Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Indah dan Hits

10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Indah dan Hits

Posted in: Tempat Wisata

10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Indah dan Hits — Sukabumi adalah sebuah Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan. Malahan bisa dibilang masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan yang dimiliki oleh kota yang mendapat julukan punya kulkas sebesar.

Apalagi memang Sukabumi memiliki banyak sekali tempat wisata yang keren, mulai dari pantai, situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan saraf penglihatan dan harus segera kamu jelajahi satu persatu.

Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi, Indah dan Hits

Di artikel Mamikos ini ada berbagai informasi yang bisa kamu peroleh diantaranya adalah tempat wisata alam di Sukabumi, paket wisata Sukabumi, wisata Sukabumi ujung genteng, tempat wisata di baros Sukabumi hingga tempat wisata Sukabumi populer dan bagus, bisa kamu temukan di blog Mamikos.

Sudah tidak sabar dengan informasi 10 tempat wisata dekat stasiun Sukabumi yang indah dan hits tersebut? Kamu bisa langsung saja simak penjelasannya di daftar yang sudah Mamikos rangkum sebagai berikut:

Daftar Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Cantik dan Keren

1. Camping Ground Batu Tapak

Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Indah dan Hits
yoexplore.co.id

Batu Tapak adalah sebuah bumi perkemahan yang lokasinya ada di area hutan bukit Cangkuang di desa Cidahu. Batu Tapak terletak di bawah Gunung Salak. Jika kamu ke sana, maka kamu akan menemui 7 air terjun alami dan bukit kawah ratu.

Lalu apa sih yang menarik dari tempat ini sampai masuk dalam rekomendasi Mamikos dari daftar tempat wisata dekat stasiun Sukabumi yang indah dan hits tersebut.

Jadi di sini, selain kamu bisa berkemah, kamu juga bisa mencoba melakukan aktivitas alam lainnya seperti paintball, flying fox, spider, web, dan lain-lain. Meskipun tempat untuk berkemah, namun ada kafetaria yang menyediakan makanan selama 24 jam juga lho di sana. Seru, kan?!

  • Alamat: Jl. Raya Cangkuang KM. 12, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat 43358
  • Koordinat GPS, Klik: Camping Ground Batu Tapak di Peta
  • HTM: Rp. 20.000/orang*(belum termasuk perlengkapan kemah)
  • Jam Operasional: buka 24 jam
  • Telepon: 0877-8072-5576
  • Rute menuju ke Camping Ground Batu Tapak dari Bogor: Jl. Taman Malabar – Jl. Rumah Sakit I – Jl. Padjadjaran – Jl. Tol Jagorawi – Ikuti jalur Puncak – Jl. Tangkil-Agrabinta – Jl. Bangbayang – Jl. Babakan Jampang – Jl. Cibalagung – Jl. Raya Cidahu – Camping Ground Batu Tapak

2. Goa Buniayu

Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Indah dan Hits
ik.imagekit.io

Goa Buniayu masuk dalam daftar rekomendasi Mamikos dari tempat wisata dekat stasiun Sukabumi yang indah dan hits selanjutnya. Goa satu ini berada di perut bumi. Jika kamu hendak ke sana, memang sedikit memerlukan sebuah perjuangan serta perlengkapan keselamatan yang komplet.

Kamu terlebih dahulu harus harus melewati anak tangga yang menurun dan penuh kelelawar. Namu di dalam goa, kamu bisa melihat keindahan ornamen-ornamen yang terbentuk secara alami. Bagi kamu yang suka berpetualangan sangat cocok untuk datang ke tempat ini saat bertandang ke Sukabumi.

  • Alamat: Cipicung, Kertaangsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat 43187
  • Koordinat GPS, Klik: Goa Buniayu di Peta
  • HTM: Rp. 15.000-85.000/orang*
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: (0266) 6254881
  • Rute menuju ke Goa Buniayu dari Bogor: Jl. Taman Malabar – Jl. Rumah Sakit I – Jl. Padjadjaran – Jl. Tol Jagorawi – Ikuti jalur Puncak – Jl. Tangkil-Agrabinta – Jl. Nasional III – Jl. Pelabuhan II – Jl. Kebon Jati – Jl. Gunung Guha – Jl. Suka Maju-Tanjung Sari – Jl. Nagrag Dua – Goa Buniayu

3. Ciletuh Geopark

travelspromo.com

Ciletuh Geopark adalah sebuah tempat wisata dekat stasiun Sukabumi yang indah dan hits berupa laut, sawah, ladang, air terjun dari gunung, dan hutan. Kamu sebagai wisatawan yang berkunjung ke sana dapat langsung menikmati 6 titik wisata, yaitu Curug Sodong, Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Panenjoan, dan Curug Awang.

Jadi kamu nantinya akan diajak ke tempat-tempat wisata alam yang berdekatan dalam satu kawasan. Menyenangkan bukan?

  • Alamat: Ciwaru, Ciemas, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177
  • Koordinat GPS, Klik: Ciletuh Geopark di Peta
  • HTM: Rp. -/orang* (tiket berbeda setiap titik wisata)
  • Telepon: 0816-1140-300
  • Rute menuju ke Ciletuh Geopark dari Kota Sukabumi: Jl. Tipar – Jl. Pelabuhan I/II – Jl. Nasional III – Jl. Pelabuhan Ratu – Waluran-Malereang – Tamanjaya-Ciletuh – Jl. Cibogo 1 – Jl. Cigaok 2- Jl. Cipeucang – Jl. Cidahon Girang – Jl. Babakan Jati – Jl. Taman Jaya Ciwaru – Jl. Penggerebekan – Jl. Ciwaru-Palangpang –Jl. Cimarinjung – Ciletuh Geopark

4. Pantai Citepus

Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Indah dan Hits
mantai.id

Pantai Citepus menjadi rekomendasi Mamikos berikutnya dalam daftar tempat wisata dekat stasiun Sukabumi yang indah dan hits. Pantai satu ini ada di kawasan Pelabuhan Ratu yang pastinya sangat mudah diakses sebab berada d tepi jalan raya.

Pasir pantai memiliki tekstur sedikit keras dengan ombak yang cukup besar. Namun kamu masih bisa bermain air, namun hanya di wilayah tertentu saja. Di sekitar pantai terdapat beberapa rumah makan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengisi energi saat menepi dan lupa membawa bekal. Ada hotel, pondok penginapan, atau guest house dengan tarif yang cukup murah di tawarkan di sini.

  • Alamat: Citepus, Palabuhanratu, Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat
  • Koordinat GPS, Klik: Pantai Citepus di Peta
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Rute menuju ke Pantai Citepus dari Bogor: Jl. Taman Malabar – Jl. Rumah Sakit I – Jl. Padjadjaran – Jl. Tol Jagorawi – Ikuti jalur Puncak – Jl. Tangkil-Agrabinta – Jl. Pamuruyan-Leuweung – Jl. Leuweung Datar – Jl. Raya Cikidang – Jl. Buniwangi – Jl. Kiaralawang – Jl. Bhayangkara – Jl. Nasional III – Pantai Citepus

5. Masjid Agung Kota Sukabumi

Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Indah dan Hits
http://irman-musafir-sufi.blogspot.com

Masjid satu ini letaknya sangat strategis sebab dekat dengan Jalan Ahmad Yani dan Odeon. Tempatnya cukup luas, fasilitas toilet yang bersih dan terawat serta tempat sholatnya juga bersih.

Bisa dikatakan masjid Agung ini salah satu kebanggaan warga Sukabumi. Di sekitar masjid banyak jajanan atau tempat makan sebab lokasi masjid memang berada di samping Alun-Alun Sukabumi.

  • Alamat: Jl. Alun – Alun Utara, Cikole, Gunungparang, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43111
  • Koordinat GPS, Klik: Masjid Agung Kota Sukabumi di Peta
  • Rute menuju ke Masjid Agung Kota Sukabumi dari Bogor: Naik Kereta Api Siliwangi 116 Cianjur dari Stasiun Bogor ke Sukabumi. Setelah sampai di Sukabumi jalan sekitar 12 menit melalui rute Jl. St. Barat – Jl. Kapten Harun Kabir – Jl. Nasional III – Jl. Perintis Kemerdekaan – Jl. Alun-Alun Utara – Jl. Masjid – Masjid Agung Kota Sukabumi

6. Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Indah dan Hits
google.com

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa berada di Loji tepatnya Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Sukabumi, Jawa Barat. Vihara satu ini bisa dikatakan adalah tempat ibadah yang unik. Vihara ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, namun juga menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan yang singgah di Sukabumi.

Letaknya yang diatas bukit, menjadikan vihara ini memiliki pemandangan laut yang eksotis dan memikat. Hanya berjarak sekitar 25 km saja dari Pelabuhan Ratu dan 80 km dari Kota Sukabumi, Vihara yang memiliki nama lain Kuil Dewi Kwan Im dan Vihara Loji ini dibangun atas prakarsa warga Thailand yang bernama Anothai Kamonwathin.

Saat kamu memasuki gerbang vihara, kamu akan langsung menjumpai patung naga berkepala tujuh dengan ekornya yang memanjang ke atas. Ukiran naga ini memiliki ciri khas warna emas dengan gaya ukiran Thailand yang unik. Saat masuk lebih dalam, kamu akan menaiki tangga yang jumlahnya mencapai 500 anak tangga.

Pada tiap tingkatan, ada patung-patung Dewi Bumi dan Buddha Julai. Semakin ke atas, kamu akan menemukan lagi altar yang dihiasi dengan patung-patung Dewa dan Dewi. Pada altar utama terdapat patung Sun Go Kong dan sang guru. Dari altar ini pemandangan laut sudah bisa kamu lihat. Birunya laut menjadi sajian cantik untuk dipandangi.

Vihara ini juga memiliki altar yang tidak biasa. Jika umumnya vihara akan memajang patung Dewa dan Dewi, di sini terdapat altar Semar, altar Prabu Siliwangi, dan yang paling unik adalah altar khusus bagi Nyi Roro Kidul. Altar Nyi Roro Kidul dibuat khusus dalam sebuah bangunan kayu yang menyerupai rumah.

  • Alamat: Kertajaya, Simpenan, Sukabumi, Jawa Barat, 43361
  • Koordinat GPS, Klik: Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa di Peta
  • HTM: Rp 2.000/orang*
  • Rute menuju ke Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa dari Bogor: Jl. Taman Malabar – Jl. Rumah Sakit I – Jl. Padjadjaran – Jl. Tol Jagorawi – Ikuti jalur Puncak – Jl. Tangkil-Agrabinta – Jl. Pamuruyan-Leuweung – Jl. Leuweung Datar – Jl. Raya Cikidang – Jl. Buniwangi – Jl. Kiaralawang – Jl. Bhayangkara – Jl. Jend. A. Yani – Jl. Batu Sapi – Jl. Nasional III – Jl. Raya Cipatuguran – Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

7. Situ Sukarame

Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi yang Indah dan Hits
google.com

Situ Sukarame lokasinya tepat di kaki Gunung Salak. Apabila kamu ingin menikmati danau dan ingin mengitari danau, maka di sekitar danau tersebut banyak menyewakan rakit yang memuat sampai 30 orang dan hanya dipungut biaya sebesar Rp 2000,- saja per orang. Murah sekali bukan.

Oleh karenanya Mamikos memasukkan Situ Sukarame pada rekomendasi tempat wisata dekat stasiun Sukabumi yang indah dan hits. Situ Sukarame juga sangat cocok bagi kamu yang ingin mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Sebab kawasan ini sangat sejuk dan menarik untuk dikunjungi. Danau Sukarame memang bukan sebuah danau alami. Namun sebuah danau buatan yang dibuat pada masa Pemerintahan Belanda saat masih menguasai wilayah tersebut.

  • Alamat: Parakansalak, Parakansalak, Sukabumi, Jawa Barat 43355
  • Koordinat GPS, Klik: Situ Sukarame di Peta
  • Telepon: 0852-1939-5522
  • Rute menuju ke Situ Sukarame dari Bogor: Jl. Taman Malabar – Jl. Rumah Sakit I – Jl. Padjadjaran – Jl. Tol Jagorawi – Jl. Tangkil-Agrabinta – Jl. Raya Cidahu – Parakansalak-Bojong Pari – Jl. Sukarame – Situ Sukarame

8. SantaSea Waterpark Sukabumi

Warga Sukabumi mana yang tidak kenal dengan rekomendasi tempat wisata dekat stasiun Sukabumi yang indah dan hits Mamikos kali ini. Sebab destinasi wisata air ini digadang-gadang sebagai tempat renang terbesar di kota ini.

Dengan fasilitas dan wahana yang lengkap, tidak heran jika tempat rekreasi satu ini selalu dipadati pengunjung. Terlebih di waktu libur, maka wisatawan dalam dan luar kota akan ramai mengunjungi taman wisata air ini.

Berbagai wahana permainan air bisa kamu coba di area water park seluas tidak kurang dari 2,5 hektar ini. Mulai dari kolam yang didesain khusus anak-anak. Sampai kolam dan seluncuran yang didesain untuk orang dewasa.

  • Alamat: Jl. Pramuka, Gedongpanjang, Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43144
  • Koordinat GPS, Klik: SantaSea Waterpark Sukabumi di Peta
  • HTM: Rp. 40.000/orang, weekend Rp. 80.000/orang*
  • Jam Operasional: 10.00 – 17.00
  • Telepon: 0877-2270-9190
  • Rute menuju ke SantaSea Waterpark Sukabumi dari Sukabumi: Jl. Tipar – Jl. Pelabuhan I/II – Jl. Pramuka – Santasea Waterpark Sukabumi

9. Konservasi Elang Jawa (MEG Bartels)

Berikutnya dari daftar tempat wisata dekat stasiun Sukabumi rekomendasi Mamikos ada konservasi Elang Jawa. Saat ini popularitas Elang Jawa(Spizaetus bartelsi) memang hampir sejajar dengan Badak Jawa, Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera dan Orangutan.

Popularitas tersebut telah menobatkan Elang Jawa sebagai satwa nasional sejak tahun 1993. Namun jika kamu bertanya siapakah penemu Elang Jawa? Secara tepatnya, sangat sedikit sekali yang tahu. Bartels sendiri adalah nama (keluarga) dari penemu Elang Jawa yang rupanya telah menemukan juga 21 spesies hewan lainnya.

Diantaranya adalah burung, kelelawar, dan tikus, 7 diantaranya masuk dalam Red List IUCN, serta 2 genus tikus-tikusan. Kabarnya MEG Bartels memang gemar mengoleksi spesimen satwa yang kini berada di National Museum of Natural History (NMNH) Leiden. Jadi apabila kamu mampir atau sedang berlibur ke Sukabumi, maka jangan lupa untuk datang ke Konservasi Elang Jawa ini.

  • Alamat: Jl. Ciparay, Cikahuripan, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat 43153
  • Koordinat GPS, Klik: Konservasi Elang Jawa di Peta
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00
  • Telepon: 0852-1630-0201
  • Rute menuju ke Konservasi Elang Jawa dari Kota Sukabumi: Jl. Tipar – Jl. Otista Sukabumi – Jl. Nasional III – Jl. Cagak-Cibaraja – Jl. Selajambe – Jl. Kutasirna – Jl. Pasir Angin – Jl. Citamiang-Pasir Datar – Jl. Gunung Jati 1 – Jl. Ciparay – Konservasi Elang Jawa

10. Danau Bacan

informasikawasan.com

Danau ini sebenarnya adalah lubang bekas galian tambang yang kemudian terisi oleh air hujan. Batuan hijau yang membentuk dasar danau ini menjadikan air danau jadi terlihat berwarna kehijauan.

Meskipun ukurannya relatif kecil, namun warna hijau air inilah yang membuat tempat ini menarik bagi para pemburu foto terutama pelancong yang kebetulan sedang mampir ke Sukabumi.

Selain air danau, bebatuan yang mengelilingi danau juga cukup menarik. Penampakan batuan yang dipadukan dengan hijaunya air danau menjadikan pemandangan di sini sangat layak untuk masuk dalam feeds Instagram kamu.

Namun, Mamikos ingatkan juga agar kamu tetap berhati-hati agar tidak terpeleset dan jatuh ke dalam danau.

  • Alamat: Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
  • Harga Tiket Masuk: Gratis hanya dikenakan biaya parkir saja untuk mobil Rp 5.000,- dan Rp 2.000,- untuk motor.
  • Rute menuju ke Danau Bacan: Dari Cibadak belok kanan ke arah Pelabuhan Ratu. Lurus terus sejauh 3 km hingga Jembatan Bojong. Setelahnya kamu akan bertemu tanjakan, belok kiri, lalu lurus melewati pintu masuk PT. GSI. Ikuti saja jalan perkampungan tersebut hingga kamu bertemu belokan Jalan Raya, lokasinya tidak jauh dari sana.

Jadi, dengan demikian usai sudah rekomendasi tempat wisata dekat stasiun Sukabumi yang indah dan hits versi Mamikos ini. Semoga apa yang telah Mamikos sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk menambah referensi hiburan kamu. Terimakasih sudah membaca artikel Mamikos.

Jangan lupa untuk terus mengakses aplikasi cari kost Mamikos yang berguna untuk membantu kamu memperoleh info hunian kost-kostan. Unduh aplikasinya secara gratis di appstore dan playstore sekarang.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: