10 Tips OSPEK Mahasiswa Baru Agar Berjalan Lancar

 Posted on Selasa, Juni 26th, 2018  Posted in Mahasiswa Baru, Seputar Mahasiswa  Mamikos

Tips OSPEK Mahasiswa Baru – Sebentar lagi momen tahun ajaran baru pun akan dimulai. Para siswa-siswi yang baru saja akan menginjakkan kaki di perguruan tinggi pun sudah menanti-nanti momen yang satu ini. Sebelum kamu mengikuti kegiatan belajar mengajar di jenjang perguruan tinggi, tentu kamu harus mengikuti kegiatan OSPEK terlebih dahulu. OSPEK itu apasih? Mungkin masih ada yang belum tahu maksud dan tujuan kegiatan yang satu ini. Perlu diketahui bahwa OSPEK ini sendiri merupakan singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus.[sg_popup id=”22″ event=”onload”][/sg_popup]

Kegiatan ospek ini sendiri merupakan kegiatan awal bagi seluruh mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta. Tujuan OSPEK ini diadakan sendiri adalah untuk membentuk watak setiap mahasiswa baru serta memperkenalkan kampus secara lebih dalam kepada seluruh mahasiswa baru pula.

Dulunya masa OSPEK, penuh beragam cerita seram soal perlakuan dari para senior. Hal itu tak jarang menimbulkan kecemasan bagi mahasiswa baru.

Sekarang kamu tak perlu khawatir, masa orientasi kampus kini sudah tak seseram masa lalu. Beberapa tahun belakangan ini, metode pelaksaan OSPEK sudah diubah dan pengawasan kampus pun lebih ketat. Sehingga ketika ditemukan adanya ancaman, pihak kampus pun tak segan untuk memberikan sanksi dikeluarkan dari kampus hingga pidana mengancam ke senior yang nekat melakukan kekerasan fisik atau perpeloncoan.

Nah supaya kamu kegiatan OSPEK kamu nantinya berjalan dengan lancar, berikut Mamikos berikan tips ospek mahasiswa baru yang bisa kamu terapkan.

10 Tips OSPEK Mahasiswa Baru Agar Berjalan Lancar

Tips OSPEK Mahasiswa Baru
Tips OSPEK Mahasiswa Baru

1. Jangan terlambat

Hal yang satu ini menjadi salah satu hal yang sangat wajib untuk dipatuhi oleh seluruh peserta OSPEK. Jika di jadwal OSPEK kampus kamu dimulai pukul 06.00, usahakan sebelum jam tersebut kamu sudah tiba di kampus ya! Apalagi jika kost Bandung murah, kost Jogja murah, kost Solo Surakarta murah kalian jauh dari kampus.

Hal ini dilakukan agar kamu nantinya tidak harus berurusan dengan kakak-kakak senior yang merupakan panitia ospek. Tak perlu mengeluh karna harus bangun lebih pagi, karena masa OSPEK ini sendiri hanya berlangsung selama seminggu saja kok.

2. Tunjukkan sikap ramah kepada senior

Tanpa kamu sadari, senior yang kamu anggap galak biasanya akan mengincar salah satu mahasiswa baru yang terlihat songong atau sombong. Nah, untuk itu kalian harus bersikap lebih ramah lagi kepada para senior agar mereka pun tak berani berlaku macam-macam kepada kamu. Karena jika kamu bisa semakin akrab dengan mereka, maka mereka pun akan berlaku demikian pula terhadap kamu.

3. Seimbanglah dalam bersikap

Kamu sebagai mahasiswa baru janganlah bersikap terlalu aktif atau terlalu pendiam. Kalau terlalu aktif, kamu bisa dicap sebagai maba yang caper alias cari perhatian. Tapi jangan terlalu pendiam juga ya karena bisa dianggap sombong nantinya. Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Jadi, kamu sebagai maba harus bersikap secara seimbang.

4. Jadilah mahasiswa baru yang up-to-date

Kamu sebagai mahasiswa baru pastinya mempunyai energi dan semangat yang baru juga. Manfaatkanlah energimu yang masih segar, untuk update informasi kampus. Baik yang berhubungan dengan akademik, maupun tidak. Carilah info sebanyak-banyaknya, agar kamu tidak buta dengan info-info kampus.

5. Menjalin pertemanan baru

Kita hidup di dunia tidak bisa sendiri. Khususnya pada ospek, kita tidak akan mampu menghadapinya sendirian. Sebenarnya ospek ini menguji kekompakan kamu dengan teman-temanmu. Maka bekerja samalah dengan teman-temanmu. Selain menguji kekompakan, mempunyai banyak teman juga memberi manfaat lain. Salah satunya agar mempunyai banyak jaringan, yang pastinya sangat berpangaruh baik terhadap masa depanmu.

6. Jangan lupa untuk sarapan dan membawa bekal

Kesehatan memang adalah hal yang sangat penting untuk siapapun, apalagi bagi para mahasiswa baru yang sedang menghadapi OSPEK. Kalian nantinya akan menjalani serangkaian kegiatan yang padat hingga sore bahkan malam hari. Untuk itu tentu kalian butuh energi yang cukup banyak juga bukan? Oleh sebab itu, jangan lupa sarapan dan bawa bekal ya!

7. Rajin berdoa

Tujuan manusia hidup di dunia yaitu beramal baik sebanyak-banyaknya. Sesibuk apapun kamu dengan urusan ospek, jangan sampai lupa dengan urusan spritualmu, ya! Rutinlah berdo’a sesuai kepercayaan masing-masing. Berdo’a bisa menjaga kamu dari hal-hal berbahaya yang disebabkan oleh ospek. Hal ini juga akan senantiasa membuat kamu merasa aman dan nyaman, ketika menghadapi kegiatan yang dianggap bumerang tersebut.

8. Fokus dalam kegiatan OSPEK dan dengarkan perintah dari panitia OSPEK

Mulai dari sekarang siapkanlah mental dan fisik kamu agar nantinya kamu tak perlu kaget ketika mendapatkan banyak tugas saat OSPEK. Tugas yang akan kamu dapatkan cukup beragam dan mungkin terdengar unik bahkan belum pernah kamu bayangin sebelumnya. Kuncinya kamu harus fokus dan dengarkan baik-baik apa yang diucapkan kakak panitia.

Simak dan dengarkan apa saja tugasnya, apa saja barang-barang yang harus dibawa besok. Jika dirasa belum jelas, tanyakan langsung pada kakak panitia. Tak perlu takut bertanya, karena kakak panitia itu sebenarnya baik-baik kok.

9. Kerjakan tugas OSPEK sebaik mungkin

Ketika OSPEK nanti tentu kamu akan mendapatkan sederetan tugas dari kakak-kakak panitia. Nah, tugas tersebut biasanya ada yang harus kamu kerjakan dan sendiri dan adapula tugas yang harus kamu kerjakan secara berkelompok. Untuk itu, jangan lupa jalin komunikasi yang baik terhadap teman sekelompok kamu ya! Hal ini diupayakan agar kamu dan kelompok pun dapat mengerjakan tugas-tugas OSPEK dengan sempurna.

10. Dilarang cuek dan tidak mengikuti kegiatan OSPEK dengan baik

OSPEK sering kali dijadikan sebagai moment “broadcast information”. Selama ospek inilah kamu akan dikenalkan dengan kehidupan kampus. Bahkan hukum-hukum tidak tertulis di kampus sering digaungkan selama ospek. Jadi, dari pada kamu salah gaul dan nggak update seputar kampus, mending ikuti semua acara dengan baik.

Selain itu, berbagai extrakurikuler akan mulai melakukan proses recruitment saat ospek berlangsung. Yah, kalau kamu tidak bisa dengerin baik-baik, bisa jadi kamu gagal masuk club mahasiswa yang selama ini kamu idam-idamkan.

Bagi kamu yang baru saja lulus di bangku sekolah menengah atas (SMA) dan memilih melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat perkuliahan, bersiaplah menghadapi masa orientasi pengenalan kampus di kampusmu ya! Semoga 10 tips ospek mahasiswa baru diatas bisa bermanfaat ya bagi kalian semua dan kegiatan OSPEK kalian bisa berjalan dengan lancar.

Semangat memasuki tahun ajaran baru dan jenjang perguruan tinggi! Jika kalian membutuhkan informasi seputar kost-kostan atau sewa apartemen yang berada dekat dengan kampus kalian, silahkan cari informasinya di situs Mamikos. Untuk lebih mudahnya lagi, download aplikasi Mamikos di Play Store dan dapatkan info lebih updatenya lagi.