Wajib Baca!! 7 Tips Lancar Seleksi CPNS 2019

 Posted on Jumat, September 8th, 2017  Posted in CPNS  Mamikos

Tips Lancar Seleksi CPNS 2019 -Pendaftaran seleksi ASN 2019, yakni CPNS 2019 dan P3K/PPPK 2019 akan segera dibuka. Kepala BKN Bima Haria Wibisana memprediksi jumlah peserta seleksi CPNS 2019 dan PPPK/P3K 2019 ini akan mencapai 5,5 juta orang.

Total kebutuhan ASN nasional 2019 sejumlah 254.173 formasi yang mencakup 100.000 formasi CPNS 2019 dan 100.000 formasi PPPK/P3K 2019 tahap kedua, dan sisanya sudah dilaksanakan pada seleksi PPPK/P3K 2019 tahap pertama. Sebanyak 108 lokasi di seluruh Indonesia dapat dimanfaatkan melalui fasilitas yang disediakan BKN dan bekerja sama dengan sejumlah instansi pusat dan daerah.

Jumlah ini tentu tidak cukup untuk pelaksanaan seleksi serentak sehingga beberapa opsi sedang disiapkan dengan kerja sama instansi di pusat dan daerah.

Bima Haria Wibisana mengatakan, rencananya pendaftaran CPNS dibuka pada bulan Oktober 2019 mendatang. Namun demikian, kata Bima, perekrutan CPNS pada tahun ini masih menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo. Jika kamu menjadi salah satu penjuang karir yang berminat dengan CPNS ini, ada baiknya lakukan tips-tips agar proses seleksi berjalan dengan lancar.

Passing Grade CPNS 2018

1. Teliti Membaca Peraturan dan Persyaratan

Tahapan seleksi pertama kali yaitu login melalui portal pendaftaran dan jangan lupa siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Jangan pernah malas untuk membaca ketentuan yang bisa diakses di portal resmi penyedia Informasi Lowongan CPNS 2019. Pahami setiap poin karena budaya “malas membaca dan banyak bertanya” kerap menjadi masalah dalam keseharian kita.

2. Siapkah Jauh-Jauh Hari Berkas dan Surat-Surat Penting

Jangan pernah membiasakan “apa-apa mendadak”. Jika memang berniat melamar CPNS, segera siapkan berkas yang menjadi persyaratan pendaftarakn ke lembaga-lembaga yang bersangkutan. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk menyiapkan berkas, karena yang melamar CPNS bukan kamu saja. Misalnya untuk mencari surat keterangan berkelakukan baik atau surat-surat lain, waktu yang dibutuhkan bisa sampai 1 atau 2 hari dengan demikian waktu akan mubazir.

Selain surat-surat keterangan, dokumen persyaratan lain yang disiapkan seperti legalisir ijazah, akta kelahiran dll. Jangan pernah menyepelekan berkas-berkas seperti ini. Siapkan jauh-jauh hari sebelum mepet deadline. Banyak pendaftar yang tidak lolos administrasi hanya karena berkas kurang lengkap meskipun satu saja.

3. Usahakan Kembali Mempelajari Pelajaran Semasa Sekolah.

Ilmu yang didapat saat berada di bangku sekolah jangan anggap tidak penting. Kamu harus mempelajari kembali pelajaran saat sekolah karena kerap muncul pada tes kemampuan dasar seperti matematika dasar, undang-undang negara, hingga sejarah.

Bimbingan belajar khusus untuk menguasai ujian CPNS juga ada lho, mungkin Kamu bisa bergabung dengan lembaga-lembaga demi mengasah kemampuanmu apalagi jika malas belajar sendiri di rumah, cara ini bisa dilakukan.

4. Kerjakan dengan Jujur dan Ikuti Kata Hati saat Tes Psikologi

Jangan pernah mengarang soal tes Psikotes, justru kamu tidak boleh terlalu lama memikirkan jawaban dan mengarangnya. Soal Psikotes sudah dibuat sedemikian rupa agar mudah dibaca oleh ahlinya, bahkan jika kamu berusaha mengakalinya akan kelihatan dan pasti Kamu akan gugur. Lakukanlah dengan jujur dan konsisten sesuai dengan kepribadianmu.

5. Percaya Diri

Kamu harus percaya diri bahwa Kamu pantas diterima menjadi PNS apalagi saat proses wawancara. Percaya diri akan membantu kelancaran wawancara. Caranya, pelajari dengan seksama posisi dan mengenai kementrian yang akan kamu lamar. Jangan sampai kamu tidak menetahui mengenai lembaga tersebut atau mengaku mendaftar hanya karena ikut-ikutan perintah orang lain.

Lakukan dengan bahasa tubuh yang sopan, percaya diri tapi juga tidak angkuh. Berikanlah jawaban yang tegas, tepat sasaran dan tidak mengawang-awang.

6. Periksa Tempat Ujian Sehari Sebelum Pelaksanaan dan Datanglah Lebih Awal

Hal yang satu ini seringkali disepelakan oleh para calon peserta. Tidak sedikit peserta keteteran dan gagal mengikuti ujian hanya karena tidak mengetahui lokasi tes. Selain itu, saat hari H luangkan waktu lebih ekstra misalnya, ujian dimulai jam 9 berangkatlah jam 7 untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di jalan. Meskipun menunggu lebih lama, tapi akan merasa lebih tenang daripada telat mengikuti ujian.

7. Perhatikan Kesehatan

Jaga kesehatan dari sekarang. Hal terakhir ini juga sering disepelakan oleh para peserta. Banyak yang mengira kecerdasan dan prestasi akademis menentukan keberhasilan CPNS. Namun kemudian gagal saat ujian kesehatan karena tidak pernah menjalani hidup gaya sehat. Pastikan pola hidup yang benar, rutin olahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu. Tidak sedikit CPNS gagal pada tes kesehatan. Memiliki tubuh “ideal” belum tentu sehat. Periksalah kadar korestelor dan gula darah untuk berjaga-jaga.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost