9 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Lagi Hits & Instagramable Dilengkapi Alamat Lokasinya

9 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Lagi Hits & Instagramable Dilengkapi Alamat Lokasinya – Tasikmalaya merupakan salah satu kota yang termasuk dalam wilayah provinsi Jawa Barat. Kota Tasik juga kerap kali disebut dengan nama Sang Mutiara dari Priangan Timur.

Sebagai sebuah kota yang berada di jalur utama selatan Pulau Jawa, Tasikmalaya memiliki berbagai magnet yang menarik.

Salah satu magnet yang dimaksudkan itu adalah tempat wisata. Di mana, Tasikmalaya memiliki banyak tempat-tempat wisata yang kekinian, menarik, dan juga dapat dijadikan sebagai referensi kala libur datang.

Daftar Tempat Wisata di Tasikmalaya

reservasiku.com

Apabila berkunjung ke Tasikmalaya, maka akan sayang sekali bila kamu tidak mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sana. Berbagai jenis tempat wisata ditawarkan pada kota ini, mulai dari taman sederhana hingga situ. 

Apakah kamu ada rencana untuk bertandang ke lokasi wisata Tasikmalaya? Nah, pastikan sebelumnya kamu telah menyimak artikel ini sampai habis agar bisa mengunjungi berbagai tempat wisata hits di sana. 

1. Taman Wisata Karangresik

travelspromo.com

Pada daftar pertama ini ada sebuah taman yang menghadirkan replika dari sejumlah negara. Taman itu bernama Taman Wisata Karangresik.

Jika kamu berkunjung ke taman tersebut, maka ada banyak sekali wahana dan juga spot menarik yang bisa dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah bentuk bangunan dari negara Korea, Belanda, Jepang, dan India.

Apabila kamu yang memiliki niat untuk berwisata sambil belajar, maka Taman Wisata Karangresik menjadi jawaban yang tepat. Kamu bisa membawa keluarga untuk melakukan wisata alam, ekowisata, dan juga eduwisata di tempat ini.

  • Lokasi: Jalan Mohamad Hatta, Sukamanah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Waktu operasional: Hari Senin sampai dengan Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Kontak: 0813-1179-3179

2. Wisata Alam Cireong Park

travel.detik.com

Teruntuk kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, Wisata Alam Cireong Park dapat menjadi tepat untuk kamu sekeluarga. Dengan mengusung konsep sebagai objek wisata alam, tempat ini juga dipadukan dengan wisata kuliner di dalamnya.

Lokasi wisata yang satu ini memiliki sungai kecil berbatu yang dialiri oleh air jernih dan melintas di sepanjang kawasan wisata. Dengan begitu, suasana Cireong Park pun semakin hidup dan alami.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan banyak konten foto maupun video di tempat ini. Sebab, ada berbagai area yang dapat dijelajahi oleh pengunjung, seperti kolam renang dan kafe dengan nuansa aesthetic.

  • Lokasi: Sukaresik, Sindangkasih, Sukaresik, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
  • Waktu operasional: Setiap hari kecuali Jumat, pukul 07.00 – 17.00 WIB
  • Kontak: –

3. Curug Gado Bangkong

djavatoday.com

Curug Gado Bangkok menjadi tempat yang cocok untuk kamu yang membutuhkan suasana nyaman dan tenang yang indah, asri, dan juga sejuk.

Tidak seperti akses ke area curug lainnya yang harus melalui medan sulit, tetapi untuk yang satu ini bisa dilalui dengan mudah. Terlebih bila kamu menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan.

Selain itu, untuk kamu pencinta sepeda, bisa banget menjadikan tempat ini sebagai tujuan olahraga sambil cuci mata.

  • Lokasi: Santana Mekar, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Waktu operasional: Hari Senin sampai dengan Minggu, pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • Kontak: –

4. Grand Sayang Kaak

nativeindonesia.com

Mencari tempat wisata kekinian dan instagramable bukan hal yang sulit di Tasikmalaya. Kamu bisa langsung saja datang ke tempat ini, yaitu Grand Sayang Kaak.

Pada dasarnya, tempat tersebut merupakan area rekreasi yang terletak di puncak bukit dengan keunikan dek obeservasi yang berlantaikan kaca. Selain itu, kamu pun akan menemui pemandangan alam yang khas dilengkapu dengan suasana asri dan sejuk.

  • Lokasi: Cikatomas, Handapherang, Cijeungjing, Ciamis Regency, Jawa Barat 46271
  • Waktu operasional: Hari Senin sampai dengan Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp5.000 per orang

5. Bukit Panyangrayan

google.com.my

Bukit Panyangrayan merupakan salah satu bukti bahwa Tasikmalaya kaya akan pemandangan alamnya. Tempat ini cocok sekali dikunjungi oleh kamu yang mengalami penat setelah beraktivitas sehari-hari di kota.

Salah satu keistimewaan dari tempat ini adalah jam operasionalnya yang 24 jam. Jadi, kamu bisa menikmati matahari terbit maupun terbenam dari tempat ini.

Selain itu, rekomendasi waktu yang dianjurkan untuk mendatangi Bukit Panyangrayan adalah kala pagi dan sore hari. Usahakan jangan datang saat siang ya, karena panasnya akan langsung terkena tubuh kita dan udara pun kurang sejuk.

Lokasi: Kp.Pramuka Sadaukir kapunduhan barumekar, Sukapura, Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46183

  • Waktu operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kontak: 0812-2004-3154

6. Alun-Alun Kota Tasikmalaya

jabar.tribunnews.com

Tepat yang satu ini mungkin memang sudah tidak asing, tetapi apa salahnya kita memasukkan dalam daftar ini. Sebab, tidak hanya berlokasi di titik yang strategis dan juga lingkungannya yang bersih dan sejuk. Kini, Alun-Alun Kota Tasikmalaya mempunyai banyak spot-spot foto yang menarik.

Kemudian, tidak hanya bisa dijadikan tempat untuk bersantai dan membuat konten untuk media sosial, Alun-Alun Kota Tasikmalaya juga memfasilitasi pengunjungnya untuk berolahraga. Contohnya dengan tersedianya area untuk berlari.

  • Lokasi: Empangsari, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat 46113
  • Waktu operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kontak: –

7. Situ Sanghiang

ayobandung.com

Saat ini berbagai tempat bisa dijadikan sebuah tempat berwisata yang menarik dan juga apik. Salah satu contohnya adalah Situ Sanghiang.

Situ sanghiang merupakan objek wisata danau yang memiliki cerita legenda dalam asal-usul pembentukannya. Ada sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati saat berkunjung ke sini, seperti area parkir luas, toilet bersih, papan edukasi, dan danau yang dilengkapi dengan pemandangan indah.

  • Lokasi: Jalan Raya Cibalanarik Cilolohan, Cibalanarik, Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46183
  • Waktu operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kontak:

8. Pasir Pattaya

timesindonesia.co.id

Pasir Pattaya adalah sebuah tempat rekreasi yang kental dengan nuansa persawahan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berenang dan bermain-main dengan berbagai fasilitas yang disediakan di sana.

Hewan peliharaan seperti kambing dan kelinci pun dapat menjadi sarana edukasi untuk kamu yang hendak membawa anak-anak. Lalu, jangan mengkhawatirkan soal makanan bila mau bertandang ke tempat ini. Sebab, ada banyak kedai makanan yang menawarkan aneka makanan lezat.

  • Lokasi: Ciakar, Kec. Cibeureum, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat 46196
  • Waktu operasional: Hari Senin sampai dengan Minggu, pukul 07.00 – 16.00
  • Kontak: 0822-1611-0011

9. Bukit Garuda Ngupuk

potensibisnis.pikiran-rakyat.com

Satu lagi tempat hits yang memiliki pemandangan apik dan cocok untuk menghiasi konten media sosial kamu, yakni Bukit Garuda Ngupuk. Tempat ini menjadi wajib dikunjungi bila kamu bepergian bersama orang terdekat.

Tidak hanya itu, suasananya yang sejuk cocok sekali untuk dijadikan tempat bersantai atau ngopi sambil bercengkrama.

  • Lokasi: Tarunajaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Waktu operasional: Hari Senin sampai dengan Minggu, pukul 07.00 – 23.00 WIB
  • Kontak: 0821-1983-5677

Nah, itu tadi informasi seputar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi sebagai masyarakat Tasikmalaya atau sekadar sedang singgah di kota tersebut. Namun, tetap harus ingat ya bahwa pandemic Covid-19 belum berakhir. Kamu tetap harus tertib menerapkan protokol kesehatan demi dirimu sendiri dan juga orang-orang di sekitar.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah