Pendaftar Lowongan CPNS Jutaan! Ternyata Ini yang Membuat Semua Orang Ingin Jadi PNS

Posted on Posted in Lowongan Kerja Terbaru

Alasan semua orang ingin jadi PNS– Bukan rahasia umum lagi jika di Indonesia hampir semua orang ingin jadi PNS. Hal ini terbukti baru-baru ini, beberapa kementrian membuka lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan pendaftarnya ternyata mencapai jutaan orang. Ya, jutaan. Contohnya saja lowongan CPNS untuk Kemenkumham beberapa saat yang lalu. Pendaftar yang terdata total sebanyak 1.116.138 orang. Padahal, formasi yang dibutuhkan hanya ratusan saja.

Pendaftar yang mencapai jumlah jutaan itu diprediksi bukan apa-apa jika dibandingkan dengan pendaftar lowongan CPNS 2017 Gelombang II yang mulai dibuka bulan September ini. Dengan jumlah formasi yang lebih banyak, tentu peserta yang mendaftar akan jauh di atas angka satu jutaan saja. Mengapa hal ini bisa terjadi? Mengapa bekerja sebagai PNS memang masih menjadi idaman banyak orang. Jika ditelaah, mungkin 5 hal di bawah inilah yang membuat semua orang ingin jadi PNS.

  1. Mendapat Kepastian

Kerja di perusahaan-perusahaan swasta jaman sekarang memang susah untuk mendapatkan kepastian. Jika bukan perusahaan yang benar-benar bonafit, pasti karyawannya masih pusing mikirin kontrak kerja atau ancaman pemutusan kontrak alias PHK yang sewaktu-waktu bisa datang. Ini yang membuat nasib tenaga kerja Indonesia kurang baik. Jangankan mikirin gaji atau tunjangan, kontrak kerja yang belum jelas tadi itu saja sudah bikin pusing. Iya, kan? Inilah yang bikin pekerjaan sebagai PNS masih dipandang sebagai pekerjaan idaman. Jadi PNS menawarkan kepastian. Gak ada kontrak-kontrakan yang bisa bikin seseorang kehilangan pekerjaan sewaktu-waktu. Di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang belum stabil, sepertinya memiliki pekerjaan yang setidaknya “pasti” seperti jadi PNS adalah hal yang cukup menggiurkan.

 

  1. Gaji Gede + Tunjangan Gede = Sejahtera
Baca juga :  17 Info Lowongan Kerja Jakarta Barat SMA/D3/S1 Terbaru 2018

Di tengah gonjang-ganjing soal UMR yang bikin banyak pekerja ngelus dada, kerja jadi PNS udah gak perlu lagi bingung soal gaji. Gaji dan tunjangan yang diterima PNS kalau ditotal udah jauh di atas UMR tiap-tiap daerah. Selain menerima gaji pokok, PNS juga menerima banyak tunjangan setiap bulannya. Konon jumlah tunjangan-tunjangan ini kalau digabungkan malah bisa lebih besar dibanding gaji pokok. Makanya, soal kesejahteraan kayaknya udah gak perlu lagi diragukan kalau kamu jadi PNS.

 

  1. Kesempatan Melanjutkan Pendidikan Terbuka Lebar

Salah satu kelebihan dari bekerja sebagai PNS adalah mendapatkan kesempatan untuk bisa kuliah lagi. Banyak PNS di Indonesia yang diberi kesempatan sekolah gratis, entah melanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar Master atau bahkan Doktoral. Enaknya lagi, program melanjutkan pendidikan bagi PNS seperti ini kebanyakan gratis karena ada banyak beasiswa dari instansi pemerintah atau lembaga donor. Kuliahnya gak cuma di dalam negeri lho. Banyak PNS yang diberi kesempatan melanjutkan kuliah atau sekolah lagi di universitas-universitas luar negeri. Kurang enak apa tuh? Makanya, hal ini membuat semua orang ingin jadi PNS.

Baca Juga:

Penting!! 8 Hal yang Wajib Diketahui Tentang Lowongan CPNS 2017 Gelombang II

Info Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementrian Luar Negeri Tahun 2017
Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017

  1. Masa Tua Terjamin

Memang sih, sekarang ini udah ada banyak jaminan pensiun yang diberikan oleh perusahaan swasta. Tapi tetep aja jaminan pensiun yang paling wahid adalah yang diberikan pada PNS. Kerja jadi PNS pensiunya terbilang lebih lama dibandingkan pekerja di perusahaan swasta. Apalagi PNS dengan jabatan dosen atau ahli, umur 65 mungkin baru pensiun. Karenanya, jumlah uang pensiun yang terima di masa tua jumlahnya juga gak main-main. Cukup lah kalau hanya untuk menjamin hidup tenang (secara finansial) di masa tua. Inilah mengapa pekerjaan sebagai PNS sangat didewakan. Pas kerja sejahtera, pas udah gak kerja pun masih sejahtera. Udah gak usah heran lagi kalau setiap ada bukaan CPNS yang daftar bisa mencapai angka jutaan.

  1. Pandangan Konservatif dari Orang Tua
Baca juga :  17 Info Lowongan Kerja Malang SMA/D3/S1 Terbaru 2018

Orang tua mana sih yang gak kepengen lihat anaknya sukses? Nah, kalau di Indonesia, kebanyakan orang tua menganggap PNS adalah pekerjaan yang terhormat, mapan, dan gak madesu pokoknya. Coba deh kamu tanya orang tuamu, kepengen kamu kerja apa nanti setelah lulus kuliah. Yakin deh jawabannya gak jauh-jauh dari PNS. Orang tua pasti juga bangga dong kalau ada tetangga atau saudara yang tanya “Sekarang anaknya kerja jadi apa, buk?” dan ortumu bisa jawab “Kerja jadi PNS, buk”. Pandangan konservatif dari orang tua soal “wah” nya bekerja sebagai PNS inilah yang membuat semua orang ingin jadi PNS.

Nah, kalau hal-hal yang ditulis di atas tadi bikin kamu bercita-cita jadi PNS, kamu harus mulai berjuang dari sekarang nih. Mumpung tahun 2017 ada bukaan lowongan CPNS. Saingan kamu pada saat seleksi CPNS nanti bukan hanya ribuan, ya. Tapi bisa sampai jutaan. Makanya, persiapkan diri baik-baik deh. Dimulai dari mempersiapkan semua dokumen hingga mempelajari soal-soal test CPNS. Yah pokoknya repot di depan gak papa lah. Tapi nanti kamu kan tau sendiri, banyak keuntungan yang bakal kamu dapatkan sekalinya kamu jadi PNS. Goodluck gaes!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Baca juga :  Penting!! 8 Hal yang Wajib Diketahui Tentang Lowongan CPNS 2017 Gelombang II

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

[sg_popup id=”8″ event=”onload”][/sg_popup]