuk merencanakan ngabuburit di masjid yang sangat unik ini.

11. Taman Bungkul

pegipegi.com

Taman yang pernah meraih penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa ini berada di tengah Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Darmo. Taman ini diberi nama sesuai dengan nama seorang tokoh yang berpengaruh besar dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, yakni Sunan Bungkul atau yang juga dikenal dengan nama Mbah Bungkul. Taman Bungkul adalah alternatif tempat nongkrong dan tempat ngabuburit di Surabaya yang cukup nyaman dan menenangkan. Selain tidak dipungut biaya sepeser pun, taman ini juga sangat asri. Beberapa fasilitas umum yang terdapat pada Taman Bungkul antara lain adalah skateboard track, jogging track, BMX track, taman bermain anak, kolam air mancur, dan Wi-Fi gratis.

12. Perpustakaan Bank Indonesia

pbs.twimg.com

Buat kamu yang senang membaca, mungkin kamu bisa menghabiskan waktu sambil menunggu adzan berkumandang di Perpustakaan Bank Indonesia. Letak Perpustakaan Bank Indonesia ini tidak jauh dari Taman Bungkul. Bahkan, untuk sampai ke sini kamu hanya perlu menyebrang dari Taman Bungkul. Dahulu, perpustakaan ini adalah bekas Museum Mpu Tantular. Di perpustakaan ini terdapat koleksi buku-buku yang cukup lengkap. Bahkan, terdapat ruang komputer yang dapat dipakai untuk mengunduh jurnal ekonomi. Suasana bangunan zaman peninggalan Belanda ini terasa nyaman dan asri meskipun berada di tengah kota.

13. Taman Persahabatan Korea-Surabaya

mapio.net

Sama seperti Taman Bungkul, letak dari Taman Persahabatan Korea-Surabaya ini juga berada di jantung Kota Surabaya. Bertempat di Jalan Dr. Sutomo, taman yang luasnya tidak seluas Taman Bungkul ini selalu ramai dikunjungi oleh Warga Surabaya. Di taman ini terdapat prasasti mengenai bentuk persahabatan yang pernah terjalin di antara Indonesia dan Korea Selatan. Di sini juga terdapat ayunan dan papan seluncur yang biasa dipakai anak-anak untuk bermain. Ngabuburit di Taman Persahabatan Korea-Surabaya ini akan memberikan pengalaman baru untuk kamu lho.

14. G-Walk Citra Land

sewabussurabaya.com

Kawasan yang terletak di Surabaya Barat ini memang suragnya penikmat kuliner. Kawasan G-Walk Citra land berpadu dengan hunian yang asri dan sejuk. Berkunjung ke tempat ini kamu bisa menyaksikan tempat kuliner di sepanjang jalan. Tak perlu khawatir dengan harga makanan di tempat ini lumayan terjangkau dan untuk urusan parkir, tersedia tempat parkir yang luas, kok.

15. Surabaya North Quay

static.prindonesia.co.id

Warga Jakarta pasti iri dengan warga Surabaya yang punya tempat kekinian sambil melihat kapal pesiar lalu lalang. Apalagi dermaga ini bukan dermaga sembarangan seperti layaknya jalur penyeberangan biasa. Berada di Surabaya North Quay seperti berada di sebuah Circular Quay Sydney. Surabaya North Quay bukan hanya tempat ngabuburit paling hits di Surabaya, tapi juga tempat kumpul bareng keluarga karena sudah punya fasilitas liburan keluarga yang lengkap, mulai dari tempat makan, galeri foto hingga hiburan live music setiap akhir pekan.

16. Hutan Bakau Wonorejo

jejakbocah.com

Jika ingin ngabuburit dengan suasana alam yang asri, kamu bisa mlipir ke Hutan Bakau Wonorejo. Kamu bisa menikmati suara burung endemik khas hutan bakau atau berfoto sambil menunggu mentari terbenam di ufuk barat. Tentunya ngabuburit di Hutan Bakau Wonorejo ini akan menjadi pengalaman baru yang cukup seru dan sayang untuk kamu lewatkan.

Ada banyak tempat ngabuburit di Surabaya yang bisa kamu kunjungi disaat bulan Ramadhan. Kira-kira dari 16 tempat ngabuburit di atas yang mana nih yang sudah pernah kamu kunjungi? Semoga saja informasi yang Mamikos bagikan di atas bisa berguna ya untuk kalian! Oh iya, jika ada keluarga atau rekan kamu yang sedang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa untuk menyarakan mereka download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos ini kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: