5 Tips Menentukan Harga Sewa Kos yang Tepat

Posted in: Bisnis Kost Mitra Kos
Tagged: Tips Bisnis Kos

5 Tips Menentukan Harga Sewa Kos yang Tepat-Salah satu faktor penting saat berbisnis kos yang perlu diperhatikan, sebagai salah satu langkah untuk menghindari kerugian adalah dengan menentukan harga sewa yang tepat. Tidak asal dalam menentukan harga sewa, beberapa hal perlu dipertimbangkan sehingga nantinya kos Anda tidak terlalu mahal pun juga tidak terlalu murah, lantas dilirik oleh calon penyewa kos, dan tentunya kos Anda akan berkesempatan untuk bisa cepat penuh. Lantas apa saja yang harus dilakukan sebelum menentukan harga sewa kos? Berikut ini adalah tips menentukan harga sewa kos yang tepat yang bisa Anda simak. 

1. Hitung Semua Biaya 

Saat menentukan biaya sewa, Anda harus menghitung secara mendetail mulai dari pembangunan, pembiayaan pembelian furnitur, biaya perbaikan, biaya perawatan, gaji penjaga kos, satpam, pembantu kos bila ada, hingga tagihan listrik serta air. 

Pada umumnya keuntungan yang diperoleh dari menyewakan sebuah rumah kos berkisar antara 5 hingga 7 persen per tahun dari harga jual rumah kos tersebut.

2. Lihat Fasilitas yang Akan Ditawarkan

Perhatikan pula fasilitas yang akan Anda tawarkan di setiap kamar kos Anda nantinya. Seperti ukuran kamar, AC, kamar mandi, tempat tidur dan lain sebagainya. Hal ini sangat menentukan biaya tiap masing-masing kamar. Di satu rumah kos, mungkin saja tiap kamar harganya berbeda karena memiliki fasilitas yang berbeda-beda pula. 

3. Tentukan Jenis Masa Sewanya, Harian, Bulanan, atau Tahunan

Masa sewa, seperti harian, bulanan, atau tahunan, akan berpengaruh dengan rencana bisnis kos yang nanti akan Anda jalankan. Semakin lama masa sewa, maka semakin murah harga sewa kos tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengikat penyewa kos, sehingga mampu menghemat biaya promosi kos.

4. Lihat Lokasi Kos

Apabila Anda memiliki kos yang berada di lokasi strategis seperti di tepi jalan raya dan berada di dekat fasilitas umum baik itu kampus, atau rumah sakit, ataupun perkantoran, maka  harga sewanya akan lebih mahal dibanding harga sewa kos yang terletak di dalam gang sempit yang lokasinya jauh dari jalan raya atau tempat umum. Hal ini berkaitan erat dengan hukum permintaan dan penawaran. Semakin strategis lokasi kos, semakin banyak orang yang ingin menyewa kos tersebut.

5. Bandingkan dengan Harga Kos Lainnya di Lokasi Terdekat 

Sebelum akhirnya memutuskan untuk menyewa suatu kos, calon penyewa kos biasanya akan melakukan survei dengan membandingkan harga kos satu dengan yang lain.  Sehingga, jangan lupa untuk melakukan perbandingan antara harga sewa kos yang Anda tawarkan dengan harga sewa kos lain yang berada di lokasi yang serupa dan fasilitas yang sama, agar Anda bisa menentukan harga sewa yang tepat.

Setelah berhasil menentukan harga sewa yang tepat, saatnya untuk mulai memasarkan kos Anda. Anda bisa memasarkan kos Anda melalui Mamikos. Segera berlangganan Premium Mamikos agar Anda bisa menikmati banyak fitur menarik yang telah tersedia, sehingga Anda berkesempatan untuk meningkatkan okupansi di masa depan. Tunggu apa lagi? Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas kos Anda dengan menggunakan layanan dari Mamikos, ya!